Bahan Terbaik Box Speaker Dan Subwoofer

√ Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

Posted on

Finoo.id – √ Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer. Sebagian besar tetangga kita meyakini bahwa partikelboard adalah bahan terbaik untuk pembuatan kotak speaker. Apakah pkalianngan ini benar? Sebelum kita menjawabnya, kita perlu memahami tujuan utama dari kotak speaker selain sebagai wadah pelindung.

Fungsi pokok dari kotak speaker, yang tak kalah pentingnya daripada sekadar menjadi wadah, adalah untuk mencegah suara yang dihasilkan oleh diafragma atau konus speaker bagian belakangnya menyebar dan berinteraksi dengan gelombang suara yang keluar dari depan diafragma.

Selain itu, kotak speaker juga harus mampu mengatur suara yang dihasilkan oleh speaker dengan baik. Hal ini berkaitan erat dengan desain kotak speaker yang kita buat.

Mengenal Kotak Speaker dan Fungsinya

kalian mungkin bertanya, mengapa sebuah kotak tempat speaker bisa memengaruhi kualitas suaranya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita dapat melihat dari fungsinya. Fungsi dari kotak speaker ini adalah untuk melindungi bagian permukaan dan komponennya. Terutama jika speaker digunakan di luar ruangan, risiko terkena gesekan dan gangguan dari lingkungan sekitarnya sangat tinggi. Itulah mengapa perlindungan diperlukan.

Selain itu, kotak speaker juga memiliki peran dalam mengatur suara yang dihasilkan oleh diafragma. Kotak ini akan mencegah campuran suara dari diafragma bagian depan dan belakang speaker. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih kotak speaker yang berkualitas. Dari segi bahan, disarankan untuk memilih bahan yang mampu meredam suara, mudah dipotong, dan memiliki kekuatan yang baik. Hal ini karena kotak speaker memiliki peran yang sangat penting.

Beberapa rekomendasi bahan yang cocok untuk kotak atau wadah speaker termasuk papan partikel mentah, MDF, triplek, kayu, dan juga partikel board berlapis veneer. Setiap bahan ini memiliki kelebihan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Penting untuk memastikan bahwa bahan yang digunakan memiliki permukaan yang halus dengan lapisan dalam yang kasar, karena ini akan membantu meredam getaran suara dengan lebih baik dan menghasilkan kualitas suara yang tinggi.

Syarat Bahan Pembuatan Kotak Speaker

Ada beberapa syarat material bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kotak speaker yang perlu diperhatikan:

  1. Kekuatan dan Ketidaklenturan: Material yang digunakan harus kuat dan tidak lentur. Hal ini diperlukan agar kotak speaker mampu menahan getaran dan resonansi yang mungkin terjadi saat speaker beroperasi. Dengan kekuatan yang mencukupi, kotak dapat mencegah distorsi suara yang tidak diinginkan.
  2. Kemudahan dalam Perekatan: Material harus mudah direkatkan antara potongan satu dan yang lainnya. Ini penting untuk membuat sambungan yang kuat dan tahan lama, sehingga kotak tidak mudah goyah atau kendor. Sambungan yang rapat akan membantu menjaga kualitas suara yang dihasilkan.
  3. Peredaman Suara yang Baik: Material harus memiliki kemampuan peredaman suara yang baik. Ini adalah karakteristik penting untuk mencegah suara keluar langsung dari kotak. Dengan peredaman yang memadai, suara tidak akan bocor atau mengganggu lingkungan sekitarnya.
  4. Kemudahan dalam Pemotongan: Material harus mudah dipotong. Ini memungkinkan pembuat speaker untuk dengan mudah mengukir dan membentuk material sesuai dengan desain yang diinginkan. Berbeda dengan speaker buatan pabrik yang mungkin menggunakan bahan seperti fiberglass atau akrilik/plastik yang hanya bisa dibentuk dengan cara dicetak menggunakan alat khusus, material yang digunakan untuk kotak speaker harus dapat diolah dengan alat pemotongan yang lebih umum tersedia.
Baca Juga :   √ Apa Itu Audiophile? dan Istilah-Istilah yang Sering Digunakan

Dengan memenuhi syarat-syarat ini, material yang digunakan untuk kotak speaker akan memberikan hasil yang optimal dalam hal ketahanan, kualitas suara, dan kemudahan dalam proses pembuatan.

Bahan Terbaik Box Speaker Dan Sub-Woofer

1. Raw Particleboard (Papan Partikel Mentah)

Partikelboard adalah bahan yang terbuat dari serbuk kayu dan lem yang telah dikompres hingga padat. Bahan ini memiliki permukaan yang relatif halus dan lapisan yang lebih kasar. Sifat partikelboard memungkinkan penggunaannya untuk memberikan peredaman getaran yang kuat, meskipun memiliki tingkat emanasi suara yang lebih tinggi. Namun, perlu diperhatikan beberapa hal terkait penggunaan partikelboard ini.

Bagian pinggir partikelboard cenderung lebih rapuh dan sulit untuk digabungkan dengan kuat. Oleh karena itu, ketika membuat kotak speaker dari partikelboard, sangat penting untuk merakit papan dengan menggunakan lem kayu dengan baik.

Selain itu, ketebalan partikelboard akan berpengaruh pada ukuran kotak speaker yang dapat dibuat. Untuk kotak speaker dengan volume sekitar 10 liter, ketebalan papan partikel sebaiknya setidaknya 16 mm. Untuk kotak speaker yang lebih besar, disarankan menggunakan papan partikel setebal minimal 19 mm.

Dalam proses finishing, partikelboard mentah dapat dilapisi dengan bahan pelapis kayu atau karpet. Alternatif lainnya adalah mengaplikasikan dempul dan lapisan cat sesuai keinginan untuk memberikan tampilan yang diinginkan pada kotak speaker. Dengan perhatian yang tepat pada detail-detail ini, penggunaan partikelboard dapat menghasilkan kotak speaker yang berfungsi dengan baik dan memiliki estetika yang memadai.

Harga Partikelboard Mentah

  • Partikel board 15mm 122×244 harga Rp 108.000
  • Partikel board 18mm 122×244 harga Rp 128.000

2. Veneered Particleboard (Partikel Lapisan)

Partikel Veneered adalah varian papan partikel yang dilapisi dengan plastik atau veneer pada kedua sisinya, dan dapat ditemukan di hampir setiap toko mebel. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan mendasar dengan partikelboard mentah atau biasa. Partikel Veneered tersedia dalam ketebalan 15mm atau 18mm. Bahan ini mempertahankan karakteristik dasar yang sama dengan partikelboard biasa.

Yang membedakan Partikel Veneered dari partikelboard mentah adalah lapisan veneer yang diterapkan pada permukaannya. Lapisan veneer ini hadir dalam berbagai motif dan tekstur yang beragam, sehingga memungkinkan pembuat kotak speaker untuk menciptakan tampilan yang menarik tanpa perlu lagi melapisinya atau mewarnainya secara tambahan. Hal ini menjadikan Partikel Veneered pilihan yang praktis untuk menciptakan kotak speaker yang estetis dengan sentuhan yang unik.

3. Medium-Density Fiberboard(MDF)

MDF, atau Medium Density Fiberboard, adalah jenis papan rata yang dibuat dari serat kayu halus dan lem yang dikompresi menggunakan mesin. MDF memiliki permukaan yang lebih halus dan tepi pemotongan yang jauh lebih rapi dibandingkan dengan papan partikel mentah. Kelebihan MDF terletak pada kemampuannya untuk meredam emanasi suara dengan baik, meskipun sedikit lebih rentan terhadap getaran. Namun, karena MDF memiliki bobot yang cukup berat, hanya getaran yang signifikan yang dapat mempengaruhinya.

Baca Juga :   √ Cara Menyambung Banyak Speaker Sound System Dengan Tepat

Struktur yang halus membuat MDF sangat cocok untuk pembuatan lemari karena memungkinkan pemotongan dengan bentuk diagonal yang lebih baik dibandingkan dengan material lainnya. Jika kalian memiliki rencana untuk menciptakan desain kotak speaker yang rumit, MDF bisa menjadi bahan yang sangat memudahkan dalam proses pemotongan.

MDF juga lebih mudah direkatkan dengan lem dan diikat dengan sekrup. Untuk membuat kotak speaker dengan volume sekitar 10 liter, ketebalan MDF minimal harus mencapai 15 mm. Sedangkan untuk kotak speaker yang lebih besar, MDF sebaiknya memiliki ketebalan setidaknya 18mm. Dengan ketebalan yang sesuai, MDF dapat memberikan struktur yang kokoh dan kuat untuk kotak speaker kalian.

Harga MDF 2019

  • MDF 15mm 122×244 harga Rp 158.000
  • MDF 18mm 122×244 harga Rp 183.000

4. Plywood / Triplek (Multipleks)

Triplek adalah bahan yang terbuat dari beberapa lapisan lembaran kayu yang saling direkatkan. Setiap lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 1 mm, dan posisinya saling memotong 90°. Triplek merupakan pilihan terbaik untuk mencapai insulasi resonansi yang optimal dan juga untuk peredaman emanasi suara. Lem kayu merupakan metode terbaik untuk merekatkan lapisan-lapisan kayu ini, dan jika diperlukan, skrup bisa digunakan untuk memperkuat pengikatan.

Pada bagian finishing, permukaan triplek dapat dengan mudah dicat atau dilapisi dengan vernis bening sesuai dengan preferensi kalian. Namun, penting untuk diingat bahwa sisi pemotongan triplek jauh lebih sulit untuk diampelas dibandingkan dengan bahan MDF, sehingga penting untuk memotongnya dengan benar menggunakan alat yang sesuai.

Triplek memiliki keunggulan berat yang lebih ringan dibandingkan dengan MDF dan partikel, dan juga lebih tahan lama dibandingkan dengan MDF. Ini menjadikannya pilihan yang sangat cocok untuk pembuatan kotak speaker sound system yang disewakan atau yang sering harus dipindahkan.

Untuk pembuatan kotak speaker dengan volume sekitar 10 liter, sebaiknya menggunakan triplek dengan ketebalan minimal 15 mm. Namun, untuk kotak speaker yang lebih besar, disarankan menggunakan triplek setebal minimal 18 mm untuk memastikan kekuatan dan kekalianlan strukturnya.

Harga Triplek 2019

  • Triplek Meranti 18mm 122X244cm harga Rp 230.000
  • Triplek Meranti 15mm 122×244 harga Rp 183.000

5. Papan Kayu Asli

Papan kayu yang cocok untuk digunakan dalam pembuatan kotak speaker harus memiliki kontur yang halus dan ringan. Biasanya, jenis kayu seperti kayu pinus yang telah di-open merupakan pilihan yang baik. Papan-papan kayu ini dapat dengan mudah direkatkan satu sama lain untuk membentuk papan yang lebih lebar sesuai dengan ukuran yang diperlukan untuk kotak speaker yang ingin dibuat.

Namun, perlu diingat bahwa kayu memiliki sifat alamiah di mana ia akan mengembang saat terpapar udara lembab dan berkontraksi saat kondisi menjadi kering. Tetapi jika papan-papan kayu direkatkan dengan baik di semua sudut, masalah ini dapat diatasi. Selain itu, perlu diingat bahwa kayu juga dapat retak pada titik-titik terlemahnya, yang dapat membuka jalan bagi udara masuk atau keluar.

Meskipun papan kayu asli mungkin bukanlah bahan yang paling mudah untuk dikerjakan dalam konteks pembuatan kotak speaker, namun memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan ketahanan terhadap getaran. Dengan perhatian yang baik terhadap detail-detail tersebut, kayu dapat menjadi bahan yang cocok untuk menciptakan kotak speaker yang kuat dan berkualitas.

Tips Membuat Kotak Speaker

1. Perhatikan Desain dengan Seksama

Paling tidak, terdapat dua jenis kotak speaker yang umumnya digunakan, yaitu “sealed” dan “ported”. Kedua jenis ini sering ditemui dalam dunia seni audio. Penting untuk memperhatikan dengan cermat desain speaker, karena desain ini sangat berhubungan dengan bagaimana speaker berinteraksi satu sama lain.

Baca Juga :   √ Pengertian Crossover Pasif: Fungsi & Kegunaan Dalam Sistem Audio

Desain speaker perlu disesuaikan dengan lagu yang akan diputar dan juga dengan tujuan atau audience yang akan mendengarkannya. Keputusan ini sebaiknya diambil pada tahap awal, sehingga tidak perlu mengulanginya di kemudian hari. Desain yang mencerminkan gaya kontemporer, vintage, atau klasik mungkin merupakan pilihan yang tepat dan kokoh, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kalian.

2. Bahan yang Harus Dipakai

Ketika membahas bahan yang ideal untuk pembuatan kotak speaker, kayu papan seringkali menjadi pilihan yang baik. Namun, dalam memilih bahan untuk kotak speaker, perlu mempertimbangkan tingkat ketahanan dan struktur fisik yang rentan. Oleh karena itu, kita perlu memeriksa berbagai opsi bahan dengan cermat.

Ketebalan kotak speaker sangat mempengaruhi kualitas suara, dan semakin tebal kotak tersebut, umumnya semakin baik. Namun, perlu diingat bahwa peningkatan ketebalan juga akan berdampak pada bobot dan biaya produksi yang lebih tinggi, yang bisa menjadi hambatan.

3. Ukuran yang Rekomended

Pada dasarnya, rumus untuk menentukan ukuran lubang angin pada kotak speaker adalah sebagai berikut: semakin besar lubang angin, semakin kuat getaran daun speaker. Sebaliknya, jika lubang angin lebih kecil, maka respons bass akan menjadi lebih peka. Oleh karena itu, kalian dapat merujuk kepada ukuran lubang angin stkalianr berikut:

  • Untuk speaker 12″, ukuran slot port sekitar 6 cm.
  • Untuk speaker 15″, ukuran slot port sekitar 8 cm.
  • Untuk speaker 18″, ukuran slot port sekitar 10 cm.
  • Dengan memperhatikan ukuran stkalianr ini, kalian dapat memilih ukuran lubang angin yang sesuai dengan speaker kalian untuk mencapai karakteristik suara yang diinginkan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam dunia audio, pemilihan bahan untuk pembuatan box speaker dan subwoofer merupakan langkah krusial dalam mencapai kualitas suara yang optimal.

Dari partikelboard yang umum digunakan hingga MDF yang kuat, dan triplek yang ringan, setiap bahan memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Keselarasan antara desain, bahan, dan ukuran lubang angin sangat berpengaruh terhadap karakteristik suara yang dihasilkan.

Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam terkait bahan-bahan yang tersedia, serta bagaimana mereka dapat disesuaikan dengan kebutuhan, adalah kunci dalam menciptakan kotak speaker dan subwoofer yang berkualitas tinggi.

Dengan mengetahui berbagai pilihan bahan dan ukuran lubang angin stkalianr, kalian dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mencapai suara yang sesuai dengan preferensi kalian.

Jadi, dalam perjalanan kalian menciptakan box speaker dan subwoofer yang ideal, jangan lupakan peran penting dalam memilih bahan yang terbaik.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kamni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *