Cara Cleaning Epson L360

Cara Cleaning Epson L360 Mudah & Dijamin Berhasil

Posted on

Finoo.id – Cara Cleaning Epson L360 Mudah & Dijamin Berhasil. Benar, saat ini kita sedang berada pada era digital di mana penggunaan kertas mulai menurun. Namun, printer masih berperan penting terutama bagi pelajar dan kantor yang sering melakukan pencetakan, pemindaian, dan penyalinan dokumen untuk kebutuhan sehari-hari.

Di sisi lain, Epson Indonesia merupakan salah satu produsen yang menawarkan printer berkualitas dengan harga yang kompetitif. Epson L360 menjadi salah satu varian produk yang cukup populer karena memiliki fitur multifungsi dan harga yang terjangkau. Namun, seiring penggunaan yang rutin, pengguna mungkin akan mengalami kendala ringan seperti printhead kering sehingga perlu dilakukan cleaning.

Kami telah merangkum panduan tentang cara membersihkan Epson L360 yang paling mudah dan simpel sehingga setiap pemilik produk dapat mengatasi beberapa masalah ringan dengan sendirinya tanpa perlu memanggil teknisi.

Manfaat Cleaning Printer Epson L360

Sebagai pengguna yang masih pemula, mungkin kamu belum sepenuhnya memahami semua fitur dan fungsi pada unit Epson L360. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap pemilik printer untuk mempelajari prosedur yang tercantum di buku manual resmi dari produsen.

Seperti halnya alat elektronik lainnya, printer juga akan mengalami penurunan kinerja seiring penggunaannya dalam jangka waktu yang lama. Mungkin kamu mengalami beberapa kendala, seperti munculnya perilaku malfungsi ringan saat mencetak dokumen menggunakan Epson L360.

Berikut ini beberapa manfaat dari proses cleaning pada printer Epson L360:

1. Meningkatkan Hasil Cetak

Frekuensi pencetakan dokumen, baik yang monokrom maupun berwarna, dapat mempengaruhi konsumsi tinta pada printer. Volume tinta pada tabung akan lebih cepat habis jika kamu sering melakukan pencetakan dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga :   Ukuran Kertas F Series Dalam Berbagai Jenis Satuan

Seiring dengan penggunaan yang rutin, terkadang hasil cetakan dari Epson L360 dapat menjadi kabur atau gradasi warnanya tidak merata. Namun, kamu dapat mengatasi kondisi tersebut melalui prosedur cleaning printer yang akan membantu mengembalikan kualitas cetakan dokumen yang lebih baik.

2. Membersihkan Roller

Tinta adalah zat cair yang mudah menempel pada berbagai media, termasuk dokumen dan bagian luar printer. Seiring waktu, residu tinta akan menempel terutama pada bagian roller, yang dapat menyebabkan paper jam.

Proses cleaning akan membersihkan komponen roller penarik kertas tersebut dengan menghilangkan residu tinta. Akibatnya, performa printer dalam mencetak dokumen akan kembali normal, di mana huruf dan gambar terlihat jelas dan tajam.

3. Mengatasi Tinta Kering

Produsen Epson merekomendasikan dalam buku manual agar pemilik produk secara rutin melakukan pencetakan dokumen. Hal ini karena jika jarang melakukan pencetakan, cairan tinta dapat mengering pada bagian printhead.

Akibatnya, saat mencetak dokumen, hasilnya dapat menjadi buram, warnanya kabur, bahkan tidak ada tulisan sama sekali. Namun, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menjalankan proses head cleaning pada printer Epson L360.

Cara Cleaning Epson L360

Printer Epson memang terbukti cukup hkalianl dalam mendukung tugas pekerjaan pemilik produk. Namun, jika mengalami masalah ringan pada perangkat, kamu dapat mencoba menjalankan proses cleaning.

Pastikan volume tabung tinta dalam keadaan penuh sebelum melakukan cleaning pada printer Epson. Namun, jangan terlalu sering melakukan proses ini kecuali printer mengalami kendala tertentu saat mencetak.

Berikut ini adalah dua cara yang benar untuk melakukan cleaning pada printer Epson L360:

1. Cara Cleaning Printer Epson L360 Manual

Di dalam bodi printer, terdapat beberapa tombol manual yang dapat membantu kamu untuk melakukan pindai, salin, dan cleaning.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer.
  • Tekan tombol power untuk mematikan printer.
  • Tekan dan tahan tombol power + stop secara bersamaan.
  • Lepaskan kedua tombol saat lampu daya berkedip.
  • Printer akan mencetak pola nozzle sebanyak satu lembar.
  • Tekan tombol stop selama 3 detik sampai lampu berkedip.
  • Biarkan printer melakukan proses head cleaning.
Baca Juga :   Cara Cleaning Printer Canon G2010 Dengan Mudah

2. Cara Cleaning Printer Epson L360 Otomatis

Kamu juga dapat menjalankan proses cleaning printer dengan memanfaatkan utilitas yang tersedia di komputer.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Hidupkan komputer dan printer Epson L360.
  • Masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer.
  • Tekan tombol start pada komputer dengan OS Windows.
  • Cari dan sorot bagian device and printer, lalu tekan enter.
  • Cari dan klik kanan icon bernama printer Epson L360.
  • Pilih printing preferences, lalu sorot bagian maintenance.
  • Sorot bagian head cleaning dan tekan cleaning.
  • Tekan start untuk memulai proses cleaning secara otomatis.
  • Biarkan printer melakukan proses cleaning hingga selesai.

3. Cara Cleaning Printer Epson L360 Melalui Software Printer

Sebenarnya, cara membersihkan printer Epson L360 tidak jauh berbeda dengan tipe printer Epson lainnya. Menurut informasi yang diambil dari laman resmi Epson, salah satu cara membersihkan printer adalah dengan menggunakan Head Cleaning pada software printer.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Pastikan printer Epson L360 dalam keadaan menyala dan lampu tinta mati. Jika lampu tinta berkedip, proses cleaning tidak dapat dilakukan dan cartridge tinta yang sesuai perlu diganti terlebih dahulu.
  • Buka perangkat lunak pencetak dengan mengklik “Print” atau “Print Setup” pada “File Menu” di Windows.
  • Klik “Printer” dan pilih opsi “Setup”.
  • Pilih “Options” dan klik “Properties” pada kotak dialog yang muncul.
  • Klik tab “Utility” dan klik tombol “Head Cleaning”.
  • Saat lampu daya berhenti berkedip, klik “Print Nozzle Check Pattern” pada kotak dialog “Head Cleaning”. Proses ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa printhead sudah bersih dan siap untuk mengatur ulang siklus pembersihan.

Waktu yang Tepat Melakukan Cleaning

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, melakukan proses cleaning terlalu sering dapat menimbulkan efek negatif pada printer Epson. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar melakukan proses cleaning ini pada saat yang tepat saja, yaitu ketika hasil cetakan tidak normal, terdapat garis putus-putus, atau hasil cetakan yang tidak baik lainnya.

Baca Juga :   Cara Cleaning Epson L220 Mudah & Praktis

Proses cleaning sebenarnya merupakan bagian dari perawatan printer. Dengan melakukan proses ini, printer dapat lebih awet dan dapat bekerja dengan normal. Kamu harus bisa menjaga agar printhead printer tetap dalam kondisi prima.

Printer sebaiknya digunakan setiap hari untuk menjaga kondisinya. Namun, ketika digunakan, tidak dianjurkan untuk melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Proses pencetakan harus dilakukan secara wajar, yaitu tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang.

Jangan Sering Melakukan Cleaning

Proses cleaning memang perlu dilakukan secara berkala agar printer dapat bekerja dengan normal. Namun, kamu tetap tidak perlu melakukan proses cleaning terlalu sering, karena hal ini dapat menimbulkan masalah baru.

Secara tidak langsung, proses cleaning yang terlalu sering akan membuat printhead printer cepat habis dan tinta yang digunakan juga akan habis dengan cepat, sehingga akan boros.

Lakukan proses cleaning pada printer Epson L360 hanya ketika terjadi masalah pada proses pencetakan, seperti tinta yang tidak dapat keluar dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan hasil cetakan putus-putus, tinta yang terlalu banyak, dan lain sebagainya.

Pada jenis-jenis printer Epson keluaran terbaru, proses cleaning printer Epson dilakukan secara otomatis. Oleh karena itu, proses cleaning jarang dilakukan secara manual, kecuali jika memang sangat diperlukan.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara cleaning Epson L360 yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kinerja printer tetap optimal.

Pastikan untuk membersihkan printer secara teratur agar dapat mengurangi masalah dan memperpanjang umur printer kalian.

Selalu periksa petunjuk pengguna untuk mengetahui cara membersihkan printer Epson L360 dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin membersihkan printer Epson L360 dengan mudah dan tepat. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *