Cara Menampilkan Subtitle di TV

Cara Menampilkan Subtitle di TV Paling Mudah & Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Menampilkan Subtitle di TV Paling Mudah & Simpel. Bersamaan dengan perkembangan zaman, teknologi dalam dunia elektronik mengalami kemajuan yang pesat, termasuk pada televisi. Televisi terbaru saat ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, salah satunya adalah port USB pada TV.

Dengan adanya fitur ini, kita dapat memutar video, musik, dan film. Kini menonton film tidak lagi harus pergi ke bioskop, melainkan dapat dilakukan di rumah bersama keluarga. Namun, terkadang ada masalah saat menonton film di TV, yaitu masalah terjemahan atau subtitle. Tidak semua TV dapat menampilkan subtitle dan harus menambahkan terjemahan sendiri dengan perangkat laptop atau komputer.

Untuk mengetahui hal ini, dapat dilihat pada buku panduan (manual) TV. Ada format yang didukung dan ada juga yang tidak, kebanyakan format yang didukung adalah SRT. Format ini memang bagus, namun subtitle yang ditampilkan atau teks yang ditampilkan menggunakan font light (bukan bold), sehingga menyebabkan subtitle tidak terlihat sempurna jika ada cahaya yang sangat terang di sebuah film.

Karena itu, banyak orang lebih memilih format SSA atau ASS untuk menampilkan terjemahan, karena cocok untuk TV karena memiliki shadow dan bentuk tulisan dapat diatur sendiri. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara menampilkan subtitle di TV. Silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu subtitle dalam film?

Subtitle merupakan terjemahan bagi penonton yang tidak bisa berbicara bahasa asli dari tayangan yang ditonton. Biasanya, subtitle disertakan pada film-film asing. Subtitle memungkinkan penonton dari seluruh dunia untuk dapat mengakses tayangan tersebut. Subtitle stkalianr diasumsikan bahwa penonton dapat mendengar audio.

Mengenai Subtitle di TV Semua Merk

TV terbaru saat ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, termasuk port USB pada TV. Dengan fitur ini, kalian dapat memutar video, musik, atau film tanpa harus pergi ke bioskop. Namun, seringkali ada masalah ketika menonton film di TV, yaitu masalah terjemahan atau subtitle. Tidak semua TV dapat menampilkan subtitle, sehingga perlu menambahkan terjemahan sendiri melalui perangkat laptop atau komputer.

Baca Juga :   √ Mengenal Teknologi Sprayer Pertanian Fungsi, Jenis

Untuk mengetahui apakah TV kalian mendukung format subtitle tertentu, periksa buku panduan (manual) TV kalian. Ada format yang didukung dan ada pula yang tidak, kebanyakan format yang didukung adalah SRT. Meskipun format ini bagus, namun teks yang ditampilkan dengan font light (bukan bold) yang dapat membuat subtitle sulit terlihat sempurna jika ada cahaya yang sangat terang dalam sebuah film.

Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih format SSA atau ASS untuk menampilkan terjemahan, sebab cocok untuk TV karena memiliki shadow dan bentuk tulisan bisa diatur sendiri. Pada kesempatan ini, teknisi TV akan membagikan informasi mengenai cara menampilkan subtitle di TV. Silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menampilkan Subtitle di TV

  • Cara menampilkan terjemahan di televisi cukup mudah, yaitu hanya perlu mengubah ekstensi atau format file terjemahan agar bisa dibaca oleh TV, sehingga TV dapat menampilkan terjemahan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Pastikan TV mendukung dan dapat membaca subtitle.
  • Selanjutnya, buka atau edit file subtitle film (ekstensi SRT atau SUB) menggunakan notepad atau editor teks lainnya.
  • Kemudian, setelah file terbuka, pilih “Save As” (simpan sebagai) dengan format ASS dan biarkan nama file tersebut tetap sama.
  • Beri judul subtitle tersebut sesuai dengan judul film, lalu tambahkan format ASS di bagian “Save As Type” dan pilih “All Files”.
  • Tempatkan file subtitle di dalam folder yang sama dengan file film dan pastikan nama file tersebut sama persis dengan nama file film.
  • Jika sudah, putar film di TV dan lakukan beberapa konfigurasi sebagai berikut:
  1. Tekan tombol “Tools” pada remote TV.
  2. Pilih menu “Pengaturan Teks Layar”.
  3. Ubah menu “Bahasa Teks Layar” ke “Bahasa 1”.
  • Selesai, TV dapat menampilkan subtitle dengan benar.

Cara Menampilkan Subtitle di TV Samsung LED dan LCD

Pada saat ini hampir semua orang di Indonesia memiliki televisi di rumah masing-masing. Melalui perangkat tersebut tersedia banyak acara yang dapat dinikmati, seperti kartun, sinetron, reality show, dan sebagainya.

Berbagai merek TV terbaik juga banyak ditemukan di toko peralatan elektronik, salah satunya adalah Samsung. Sebagian besar TV Samsung telah mendukung beragam teknologi yang tidak tersedia di TV lama.

Salah satu fitur yang tersedia adalah kemampuan untuk menampilkan file subtitle atau bahasa yang sangat bermanfaat bagi pecinta film luar negeri yang menonton di TV Samsung. Namun, untuk melakukan aktivitas ini, kalian perlu menghubungkan smartphone atau tablet ke TV Samsung menggunakan kabel USB.

kalian juga dapat menggunakan flashdisk atau hard disk eksternal jika ingin lebih praktis. Bagaimana cara menampilkan subtitle di TV Samsung? Apakah fitur ini tersedia untuk semua jenis TV Samsung? Apakah cara ini memerlukan koneksi WIFI ke TV Samsung? Temukan jawaban lengkapnya di bawah ini.

a. Cara Menampilkan Subtitle di TV Samsung LCD

Pertama, kami akan menjelaskan cara menampilkan subtitle di televisi Samsung LCD. Namun, untuk cara ini, kalian perlu mengubah format file subtitle melalui PC atau laptop menggunakan aplikasi pendukung bernama Convert SRT to SSA. Untuk lebih jelasnya, silakan simak tutorial di bawah ini:

Baca Juga :   Ciri Ciri Kapasitor Pompa Air Rusak Yang Paling Tepat

1. Salin File Subtitle

Jalankan PC atau laptop dan cari folder yang berisi film dan subtitle yang akan digunakan. Kemudian, duplikat file subtitle dengan cara klik kanan dan pilih “Salin” -> tekan tombol Ctrl V.

2. Ubah Format Subtitle

Jika sudah, silakan ubah format subtitle dari SRT menjadi SUB dengan cara klik kanan -> “Ganti Nama” -> hapus SRT dan ubah menjadi SUB, lalu klik “Gunakan”.

3. Jalankan Aplikasi Convert SRT to SSA

Sekarang jalankan aplikasi Convert SRT to SSA di komputer. Jika belum memiliki, silakan unduh di sini. Setelah itu, klik “Telusuri” dan cari lokasi di mana kalian menyimpan subtitle, lalu klik “Buka”.

4. Tentukan Folder Direktori

Selanjutnya, klik “Konversi” lalu tentukan folder direktori atau tempat di mana kalian akan menyimpan hasil konversi (sebaiknya letakkan di flashdisk atau hard disk eksternal).

5. File Subtitle Sudah Siap

Jika sudah memiliki 3 subtitle dengan format seperti gambar di atas, berarti subtitle tersebut sudah bisa ditampilkan di TV Samsung LCD.

6. Sambungkan Flash Disk / Hardisk Eksternal ke Port USB

Nyalakan TV LCD Samsung, lalu sambungkan perangkat ke port USB. Cari folder tempat kalian menyimpan film dan subtitle.

7. Berhasil

Terakhir, kalian hanya perlu menekan tombol “Open” atau “Putar” pada remote TV LCD Samsung, maka layar akan menampilkan film beserta subtitle tersebut. Selesai.

b. Cara Memunculkan Subtitle di TV Samsung LED

Bagi pengguna TV LED Samsung, cara menampilkan subtitle mungkin jauh lebih praktis. kalian tidak perlu menggunakan aplikasi pendukung apapun, melainkan cukup ikuti tata cara sebagai berikut:

1. Hidupkan TV LED Samsung

Pertama, hidupkan TV dengan menekan tombol Power pada remote.

2. Sambungkan Perangkat Penyimpanan Eksternal

Selanjutnya, sambungkan flashdisk atau hard disk eksternal ke port USB di TV LED Samsung (biasanya terletak di belakang atau samping).

3. Tekan Tombol Media

Untuk menampilkan perangkat penyimpanan, silakan tekan tombol “Media” pada remote TV.

4. Cari Folder Film

Setelah itu, cari folder di mana kalian menyimpan film dan subtitle. Jika sudah ditemukan, tekan tombol “Play”.

5. Pilih Pengaturan Subtitle

Kemudian, tekan tombol “Tool”, lalu pilih menu “Pengaturan Subtitle”. Klik tombol navigasi kanan dan kiri untuk mencari subtitle.

6. Selesai

Sekarang TV LED Samsung sudah dapat menampilkan subtitle dari film tersebut.

Di sini kami mencantumkan 5 alasan mengapa video kalian membutuhkan subtitle

1. Tidak semua orang dapat mendengarkan audio

Berdasarkan data WHO, sekitar 466 juta atau 5% dari total populasi dunia mengalami gangguan pendengaran, yang berarti mereka tidak dapat menikmati video kalian jika tidak disertai subtitle.

Selain itu, ada juga orang yang ingin menonton video kalian di lingkungan bising seperti kereta bawah tanah, kantor, restoran, dan sebagainya.

Dengan menyediakan subtitle pada video kalian, mereka dapat menonton dan menikmati konten video kalian tanpa perlu menghidupkan suara. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasang subtitle pada video kalian agar dapat diakses dan dinikmati oleh semua orang.

Baca Juga :   Cara Merakit Ampli : 150 Watt, 300 Watt Paling Mudah

2. Meningkatkan pemahaman pemirsa

Pernahkah kalian menonton video dalam bahasa ibu kalian, namun masih kesulitan memahami apa yang diucapkan oleh pembicara? Karena pemahaman orang terhadap hal yang didengarnya berbeda-beda, terkadang sulit untuk memahami secara jelas.

Subtitel membantu orang untuk memahami video dengan lebih baik pada bagian yang tidak jelas, sehingga mereka dapat memperoleh informasi yang benar dari video tersebut.

3. Untuk Tujuan Pembelajaran Bahasa

Cara yang paling menarik dan efektif untuk belajar bahasa baru adalah dengan mengalami budaya yang berbeda. Namun, banyak dari kita tidak memiliki kesempatan untuk tinggal di negara lain untuk mempelajari bahasa.

Oleh karena itu, program lokal dan acara televisi dapat menjadi solusi yang tepat. Banyak orang ingin mempelajari bahasa asing seperti Inggris, Mkalianrin, Korea, Jepang, dan lain sebagainya.

Dengan menyediakan subtitle multi-bahasa, kalian akan memberi mereka akses untuk menikmati video kalian dan memperluas bahasa yang ingin mereka pelajari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyediakan subtitle bagi penonton kalian.

4. Meningkatkan SEO

Karena internet terdiri dari berbagai mesin pencari, menambahkan subtitle pada video kalian dapat membantu SEO kalian untuk melacak video kalian dan mempromosikannya lebih baik dibanding video tanpa subtitle.

Dengan menambahkan subtitle, video kalian akan memiliki lebih banyak eksposur dan penayangan, karena dapat meningkatkan peringkat SEO kalian di web. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan subtitle pada video kalian agar dapat meningkatkan eksposur dan jangkauan video kalian di internet.

5. Tingkatkan Keterlibatan Pengguna

Pada tahun 2009, PLYmedia melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa dengan menambahkan subtitle pada video kalian, waktu menonton pemirsa dapat meningkat hampir 40%.

Pemirsa hanya akan menonton 66% dari video kalian jika tidak ada subtitle, tetapi jika kalian menambahkannya, jumlah penonton dapat meningkat hingga 91%. Hal ini menunjukkan bahwa lebih mungkin bagi pemirsa untuk menonton konten kalian sampai selesai jika kalian menyediakan subtitle. Oleh karena itu, tidak hanya membantu pemirsa memahami isi video kalian, tetapi juga dapat meningkatkan angka penonton dan keterlibatan dalam video kalian.

Baca juga :

Penutup

Dengan menampilkan subtitle di TV, kita dapat lebih memahami konten yang ditonton dengan baik, terlepas dari bahasa asli atau dialek yang digunakan dalam konten tersebut.

Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan fitur subtitle saat menonton TV untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menampilkan Subtitle di TV Paling Mudah & Simpel. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *