Cara Print Bolak Balik Epson L360

Cara Print Bolak Balik Epson L360 Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Print Bolak Balik Epson L360 Paling Mudah. Bagi sebagian orang, terutama pelajar, karyawan, dan pelaku usaha, memiliki unit printer merupakan kebutuhan penting untuk menunjang produktivitas kerja sehari-hari.

Namun, di tengah kondisi ekonomi yang sulit, penghematan menjadi solusi yang tepat bagi semua orang. Salah satu cara untuk menghemat biaya operasional printer adalah dengan melakukan pencetakan bolak-balik pada satu halaman.

Epson Indonesia telah merilis produk printer seri L360 yang memiliki kemampuan untuk mencetak bolak-balik dalam satu dokumen saja. Hal ini dapat membantu mengurangi beban biaya rutin yang harus dikeluarkan.

Oleh karena itu, kami telah merangkum panduan sederhana tentang cara mencetak bolak-balik dengan Epson L360 agar setiap pemilik printer dapat memahami seluruh fitur dan mengoperasikannya dengan maksimal.

Sekilas tentang Epson L360

Printer Epson seri L360 didesain dengan body yang ramping dan kecil, sehingga cocok digunakan di ruangan yang terbatas. Walaupun ukurannya kecil, printer ini dapat melakukan banyak hal.

Harganya sekitar 2 juta rupiah dan dapat melakukan fungsi copy, scan, dan print dengan satu perangkat. Tombol yang digunakan pada printer ini juga mudah digunakan sehingga kalian tidak perlu khawatir jika ini adalah kali pertama kalian mengoperasikannya.

Namun sayangnya, meskipun dibanderol dengan harga 2 jutaan, printer Epson L360 hanya memiliki koneksi USB 2.0 dan tidak dilengkapi dengan koneksi nirkabel. Hal ini mungkin dikarenakan printer ini ditujukan untuk kelas ekonomis.

Defenisi Duplex

Definisi duplex printing sebenarnya cukup sederhana, yaitu mencetak di kedua sisi kertas atau biasanya disebut timbal balik. Jika kalian menggunakan printer yang dapat mencetak dua sisi secara otomatis, pastinya printer tersebut dilengkapi dengan unit duplex yang dapat membalikkan selembar kertas setelah sisi pertama telah dicetak.

Pada umumnya, semua printer memiliki fitur ini yang tentunya membantu dalam pencetakan dupleks secara manual. Namun, pencetakan dupleks manual mengharuskan kita untuk mendedikasikan waktu dan energi untuk membalikkan kertas.

Namun, tidak perlu khawatir, terdapat dua jenis fitur duplex printing yang biasa digunakan, yaitu manual duplex dan automatic atau auto duplex printing. Dengan adanya fitur auto duplex printing, kalian tidak perlu lagi membalikkan kertas secara manual agar dua sisi dalam setiap lembar dapat dicetak dalam satu perintah print, karena fitur ini akan secara otomatis mencetak dokumen pada kedua sisi kertas sekaligus.

Baca Juga :   Cara Scan Di Printer HP Ink Tank 315 Plaing Mudah

Manfaat Duplex Pada Printer

Jika diperhatikan, terdapat banyak manfaat dari teknologi duplex ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menghemat 50 persen jumlah kertas yang digunakan, sehingga mengurangi biaya kertas sebesar 50 persen.
  2. Menghemat tempat penyimpanan berkas di meja atau lemari kerja karena penggunaan kertas yang lebih sedikit, sehingga menghemat biaya sewa tempat kerja di gedung perkantoran dengan sistem sewa dan memberikan tempat kerja yang lebih luas.
  3. Menghemat waktu dalam mencetak dokumen karena dilakukan secara otomatis.
  4. Menghasilkan cetakan yang terlihat profesional seperti hasil cetakan dari percetakan.
  5. Menghemat kertas yang berarti peduli pada lingkungan karena kertas dibuat dari bahan pulp kayu hutan.

Selain itu, trend pencetakan dupleks semakin populer di kantor-kantor dan usaha kecil, bahkan di perguruan tinggi di berbagai negara. Hal ini karena banyak orang yang mulai menyadari bahwa pencetakan duplex atau timbal balik menggunakan setengah dari jumlah total kertas, sehingga dapat menghemat biaya. Tanpa disadari, hal ini juga dapat membantu menurunkan produksi kertas dan menjadikan pencetakan lebih ramah lingkungan.

Dengan adanya fitur duplex printing, kita tidak perlu lagi membalikkan kertas secara manual agar dua sisi dalam setiap lembar dapat dicetak dalam satu perintah print. Sebab, sudah ada fitur duplex printing yang secara otomatis akan mencetak dokumen pada dua sisi kertas sekaligus.

Tips Print Bolak Balik

Meskipun terlihat mudah, tidak semua orang mengetahui cara untuk mencetak bolak-balik pada printer Epson. Padahal, panduan pengoperasian produk secara menyeluruh telah tercantum di buku manual resmi.

Jika mencetak bolak-balik secara manual, hal ini sangat melelahkan dan menguras tenaga. Kita harus memperhatikan lembaran halaman mana yang sudah dan belum dicetak satu persatu, dan memasukkan kembali kertas ke dalam roller serta menekan tombol print berulang kali. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli produk yang telah mendukung fitur duplex seperti Epson L360 agar lebih mudah.

Dengan adanya fitur duplex, pekerjaan mencetak dokumen bolak-balik dapat dilakukan secara otomatis oleh unit printer. Hal ini dapat menghemat tenaga sekaligus meningkatkan produktivitas kerja dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga :   Cara Cleaning Printer Epson L1300 Paling Simpel

Untuk memastikan apakah printer Epson L360 telah mendukung fitur duplex atau tidak, kamu dapat melakukan pengujian dengan masuk ke pengaturan perangkat dan mencari opsi “Print On Both Sides”.

Jika opsi ini tersedia, artinya printer kamu dapat melakukan pencetakan dokumen secara bolak-balik secara otomatis. Selain hemat biaya, kamu juga berperan dalam mengurangi limbah kertas demi melestarikan pohon sebagai bahan baku.

Cara Print Bolak Balik Epson L360

Meskipun kamu masih pemula, jangan ragu untuk mencoba berbagai fitur yang tersedia pada printer. Hal ini dapat menambah pengetahuan dalam mengoperasikan perangkat sehingga semakin lancar tanpa menemui kendala.

Epson L360 merupakan printer multifungsi dengan kemampuan mencetak, memindai, dan menyalin yang terkenal hkalianl dan harga terbilang cukup murah, sehingga diminati oleh masyarakat.

Berikut ini cara mencetak bolak-balik pada printer Epson L360:

1. Cara Print bolak-balik dengan cetak halaman ganjil genap

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencetak bolak-balik pada printer Epson L360:

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan komputer dan printer.
  • Tunggu sampai status indikator lampu printer menjadi ready.
  • Buka salah satu dokumen pada komputer dan tekan tombol print.
  • Akan muncul jendela parameter pencetakan dokumen.
  • Tekan opsi “properties” dan pilih “manual” pada pencetakan dua sisi.
  • Tekan tombol “OK” maka printer akan mencetak halaman ganjil saja.
  • Setelah selesai, muncul notifikasi untuk membalikkan kertas.
  • Balik halaman kertas dan masukkan kembali ke dalam roller.
  • Printer akan mencetak halaman genap saja sampai selesai.

Untuk mencetak bolak-balik, pastikan kamu menggunakan kertas dengan gramasi minimal 70 gram yang cocok. Hal ini menjadi ketebalan minimum untuk menjaga kualitas cetak terbaik dan tahan lama dari kerusakan.

Menggunakan kertas yang terlalu tipis dapat menurunkan kualitas hasil cetak dokumen dan menyebabkan tinta merembes. Selain itu, hal ini sangat berpotensi menyebabkan terjadinya paper jam pada bagian roller printer.

2. Cara print kedua sisi bentuk PDF (printer manual)

Jika printer tidak mendukung pencetakan dua sisi secara otomatis, kamu masih bisa mencetak dokumen dengan dua sisi secara manual menggunakan dua lembar kertas.

Langkah-langkahnya dapat berbeda-beda, tergantung pada cara printer mengumpankan dan mengeluarkan halaman. Berikut adalah cara mencetak kedua sisi dari dokumen PDF secara manual:

Ikuti petunjuk berikut ini jika printer mengeluarkan halaman dalam urutan numerik (dimulai dari halaman satu) dan halaman keluar dari printer menghadap ke bawah (umum dengan printer laser).

Baca Juga :   Cara Reset Printer Canon MG2570s Paling Mudah

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencetak kedua sisi dokumen PDF secara manual:

  • Pilih File lalu pilih Print.
  • Dari menu Subset di area Print Range, pilih Even Pages Only.
  • Pilih opsi Halaman Terbalik. Dalam skenario ini, opsi Halaman Terbalik memastikan bahwa urutan halaman sudah benar.
  • Klik OK atau Print.
  • Jika jumlah lembar ganjil, tambahkan lembar kosong sampai lembar ganjil terakhir memiliki lembar untuk dicetak.
  • Balik kembali kertas hasil cetak ke pada printer dengan sisi yang tidak tercetak. Sesuaikan atau taruh bagian atas halaman pada printer. Pastikan tepi tumpukan kertas bersudut persegi.
  • Pilih File> Print dan pilih Odd Pages Only dari menu Subset. (Jangan pilih Halaman Terbalik)
  • Klik OK atau Print.

3. Cara print bolak-balik dari printer manual

Jika printer kalian tidak mendukung pencetakan duplex secara otomatis, maka ada dua pilihan lain yang dapat dilakukan.

kalian dapat menggunakan pencetakan duplex manual, atau kalian dapat mencetak halaman ganjil dan genap secara terpisah. Berikut adalah caranya:

  • Buka file yang akan dicetak di Microsoft Word.
  • Klik tab File.
  • Klik Cetak.
  • Di bawah Pengaturan, klik Print One Sided, lalu klik Manually Print on Both Sides.
  • Saat mencetak, Word akan meminta kalian untuk membalik kertas untuk memuat halaman ke dalam printer lagi.
  • Balikkan kertas dan lanjutkan proses pencetakan.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara print bolak-balik pada printer Epson L360 yang dapat kami bagikan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, kalian dapat dengan mudah mencetak dokumen atau gambar secara dua sisi dengan menggunakan printer Epson L360.

Selain menghemat waktu, cara ini juga dapat membantu mengurangi penggunaan kertas dan bermanfaat bagi lingkungan.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi printer dan menggunakan kertas yang sesuai agar hasil cetakan tetap optimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *