Cara Instal Printer HP Deskjet 2135

Cara Instal Printer HP Deskjet 2135 Paling Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Instal Printer HP Deskjet 2135 Paling Simpel. Apakah kalian baru menggunakan printer merek HP Deskjet 2135 dan tidak tahu cara menginstal driver-nya? Jika ya, maka artikel ini cocok untuk kalian.

Di artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang proses instalasi driver printer HP Deskjet 2135. Ada beberapa metode atau cara yang bisa digunakan untuk menginstal driver dari perangkat ini, salah satunya adalah instalasi tanpa CD driver.

Biasanya, setiap pembelian printer baru dari merek apapun akan dilengkapi dengan CD yang berisi driver atau software untuk diinstal pada PC atau laptop pengguna. Namun, jika kalian tidak memperoleh CD driver, kalian masih tetap bisa menginstal driver printer HP Deskjet 2135.

Selain itu, kami juga memiliki metode instalasi tanpa harus menghubungkan printer HP Deskjet 2135 ke PC atau laptop. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Printer HP Deskjet 2135

Di situs resminya, printer ini memiliki nama lengkap HP DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer. Seperti namanya, produk ini adalah varian dari Ink Advantage yang pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan pada tahun 2011. Menurut klaim HP saat itu, seri HP Ink Advantage dapat mencetak hingga 600 halaman dengan satu cartridge yang harganya kurang dari Rp100 ribu.

Jumlah cetakan sebanyak 600 halaman ini bisa dicapai dengan menggunakan cartridge warna hitam-putih dengan cetakan yang mencapai 5 persen area coverage, atau setara dengan satu halaman teks yang ditambahi dengan diagram kecil. Ini berarti, untuk mencetak hitam-putih, biaya per lembar tidak sampai Rp200. Sementara itu, cartridge dengan harga yang sama bisa mencetak hingga 250 lembar tinta warna, juga dengan persentase area coverage sebesar 5 persen.

Baca Juga :   Cara Cleaning Epson L220 Mudah & Praktis

Selain menawarkan penghematan, teknologi Ink Advantage juga diklaim menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi dan menjaga keawetan printer. Hal ini dikarenakan banyak printer yang rusak akibat penggunaan tinta isi ulang yang bukan dari produsen asli. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh lembaga riset TUV SUD pada November 2011, ditemukan bahwa cartridge inkjet HP asli lebih baik dalam hal hasil cetakan dan kekalianlan daripada yang diisi ulang atau yang diproduksi ulang.

Cara Download Driver Printer HP DeskJet 2135

Berikut ini adalah cara untuk mengunduh driver printer HP DeskJet 2135:

  1. Pertama-tama, buka situs Driver HP 2135 dengan mengakses tautan berikut: Driver HP 2135.
  2. Setelah itu, gulir ke bawah untuk menemukan tabel unduhan driver.
  3. Klik tombol Download pada driver yang dibutuhkan sesuai dengan versi sistem operasi (OS) yang kalian gunakan. Misalnya, jika kalian menggunakan OS Windows 64-bit, maka unduh driver 64-bit.
  4. Tunggu sampai proses unduhan selesai sebelum memulai proses instalasi.
  5. Selain itu, kalian juga dapat mengunduh driver dari tautan berikut: Driver Printer HP DeskJet 2135. Driver ini mendukung OS Windows 7, 8, dan 10.
  6. Setelah selesai mengunduh, langkah berikutnya adalah menginstal driver printer HP DeskJet 2135.

Cara Instal Driver HP DeskJet 2135

Terdapat empat cara untuk menginstal driver HP DeskJet 2135 pada laptop, PC, atau komputer. Pilihlah cara instalasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

1. Cara Instal Driver HP DeskJet 2135 tanpa CD

Berikut adalah cara untuk menginstal driver HP DeskJet 2135 pada laptop, PC, atau komputer tanpa CD:

  • Pertama, hubungkan printer dengan laptop/PC menggunakan kabel USB.
  • Buka file driver printer yang sudah diunduh sebelumnya dengan mengklik dua kali pada file tersebut.
  • Jika file driver masih berbentuk zip atau rar, ekstrak terlebih dahulu.
  • Ikuti langkah instalasi driver printer dengan mengklik tombol Next, Agree, dan memilih tempat untuk menginstal file driver.
  • Setelah proses instalasi selesai, printer siap digunakan.

2. Cara Instal Driver HP DeskJet 2135 dengan CD

Berikut adalah cara kedua untuk menginstal printer menggunakan CD driver HP 2135 yang didapatkan saat membeli printer tersebut:

  • Pertama, hidupkan laptop atau komputer kalian.
  • Kedua, masukkan CD driver printer ke komputer atau laptop kalian.
  • Jalankan file Set Up untuk memulai instalasi driver dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul.
  • Jika pada jendela instalasi sudah muncul pertanyaan tentang printer, baru kalian dapat menyambungkan kabel USB printer ke laptop atau komputer. Namun, perlu diingat: jangan menyambungkan kabel USB printer ke PC atau laptop sebelum muncul jendela instalasi Wizard yang mengarahkan untuk menyambungkan printer ke komputer atau jendela wizard yang bertanya keberadaan printer.
  • Setelah printer terdeteksi oleh wizard instalasi, ikuti petunjuk instalasi selanjutnya sampai proses instalasi selesai.
  • Biasanya proses instalasi hanya perlu mengklik tombol Next, Agree, dan memilih tempat file instalasi driver.
  • Setelah proses instalasi driver HP 2135 selesai, printer siap digunakan.
Baca Juga :   Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy Paling Mudah

3. Cara Instal Driver HP DeskJet 2135 dengan Add Printer

Berikut adalah cara ketiga untuk menginstal printer HP DeskJet 2135 dengan menggunakan fitur Add Printer:

  • Nyalakan laptop atau komputer dan printer HP DeskJet 2135 kalian.
  • Sambungkan printer HP Deskjet 2135 ke laptop atau komputer dengan kabel USB.
  • Setelah printer terhubung, file DeskJet Setup akan diekstrak. Biasanya lokasi ekstrak defaultnya ada di folder TEMP.
  • Klik tombol Start atau Windows, dan buka Control Panel.
  • Untuk Windows 7, Vista, 8, dan 10: klik pada “View Devices and Printers”. Sedangkan untuk Windows XP: klik “Printers and Faxes”.
  • Kemudian, klik “Add a printer” (seperti di gambar di bawah ini) dan tunggu beberapa saat hingga sistem mendeteksi file setup atau instalasi driver printer.
  • Setelah jendela instalasi atau wizard muncul, ikuti petunjuk instalasi driver printer sampai proses instalasi selesai.
  • Setelah proses instalasi selesai, printer siap digunakan.

4. Cara Instal Driver HP DeskJet 2135 Tanpa Menghubungkan ke Laptop / PC

  • Berikut adalah cara terakhir untuk menginstal printer HP DeskJet 2135 tanpa menghubungkan printer ke laptop, PC, atau komputer selama proses instalasi:
  • Unduh driver printer HP DeskJet 2135 dari situs berikut: Driver HP DeskJet 2135.
  • Gulir ke bawah dan unduh driver printer sesuai dengan versi sistem operasi (OS) komputer kalian. Dalam contoh ini, saya akan mengunduh driver untuk Windows versi 64 bit.
  • Buka file driver printer yang sudah diunduh dan tunggu proses ekstraksi.
  • Setelah jendela instalasi terbuka, pilih “Continue”.
  • Pada jendela “Printer Setup & Software”, pilih “Connect a new printer”.
  • Pada jendela perintah “Connect the USB Cable”, centang kotak di sebelah tulisan “Continue the installation without connecting now. I will connect the printer later”, lalu pilih “Skip”.
  • Setelah muncul jendela “Finish”, klik “Finish”. Maka proses instalasi driver printer HP DeskJet 2135 sudah selesai.
  • Jika ingin menggunakan printer, sambungkan kabel USB dari printer ke laptop atau komputer dan nyalakan printer. Nanti printer akan terhubung dengan perangkat.
Baca Juga :   Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 Paling Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Printer HP Deskjet 2135

Kelebihan Hp Deskjet In Advantage 2135

Berikut ini beberapa kelebihan dari Printer HP DeskJet 2135:

  1. Harga yang sangat terjangkau, sehingga dapat dibeli oleh siapa saja termasuk pelajar atau mahasiswa.
  2. Sudah mengusung sistem multifungsi (All in One) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencetakan, pemindaian, dan penyalinan dokumen dalam satu perangkat.
  3. Lebih praktis dengan sistem cartridge, pengguna hanya perlu mengganti cartridge yang habis saja, tidak perlu mengganti seluruh sistem tinta.
  4. Harga cartridge yang murah, sehingga lebih terjangkau untuk pengguna dalam membeli dan mengganti cartridge.
  5. Dilengkapi dengan fitur Energy Efficiency, yang berguna untuk rumah yang memiliki daya listrik rendah.

Kekurangan Hp Deskjet Ink Advantage 2135

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Printer HP DeskJet 2135:

  1. Volume tinta dalam cartridge terbatas, terutama pada cartridge tri-color yang dibagi menjadi tiga tempat yang masing-masing digunakan untuk menampung tinta warna.
  2. Tidak dilengkapi dengan konektivitas nirkabel, sehingga tidak memungkinkan untuk mencetak secara langsung dari perangkat mobile atau tanpa kabel USB. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi pengguna yang hanya mencetak dari komputer atau laptop.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara instal printer HP Deskjet 2135 yang dapat saya sampaikan.

Meskipun terlihat rumit pada awalnya, tetapi dengan panduan yang tepat dan perangkat yang lengkap, kalian dapat dengan mudah menginstal printer tersebut dan mulai mencetak dokumen atau foto dengan mudah.

Jangan lupa untuk selalu membaca manual penggunaan printer dan melakukan perawatan secara teratur agar printer kalian dapat bekerja dengan baik dan awet. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga berhasil menginstal printer HP Deskjet 2135 kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *