Harga Borongan Cor Beton

Harga Borongan Cor Beton Per M3 Terbaru Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Cor Beton Per M3 Terbaru Yang Paling Tepat. Dalam proyek konstruksi pembangunan gedung atau rumah, beton cor memiliki peranan penting dan strategis. Penggunaan bahan ini menjadikan bangunan memiliki struktur yang kokoh dan tahan lama.

Sekarang, di pasaran dan toko-toko bangunan, tersedia beragam merek beton cor. Selain itu, tersedia pilihan jenis yang beraneka ragam, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi bangunan.

Dalam dunia konstruksi, beton adalah bahan bangunan yang terdiri dari campuran massa dan bahan pengikat semen. Secara umum, beton cor terbuat dari semen Portland yang dicampur dengan agregat mineral seperti kerikil, pasir, semen, dan air.

Jika kalian berminat menggunakan beton cor, berikut adalah informasi tentang jenis-jenis beton cor dan harga borongan per kubiknya. Mari kita simak pembahasan mengenai harga borongan beton cor per meter kubik di bawah ini.

Apa Itu Cor Beton?

Bagian kunci dalam proses konstruksi adalah kolom. Kolom memainkan peran utama dalam pembentukan bangunan dengan bertanggung jawab atas pemindahan beban bangunan serta menjaga kekokohan struktur.

Pembuatan kolom dilakukan melalui tahap pengecoran beton. kalian mungkin bertanya-tanya, apa itu pengecoran beton?

Untuk menjawab pertanyaan ini, pengecoran beton adalah suatu proses yang melibatkan tukang untuk menuangkan beton ke dalam bekisting yang telah diperkuat dengan tulangan dasar.

Setelah tukang menghitung volume yang diperlukan untuk pengecoran, beton segar dapat dituangkan ke dalam bekisting. Hasil akhir dari pengecoran beton akan diperiksa oleh tim QC (Quality Control).

Penting untuk diketahui bahwa proses pengecoran beton memerlukan waktu sekitar 4 hingga 7 hari untuk mencapai hasil yang terbaik. Setelah hasilnya memuaskan, bekisting dapat dibongkar.

Informasi ini dapat berguna bagi kalian. Proses pengecoran beton melibatkan beberapa tahap, termasuk persiapan bahan, pengecoran beton, dan tahap finishing atau penyempurnaan. Setiap tahap dalam proses pengecoran beton memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri.

Jenis-Jenis Cor Beton

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang harga borongan cor beton per meter kubik, akan sangat bermanfaat bagi kita untuk mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis cor beton yang tersedia. Berikut adalah beberapa jenis cor beton yang biasa ditemui di toko material dan bangunan:

  1. Cor Beton Kelas R K125 dan B0: Biasanya digunakan sebagai lantai dasar untuk berbagai jenis bangunan yang tidak akan menerima beban berat. Fungsi utamanya adalah memberikan dasar yang kokoh.
  2. Cor Beton Kelas D K175: Cocok digunakan untuk konstruksi bangunan ringan yang tidak akan menerima tekanan atau beban berat. Ini biasa digunakan untuk bangunan yang tidak memiliki beban struktural yang besar.
  3. Cor Beton Kelas K225: Sangat cocok untuk digunakan dalam pembangunan ruko atau perumahan dengan dua lantai. Mampu menangani beban yang lebih besar daripada kelas sebelumnya.
  4. Cor Beton Kelas K250: Biasanya digunakan untuk bangunan dua lantai. Ini adalah pilihan yang baik untuk bangunan dengan beban sedang.
  5. Cor Beton Kelas K300: Cocok untuk digunakan pada bangunan tiga hingga lima lantai. Mampu menangani beban yang lebih besar dan memberikan kekuatan struktural yang diperlukan.
  6. Cor Beton Kelas K350: Digunakan terutama untuk lantai dasar bangunan. Memberikan ketahanan yang baik terhadap beban struktural yang signifikan.
  7. Cor Beton Kelas K400 dan K450: Umumnya digunakan dalam konstruksi jalan tol atau jalan negara. Ini memiliki kemampuan untuk menangani beban berat dan tekanan yang tinggi.
  8. Cor Beton Kelas K500: Jenis material ini sering digunakan dalam pembuatan elemen pra-cetak. Memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi.
  9. Cor Beton Kelas K600: Merupakan jenis cor beton dengan tingkat mutu yang sangat tinggi. Biasanya digunakan dalam proyek-proyek yang membutuhkan performa struktural yang luar biasa.
Baca Juga :   √ Ukuran Kaca Per Lembar Semua Jenis & Harga Terbaru Lengkap!

Mengenal jenis-jenis cor beton ini penting agar kalian dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi proyek konstruksi kalian. Setiap jenis memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda, yang akan mempengaruhi kekuatan dan daya tahan bangunan yang akan kalian bangun.

Bahan Material Pendukung Cor Beton

Dalam proses pembuatan cor beton, penggunaan material tambahan atau pendukung sangat penting untuk mencapai hasil yang kuat dan kokoh. Beberapa material tambahan yang umumnya digunakan meliputi:

1. Bondek

Bondek adalah material pendukung yang sering digunakan sebagai alas atau dasar untuk cor dak beton. Bondek memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dibandingkan dengan penggunaan triplek sebagai alas untuk cor beton. Kekuatan dan daya tahannya membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk menopang beton dalam proyek konstruksi. Bondek juga membantu dalam mendistribusikan beban dengan merata, sehingga menghasilkan struktur yang lebih stabil.

2. Besi Wiremesh

Wiremesh adalah rangkaian kawat beton yang membentuk jaring-jaring dengan spasi tertentu. Material ini ditempatkan di atas bondek dan berfungsi sebagai kerangka dari cor dak beton. Penggunaan wiremesh membantu meningkatkan kekuatan struktural dan daya tahan dak beton. Ini adalah komponen penting dalam memastikan bahwa beton terdistribusi secara merata dan dapat menahan tekanan serta beban yang mungkin ditemui selama masa pemakaian bangunan.

Daftar Harga Borongan Cor Beton Per M3

Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia konstruksi bangunan, istilah “cor beton” mungkin sudah sangat akrab. Cor beton adalah salah satu bahan bangunan yang telah diatur komponennya dengan cermat dan akurat sesuai dengan komposisi bahan yang telah ditetapkan. Melalui kombinasi berbagai material pembuat cor beton, diharapkan dapat menciptakan struktur dengan kekuatan yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Harga Borongan Cor Beton Per M3

Harga borongan cor beton per meter kubik juga mengalami variasi yang signifikan, tergantung pada jenis dan mutu cor beton yang dipilih. Berikut ini adalah daftar harga borongan cor beton yang telah kami susun untuk kalian.

1. Harga Borongan Cor Beton FA

NOKLAS/MUTUSLUMPSATUANHARGA FA
1Cor Beton KB012 ± 2 cmm3Rp730,000
2Cor Beton K17512 ± 2 cmm3Rp770,000
3Cor Beton K20012 ± 2 cmm3Rp800,000
4Cor Beton K22512 ± 2 cmm3Rp820,000
5Cor Beton K25012 ± 2 cmm3Rp840,000
6Cor Beton K30012 ± 2 cmm3Rp870,000
7Cor Beton K35012 ± 2 cmm3Rp900,000
8Cor Beton K40012 ± 2 cmm3Rp940,000
9Cor Beton K45012 ± 2 cmm3Rp980,000
10Cor Beton K50012 ± 2 cmm3Rp1,040,000
11Cor Beton K60012 ± 2 cmm3Rp1,090,000
Baca Juga :   √ 1 Kubik Berapa Lembar Papan 4 Meter? Rumus & Perhitungan!

Harga FA adalah harga untuk cor beton FLY ASH

2. Harga Borongan Cor Beton NFA

NOKLAS/MUTUSLUMPSATUANHARGA NFA
1Cor Beton K22512 ± 2 cmm3Rp845,000
2Cor Beton K25012 ± 2 cmm3Rp875,000
3Cor Beton K30012 ± 2 cmm3Rp905,000
4Cor Beton K35012 ± 2 cmm3Rp935,000
5Cor Beton K40012 ± 2 cmm3Rp975,000
6Cor Beton K45012 ± 2 cmm3Rp1,015,000
7Cor Beton K50012 ± 2 cmm3Rp1,075,000
8Cor Beton K60012 ± 2 cmm3Rp1,125,000

Harga NFA adalah harga untuk cor beton NON FLY ASH

Keunggulan Cor Beton

Cor beton merupakan material konstruksi yang memiliki banyak keuntungan dan manfaat yang sangat berharga dalam berbagai proyek pembangunan. Beberapa keunggulan utamanya meliputi:

  1. Kekuatan Struktural yang Tinggi: Cor beton dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, sehingga memiliki kemampuan untuk menahan tekanan dan beban dengan sangat baik. Ini menjadikannya pilihan yang kuat untuk konstruksi berbagai jenis bangunan.
  2. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim: Beton tahan terhadap cuaca ekstrem, termasuk hujan lebat dan panas terik matahari. Ini membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi iklim.
  3. Pemeliharaan Mudah dan Ekonomis: Pemeliharaan cor beton relatif mudah dan ekonomis. Permukaannya yang tahan terhadap korosi memungkinkan struktur beton untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu perawatan intensif.
  4. Kemampuan Penyesuaian: Cor beton dapat dicetak sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi proyek. Ini memberikan fleksibilitas dalam merancang dan mengadaptasi struktur sesuai dengan keinginan.
  5. Pemakaian untuk Penambalan: Material cor beton ini dapat digunakan untuk menambal retakan pada konstruksi atau di area lainnya. Ini membuatnya berguna untuk perbaikan dan pemeliharaan bangunan yang ada.
  6. Akses Lokasi Terbatas: Cor beton dapat dituangkan ke konstruksi yang memiliki akses lokasi terbatas dengan bantuan alat bantu yang sesuai. Hal ini memungkinkan penggunaannya dalam proyek-proyek yang memiliki kendala ruang.
  7. Tahan Terhadap Api: Material cor beton memiliki sifat tahan terhadap panas dan api yang tinggi. Ini menjadikannya pilihan yang aman dalam hal kebakaran, menjaga keamanan dan integritas struktural.

Dengan sejumlah keunggulan seperti ini, cor beton menjadi salah satu bahan konstruksi yang paling dipercayai dan serbaguna dalam dunia konstruksi, membantu memastikan kekokohan dan ketahanan struktural bangunan dalam berbagai kondisi dan lingkungan.

Tips Membuat Beton

Setelah memahami proses menghitung cor beton, kini adalah waktu yang tepat untuk mengetahui beberapa tips dalam pembuatan beton yang berkualitas. Untuk informasi lebih detail, mari perhatikan dengan seksama penjelasan di bawah ini.

1. Penentuan Konsep

Sebelum memulai proses pengecoran, penting untuk menentukan konsep secara terperinci. Ini akan membantu kalian memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan dihasilkan. Konsep juga berdampak pada cara menghitung campuran cor beton, termasuk perbandingan semen, pasir, dan kerikil. Konsep yang sudah ditentukan juga memengaruhi kebutuhan material cor beton dan proses lapangan secara keseluruhan.

Baca Juga :   √ Mengenal Berbagai Jenis Palu Beserta Fungsinya

2. Penggunaan Material Terbaik

Kualitas cor beton sangat bergantung pada material yang digunakan. Pastikan kalian menggunakan material terbaik untuk mencapai hasil yang optimal. Investasi dalam material yang berkualitas akan terlihat pada hasil akhir yang kuat dan tahan lama. Penggunaan material berkualitas juga mendukung keamanan bangunan.

3. Penggunaan Bekisting

Untuk mendapatkan hasil cor beton yang rapi, bekisting dan steger sangat penting. Saat menggunakan bekisting, pastikan kalian menggunakan bekisting yang baru. Bekisting bekas mungkin dapat digunakan, tetapi perhatikan kerusakan atau ketidaksempurnaan yang mungkin ada. Jika kalian menginginkan hasil akhir yang berkualitas, sebaiknya gunakan bekisting baru.

4. Kesabaran dalam Melepas Bekisting

Salah satu kesalahan umum adalah melepas bekisting terlalu cepat. Waktu yang kalian butuhkan sebelum melepas bekisting akan memengaruhi hasil akhir konstruksi. Sebagai pedoman umum, untuk bangunan dengan lebar 3-6 meter, bekisting sebaiknya dilepas setelah 14 hari. Untuk bangunan yang lebih lebar, bekisting perlu dipertahankan selama 21 hari. Kesabaran dalam melepaskan bekisting akan membantu mencapai kekuatan dan ketahanan yang optimal.

5. Pembersihan

Meskipun kalian telah menggunakan bekisting, risiko kebocoran masih mungkin terjadi. Salah satu kesalahan umum adalah kurangnya perhatian terhadap pembersihan beton cor. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pembersihan cor beton secara rutin dan teliti.

6. Pengecekan Berkala

Selama proses pengecoran, lakukan pengecekan berkala untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana. Pengecekan ini melibatkan identifikasi dan penanganan potensi kebocoran atau masalah lain yang mungkin muncul selama proses. Pengecekan berkala akan membantu mencegah masalah lebih besar di kemudian hari dan memastikan keberhasilan proyek.

Mengikuti tips-tips ini akan membantu kalian mencapai hasil pengecoran beton yang berkualitas dan tahan lama dalam proyek konstruksi kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam pembangunan proyek konstruksi, pengecoran beton adalah salah satu tahapan kunci yang membutuhkan perencanaan dan perhatian ekstra.

Untuk menentukan harga borongan cor beton per meter kubik, kalian perlu mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk jenis dan mutu cor beton yang akan digunakan.

Namun, keberhasilan pengecoran beton juga sangat bergantung pada konsep yang telah ditentukan, pemilihan material yang berkualitas, penggunaan bekisting yang tepat, kesabaran dalam melepaskan bekisting, pembersihan, dan pengecekan berkala.

Dengan memahami semua aspek ini, kalian dapat memastikan bahwa proyek konstruksi kalian akan menghasilkan cor beton berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan struktural dan tahan lama.

Dalam artikel finoo.id ini, kami telah membahas berbagai aspek terkait cor beton, termasuk jenis-jenisnya, keunggulan material, dan tips-tips penting dalam proses pengecoran.

Semoga informasi ini bermanfaat dalam menghadapi proyek-proyek konstruksi kalian yang akan datang. Untuk informasi lebih lanjut tentang harga borongan cor beton per meter kubik, jangan ragu untuk menghubungi para ahli konstruksi atau penyedia jasa terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *