Harga Borongan Pasang Atap Asbes

√ Harga Borongan Pasang Atap Asbes Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Atap Asbes Per Meter Terbaru. Banyak dari kalian mungkin sudah familiar dengan istilah atap asbes. Atap asbes adalah sebuah bahan penutup atap yang digunakan baik di rumah maupun bangunan perkantoran. Bahan dasarnya terbuat dari semen, asbes, atau serat.

Atap asbes memiliki bentuk lembaran tipis dengan berbagai pola gelombang, mulai dari yang kecil hingga besar. Di pasaran Indonesia, kalian bisa menemukan berbagai ukuran atap asbes, sehingga kalian dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Hal yang menarik adalah bahwa saat ini banyak kontraktor atau pemborong yang menawarkan layanan pemasangan atap asbes. Umumnya, mereka mengenakan biaya per meter persegi untuk pemasangan atap asbes di rumah atau bangunan perkantoran.

Jadi, jika kalian berencana untuk memasang atap asbes dengan bantuan kontraktor, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu estimasi biaya pemasangan per meter persegi. Untuk membantu kalian, kami akan memberikan perkiraan harga pemasangan atap asbes per meter persegi.

Apa itu atap asbes?

Asbes, yang juga dikenal sebagai asbestos, adalah sejenis mineral alami yang terbentuk di lingkungan alam. Bahan tambang ini terdiri dari serat dan mineral silikat dengan komposisi kimia yang bervariasi. Asbes dikenal karena kekuatannya yang tinggi, namun sayangnya, sifatnya yang tidak dapat diurai oleh proses alami.

Keunggulan utama asbes adalah ketahanannya terhadap panas dan kemampuan untuk dijadikan kain. Oleh karena itu, asbes sering digunakan dalam pembuatan tirai tahan api untuk teater dan pakaian tahan panas bagi pekerja logam serta petugas pemadam kebakaran.

Di Amerika Serikat, asbes digunakan sebagai bahan penyekat. Kelebihan utamanya yang mampu bertahan hingga suhu 800 derajat Celsius membuatnya menjadi pilihan utama dalam industri konstruksi dan pabrik. Beberapa produk yang menggunakan asbes meliputi panel anti api, pelapis kabel listrik, pipa semen berlapis serat asbes, dan tentu saja, bahan atap bangunan.

Mengapa Memilih Asbes untuk Atap?

Sebelum kita membahas penawaran harga, mari kita eksplorasi mengapa asbes sering menjadi pilihan utama untuk atap bangunan:

  1. Kekuatan dan Ketahanan: Asbes memiliki kekuatan yang luar biasa yang memungkinkannya untuk bertahan dari berbagai kondisi cuaca ekstrem. Entah itu hujan deras, sinar matahari terik, atau bahkan beban salju berat, atap asbes dapat menghadapinya tanpa masalah. Ketahanan ini membuatnya menjadi pilihan yang kalianl dalam melindungi bangunan dari elemen-elemen alam.
  2. Biaya Terjangkau: Salah satu keunggulan utama asbes adalah harganya yang terjangkau. Dibandingkan dengan pilihan bahan atap lainnya seperti genteng atau material logam, asbes seringkali lebih ekonomis. Hal ini menjadikannya solusi yang ekonomis untuk pemilik bangunan yang ingin mendapatkan perlindungan yang baik tanpa harus menghabiskan banyak biaya.
  3. Pemasangan Cepat: Proses pemasangan atap asbes biasanya lebih cepat dibandingkan dengan beberapa bahan atap lainnya. Kecepatan ini memberikan manfaat tambahan dalam proyek konstruksi, menghemat waktu dan tenaga kerja. Dengan pemasangan yang lebih efisien, bangunan dapat segera digunakan atau ditempati.
  4. Ringan: Asbes memiliki berat yang relatif ringan dibandingkan dengan beberapa alternatif bahan atap. Keringanan ini mempermudah penanganan dan transportasi material asbes selama konstruksi. Selain itu, karena ringannya, atap asbes memberikan beban yang lebih rendah pada struktur bangunan, yang dapat mengurangi tekanan pada struktur pendukung.
Baca Juga :   √ Harga Borongan Bekisting Per M2: Semua Jenis & Ukuran

Inilah sebagian alasan mengapa asbes sering dipilih sebagai opsi atap yang kalianl dan efisien untuk berbagai jenis bangunan. Kelebihan-kelebihan ini menjadikannya salah satu bahan atap yang populer di berbagai proyek konstruksi di seluruh dunia.

Keunggulan dan Kelemahan Atap Asbes

Seperti yang kita ketahui, setiap bahan bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk atap asbes. Sebelum kalian memutuskan untuk memasangnya, mari kita tinjau beberapa keunggulan dan kelemahan dari atap asbes.

Keunggulan:

  1. Harga atap asbes terjangkau.
  2. Bobotnya lebih ringan daripada jenis atap lainnya.
  3. Proses pemasangan lebih cepat dan sederhana.
  4. Mudah ditemukan di toko-toko bangunan.

Kelemahan:

  1. Cenderung menyerap panas dengan mudah.
  2. Lebih tipis dan rentan dibandingkan dengan material serupa.
  3. Desainnya kurang estetis.
  4. Potensial berbahaya bagi kesehatan penghuni rumah.

Ukuran Standar Atap Asbes

Perlu dipahami bahwa harga borongan pemasangan atap asbes seringkali terkait dengan ukuran dan dimensi asbes yang digunakan. Oleh karena itu, sebelum kita melanjutkan, penting untuk memahami ukuran stkalianr yang sering digunakan untuk atap asbes sebagai penutup rumah.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di pasar Indonesia, atap asbes umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu atap asbes gelombang besar dan gelombang kecil. Namun, ukuran stkalianr yang sering digunakan untuk kedua jenis material ini sebenarnya sama.

Ukuran stkalianr yang sering digunakan untuk material atap asbes dalam proyek konstruksi berkisar dari 150 mm x 105 mm, 180 mm x 105 mm, hingga 300 mm x 105 mm, dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 0.3 cm hingga 1 cm. Penting untuk diingat bahwa ukuran ini akan memengaruhi harga asbes di pasaran, sehingga pemahaman mengenai dimensi asbes sangat diperlukan sebelum memulai proyek.

Harga Borongan Pasang Atap Asbes Per Meter

Sama seperti dalam kasus pemasangan genteng, tarif borongan pemasangan atap asbes juga bisa bervariasi di berbagai wilayah atau daerah. Perbedaan harga dalam pekerjaan konstruksi ini seringkali dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tingkat risiko pemasangan, tingkat kesulitan proyek, dan kondisi lingkungan kerja.

Meskipun ada variasi harga di berbagai wilayah, namun secara umum, selisih perbedaannya biasanya tidak terlalu signifikan. Biasanya, para kontraktor atau pemborong menetapkan harga borongan pemasangan atap asbes dalam kisaran sekitar Rp 35.000 hingga Rp 50.000 per meter persegi.

Baca Juga :   √ Sudut Kemiringan Atap Joglo Berbagai Jenis & Karakteristiknya

Penting untuk dicatat bahwa dalam kisaran harga borongan tersebut, biasanya hanya mencakup biaya tenaga kerja untuk pekerjaan borongan. Dengan kata lain, kontraktor atau pemborong hanya menyediakan layanan pemasangan atap asbes dan tidak termasuk material asbes itu sendiri dalam harga tersebut.

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Asbes

Sebelumnya, kami telah membahas secara rinci mengenai perhitungan harga borongan pemasangan atap asbes per meter persegi. Selanjutnya, penting bagi kalian untuk memahami bagaimana menghitung biaya atau ongkos pekerjaan borongan dalam pemasangan atap asbes di rumah.

Sebenarnya, langkah-langkah ini telah kami jelaskan sebelumnya dalam konteks perhitungan kebutuhan material asbes. Namun, untuk memastikan pemahaman yang lebih jelas, mari perhatikan tata cara perhitungan biaya pemasangan atap asbes menggunakan jasa kontraktor atau pemborong berikut ini.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama adalah menentukan volume atau luas area kerja atap. Misalnya, jika kalian akan memasang atap asbes pada sebuah rumah dengan model atap pelana berukuran 12 meter panjang, 7 meter lebar, memiliki overstek sepanjang 1 meter, dan kemiringan atap sekitar 10 derajat (0.984), berikut adalah cara menghitungnya:

Informasi yang Diketahui:

  • Panjang atap: 12 meter.
  • Lebar atap: 7 meter.
  • Overstek: 1 meter.
  • Kemiringan atap: 10 derajat (0.984).

Perhitungan:

Hitung volume atap asbes dengan rumus: ((Panjang + Overstek) x (Lebar + Overstek)) ÷ Cos (Kemiringan atap).

Masukkan nilai yang diketahui ke dalam rumus:

  • Volume atap asbes = ((12 m + 1 m) x (7 m + 1 m)) ÷ 0.984.

Lakukan perhitungan:

  • Volume atap asbes = (13 m x 8 m) ÷ 0.984.

Hitung hasilnya:

  • Volume atap asbes = 104 m2 ÷ 0.984 = 105.691 m2 (dibulatkan menjadi 106 m2).

Jadi, luas atap yang perlu ditutupi dengan asbes adalah sekitar 106 meter persegi.

Biaya Pasang Atap Asbes

Langkah selanjutnya adalah menghitung total biaya jasa borongan pemasangan atap asbes pada rumah model atap pelana seluas 106 meter persegi. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan atap dengan harga borongan pemasangan atap asbes per meter persegi.

Rumus Biaya Pemasangan Atap: Volume Pekerjaan x Harga Borongan

Menggunakan contoh di atas:

  • Biaya pemasangan atap = 106 m2 x Rp 35.000 = Rp 3.710.000.

Dari perhitungan di atas, total biaya pemasangan atap asbes pada rumah model atap pelana dengan ukuran 12 meter panjang dan 7 meter lebar menggunakan jasa pekerja borongan adalah sekitar Rp 3.710.000. Penting untuk diingat bahwa dalam besaran biaya tersebut hanya mencakup ongkos pekerjaan borongan saja.

Tips Memasang Asbes yang Benar

Jika kalian berencana untuk menginstal asbes sebagai atap rumah, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan, terutama dalam konteks kesehatan. Asbes memiliki serat-serat mikroskopis yang sangat tahan terhadap berbagai pengaruh seperti zat kimia, air, dan bahkan api. Kekuatan ini membuat asbes tidak mudah terurai dan memiliki sifat tahan lama dalam lingkungan alam.

Namun, penting untuk diingat bahwa serat asbes yang dilepaskan dalam bentuk partikel yang sangat halus dapat menjadi masalah serius jika terhirup atau tertelan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kalian memasang asbes sebagai atap rumah:

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Atap Asbes Semua Jenis & Ukuran

  1. Menggunakan Masker: Hindari melakukan kegiatan seperti pemotongan atau pengeboran asbes tanpa mengenakan masker pelindung yang sesuai.
  2. Perlakukan dengan Hati-hati: Asbes mudah patah dan rapuh, oleh karena itu, penanganannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati, dan hindari menginjak-injaknya. Gunakan paku payung untuk memasang atap asbes. Pastikan juga untuk memeriksa antara bagian atap asbes dan memastikan tidak ada celah yang dapat menyebabkan masalah.
  3. Perhatikan Kepadatan untuk Mencegah Kebocoran: Pastikan bahwa sambungan antar lembaran asbes dan bagian pinggiran atap rapat sehingga mencegah terjadinya kebocoran.

Cara Menambal Atap Asbes yang Bocor

Kebocoran adalah masalah umum yang dapat terjadi pada atap, baik itu genteng atau asbes. Jika kalian mengalami kebocoran pada atap asbes, ada dua metode yang dapat kalian gunakan untuk mengatasinya:

Menggunakan Dempul Body Mobil

  1. Bersihkan daerah sekitar retakan atau kebocoran pada atap asbes dari debu dan kotoran.
  2. Oleskan dempul body mobil ke area yang mengalami retakan atau kebocoran.
  3. Segera tutupi dengan selembar kain perca. Pastikan untuk melakukan ini saat dempul body mobil masih basah.
    Oleskan lagi dempul body mobil di atas kain perca yang telah ditempatkan.
  4. Biarkan mengering secara sempurna.

Menggunakan Styrofoam

  1. Siapkan styrofoam, sebuah wadah, dan sedikit bensin.
  2. Potong-potong styrofoam dan masukkan ke dalam wadah.
  3. Tuangkan bensin ke dalam wadah yang berisi potongan styrofoam.
  4. Aduk campuran hingga merata dan styrofoam larut dalam bensin.
  5. Bersihkan area atap asbes yang mengalami kebocoran.
  6. Tempelkan campuran styrofoam dan bensin ke area yang mengalami kebocoran.
  7. Biarkan campuran tersebut mengering dengan baik.

Baca Juga :

Penutup

Dalam rangka menyelesaikan pembahasan mengenai harga borongan pasang atap asbes, dapat disimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam mengenai biaya proyek ini adalah kunci untuk menghindari kebingungan dan kesulitan dalam perencanaan.

Harga borongan pasang atap asbes dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran bangunan, jenis atap asbes yang digunakan, dan lokasi proyek.

Dengan begitu, kalian dapat memastikan bahwa proyek pemasangan atap asbes berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kalian.

Semoga artikel finoo.id ini telah memberikan wawasan yang berguna mengenai harga borongan pasang atap asbes dan membantu kalian dalam perencanaan proyek atap kalian.

Jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih atas perhatian kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *