Cara Menambah Satelit Telkom 4

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Semua Parabola & Receiver

Posted on

Finoo.id – Cara Menambah Satelit Telkom 4 Semua Parabola & Receiver. Satelit Telkom 4 atau juga dikenal sebagai Satelit Merah Putih merupakan milik Indonesia dan dioperasikan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia. Peluncuran Telkom 4 dilakukan pada 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu setempat dengan menggunakan roket Falcon 9 milik Space X ke slot orbit di 108° BT.

Karena Palapa D tidak dapat lagi digunakan atau habis masa orbitnya pada 31 Agustus 2020 dan satelit penggantinya, yaitu Nusantara Dua (Palapa N1), gagal mencapai orbit, banyak saluran televisi dan radio beralih ke Satelit Telkom 4.

Saat ini, sudah banyak saluran televisi yang menempati Satelit Telkom 4 sejak peluncurannya pada tahun 2018. Bagaimana cara menambahkan Satelit Telkom 4 pada receiver agar dapat menonton saluran dan acara favorit?

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas cara menambahkan Satelit Telkom 4. Jadi, bagi yang ingin tahu cara menambahkan Satelit Telkom 4, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Receiver Parabola?

Receiver pada antena parabola, atau yang juga dikenal sebagai decoder atau satellite receiver, biasanya sudah termasuk dalam paket antena parabola.

Tetapi, jika kalian kehilangan atau merusak receiver, kalian bisa membeli receiver secara terpisah.

Fungsi utama receiver adalah untuk menguraikan sinyal dari antena parabola, kemudian mengubahnya menjadi sinyal audio visual yang bisa ditampilkan di layar televisi.

Selain itu, receiver juga dapat mengirimkan saluran televisi tertentu sesuai dengan paket yang kalian gunakan. Dengan menggunakan receiver, kalian bisa menikmati berbagai saluran televisi dari dalam dan luar negeri.

Cara Menambah Satelit Telkom 4

Satelit Telkom 4 atau Merah Putih menjadi populer di kalangan pengguna TV satelit karena banyak saluran atau channel yang beralih dari satelit Palapa D ke satelit ini. Meski menambahkan satelit Telkom 4 tidaklah sulit, masih banyak pengguna yang bingung, terutama bagi pemula.

Baca Juga :   Kode Biss Key Satelit Thaicom 5 Terbaru Paling Tepat

Sebelum menambahkan satelit Telkom 4, pastikan terlebih dahulu posisi LNB Parabola. Mungkin saja parabola telah mencakup satelit Telkom 4 tanpa disadari, meskipun di receiver tertulis Telkom 1, tetapi sebenarnya sama saja (hanya beda nama). Satelit Telkom 4 berada pada posisi 108.0°E. Berikut adalah langkah-langkah cara menambahkan satelit Telkom 4:

  1. Tekan tombol Menu di remot receiver untuk masuk ke Menu.
  2. Geser ke kanan untuk masuk ke submenu Instalasi.
  3. Pilih Daftar Satelit di menu instalasi.
  4. Periksa daftar satelit yang tersimpan di receiver. Jika sudah ada satelit Telkom 1, ubah namanya menjadi Telkom 4. Jika belum ada, tekan tombol Biru di remot untuk menambahkannya.
  5. Masukkan nama dan garis bujur satelit Telkom 4, lalu klik Ok / Simpan / Konfirmasi.
  6. Perhatikan pengaturan satelit di sebelah kanan, masukkan data pengaturan satelit seperti frekuensi LNB, Diseq, 22k. Tekan Go To di remot untuk masuk ke menu Transponder karena ingin menambahkan Transponder.
  7. Setelah Satelit Telkom 4 ditambahkan, masukkan data Transponder seperti frekuensi, polaritas, dan simbol rate. Klik Simpan.
  8. Transponder baru yang dimasukkan akan muncul, tetapi kualitas sinyal masih 0%. Ini karena parabola masih pada posisi satelit sebelumnya. Untuk merubahnya ke satelit Telkom 4 (108.0°E), perlu diubah posisi parabola.
  9. Jika parabola sudah pada posisi satelit Telkom 4 atau kualitas sinyal terbaik sudah didapatkan, tekan tombol Merah untuk melakukan Scan/Mencari.
  10. Pilih Scan atau Mencari pada pengaturan mode scan dan lain-lain yang muncul.
  11. Proses scan akan berlangsung, tunggu hingga mencapai 100%.
  12. Selesai, sekarang kalian dapat menikmati saluran atau channel dari satelit Telkom 4.

Cari Siaran Channel Dengan Cara Input Manual Transponder.

  1. Pada menu satelit, geser kursor ke nama satelit Telkom 4 dan tekan tombol SAT pada remot.
  2. Maka akan muncul menu transponder, tekan tombol Merah pada remot untuk memasukkan data transponder (frekuensi dan simbol rate).
  3. Masukkan data frekuensi dan simbol rate melalui tombol angka pada remot, lalu tambahkan polaritas dan tekan tombol Save.
  4. Data transponder baru akan muncul pada daftar list. Tekan tombol Biru untuk memulai pencarian siaran.
  5. Akan muncul opsi lanjutan, pilih tombol Search untuk melanjutkan.
  6. Proses pencarian siaran akan berlangsung dan seharusnya terkunci seperti pada gambar di bawah. Tekan tombol OK pada remote.
  7. Siaran dapat disaksikan…
Baca Juga :   Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang Dengan Mudah

Cari Siaran Channel Dengan Cara Blind Scan.

  1. Pada menu satelit, arahkan kursor ke nama satelit Telkom 4 dan tekan tombol Biru pada remot.
  2. Pada tampilan berikutnya, perhatikan mode scan dan pilih “Blind Scan” atau pilih opsi lain sesuai kebutuhan.
  3. Setelah itu, tekan “Search…”
  4. Akan muncul daftar nama saluran yang ada di satelit Telkom 4, di mana sistem secara otomatis menemukan saluran yang dapat diterima dengan baik.
  5. Tunggu hingga proses selesai. Saluran akan ditambahkan ke daftar saluran pada receiver kalian.
  6. Selesai, semoga bermanfaat.

Cara Mengetahui Parabola Sudah Pada Satelit Telkom 4

Tidak disadari, parabola mungkin sudah mencakup satelit Telkom 4. Bagaimana cara mengetahuinya? Cek pada receiver apakah sudah ada saluran Trans TV atau Trans 7, lalu periksa frekuensi, polaritas, dan simbol rate kedua saluran tersebut dengan menekan tombol Info dua kali pada remot receiver.

Pastikan frekuensi 3890, polaritas H (Horizontal), dan simbol rate 6000 untuk saluran Trans TV, dan frekuensi 3875, polaritas H, serta simbol rate 6000 untuk saluran Trans 7 (selisih satu atau dua digit tidak masalah). Jika kedua saluran tersebut menggunakan frekuensi tersebut pada receiver, maka parabola mungkin sudah pada satelit Telkom 4.

Apa Perbedaan Receiver dengan Set Top Box?

Banyak yang keliru menganggap bahwa receiver dan set top box adalah sama, padahal keduanya memiliki perbedaan. Jika kalian penasaran apa saja perbedaannya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Teknologi

Dari segi teknologi, receiver parabola menggunakan teknologi DVB S2 atau Digital Video Broadcasting Satelit 2, sedangkan set top box menggunakan teknologi DVB T atau Digital Video Broadcasting Terrestrial. Di Indonesia, set top box menggunakan teknologi DVB T2.

2. Antena

Penggunaan antena pada kedua perangkat tersebut juga berbeda. Receiver menggunakan antena parabola, sedangkan set top box memerlukan antena TV untuk menerima sinyal yang akan ditampilkan pada layar televisi. Set top box dapat menggunakan antena dengan sinyal UHF dan VHF, baik antena dalam ruangan maupun luar ruangan.

Baca Juga :   Cara Mencari Sinyal Parabola Goldsat Semua Tipe Yang Tepat

3. Channel

Receiver parabola memiliki kelebihan dapat menangkap banyak sekali saluran televisi, termasuk dari luar negeri. Sedangkan set top box hanya dapat menangkap saluran televisi dalam negeri seperti RCTI, Indosiar, dan lain-lain.

4. Harga

Harga receiver parabola dan set top box memiliki perbedaan yang signifikan. Set top box dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan, sedangkan receiver parabola dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribuan.

5. Biaya Langganan

Banyak orang lebih memilih set top box karena tidak dikenakan biaya bulanan, sedangkan receiver parabola memerlukan biaya langganan setiap bulannya untuk mendapatkan saluran televisi yang lebih banyak dan optimal.

6. Port

Pada bagian port, receiver parabola menggunakan port berulir, sedangkan set top box menggunakan port Coaxial Male dan Female yang letaknya berdampingan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dijelaskan cara menambah satelit Telkom 4 dengan beberapa langkah yang mudah dan sederhana. Dengan menambahkan satelit Telkom 4, kamu bisa menikmati berbagai saluran televisi berkualitas tinggi dengan lebih stabil dan jernih.

Pertama, pastikan kamu memiliki perangkat parabola dan receiver yang sudah terkoneksi dengan internet. Kemudian, atur posisi parabola dengan mengarahkan antena ke arah satelit Telkom 4 pada koordinat 108.0° BT.

Setelah itu, lakukan scanning pada receiver dan pilih opsi pencarian satelit baru. Pilih satelit Telkom 4 dan tunggu hingga proses scanning selesai. Setelah berhasil menemukan satelit Telkom 4, kamu bisa menikmati berbagai saluran televisi yang tersedia.

Dengan menambah satelit Telkom 4, kamu bisa menikmati siaran televisi berkualitas tinggi dengan lebih stabil dan jernih. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *