Harga Borongan Pasang Marmer Dinding

√ Harga Borongan Pasang Marmer Dinding Terbaru: Tenaga & Bahanya

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Marmer Dinding Terbaru: Tenaga & Bahanya. Seperti yang umum diketahui, marmer telah lama menjadi pilihan utama sebagai material penutup lantai di berbagai hunian. Hal ini bukan tanpa alasan, karena keindahan dan kehalusan tampilan marmer dapat menghadirkan nuansa kemewahan dalam sebuah ruangan.

Di Indonesia, marmer hadir dalam berbagai jenis dengan karakteristik unik masing-masing. Yang menarik, seiring berjalannya waktu, banyak orang juga mulai memanfaatkannya sebagai bahan penutup dinding atau tembok ruangan.

Untungnya, saat ini terdapat berbagai pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan marmer untuk dinding. Namun, tentu saja mereka memiliki ketentuan tarif atau harga jasa pemasangan marmer dinding.

Oleh karena itu, jika kalian berencana menggantungkan marmer sebagai pelapis dinding di rumah kalian, penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa biaya borongan yang dibutuhkan. Untuk membantu kalian, di bawah ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai daftar harga pemasangan marmer dinding per meter persegi.

Apa Itu Batu Marmer?

Marmer adalah batuan alam yang terbentuk melalui proses metamorfosis dari batu kapur. Batuan ini tercipta secara alami melalui kristalisasi yang memakan waktu yang sangat panjang, dengan perkiraan beberapa ahli bahwa marmer di Indonesia telah terbentuk selama 30 hingga 60 juta tahun. Secara etimologi, kata “marmer” berasal dari bahasa Yunani kuno, “mamaros,” yang artinya adalah batuan yang bersinar.

Pada saat ini, jenis batuan alam ini digunakan secara luas sebagai bahan bangunan. Para kurator, produsen, dan pemasoknya mengolahnya dengan teliti untuk menciptakan tampilan yang sangat indah.

Kelebihan dan Kekurangan Marmer Dinding

Penting untuk dipahami bahwa banyak orang menganggap bahwa granit dan marmer adalah material yang serupa. Padahal, jika kita melihat dari segi material, kedua produk tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.

Selain itu, setiap bahan material konstruksi memiliki karakteristik uniknya masing-masing, termasuk marmer dinding. Oleh karena itu, sebelum kalian memutuskan untuk menggunakannya di rumah, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan marmer dinding.

Kelebihan:

  1. Daya Tahan yang Lebih Lama: Salah satu kelebihan utama marmer dinding adalah kemampuannya bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Marmer cenderung tahan terhadap kerusakan fisik dan perubahan cuaca, sehingga akan mempertahankan keindahannya untuk waktu yang lama.
  2. Kemudahan Perawatan: Marmer mudah dibersihkan dan dirawat, yang pada akhirnya dapat menghemat biaya perawatan. kalian hanya perlu menggunakannya lap lembut dan pembersih yang sesuai untuk menjaga kilau dan kebersihannya.
  3. Beragam Motif dan Tekstur: Marmer hadir dalam berbagai macam motif dan tekstur, memungkinkan kalian untuk menyesuaikannya dengan gaya desain interior ruangan kalian. Ini memberi kalian fleksibilitas dalam menciptakan tampilan yang unik.
  4. Isolasi Panas: Marmer memiliki sifat yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Ini berarti marmer akan tetap sejuk di sentuhan dan tidak akan menyebabkan ruangan menjadi terlalu panas.
  5. Cocok untuk Berbagai Ruangan: Marmer dapat diaplikasikan di berbagai jenis ruangan, termasuk ruang tamu, kamar mandi, atau dapur. Keanggunan alami marmer dapat meningkatkan penampilan dan daya tarik setiap ruangan.
Baca Juga :   √ Apa Itu LNG? Sifat, Kegunaan dan Kelebihannya Lengkap

Kekurangan:

  1. Permukaan Licin: Marmer sering memiliki permukaan yang licin, yang dapat menjadi masalah di area yang sering basah, seperti kamar mandi atau area lantai yang berpotensi licin. Perlu perhatian ekstra agar tidak terpeleset.
  2. Harga yang Tinggi: Salah satu kekurangan utama marmer adalah harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan beberapa bahan dinding lainnya. Marmer biasanya dianggap sebagai pilihan yang eksklusif, sehingga bisa memengaruhi anggaran proyek.
  3. Penggantian yang Mahal: Jika marmer dinding mengalami kerusakan serius, penggantian seluruh panel mungkin diperlukan. Ini dapat menjadi investasi yang mahal dan memakan waktu.
  4. Pemasangan Memerlukan Keahlian Khusus: Proses pemasangan marmer dinding membutuhkan keahlian khusus. Sebaiknya dilakukan oleh tukang yang berpengalaman untuk memastikan hasil akhir yang berkualitas.

Memahami kelebihan dan kekurangan marmer dinding adalah langkah penting dalam membuat keputusan yang bijak saat memilih bahan konstruksi untuk rumah kalian. Ini akan membantu kalian menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Harga Borongan Pasang Marmer Dinding Per Meter

Seperti halnya TARIF BORONGAN PASANG GRANIT, besaran biaya untuk jasa pemasangan marmer dinding juga cenderung bervariasi di berbagai wilayah, karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Faktor-faktor ini termasuk tingkat kesulitan pemasangan, kondisi dinding yang akan dikerjakan, dan tingkat risiko yang terkait dengan pemasangan.

Saat ini, proses pemasangan marmer dinding oleh para pekerja borongan dibagi menjadi dua jenis, yaitu pemasangan secara utuh dan pemasangan dengan pemotongan. Untuk informasi yang lebih rinci, berikut adalah tabel yang memuat daftar harga borongan pemasangan marmer dinding per meter persegi:

KeteranganSatuanHarga Borongan
Pasang slab marmer dinding 1/2 keringm2Rp375,000
Pasang marmer dinding ukuran cuttingm2Rp285,000

Penting untuk diketahui bahwa harga borongan pemasangan dinding marmer di atas sudah termasuk biaya pekerjaan oleh kontraktor, termasuk pembelian bahan material yang dibutuhkan. Dengan demikian, pemilik rumah dapat mengkalianlkan kontraktor untuk menangani seluruh aspek pekerjaan dengan nyaman.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Wiremesh Yang Paling Tepat

Cara Menghitung Biaya Pasang Marmer Dinding

Kami telah memberikan informasi lengkap mengenai harga borongan pemasangan marmer dinding per meter persegi di atas. Selanjutnya, penting bagi kalian untuk memahami bagaimana menghitung biaya pengerjaan atau pemasangan dinding marmer dengan menggunakan pekerja borongan. Untuk penjelasan yang lebih rinci, berikut adalah panduan mengenai cara menghitung biaya pemasangan marmer dinding.

Volume Pekerjaan Dinding

Langkah pertama adalah menghitung luas atau volume bidang pekerjaan dinding yang akan diberi material marmer. Sebagai contoh, jika kalian berencana memasang marmer secara menyeluruh pada dinding ruang tamu yang memiliki panjang 4 meter dan tinggi 2 meter menggunakan pekerja borongan, cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Diketahui:

  • Panjang dinding: 4 meter.
  • Tinggi dinding: 2 meter.

Perhitungan:

  • Volume pekerjaan: Panjang x Tinggi.
  • Volume pekerjaan: 4 m x 2 m = 8 m2.

Biaya Pemasangan

Setelah mengetahui volume bidang pekerjaannya, langkah selanjutnya adalah menghitung biaya pemasangan marmer pada dinding seluas 8 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikan luas bidang pekerjaan dinding dengan harga borongan per meter persegi.

  • Biaya pemasangan: Luas dinding x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan: 8 m2 x Rp 375.000 = Rp 3.000.000.

Dengan demikian, total biaya yang perlu kalian siapkan untuk memasang marmer pada dinding ruang tamu berukuran 4 meter x 2 meter menggunakan jasa borongan adalah sekitar Rp 3.000.000. Dalam rincian biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa pekerja borongan, pembelian material marmer, dan bahan material pendukung lainnya.

Pemasangan dinding marmer

Pemasangan atau instalasi cladding marmer dapat dilakukan melalui berbagai metode. Berikut ini penjelasannya:

1. Instalasi Konvensional

Pemasangan cladding marmer dengan cara konvensional adalah teknik yang sederhana dan sering digunakan oleh para profesional, terutama bagi mereka yang ingin mengutamakan aspek estetika. Dalam metode ini, marmer dipasang dengan perekat pada permukaan dinding atau pilar. Proses ini menghasilkan struktur dinding marmer yang kuat, memberikan lapisan estetis pada dinding atau pilar di dalam rumah kalian. Metode ini memungkinkan kalian untuk menciptakan tampilan yang elegan dan kokoh dengan menggunakan marmer sebagai material cladding.

2. Instalasi Rainscreen

Salah satu fungsi penting dari penggunaan marmer sebagai material cladding adalah melindungi bangunan dari pengaruh cuaca eksternal. Metode instalasi rainscreen dirancang khusus untuk tujuan ini. Pada metode ini, dinding marmer dipasang dengan menggunakan klip tersembunyi dan memiliki sedikit rongga. Cladding dengan metode rainscreen juga dilengkapi dengan sistem drainase yang bertujuan menjaga struktur bebas dari kelembaban yang dapat merusak. Akibatnya, struktur bangunan kalian akan terlindungi dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh hujan dan akan tetap kering serta awet. Metode ini sangat efektif dalam menjaga kualitas dan keberlangsungan struktur bangunan kalian seiring berjalannya waktu.

Baca Juga :   √ Rekomendasi Lem Besi Terkuat Untuk Menyambung Logam

Desain cladding marmer

Di bawah ini, kami sajikan beberapa desain cladding marmer yang dapat kalian terapkan:

1. Efek Berlapis (Layered Effect)

Untuk menciptakan desain dinding marmer dengan efek berlapis, kalian akan memerlukan marmer yang dipotong menjadi lempengan-lempengan kecil dengan ukuran yang bervariasi. Pemasangannya dilakukan dari atas ke bawah dengan posisi kepingan marmer ditempatkan secara acak. Desain ini menciptakan tampilan dinding marmer tiga dimensi yang kuat dengan nuansa kontemporer.

2. Veil-Matching

Desain “veil-matching” melibatkan penyelarasan pola guratan pada marmer. Ini menghasilkan tampilan dinding marmer yang unik karena pola-pola pada marmer dipasangkan dan diatur secara hati-hati. Namun, untuk mencapai desain ini, kalian perlu memilih lempengan marmer dengan pola yang serasi.

3. Tampilan Acak (Random)

Sebagai kontras dari desain sebelumnya, kalian juga dapat menciptakan tampilan dinding marmer dengan komposisi yang acak. Dalam desain ini, kalian tidak perlu mencocokkan secara khusus pola guratan pada lempengan marmer. kalian hanya perlu memutuskan apakah kalian lebih suka pola guratan yang halus atau tebal.

4. Potret (Portraits)

Gaya “portraits” melibatkan penggunaan potongan-potongan marmer besar yang ditempatkan di dinding dengan latar belakang yang kontras. Setiap potongan marmer diberi bingkai dengan warna dan desain klasik seperti emas atau perak. Dengan cara ini, marmer akan terlihat seperti pajangan dinding yang mewah dan menjadi pusat perhatian dalam ruangan kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam penutup, kita telah membahas secara mendalam tentang berbagai aspek terkait “Harga Borongan Pasang Marmer Dinding”.

Mulai dari perbedaan jenis pemasangan marmer, metode instalasi, hingga desain-desain menarik yang bisa kalian terapkan.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang harga dan cara pemasangan marmer dinding, kalian dapat membuat keputusan yang bijak saat merancang atau merenovasi ruang kalian.

Harga borongan pemasangan marmer dinding dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, tetapi dengan informasi yang kami bagikan, kalian dapat lebih siap dan terinformasi saat bermitra dengan para profesional untuk mengubah dinding rumah kalian menjadi karya seni yang elegan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Marmer Dinding Terbaru: Tenaga & Bahanya. Semoga aartikel kamai dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *