Menu Servis TV Sharp

Cara Masuk Menu Servis TV Sharp & Data Parameternya

Posted on

Finoo.id – Cara Masuk Menu Servis TV Sharp & Data Parameternya. Menu Servis atau Service Mode (Sermod) TV Sharp adalah kondisi di mana televisi berada dalam mode pengaturan pabrik atau factory setting. Dalam kondisi ini, semua pengaturan rahasia yang ada pada TV Sharp akan ditampilkan dan dapat diakses serta diatur atau diubah.

Menu servis ini biasanya digunakan saat melakukan perbaikan dan menyesuaikan antara firmware, data parameter, dan komponen hardware televisi. Hal ini bertujuan untuk memperoleh hasil yang seimbang atau matching karena antara satu komponen dengan komponen lainnya belum tentu sama meskipun memiliki persamaan nomor seri.

Oleh karena itu, penyesuaian factory setting perlu dilakukan melalui menu servis TV Sharp. Namun, penting untuk diketahui bahwa proses mengatur ulang data factory mode melalui menu servis ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika terjadi kesalahan pada saat setting, hal tersebut bisa menyebabkan permasalahan pada televisi. Sebelum melakukan setting di menu servis TV Sharp, pastikan memiliki pengetahuan serta pemahaman mengenai data parameternya. Jika tidak, disarankan untuk menyerahkannya pada ahli atau orang yang benar-benar mengetahui tentang fungsi setiap data parameter yang ada di menu servis TV Sharp.

Permasalahan yang bisa terjadi akibat salah setting biasanya seperti warna TV LED berubah tidak normal, TV rusak standby tidak menyala, ketika dinyalakan suara langsung besar tidak bisa dikecilkan, tidak menangkap siaran atau program hilang, dan sebagainya. Oleh karena itu, jika ingin mengetahui lebih detail mengenai menu servis TV Sharp, seperti cara masuk menu servis, data parameter stkalianr TV Sharp, dan lain-lain, kami akan membahasnya untuk kalian. Jadi, bagi yang sedang kebingungan mengenai cara masuk menu servis TV Sharp atau mencari informasi mengenai menu servis TV Sharp, simak ulasan dari kami tentang menu servis TV Sharp berikut ini.

Apa Itu Servis Mode TV Sharp

Servis mode di televisi adalah kondisi di mana televisi kembali ke pengaturan awal seperti saat keluar dari pabrik. Dalam kondisi ini, semua settingan rahasia yang biasanya tersembunyi di menu televisi Sharp akan terlihat dan bisa diubah. Biasanya, servis mode dilakukan oleh pihak pabrik saat mengassembl TV atau saat melakukan perbaikan untuk menyesuaikan antara firmware data parameter dan komponen kerasnya.

Tujuan dari penyesuaian settingan ini adalah agar hasilnya pas dan seimbang, karena setiap komponen di TV tidak selalu sama persis meskipun memiliki nomor seri yang sama. Misalnya, emisi dari tabungnya bisa berbeda-beda dan dapat mempengaruhi tampilan warna RGB di layar. Oleh karena itu, perlu melakukan setting ulang data parameter yang ada di IC EEPROM agar hasilnya optimal.

Namun, sangat penting untuk diketahui bahwa setting ulang data factory mode servis televisi tidak boleh dilakukan sembarangan. Hanya orang yang ahli dan paham betul fungsi setiap data parameter yang boleh melakukannya. Jika dilakukan secara asal-asalan atau tanpa pengetahuan yang cukup, bisa menyebabkan televisi rusak dan tidak bisa menyala, gambar menjadi melebar atau menyempit tidak linier, program televisi hilang dan tidak bisa menangkap siaran, suara langsung besar dan tidak bisa dikurangi, warna gambar juga bisa dominan merah, biru, atau hijau, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Kode Remot & Cara Setting Joker Multi Rm99 Paling Mudah

Untuk masuk ke servis mode televisi Sharp dengan benar, dibutuhkan cara yang tepat dan aman. Oleh karena itu, disarankan untuk menyerahkannya kepada ahli atau orang yang benar-benar memahami caranya.

Cara Masuk Menu Servis TV Sharp

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kesalahan dalam melakukan penyesuaian pengaturan dapat menyebabkan kerusakan pada televisi karena nilai parameter yang tidak sesuai. Oleh karena itu, disarankan untuk hanya mengubah nilai parameter yang memang diperlukan dan tidak mengubah nilai parameter lainnya.

  1. TV Sharp memiliki banyak varian atau seri, namun ada langkah-langkah umum untuk masuk ke menu service TV Sharp yang bisa dilakukan pada setiap seri. Berikut adalah langkah-langkah masuk ke menu service TV Sharp:
  2. Matikan TV Sharp dan cabut kabel listrik dari sumber listrik/stop kontak.
  3. Tekan dan tahan tombol Volume (-) dan Channel (+) yang ada di TV Sharp.
  4. Sambil menekan kombinasi dua tombol tersebut, colokan kabel listrik TV ke stop kontak.
  5. TV Sharp akan menyala dengan tampilan menu servis atau service mode.
  6. Di menu servis ini akan ditampilkan 5 kategori menu, yaitu Defleksi, Musik, Fitur, Perbaikan Nilai, dan EEPROM.
  7. Gunakan tombol Channel (+) dan (-) untuk memilih kategori (bisa menggunakan remote TV untuk mempermudah).
  8. Gunakan tombol Volume (+) untuk memasuki kategori yang dipilih.
  9. Gunakan tombol Channel (+) dan (-) untuk memilih item yang akan disesuaikan.
  10. Gunakan tombol Volume (+) dan (-) untuk menyesuaikan nilai parameter.
  11. Atur beberapa settingan yang dirasa kurang sesuai, namun perlu berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti TV mati total.
  12. Jika sudah selesai, keluar dari menu service dengan menekan tombol Power yang ada di TV Sharp.

Cara Buka Servis Mode TV sharp

Untuk membuka mode menu servis televisi Sharp atau Sermod TV Sharp, bisa menggunakan remote bawaan asli atau remote serbaguna yang sudah disetting. Langkah-langkah membuka factory mode servis TV Sharp bervariasi, tergantung pada model atau seri televisi dan seri IC yang digunakan.

1. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Slim Alexander

Untuk masuk ke service mode televisi Sharp slim flat seperti Sharp Alexander, Alexander Pro, dan Alexander Bonita, atau televisi Sharp yang menggunakan IC SMD yang terletak di bawah chasis, berikut langkah-langkah membuka factory setting servis mode:

  • Matikan TV Sharp-nya, bisa dengan mematikan saklar power atau mencabut steker kabel listrik TV-nya.
  • Sambil menekan dan menahan tombol Volume Down dan Channel Up di panel TV-nya, hidupkan lagi TV Sharp-nya. Caranya bisa dengan menyalakan saklar power atau memasang kembali steker kabel listrik yang sebelumnya dilepas.
  • Tunggu beberapa saat hingga TV Sharp-nya menyala, lalu lepaskan kedua tombol yang tadi ditahan.
  • Jika berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, akan terlihat tampilan data parameter menu servis. Jika ingin pindah ke parameter yang lain, bisa menggunakan tombol Channel, jika ingin mengubah nilainya, bisa menggunakan tombol Volume. Jika ingin beralih ke menu servis yang lain, gunakan tombol Menu.
  • Jika sudah mengatur settingan parameter sesuai yang diinginkan, tekan tombol power pada remote atau saklar power di TV Sharp-nya untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode factory menu servis.
Baca Juga :   Tips TV Kena Petir: Ciri-Ciri dan Biaya Servicenya Lengkap

2. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Slim Alternatif

Setelah membahas beberapa metode sebelumnya, kini kita akan membahas cara masuk ke service mode TV Sharp slim yang menggunakan IC SMD. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hidupkan televisi Sharp atau pastikan bahwa televisi dalam keadaan menyala.
  • Sambungkan sementara kedua jumper JA483 dan JA484 atau jumper 229 dan 417 menggunakan kabel atau obeng min. Kemudian, shortkan kedua jumper tersebut selama sekitar 1 detik.
  • Langkah masuk servis mode TV Sharp berhasil apabila keluar tampilan data parameter menu servis.
  • Gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, tombol Volume untuk merubah nilai, dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya.
  • Tekan tombol power pada remote atau saklar power untuk menyimpan dan keluar dari mode factory menu servis TV Sharp.

3. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Wonder Universe

Untuk membuka menu servis televisi Sharp Wonder dan Sharp Universe yang memiliki lubang khusus pada chassis atau PCB mesin televisi, cara masuk service mode TV Sharp harus membuka casing penutup belakang televisi dan mencari lubang pada chassis atau jumper kawat JA122 dan JA124. Sedangkan untuk TV Sharp Expression J800, berikut langkah-langkah membuka factory mode televisi Sharp:

  • Nyalakan televisi Sharp atau biarkan dalam keadaan menyala jika sudah dinyalakan sebelumnya.
  • Sambungkan sementara kabel atau obeng min ke kedua jumper JA122 dan JA124, lalu shortkan kedua jumper tersebut selama sekitar 1 detik.
  • Jika berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, akan terlihat tampilan data parameter menu servis. Jika ingin pindah ke parameter yang lain, gunakan tombol Channel. Jika ingin mengubah nilai parameter, gunakan tombol Volume. Jika ingin beralih ke menu servis yang lain, gunakan tombol Menu.
  • Jika sudah selesai mengatur parameter, tekan tombol power pada remote atau saklar power di TV Sharp-nya untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode factory menu servis.

4. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Qbeat

Berikut ini adalah cara masuk ke menu servis TV Sharp Qbeat yang agak berbeda dari cara-cara sebelumnya. Kita harus membuka casing penutup belakang TV Sharp dan mencari lubang khusus pada chassis atau jumper kawat JA137 dan JA138.

  • Pastikan kondisi televisi dalam keadaan menyala atau hidupkan televisi Sharp terlebih dahulu.
  • Sambungkan sementara kedua jumper JA137 dan JA138 menggunakan kabel atau obeng min. Kemudian, shortkan kedua jumper tersebut selama sekitar 1 detik.
  • Langkah masuk servis mode TV Sharp berhasil apabila keluar tampilan data parameter menu servis. Gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, tombol Volume untuk merubah nilai, dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya.
  • Tekan tombol power pada remote atau saklar power di TV Sharp-nya untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode factory menu servis.

5. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Lama

Untuk membuka menu servis televisi Sharp model lama atau jadul, carilah sebuah switch atau saklar (NORMAL SERVICE) yang terletak di dekat tuner. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan kondisi televisi dalam keadaan hidup atau nyalakan televisi Sharp terlebih dahulu.
  • Pindahkan posisi saklar dari Normal ke Service untuk masuk ke mode servis televisi Sharp.
  • Jika berhasil masuk, maka akan muncul tampilan data parameter menu servis. Gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, tombol Volume untuk merubah nilai, dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya.
  • Setelah selesai mengatur parameter, pindahkan posisi saklar dari Service ke Normal untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode factory menu servis televisi Sharp.
Baca Juga :   Cara Update Firmware TV Sharp Aquos Paling Mudah

Settingan Default Menu Servis TV Sharp

Sebagai tambahan informasi, di bawah ini adalah daftar default settingan nilai parameter TV Sharp yang dapat digunakan sebagai referensi ketika memperbaiki pengaturan atau factory setting TV Sharp yang rusak.

Tekan Menu
001. HTL : 0

HTL – POS : —
HTL -VR : —
HTL – MENU KEY : 1
COL-SYS : 2
FORCE – COL : 0
S-SYS : 15
AV : 2
YUV : 2
S – CTPL : 2
BIL : 0
LANG : 1
SEARCH – SP : 5
RC : MENU : 0
LED – CONT : 0
S-BOOSTER : 0
VOL CURVE : 1
CHILD LOCK : 1
WHITE BACK : 0
BOOSTER :1
250 CHANNEL : 0
AVL : 2
LNA TUNER : 1
NORMAL KEY : 0
AV MODE : 1
MP-IN : 0
VIRGIN MODE : 0
WHITE – TEMP : 0
LK MENU : 0
ARROW – KEY : 1
VOL – TABLE : 0
GLAREE / SAVE : 2
LANG PACKAGE : 0
CONT – TABLE : 1
BRI – TABLE : 1
HIGHLIGHT BAR : 1

Cut OFF / BKGD

166 : R-C
135 : G-C
176 : B-C
69 : R-D
90 : R-D
V01 . RF AGC : 46
V02 . VF – VCD : 33
V03 . H – VCD : 3
V04 . SUB – CON : 82
V05 . SUB – COL : 5
V06 . SUB – BRI : 12
V07 . SUB – TINT : 66
V08 . SUB – SHP PRE : 39
V09 . SUB – COL – YUV : 61
V10 . SUB – TINT – YUV : 60
V11 . V-SIZE : 24
V12 . V-SHIF : 2
V13 . H-SHIF : 15
V14 . SCM – BR : 51
V15 . SCM – BB : 15
V16 . V-SIZE 60 : +3
V17 . V-SHIF 60 : -2
V18 . H-SHIF 60 : -2
V19 . S-TRSP – BG : 65
V20 . S-TRSP – I : 65
V21 . S-TRAP – DK : 65
V22 . S-TRAP – M : 63
V23 . S-TRAP – 574 : 65
V24 . TEST PATTERN : 0
V25 . S-TRAP – START : 25
V26 . S-TRAP – STOP : 95
V27 . VS – CORRECT : 35
V28 . VS – CORRECT 60 : -9
V29 . V-LINIER : 35
V30 . V-LINIER 60 : +1
V31 . SUB – SHP OV : 28
V32 . PAR

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dibahas berbagai macam menu servis TV Sharp yang dapat digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah pada TV Sharp kalian. Dengan memahami fungsi dan cara mengakses menu servis ini, kalian dapat menghemat waktu dan uang untuk memperbaiki TV Sharp kalian sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan perbaikan sendiri pada TV Sharp dapat memiliki risiko tertentu dan dapat membahayakan keselamatan kalian. Jika kalian tidak yakin dengan kemampuan kalian, lebih baik meminta bantuan dari teknisi ahli.

Dengan demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memperbaiki TV Sharp sendiri dan tetap berhati-hati dalam melakukannya. Terima kasih telah membaca artikel tentang menu servis TV Sharp ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *