Harga HPL Taco Semua Ukuran

√ Harga HPL Taco Semua Ukuran Terbaru: Per Lembar & Per Meter

Posted on

Finoo.id – √ Harga HPL Taco Semua Ukuran Terbaru: Per Lembar & Per Meter. Rumah dengan konsep minimalis, yang diberi sentuhan furnitur dari elemen kayu, menampilkan kesan mewah dan elegan. Namun, sangat penting untuk bijak dalam memilih bahan bangunan yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Bagi yang ingin mendekorasi rumah dengan biaya terbatas, pilihan yang baik adalah memanfaatkan bahan kayu olahan. Salah satu produk kayu olahan yang bisa dipilih untuk mempercantik hunian adalah HPL (High Pressure Laminates).

Saat ini, di pasaran sudah tersedia beragam varian HPL, termasuk jenis, bentuk, warna, tekstur, dan ukuran. HPL Taco, sebagai salah satu jenis HPL, bisa menjadi pilihan yang cocok untuk diaplikasikan di rumah.

Bagi yang berencana membeli bahan tersebut, sebaiknya memahami terlebih dahulu kisaran harga terbaru. Dalam penjelasan di bawah ini, kami akan merinci ukuran, kelebihan, kekurangan, serta harga HPL Taco per lembarnya.

Pengertian Lapisan HPL (High Pressure Laminate)

High Pressure Laminate (HPL) merupakan produk pelapis yang digunakan untuk memberikan sentuhan akhir pada furnitur berbahan kayu, sehingga tampak lebih halus dan bertekstur. Terbuat dari plastik sintetis dengan laminasi bertekanan tinggi, HPL ternyata terdiri dari beberapa lapisan yang memberikan karakteristik unik. Lapisan tersebut meliputi kraft paper (lapisan kraft) yang telah direndam dalam resin fenolik, decor paper (lapisan dekoratif), dan overlay paper (lapisan laminasi bening).

Proses pembuatan High Pressure Laminate (HPL) melibatkan tekanan tinggi dan suhu panas yang mencapai sekitar 1000 kg per meter persegi, dengan suhu mencapai 140 derajat Celsius. Keunggulan produk ini mencakup harganya yang relatif terjangkau. HPL juga mampu menghasilkan material yang kuat, tahan lama, higienis, dan memberikan kebebasan desain yang beragam.

Lapisan kraft, yang diresapi resin fenolik, memberikan kekuatan tambahan pada HPL, sementara lapisan dekoratif memberikan berbagai pilihan desain yang estetis. Lapisan laminasi bening, yang menjadi pelindung terluar, tidak hanya menambah kekuatan, tetapi juga menjaga keindahan dan ketahanan material terhadap pengaruh eksternal.

Kelebihan lain dari HPL adalah kemampuannya untuk menahan tekanan tinggi dan panas, menjadikannya pilihan ideal untuk aplikasi di area dengan aktivitas yang intens. Kombinasi daya tahan, estetika, dan kemampuan untuk menciptakan berbagai desain menjadikan High Pressure Laminate (HPL) sebagai solusi yang sangat fleksibel dan dapat dikalianlkan dalam dunia desain dan dekorasi interior.

Sejarah HPL (High Pressure Laminate)

Pada tahun 1896, sejarah mencatat penciptaan High Pressure Laminate (HPL) untuk pertama kalinya, yang berasal dari pikiran seorang ahli kimia asal Belgia bernama Leo Hendrik. Leo Hendrik mengembangkan ide ini dari keinginannya untuk mencari alternatif yang lebih ekonomis dari peralatan isolator listrik yang pada waktu itu menggunakan bahan yang mahal. Dengan semangat inovatifnya, Leo Hendrik menciptakan formula unik yang melibatkan penggunaan bahan plastik sintetis untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga :   √ Apa Itu Wire Rope? Jenis Beserta Fungsinya Lengkap

Awalnya, konsep HPL diciptakan dengan tujuan praktis, yaitu sebagai solusi yang lebih terjangkau untuk kebutuhan isolasi listrik. Namun, yang menarik adalah bahwa penemuan ini tidak hanya memenuhi tujuan awalnya, melainkan juga membuka pintu untuk aplikasi yang jauh lebih luas di berbagai industri.

Hasil dari eksperimen Leo Hendrik ini menyatukan sifat-sifat unggul dari bahan plastik sintetis, khususnya dalam hal daya tahan, fleksibilitas, dan daya tahan terhadap tekanan tinggi. Seiring berjalannya waktu, HPL menjadi lebih dari sekadar solusi isolasi listrik yang ekonomis. Keberhasilannya membawa dampak besar dalam dunia desain dan konstruksi.

Penggunaan HPL tidak hanya terbatas pada bidang teknis, tetapi juga telah merambah ke industri desain interior dan eksterior. Kualitasnya yang tahan lama, kemampuan untuk memberikan berbagai desain estetis, dan daya tahan terhadap berbagai kondisi membuat HPL menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan perancang dan pembuat furnitur, arsitek, dan pelaku industri konstruksi.

Daftar Harga HPL Taco Per Lembar

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, HPL merek Taco umumnya dijual secara per lembar. Meskipun demikian, beberapa produsen atau pemasok HPL Taco juga menawarkannya dengan satuan per meter persegi. Agar tidak perlu bertanya-tanya, mari langsung saja melihat daftar harga HPL Taco yang tertera di bawah ini.

Ukuran HPL Taco

HPL Taco yang tersedia di pasar umumnya memiliki panjang berkisar antara 122 cm hingga 244 cm, dengan lebar sekitar 120 cm. Adapun ketebalan material ini menunjukkan variasi yang cukup, yakni antara 0.5 mm hingga 1.5 mm.

Secara dasar, dimensi HPL Taco ini hampir serupa dengan ukuran triplek yang biasa ditemui di pasaran. Namun, perbedaan khusus di antara keduanya terletak pada daya tahan. HPL Taco menonjol dengan daya tahan yang lebih tinggi, menjadikannya pilihan yang lebih tahan lama dan awet jika dibandingkan dengan triplek konvensional.

Kegunaan HPL Taco

HPL Taco tidak hanya menjadi bahan dasar untuk pembuatan furnitur, melainkan juga sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Penggunaan yang luas ini didasarkan pada kemudahan dan kecepatan dalam proses pemasangannya. Berikut adalah beberapa kegunaan HPL Taco dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Lemari Dapur (Kitchen Set): HPL Taco sering digunakan untuk membuat lemari dapur atau kitchen set. Kelebihan daya tahan dan kemudahan perawatannya membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk ruang dapur.
  2. Meja Makan: Dengan kekuatan dan ketahanannya, HPL Taco dapat diaplikasikan sebagai bahan pelapis untuk meja makan. Ini memberikan sentuhan estetis dan perlindungan tambahan terhadap permukaan meja.
  3. Mini Bar: Untuk area mini bar di rumah, HPL Taco dapat memberikan tampilan yang modern dan tahan lama. Desain yang beragam memungkinkan penciptaan mini bar yang sesuai dengan selera dan gaya.
  4. Backdrop atau Background: Keberagaman desain HPL Taco membuatnya cocok sebagai backdrop atau latar belakang untuk ruangan tertentu, seperti ruang keluarga atau kamar tidur.
  5. Rak untuk Meletakkan TV: Dengan daya tahan yang tinggi, HPL Taco dapat digunakan sebagai bahan pelapis untuk rak penyimpanan atau media unit untuk menempatkan TV.
  6. Kamar Set: HPL Taco sering digunakan dalam pembuatan kamar set, memberikan sentuhan modern dan elegan pada furnitur kamar tidur.
  7. Dinding atau Sekat Ruangan: Dengan keberagaman warna dan tekstur, HPL Taco dapat menjadi pilihan yang menarik untuk pelapis dinding atau pembuatan sekat ruangan, memberikan estetika yang sesuai dengan desain interior.
  8. Pelapis Lantai: Beberapa orang juga memanfaatkan HPL Taco sebagai pelapis lantai untuk memberikan tampilan yang bersih dan modern pada ruangan tertentu.
Baca Juga :   √ Apa Itu Metanol? Asal, Kegunaan, dan Bahayanya

Dengan keunggulan dalam daya tahan dan berbagai desain yang tersedia, HPL Taco menjadi solusi serbaguna untuk meningkatkan estetika dan fungsionalitas berbagai elemen di dalam rumah.

Harga HPL Taco Per Lembar

Setelah memahami berbagai kegunaan dan dimensi HPL Taco yang dapat ditemukan di pasar, selanjutnya penting untuk mengetahui rentang harga terkini. Berikut ini adalah rangkuman harga HPL Taco per lembar untuk berbagai tipe:

MerekKodeHarga
HPL TacoAa / B / H PutihRp95,500
HPL TacoAa / B / H PolosRp115,500
HPL TacoAd / G Dove PolosRp128,700
HPL TacoD / G Gloss PolosRp129,800
HPL TacoAa / B / H Warna KayuRp140,500
HPL TacoEliter Pear TH 102 AARp155,500
HPL TacoAustraliasn Oak TH 359 HRp155,500
HPL TacoNew Rhumbia TH 372 HRp155,500
HPL TacoBrown Sapeli TH 375 HRp155,500
HPL TacoFine Bamboo TH 308 HRp155,500
HPL TacoNoble Cherry TH 215 AARp155,500
HPL TacoBright Mapple TH 276 BRp155,500
HPL TacoSpice Cherry TH 109 AARp155,500
HPL TacoAsian Oak – TH 262 B – WoodgrainRp164,800
HPL TacoBlack Dove TH 003 DRp165,500
HPL TacoLight Grey Gloss – TH 014 GRp175,500
HPL TacoSagrada – TH 864 JG – Woodgrain GlossRp183,800
HPL TacoBrown Deluxe TH 1218 FCRp187,500
HPL TacoChocolate Afromosia TH 852 JRp187,700
HPL TacoAuckland Oak TH 1202 FCRp187,800
HPL TacoFloral (BU)Rp203,700
HPL TacoNew TextureRp204,700
HPL TacoSolid BrushRp205,700
HPL TacoTextureRp206,700
HPL TacoLight Pesaro – TH 864 JG – Woodgrain GlossRp206,700
HPL TacoVir LineRp207,700
HPL TacoCrimson Maple TH 846 JGRp215,200
HPL TacoGolden Foil – TH 610 AL – Pattern TexturedRp243,700
HPL TacoGray Leger StoneRp289,300
HPL TacoAluminium Brush TH 602 ARp540,500

Kelebihan dan Kekurangan HPL Taco

HPL Taco dianggap sebagai salah satu bahan permukaan dekoratif yang sangat tahan lama, dilengkapi dengan sifat kinerja khusus. Selain itu, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan HPL Taco yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian membelinya.

Kelebihan:

  1. Beragam Warna, Tekstur, dan Corak: HPL Taco menonjol karena memiliki pilihan warna, tekstur, dan corak yang beragam, memberikan fleksibilitas desain yang tinggi.
  2. Tahan Air dan Goresan: Keunggulan HPL Taco terletak pada ketahanannya terhadap air dan goresan, menjadikannya pilihan yang ideal untuk lingkungan yang memerlukan perlindungan terhadap elemen-elemen tersebut.
  3. Proses Pengerjaan Mudah dan Cepat: Proses pengerjaan HPL Taco tergolong mudah dan cepat, memungkinkan instalasi yang efisien dan efektif.
  4. Biaya Lebih Rendah: Biaya HPL Taco cenderung lebih rendah dibandingkan dengan material sejenisnya, menjadikannya pilihan yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas.
  5. Cocok untuk Furnitur Modern dan Minimalis: Desain modern dan minimalis sangat cocok dengan HPL Taco, memberikan tampilan yang bersih dan estetis.
  6. Pengaplikasian yang Bersih: Pengaplikasian HPL Taco cenderung memberikan hasil yang bersih dan rapi, meningkatkan tampilan keseluruhan furnitur atau permukaan yang diaplikasikan.
  7. Ketahanan Terhadap Panas dan Zat Kimia: HPL Taco memiliki ketahanan yang baik terhadap panas dan zat kimia, menjadikannya pilihan yang tahan lama untuk berbagai kebutuhan.
  8. Harga Terjangkau: Salah satu kelebihan utama HPL Taco adalah harganya yang terjangkau, membuatnya menjadi solusi yang ekonomis untuk berbagai proyek.
Baca Juga :   Contoh Benda Bahan Keras Yang Perlu Kita Ketahui

Kekurangan:

  1. Sulit Dibuat Menjadi Bidang Lengkung yang Terlalu Kecil: HPL Taco memiliki keterbatasan dalam pembentukan bidang lengkung yang terlalu kecil, memerlukan perhatian khusus dalam proses desain.
  2. Pemotongan yang Tidak Sempurna Menyebabkan Lapisan Ketebalan Terlihat: Pemotongan yang kurang sempurna dapat menyebabkan terlihatnya lapisan ketebalan HPL Taco, memerlukan ketelitian dalam proses pemotongan.
  3. Keras dan Rendah Fleksibilitas: Sifat keras HPL Taco dapat membuatnya kurang fleksibel dan mudah patah, sehingga memerlukan penanganan dengan hati-hati.
  4. Lapisan Sering Lepas Jika Proses Lemnya Tidak Sempurna: Kelemahan potensial HPL Taco adalah lapisannya dapat lepas jika proses perekatan atau lemnya tidak dilakukan dengan sempurna. Perhatian khusus diperlukan selama proses pemasangan.

Baca Juga :

Penutup

Dengan demikian, kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa Harga HPL Taco untuk semua ukuran menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulan yang dapat meningkatkan kualitas estetika dan daya tahan permukaan dekoratif.

Ketersediaan pilihan warna, tekstur, dan corak yang beragam, ditambah dengan ketahanan terhadap air, goresan, panas, dan zat kimia, membuat HPL Taco menjadi pilihan yang komprehensif untuk berbagai kebutuhan.

Meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti kesulitan pembentukan bidang lengkung yang kecil, pemotongan yang kurang sempurna, serta kekerasan dan keterbatasan fleksibilitas, namun harga terjangkau menjadi daya tarik utama HPL Taco.

Bagi mereka yang mencari solusi ekonomis namun berkualitas tinggi dalam perabotan dan desain interior, HPL Taco dalam semua ukurannya dapat menjadi opsi yang menarik.

Dengan memahami secara detail karakteristik dan harga dari masing-masing tipe HPL Taco, diharapkan pembaca dapat membuat keputusan yang cerdas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga HPL Taco Semua Ukuran Terbaru: Per Lembar & Per Meter. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *