Apa Itu Material GRC

√ Apa Itu Material GRC? Fungsi, Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Material GRC? Fungsi, Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap. Seperti yang sudah dikenal, GRC adalah salah satu bahan bangunan yang sering digunakan untuk membuat langit-langit atau plafon rumah. Namun, belakangan ini, banyak orang mulai menggunakan bahan ini untuk membangun dinding di rumah mereka.

Keputusan ini tidak diambil begitu saja, karena GRC memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya cocok digunakan sebagai partisi atau dinding, terutama di area luar ruangan (outdoor). Salah satu kelebihannya adalah ketahanannya terhadap perubahan bentuk saat terpapar cuaca panas dan sinar matahari.

Meskipun begitu, bukan berarti GRC tidak memiliki kelemahan ketika digunakan sebagai dinding rumah. Oleh karena itu, penting untuk memahami karakteristik GRC, baik kelebihan maupun kekurangannya, sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Untuk membantu kalian memahami lebih detail mengenai karakteristik GRC untuk dinding luar rumah, termasuk bentuk, ukuran stkalianrnya, dan harganya, kami akan menjelaskannya secara lengkap dalam kesempatan ini. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi tentang cara menghitung kebutuhan GRC untuk partisi rumah.

Apa Itu GRC?

GRC adalah bahan komposit yang terdiri dari pasir halus, semen, polimer akrilik, air, dan serat kaca tahan alkali yang memiliki kekuatan tinggi. Material ini sejenis dengan beton yang diperkuat oleh serat.

GRC singkatan dari Glass Reinforced Concrete atau sering juga disebut sebagai GFRC (GlassFiber Reinforced Concrete), yang artinya beton yang diperkuat dengan serat kaca. Beberapa orang juga merujuk pada GRC dengan sebutan papan semen.

Meskipun terlihat berat dari luar, GRC sebenarnya memiliki berat yang ringan jika dibandingkan dengan bahan serupa lainnya. Banyak orang memilih GRC karena memiliki daya tahan ekstra terhadap api dan air.

Pengembangan GRC pertama kali dilakukan pada tahun 1960-an sebagai alternatif untuk beton yang diperkuat dengan material baja atau Steel Reinforced Concrete. Awalnya, GRC digunakan sebagai bahan pelapis eksterior yang bisa diubah menjadi berbagai bentuk yang kompleks sebagai bagian dari profil dan arsitektur bangunan.

Saat ini, GRC telah menjadi bahan favorit dalam dunia arsitektur dan properti karena cocok digunakan sebagai material untuk hunian modern yang mengutamakan karakteristik ringan, terutama dalam bentuk panel-panelnya.

Fungsi GRC sebagai Interior dan Eksterior Bangunan

Meskipun GRC tidak digunakan sebagai elemen struktural, jangan ragu akan kekuatannya untuk berbagai fungsi lainnya. Material ini memiliki fleksibilitas penggunaan yang luas, termasuk sebagai bahan penahan eksterior, panel dinding, serta permukaan mebel dan permukaan padat.

GRC dapat digunakan baik di dalam maupun di luar bangunan, cocok untuk beragam keperluan, seperti di rumah pribadi, bangunan komersial, dan struktur gedung. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari material GRC.

A. Eksterior

  1. Cladding Eksterior
    Cladding eksterior atau dinding bangunan umumnya berfungsi untuk melindungi dari pengaruh cuaca sambil tetap memperhatikan aspek estetika. Ketebalan GRC cladding biasanya berkisar antara 8mm hingga 12mm, namun tersedia juga opsi ketebalan khusus sesuai kebutuhan kalian. GRC cladding hadir dalam bentuk polos atau ornamen yang memiliki nilai seni, sehingga kalian dapat memilih sesuai preferensi.
  2. Sunscreen
    Dalam desain arsitektur modern, untuk memastikan pencahayaan matahari dan sirkulasi udara tetap optimal di setiap sudut ruangan, seringkali digunakan sunscreen. GRC adalah material yang sering dipilih karena kemudahan pemasangannya dan fleksibilitas bentuknya. Ragam desain ornamen sunscreen GRC menambahkan nilai estetika pada bangunan.
  3. Kubah atau Dome
    GRC sering digunakan dalam pembuatan kubah dan telah menggantikan beton bertulang yang dulu umumnya digunakan. Dalam hal bentuk, kubah GRC dikenal karena presisi tinggi yang dihasilkan melalui proses pencetakan.
  4. Lisplang
    Lisplang adalah elemen lis atau tepian atap bangunan yang digunakan untuk menyembunyikan struktur atap atau meningkatkan aspek estetika bangunan. Lisplang GRC memiliki sifat tahan cuaca, ringan, dan kuat. Biasanya, lisplang GRC memiliki desain yang simpel cocok untuk rumah dengan gaya modern.
  5. Pagar Rumah
    GRC juga dapat digunakan sebagai pagar rumah. Pagar GRC saat ini populer karena memiliki motif yang menyerupai kayu dan diberi bingkai besi.
Baca Juga :   √ Perbedaan Logam Ferro dan Non Ferro Yang Perlu Diketahui

B. Interior

  1. Dinding Bangunan
    GRC bisa digunakan sebagai dinding bangunan dengan berbagai ketebalan yang tersedia. Sebagai dinding, GRC memiliki sifat kedap suara dan tahan terhadap benturan. Jika ada kerusakan, kalian dapat dengan mudah menggantinya dengan membongkar bagian yang rusak.
  2. Cubicle Toilet
    Tidak banyak yang tahu bahwa GRC juga bisa digunakan sebagai bahan untuk cubicle toilet. Karena ketahanannya terhadap kelembapan, GRC bisa digunakan sebagai partisi di area toilet.
  3. Plafon
    Dalam berbagai jenis material plafon, GRC sering dipilih untuk membuat langit-langit rumah. Kemampuannya yang tahan terhadap air dan kemudahan dalam pengolahan membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi arsitek. Menggunakan GRC sebagai plafon juga dapat meningkatkan estetika dan keindahan ruangan.
  4. Partisi
    GRC juga dapat digunakan untuk membuat partisi, dan kalian bisa memilih beragam bentuk ornamen yang sesuai dengan desain interior rumah kalian. Dengan menggunakan balok kayu sebagai penopang, kalian dapat dengan mudah membuat partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga.
  5. Penutup Lantai
    GRC juga bisa digunakan sebagai material penutup lantai. Selain memudahkan pemasangan, GRC memiliki permukaan yang halus, tahan terhadap rayap, dan bebas asbestos, sehingga aman digunakan. kalian dapat menambahkan berbagai finishing seperti keramik, parket, vinyl, atau karpet sesuai selera kalian.
  6. Lubang Angin
    Dengan GRC, lubang angin dapat dibentuk dengan berbagai motif dan pola karena dibuat dengan mesin. kalian bebas memilih pola dan motif yang sesuai dengan keinginan kalian.
  7. GRC memiliki banyak keunggulan yang dapat meningkatkan tampilan eksterior dan interior rumah kalian. Jika kalian ingin memiliki rumah dengan desain yang cantik, GRC bisa menjadi pilihan yang menarik. Cek berbagai pilihan rumah berdesain cantik dengan harga di bawah Rp1 M.

Kelebihan dan Kekurangan GRC Untuk Dinding

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, material GRC memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan. Kelebihan dan kekurangan ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan GRC untuk dinding:

Kelebihan

Kelebihan GRC untuk Dinding:

  1. Ketahanan Terhadap Air: GRC memiliki ketahanan yang baik terhadap air, sehingga dapat digunakan dengan aman di area yang rentan terhadap kelembapan.
  2. Bobot Ringan: GRC cenderung lebih ringan dibandingkan dengan banyak material dinding lainnya, yang membuatnya lebih mudah diangkut dan dipasang.
  3. Fleksibilitas Tinggi: Kemampuan GRC untuk dibentuk dengan berbagai bentuk dan desain menjadikannya pilihan yang fleksibel untuk berbagai proyek arsitektur.
  4. Tahan Terhadap Kelembapan: GRC juga tahan terhadap kelembapan, sehingga cocok digunakan di daerah yang memiliki kondisi cuaca yang lembap.
  5. Tahan Terhadap Cuaca Panas: GRC mampu mengatasi cuaca panas tanpa mengalami perubahan bentuk atau kerusakan, menjadikannya cocok untuk daerah beriklim panas.
  6. Ketahanan Terhadap Api: Bahan GRC tidak mudah terbakar, sehingga memberikan tingkat keamanan tambahan dalam hal kebakaran.
  7. Proses Pemasangan Mudah dan Cepat: Proses pemasangan GRC untuk dinding tergolong mudah dan cepat, yang dapat menghemat waktu dan biaya dalam proyek konstruksi.
  8. Permukaan Halus: Permukaan GRC yang halus memberikan tampilan bangunan yang rapi dan estetis.
  9. Kedap Suara: GRC memiliki kemampuan kedap suara, membantu dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang di dalam bangunan.
  10. Banyak Pilihan Ukuran: Tersedia beragam pilihan ukuran GRC, memungkinkan fleksibilitas dalam desain dan penggunaannya dalam berbagai aplikasi konstruksi.

Kekurangan

Kekurangan GRC untuk Dinding:

  1. Tidak Dapat Dibuat Custom: Salah satu kelemahan GRC adalah bahwa material ini tidak dapat dibuat sesuai dengan spesifikasi yang sangat khusus atau custom. Ini bisa menjadi kendala jika proyek membutuhkan desain yang sangat unik atau ukuran yang tidak stkalianr.
  2. Keterbatasan Suplai: Meskipun GRC semakin populer, beberapa wilayah di Indonesia mungkin belum memiliki pasokan material GRC yang memadai. Ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam mendapatkan material ini di beberapa lokasi, terutama di daerah yang lebih terpencil.
  3. Harga yang Lebih Mahal: GRC memiliki biaya yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan beton konvensional. Meskipun memiliki banyak keunggulan, biaya yang lebih tinggi ini dapat menjadi faktor pembatas dalam keputusan penggunaan GRC dalam proyek konstruksi.
Baca Juga :   √ Apa Itu Besi Galvanis? Karakteristik dan Kelebihanya Lengkap

Ukuran Stkalianr GRC Untuk Dinding Luar Rumah

Walaupun terdapat variasi dimensi GRC untuk dinding luar rumah, umumnya material ini memiliki ukuran stkalianr yang tersedia di pasar. Ukuran stkalianr GRC untuk dinding hunian biasanya memiliki panjang sekitar 2.440 mm dan lebar 1.220 mm.

Sementara itu, ketebalan GRC sendiri dapat bervariasi, mulai dari 4 mm, 5 mm, 6 mm, 8 mm, hingga 10 mm. Penting untuk diingat bahwa jika kalian memerlukan GRC dengan ukuran atau ketebalan di luar stkalianr, kalian harus memesannya melalui sistem inden kepada produsen atau pemasok yang bersangkutan.

Harga GRC Untuk Dinding Luar Rumah

Setelah memahami kelebihan, kekurangan, dan ukuran stkalianr GRC untuk dinding luar rumah, langkah selanjutnya adalah memahami berapa harganya. Harga GRC di pasaran dapat bervariasi tergantung pada merek, ukuran, ketebalan, dan kualitasnya.

Saat ini, terdapat tiga merek GRC yang terkenal di pasar Indonesia, yaitu GRC Royal Board, GRC Silica Board, dan GRC Board. Untuk membantu dalam pertimbangan, berikut ini adalah daftar harga GRC untuk partisi atau dinding hunian:

Merek GRCSpesifikasiHarga
GRC Royal Board1.2 m x 2.4 m x 4 mmRp60,000
GRC Silica Board1.2 m x 2.4 m x 4 mmRp65,000
GRC Board1.2 m x 2.4 m x 4 mmRp70,000

Harap diperhatikan bahwa harga GRC dapat berubah sesuai dengan waktu dan lokasi, serta dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti jumlah pemesanan. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk memeriksa harga terkini dari produsen atau pemasok sebelum melakukan pembelian.

Cara Menghitung Kebutuhan GRC Untuk Dinding

Telah diuraikan secara komprehensif tentang berbagai aspek GRC untuk dinding luar rumah di atas. Sekarang, penting juga bagi kalian untuk memahami bagaimana menghitung kebutuhan GRC untuk partisi hunian, baik dari segi material maupun estimasi biaya pembelian.

Perhitungan kebutuhan GRC untuk dinding sebenarnya hampir serupa dengan menghitung biaya pemasangan plafon GRC, karena pada dasarnya kalian perlu menentukan luas area pekerjaan terlebih dahulu. Untuk menghindari kebingungan, berikut ini adalah panduan mengenai cara menghitung kebutuhan GRC untuk dinding luar rumah:

  1. Pengukuran Area: Langkah pertama adalah mengukur luas dinding yang akan kalian pasang GRC. Ini melibatkan pengukuran tinggi dan lebar dinding tersebut. Pastikan untuk mengukur semua dinding yang akan dilapisi dengan GRC.
  2. Hitung Luas Total: Hitung luas keseluruhan dari dinding tersebut dengan mengalikan tinggi dan lebar setiap dinding. Jika ada berbagai bagian dengan dimensi yang berbeda, hitung masing-masing dan tambahkan hasilnya.
  3. Tentukan Ketebalan: Pilih ketebalan GRC yang akan digunakan untuk dinding kalian. Ini akan memengaruhi berat material yang diperlukan. Pastikan untuk mengkonversi ketebalan ke meter jika perlu.
  4. Hitung Volume: Dengan mengetahui luas total dinding dan ketebalan GRC, kalian dapat menghitung volume GRC yang diperlukan dengan mengalikan luas dengan ketebalan dalam meter.
  5. Pesan Material: Setelah kalian mengetahui volume GRC yang diperlukan, kalian dapat menghubungi produsen atau pemasok GRC untuk memesan material sesuai dengan kebutuhan kalian.
  6. Estimasi Biaya: Terakhir, dengan harga per lembar GRC yang kalian miliki, kalian dapat mengestimasi biaya total untuk pembelian GRC sesuai dengan kebutuhan kalian.

Volume Pekerjaan

Cara pertama adalah dengan mengukur luas area pekerjaan pemasangan GRC pada dinding rumah. Sebagai contoh, jika kalian akan memasang GRC merek GRC Board dengan ukuran 1.2 m x 2.4 m x 4 mm pada dinding luar rumah yang memiliki panjang 6 m dan tinggi 3.5 m, berikut adalah cara menghitung volume pekerjaannya:

Baca Juga :   √ Apa Itu Quenching Logam (Pendinginan Logam) Penjelasan Lengkapnya

Diketahui:

  • Lebar GRC: 1.2 m.
  • Panjang GRC: 2.4 m.
  • Tinggi dinding: 3.5 m.
  • Panjang dinding: 6 m.

Perhitungan:

Volume Dinding Rumah:

  • Volume = Panjang x Tinggi.
  • Volume = 6 m x 3.5 m = 21 m².
  • Volume 1 Lembar GRC:
  • Volume = Panjang x Lebar.
  • Volume = 2.4 m x 1.2 m = 2.88 m².

Dengan menghitung volume dinding rumah dan volume satu lembar GRC, kalian dapat menentukan berapa banyak lembar GRC yang dibutuhkan untuk proyek pemasangan pada dinding luar rumah kalian.

Kebutuhan GRC

Langkah berikutnya adalah menghitung total kebutuhan GRC Board dengan ukuran 1.2 m x 2.4 m x 4 mm untuk dinding luar rumah seluas 21 meter persegi. Caranya cukup dengan membagi volume pekerjaan pada dinding rumah dengan luas satu lembar material GRC.

  • Kebutuhan GRC = Volume pekerjaan dinding ÷ Luas satu lembar GRC.
  • Kebutuhan GRC = 21 m² ÷ 2.88 m² = 7.29 lembar (dibulatkan menjadi 8 lembar).

Dengan mengikuti perhitungan ini, kalian dapat menentukan bahwa kalian memerlukan sekitar 8 lembar GRC Board dengan ukuran yang telah disebutkan untuk melapisi dinding luar rumah dengan luas 21 meter persegi.

Biaya Pembelian GRC

Tahap terakhir adalah menghitung besaran anggaran yang diperlukan untuk pembelian 8 lembar material GRC Board. Jika harga GRC Royal Board dengan ukuran 1.2 m x 2.4 m x 4 mm di pasaran adalah Rp 70.000 per lembar, maka kalian perlu menyediakan anggaran biaya sebesar Rp 560.000 (8 lembar x Rp 70.000) untuk pembelian material tersebut.

Tips Mengaplikasikan GRC

Saat kalian menggunakan GRC dalam proyek bangunan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan bahkan dihindari. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian ikuti:

1. Pesan Custom Sebelumnya

Ketika kalian memilih GRC, sebagian besar material yang tersedia di pasaran memiliki ukuran dan desain stkalianr. Jika kalian ingin hasil yang sesuai dengan keinginan kalian, perlu memesan GRC secara khusus dengan spesifikasi tertentu.

2. Perhatikan Kehati-hatian

Meskipun pemasangan GRC tergolong mudah, kalian tetap perlu berhati-hati saat mengaplikasikannya. Contohnya, GRC yang digunakan untuk plafon rentan terhadap retak pada titik sambungan. Untuk menghindari masalah ini, gunakan rangka metal hollow square atau rangka kayu yang lurus dan halus. Pastikan juga menggunakan paku khusus GRC dengan diameter 2mm dan panjang 25mm yang memiliki kepala lebar dan tahan karat. Paku ini dirancang untuk menembus papan GRC. Jika kalian menggunakan rangka besi, gunakan sekrup khusus GRC seperti sekrup self-tapping dengan kepala terbenam yang juga anti karat.

3. Penanganan Retakan pada GRC Board

Jika kalian mengalami keretakan pada GRC board, kalian dapat menggantinya dengan mengganti satu panel baru. Namun, jika keretakan terjadi pada sambungan antar GRC board, kalian perlu menggunakan campuran Z+B. Campuran ini terdiri dari tepung gipsum yang dicampur dengan lem kayu dan dapat membantu memperbaiki sambungan yang retak.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Material GRC atau Glassfiber Reinforced Concrete.

GRC adalah bahan konstruksi inovatif yang terbuat dari campuran semen, serat kaca, air, dan bahan tambahan lainnya. Material ini memiliki banyak keunggulan, termasuk kekuatan, ringan, dan tahan terhadap korosi.

Semoga penjelasan ini telah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang GRC dan manfaatnya dalam dunia konstruksi.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang material ini, diharapkan pembaca dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam proyek-proyek konstruksi mereka.

Teruslah mengikuti perkembangan inovasi dalam dunia material konstruksi untuk memastikan proyek-proyek kalian selalu menggunakan bahan terbaik dan paling efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *