AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote

Penyebab AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Penyebab AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote Paling Mudah. Tidak bisa mematikan AC dengan remote menjadi masalah yang cukup mengganggu, terutama bagi pengguna yang kurang paham teknologi. Mengapa AC tidak bisa dimatikan dengan remote? Beberapa faktor bisa menjadi penyebabnya. Tidak dapat dipastikan hanya ada satu masalah saja pada AC tersebut. Akan tetapi, kita harus mengecek apa sebabnya AC tidak bisa dimatikan dengan remote.

Hampir semua AC modern dioperasikan dengan remote. Kejadian yang paling umum adalah AC tidak bisa dimatikan dengan remote control.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi AC yang tidak mau dimatikan menggunakan remote control:

AC tidak bisa dimatikan dengan remote

Apabila kalian mengalami masalah dengan AC yang tidak bisa dimatikan melalui remote, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab kerusakan, kalian akan lebih mudah memperbaiki masalah tersebut dengan tepat.

Terdapat beberapa penyebab mengapa AC tidak bisa dimatikan melalui remote. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasinya agar lebih jelas.

1. Baterai Remote AC Habis

Salah satu penyebab utama mengapa remote tidak bisa digunakan untuk mematikan AC adalah karena baterai pada remote sudah habis. Kondisi tersebut juga dapat menghambat fungsi remote untuk menyalakan, mengatur suhu, dan sebagainya.

Ciri-ciri remote yang baterainya habis dapat dikenali dari layar remote yang redup. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat mengganti baterai remote dengan yang baru.

2. Remote AC Rusak

Selain itu, kerusakan pada remote AC juga dapat menjadi penyebab ketidakmampuan remote untuk digunakan dalam mematikan AC, menyalakannya, atau mengatur suhu temperatur.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketidakmampuan sensor infrared pada remote untuk terhubung dengan sensor di unit indoor. Jika remote AC mengalami kerusakan, solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga :   Arti & Fungsi Lambang Remote AC Daikin Paling Lengkap

3. PCB Modul Error

PCB Modul merupakan komponen utama yang berfungsi untuk mengontrol semua proses pendinginan pada unit AC, termasuk penggunaan remote untuk menyalakan atau mematikan AC. Namun, jika terjadi kesalahan pada PCB Modul, maka AC tidak dapat dikendalikan menggunakan remote.

Kesalahan pada PCB Modul dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti tegangan listrik yang terlalu tinggi atau rendah, komponen yang terbakar, atau konsleting.

Jika terjadi kesalahan pada PCB Modul, penanganannya cukup rumit dan membutuhkan pemeriksaan yang teliti. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menangani kesalahan pada PCB Modul AC adalah dengan memanggil teknisi layanan AC yang memerlukan biaya jasa.

4. Sensor AC Bermasalah atau Rusak

Penyebab lain dari ketidakmampuan remote untuk mengontrol AC adalah kerusakan pada sensor AC. Kerusakan pada sensor AC dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Mata sensor terkena air: Terkadang setelah membersihkan AC, mata sensor di unit indoor bisa terkena cipratan air. Hal ini dapat membuat AC tidak bisa dikontrol menggunakan remote. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengeringkan mata sensor yang terkena air.
  • Mata sensor tertutup cap unit indoor: Pemasangan cap indoor yang tidak tepat setelah membersihkan AC dapat menutupi sensor. Akibatnya, AC tidak bisa dikendalikan menggunakan remote.
  • Socket Sensor Kendor: Sensor pada AC biasanya disambungkan dengan PCB modul menggunakan socket.
    Meskipun pemasangan socket terbilang kuat, namun karena pemakaian yang lama dapat membuatnya menjadi kendur. Kotoran dan debu pada socket juga dapat membuat sensor menjadi kurang responsif.
  • Sensor lemah: Penggunaan AC dalam waktu yang lama dapat membuat sensor menjadi lemah dan kurang responsif. Hal ini umumnya terjadi pada AC yang sudah cukup tua. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengganti sensor yang baru.

5. Thermistor Bermasalah

Ketidakmampuan remote untuk mengontrol AC juga dapat disebabkan oleh masalah pada thermistor. Walaupun penyebab ini jarang terjadi, namun kerusakan pada thermistor dapat menyebabkan AC tidak dapat dinyalakan atau dimatikan menggunakan remote.

Baca Juga :   √ Ciri-Ciri AC yang Kotor Yang Perlu Cuci dan Ditangani

Thermistor berfungsi sebagai pengatur suhu ruangan otomatis pada AC. Kerusakan pada thermistor dapat dikenali dengan timbulnya lampu timer yang berkedip dan disertai bunyi.

Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan penggantian thermistor. kalian dapat meminta bantuan dari teknisi layanan atau melakukannya sendiri.

6. IC Control Rusak

Penyebab terakhir mengapa AC tidak dapat dikontrol menggunakan remote adalah karena terjadi kerusakan pada IC control. Jika terjadi kerusakan pada IC Control, penanganannya sangat rumit dan perlu dilakukan oleh teknisi layanan AC yang berpengalaman.

Sejatinya, mengatasi ketidakmampuan remote untuk mengontrol AC akan lebih mudah jika penyebabnya diketahui.

Meskipun mematikan dan menyalakan AC tanpa menggunakan remote memungkinkan dilakukan, namun cara tersebut kurang efektif.

Rawat sistem AC secara teratur.

Salah satu alasan utama mengapa AC tidak dapat dikontrol menggunakan remote adalah karena adanya kerusakan pada unit AC.

Untuk memastikan AC kalian tetap berfungsi dengan baik, lakukanlah servis secara teratur dan dengan hati-hati.

Minimal setiap tiga minggu, lakukanlah perawatan pada AC. Jika memerlukan layanan AC, hubungi perusahaan yang menyediakan layanan AC.

Masalah Sensor AC dan Remote

Sensor AC dan remote control merupakan perangkat elektronik yang sangat penting. Jika kedua alat ini mengalami kerusakan, tentunya akan sangat merepotkan karena unit indoor AC terletak di atas, terutama pada AC split atau casset. Hal ini membuat pengguna harus naik turun tangga untuk menyalakan AC secara manual.

Remote AC tidak berfungsi

Terdapat banyak alasan mengapa AC tidak dapat dikendalikan menggunakan remote control:

  • Sensor AC mengalami kerusakan.
  • Remote control mengalami kerusakan atau tidak berfungsi.
  • IC kontrol pada AC mengalami kerusakan.
  • Power Supply telah dimatikan.

Cara cek remote control

Berikut adalah cara untuk memeriksa ketersediaan remote control yang masih berfungsi dengan baik:

  1. Gunakan kamera smartphone atau kamera digital untuk memeriksa apakah lampu LED pada remote control menyala atau tidak ketika tombol ditekan.
  2. Jika lampu LED menyala, maka remote control berfungsi dengan baik.
  3. Jika LED tidak menyala setelah mengganti baterai, maka remote control rusak.
  4. Jika lampu LED menyala tetapi tidak beroperasi, kemungkinan koneksi nirkabel inframerah antara remote control dan sensor AC tidak menerima data.
  5. Kegagalan fungsi infra merah untuk menerima atau mengirim data dapat mengakibatkan kerusakan pada IC yang terdapat pada modul PCB AC dan IC pada remote control. Jika terjadi kerusakan tersebut, sebaiknya memanggil teknisi yang berpengalaman untuk melakukan perbaikan.
  6. Pastikan remote control AC masih menggunakan remote asli.
  7. Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, simpan remote control AC kalian di tempat yang aman.
Baca Juga :   √ Mengoptimalkan AC Central Dengan Menggunakan Ducting

Power Suply atau regulator telah dimatikan.

Salah satu cara untuk mengecek apakah regulator modul pada AC masih berfungsi atau tidak adalah dengan mengukur tegangan DC-nya.

Regulator modul pada AC hanya menghasilkan dua tegangan DC, yaitu 12 volt DC dan 5 volt DC, yang dapat diukur melalui IC 7812 dan IC 7805. Dengan melakukan pengukuran pada kedua IC tersebut, kita dapat mengetahui apakah regulator modul AC masih beroperasi dengan baik atau tidak.

Artikel Terkait :

Penutup

Jika AC kalian tidak bisa dimatikan dengan remote, ini mungkin menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan membingungkan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jangan biarkan masalah remote menghalangi kenyamanan kalian di dalam ruangan yang sejuk dan nyaman. Dengan memperhatikan beberapa hal yang disebutkan di atas, kalian dapat menyelesaikan masalah dan menikmati udara segar kembali.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *