Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135

Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 Paling Lengkap. Ketika menggunakan Printer HP Deskjet 2135, penting bagi kalian untuk mengetahui beberapa indikasi masalah yang mungkin terjadi pada perangkat tersebut. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah lampu indikator tinta yang berkedip merah.

Pada bagian kiri printer terdapat sejumlah tombol dan lampu indikator, salah satunya adalah lampu indikator tinta. Terdapat dua lampu indikator tinta, yaitu untuk tinta warna dan tinta hitam. Jika salah satu lampu indikator berkedip merah, biasanya ada masalah yang perlu diperbaiki pada cartridge.

Bagi para pengguna Printer HP Deskjet 2135, kalian hanya perlu melakukan proses Cleaning untuk mengatasi masalah ini. Proses Cleaning pada printer HP ini cukup mudah dilakukan tanpa menggunakan komputer, baik itu PC maupun laptop.

Namun sebelum melakukan Cleaning, disarankan untuk melakukan Nozzle Check terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan Nozzle Check dan Cleaning pada Printer HP Deskjet 2135 agar lebih jelas:

Sekilas Tentang Printer HP Deskjet 2135

HP merupakan merek dan produsen yang terkenal dalam menghasilkan komputer, laptop, dan berbagai perangkat lainnya dengan kualitas yang terjamin. Jika disebutkan nama HP atau Hewlett Packard, yang pertama kali terlintas dalam pikiran adalah printer. HP dikenal luas atas keunggulan printer-printer berkualitas yang mereka produksi, meskipun mereka juga menghadirkan produk lain seperti laptop dan komputer desktop.

Salah satu printer kalianlan dari HP adalah seri 2135. Printer ini menawarkan hasil cetakan yang luar biasa dengan kualitas yang baik dan tajam. Artikel ini tidak hanya membahas kelebihan dan kekurangan printer HP 2135, tetapi juga membahas berbagai hal lain seperti harga dan fitur-fitur yang ditawarkannya. Bagi kalian yang ingin mengganti printer lama dengan yang baru, HP 2135 adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga :   Cara Instal Printer HP Ink Tank 315 Paling Mudah

Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135

Sebagai pengguna printer, seringkali kita menghadapi kendala hasil cetakan yang kurang jelas atau terputus-putus. Masalah ini dapat terjadi ketika tinta hampir habis atau cartridge terkontaminasi oleh tinta yang meluber dan sebagainya.

Namun, untuk mengatasi masalah ini, tidak selalu perlu mengisi ulang tinta atau mengganti cartridge baru secara langsung. Salah satu langkah pertama yang dapat dilakukan adalah proses pembersihan atau cleaning. Cara ini juga berlaku bagi pengguna printer HP Deskjet 2135.

Sebelum menjelaskan langkah-langkah cleaning printer HP Deskjet 2135 secara lebih detail, penting untuk diketahui bahwa proses ini berbeda dengan proses cleaning pada printer Epson L3110, Canon iP2770, dan beberapa merek dan tipe printer lainnya.

Proses cleaning pada printer HP Deskjet 2135 tidak menghabiskan terlalu banyak tinta, karena tidak melibatkan komponen penyedot yang digunakan untuk membersihkan tinta yang meluber di sekitar cartridge. Printer HP Deskjet 2135 menggunakan komponen seperti kuas yang akan menyeka sisa-sisa tinta pada head printer yang menjadi sumber masalah hasil cetakan yang kurang maksimal.

Meskipun demikian, proses nozzle check tetap diperlukan untuk mengetahui secara rinci tinta mana yang bermasalah atau hampir habis. Untuk melakukan nozzle check pada printer ini, dapat dilakukan secara manual. Berikut ini adalah tutorial lengkap untuk melakukan nozzle check dan cleaning pada printer HP Deskjet 2135:

1. Nyalakan Printer

Langkah pertama adalah menyalakan Printer HP Deskjet 2135 dengan menekan tombol Power.

2. Tekan Tombol Power + Tombol X

Lakukan Nozzle Check dengan menekan dan menahan tombol Power, lalu tekan tombol X sekali.

3. Periksa Hasil Nozzle Check

Setelah itu, printer akan mencetak hasil Nozzle Check. Perhatikan hasil cetakannya. Jika hasilnya masih jelas dan tajam, berarti tinta dan cartridge dalam kondisi baik, dan tidak perlu melakukan cleaning. Namun, jika hasil Nozzle Check terlihat pudar atau terputus-putus, itu menkaliankan perlu dilakukan cleaning.

4. Tekan Tombol Power + Tombol X

Untuk melakukan cleaning pada printer secara manual, tekan dan tahan tombol Power, lalu tekan tombol X dua kali.

5. Proses Cleaning Printer

Printer akan melakukan proses pembersihan cartridge. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 1 hingga 3 menit.

Setelah proses cleaning selesai, lakukan Nozzle Check sekali lagi menggunakan langkah-langkah di atas untuk memastikan apakah hasil cetak sudah kembali normal atau belum. Jika hasilnya masih kurang jelas, maka kalian mungkin perlu mengganti tinta baru.

Baca Juga :   Cara Instal Printer HP Deskjet 2135 Paling Simpel

Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 Otomatis

Selain menggunakan metode manual seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk melakukan cleaning printer HP Deskjet 2135 juga dapat dilakukan secara otomatis menggunakan PC atau laptop. Meskipun metode ini sedikit lebih rumit, namun hasilnya akan lebih maksimal dibandingkan dengan cleaning manual.

Sebelum melakukan cleaning otomatis, pastikan bahwa kalian telah menginstal driver printer HP Deskjet 2135 di komputer. Selain itu, pastikan juga printer terhubung ke komputer menggunakan kabel USB. Jangan lupa untuk menyiapkan kertas di printer untuk keperluan test print.

Setelah semua persiapan selesai, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan cleaning otomatis pada printer HP Deskjet 2135:

1. Buka Driver Printer

Langkah pertama adalah membuka driver printer yang telah terinstal di PC atau laptop kalian.

2. Pilih Maintain Your Printer

Di halaman utama driver printer, pilih opsi “Maintain Your Printer”.

3. Pilih Align Cartridges

Selanjutnya, pilih opsi “Align Cartridges” pada halaman berikutnya.

4. Klik Next

Pada pop-up yang muncul, klik tombol “Next”.

5. Proses Cleaning Berlangsung

Sekarang, sistem akan melakukan proses cleaning printer. Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, periksa hasil cleaning untuk mengevaluasi kualitas cetakan yang dihasilkan.

Jika hasilnya baik, berarti proses cleaning telah berhasil. Selanjutnya, klik “Scan” pada pop-up yang muncul.

6. Pilih Clean Cartridge

Kemudian, tampilan akan beralih ke halaman “Maintain Your Printer”. Di sini, pilih opsi “Clean Cartridge”.

7. Klik Print

Klik tombol “Print” untuk memulai proses clean cartridge.

8. Klik Done

Selama proses ini, kalian akan melihat cetakan berupa kotak-kotak berwarna yang menunjukkan kondisi tinta pada cartridge, apakah masih cukup atau hampir habis. Jika hasil cetakan tersebut baik, artinya cartridge masih dalam kondisi yang baik. Klik “Done”.

Namun, jika hasilnya kurang memuaskan, kalian dapat mencoba melakukan clean printer lagi dengan menekan tombol “Print” sekali lagi.

9. Clean Printer

Terakhir, klik opsi “Clean Printer”. Pada proses ini, printer akan mencetak dokumen kosong untuk memastikan bahwa tidak ada masalah lagi dengan hasil cetakan pada printer HP Deskjet 2135.

Baca Juga :

Baca Juga :   Rekomendasi Printer Multifungsi Wireless Terbaik & Terlengkap

Penutup

Dalam era digital seperti sekarang ini, penggunaan printer masih menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Salah satu printer yang cukup populer adalah HP Deskjet 2135. Agar printer tetap berfungsi dengan baik dan memberikan hasil cetakan yang berkualitas, membersihkannya secara rutin adalah hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan printer HP Deskjet 2135 kalian:

  1. Matikan printer dan cabut kabel daya dari stopkontak. Pastikan juga bahwa printer dalam keadaan dingin sebelum memulai proses pembersihan.
  2. Buka penutup printer dengan hati-hati dan periksa apakah ada kertas yang terjebak di dalam. Jika ada, lepaskan secara perlahan dengan menggerakkan kertas ke arah yang berlawanan dengan arah cetakan.
  3. Ambil kain lembut yang tidak mengeluarkan serat dan basahi dengan air bersih. Perlahan-lahan bersihkan bagian luar printer, termasuk penutup, panel kontrol, dan bagian bodi printer lainnya. Pastikan untuk menghindari penggunaan bahan kimia atau cairan pembersih yang keras, karena hal tersebut dapat merusak printer.
  4. Periksa cartridge tinta. Jika kalian melihat noda atau kerak pada cartridge, gunakan kain lembut yang dibasahi dengan air untuk membersihkannya dengan hati-hati. Pastikan cartridge kering sebelum memasangnya kembali ke printer.
  5. Setelah semua bagian luar dibersihkan, buka penutup printer secara perlahan dan periksa apakah ada kertas atau benda asing lainnya yang terjebak di dalam printer. Jika ditemukan, lepaskan dengan hati-hati.
  6. Pastikan bahwa roller kertas bersih. kalian dapat membersihkannya dengan kain yang dibasahi dengan air, kemudian keringkan sebelum memasang kembali roller tersebut.
  7. Setelah semua proses pembersihan selesai, pasang kembali penutup printer dan sambungkan kabel daya ke stopkontak.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara rutin, kalian dapat mempertahankan kinerja dan kualitas cetakan yang baik dari printer HP Deskjet 2135 kalian. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan tinta asli dan mengganti cartridge sesuai petunjuk produsen untuk hasil cetakan yang optimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin membersihkan printer HP Deskjet 2135.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 Paling Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *