Cara Reset TV Xiaomi

Cara Reset TV Xiaomi Paling Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Reset TV Xiaomi Paling Mudah & Praktis. Transformasi teknologi menghasilkan perubahan besar pada berbagai perangkat elektronik, termasuk televisi. Televisi merupakan salah satu perangkat yang terdampak oleh kemajuan teknologi ini.

Smart TV Xiaomi menjadi salah satu produk yang populer dan berhasil memenangkan persaingan di pasar domestik. Hal ini disebabkan karena harga produknya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya yang memiliki spesifikasi serupa.

Meskipun TV Xiaomi tergolong tahan lama, terkadang masalah teknis dapat terjadi kapan saja. Beberapa masalah dapat diatasi dengan cara melakukan reset, namun ada juga kasus yang memerlukan perbaikan oleh teknisi.

Kami telah menyusun panduan yang mudah dan sederhana mengenai cara melakukan reset TV Xiaomi. Panduan ini ditujukan bagi pemula yang ingin mengatasi masalah teknis pada TV Xiaomi mereka sendiri, tanpa harus memanggil teknisi.

Sekilas Tentang Xiaomi TV

Xiaomi Inc. (juga dikenal sebagai “Teknologi Xiaomi” atau “Teknologi Beras Kecil”) adalah perusahaan swasta asal Tiongkok yang bergerak di bidang elektronik. Perusahaan ini berbasis di Beijing dan didirikan pada tahun 2010. Saat ini, Xiaomi menempati peringkat keempat sebagai produsen telepon cerdas terbesar di dunia. Mereka merancang, mengembangkan, dan menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen.

Meskipun merupakan perusahaan muda, hanya menempati peringkat ke-468 dalam daftar Fortune Global 500 pada tahun 2019, Xiaomi telah berhasil tercatat sebagai salah satu perusahaan paling terkenal. Pada tahun 2018, Xiaomi terdaftar di Bursa Efek Hong Kong.

Mi TV adalah produk televisi cerdas tipis yang dipasarkan oleh Xiaomi. Produk ini berjalan menggunakan sistem operasi Android dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013. Varian terbaru dari Mi TV memiliki layar berukuran 49 inch Ultra HD dengan CPU quad-core yang dijual bersamaan dengan bar suara, terutama di pasar domestik Tiongkok dengan harga sekitar CN¥3,999.

Baca Juga :   Skema Rangkaian Backlight TV LED & Cara Mengukurnya

Pengertian Reset

Reset adalah tindakan mengembalikan semua pengaturan ke pengaturan default, yang telah diset oleh pabrik saat perangkat dibeli pertama kali. Secara sederhana, ini dapat dianggap sebagai fitur reset dan teknis penghapusan menyeluruh.

Dalam reset, semua perubahan yang telah dilakukan akan terhapus dan perangkat akan kembali ke kondisi awal. Contohnya, jika reset digunakan pada ponsel, maka pengaturan akan kembali ke pengaturan pabrik. Namun, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan fitur reset?

Terkadang, orang ingin melakukan reset pada ponsel mereka karena mereka lupa sandi, ponsel terasa lambat, atau bahkan tidak dapat terhubung ke wifi. Dalam situasi tersebut, reset ponsel dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Soft Reset TV Xiaomi

Soft reset dapat menjadi pilihan pertama untuk mengatasi beberapa masalah ringan pada TV Xiaomi, seperti perubahan warna, penundaan audio, atau kinerja yang terasa lambat dibandingkan sebelumnya.

Hampir semua pengguna smart TV dari berbagai merek mungkin mengalami masalah mulai dari ringan hingga berat. Namun, tidak perlu bingung atau panik jika kalian menghadapi situasi seperti ini.

Berikut adalah cara melakukan soft reset TV Xiaomi yang benar:

  • Nyalakan TV Xiaomi menggunakan remote kontrol asli.
  • Masuk ke pengaturan umum (general setting).
  • Akan muncul beberapa opsi pengaturan dalam sistem.
  • Sorot opsi factory reset dan tekan ok untuk konfirmasi.
  • Tunggu sebentar hingga proses reset selesai.

Metode soft reset TV Xiaomi mungkin berbeda-beda tergantung pada versi sistem operasi yang digunakan. Kamu dapat mencoba mencari opsi tersebut pada informasi “about” dari perangkat.

Jangan khawatir jika kamu mengalami masalah dengan TV Xiaomi, karena melakukan soft reset dapat membantu mengatasi beberapa masalah teknis. Namun, pastikan kamu melakukan langkah-langkah reset dengan benar agar tidak terjadi kesalahan atau kerusakan pada perangkat.

Baca Juga :   Cara Setting TV Philips Paling Lengkap

Cara Hard Reset TV Xiaomi

Hard reset dapat memiliki dampak yang lebih signifikan daripada “soft reset”, karena termasuk sebagai pilihan terakhir. Namun, hasil akhirnya cenderung lebih efektif dalam mengembalikan kondisi smart TV Xiaomi ke kondisi normal seperti semula.

Jika hard reset tidak berhasil memperbaiki TV Xiaomi, maka perlu menghubungi teknisi atau call center. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi kerusakan pada komponen tertentu yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Berikut adalah cara melakukan hard reset TV Xiaomi yang benar:

1. Metode Reset Pertama

Metode reset TV Xiaomi pertama berhasil digunakan untuk sebagian besar produk, baik seri lama maupun baru. Pastikan kamu telah memahami arti simbol pada remote kontrol asli sebelum memulai proses reset.

Berikut adalah cara melakukan reset TV Xiaomi menggunakan metode pertama:

  • Tekan tombol power untuk mematikan TV Xiaomi.
  • Cabut kabel power dan biarkan selama 5 menit.
  • Setelah 5 menit, hubungkan kembali kabel power.
  • Tekan tombol home dan manual secara bersamaan.
  • Tekan tombol power pada panel untuk menghidupkan TV Xiaomi.
  • TV Xiaomi akan mulai beroperasi untuk proses reset.
  • Jika TV Xiaomi tidak menyala, tekan tombol putih besar di bawah simbol “Mi”.
  • Saat TV Xiaomi menyala, ikuti instruksi recovery pada layar.
  • Lepaskan tombol home dan manual saat menu recovery muncul.

Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar agar proses reset berhasil dan TV Xiaomi dapat berfungsi dengan normal kembali. Jika kamu masih mengalami masalah setelah melakukan reset, sebaiknya hubungi teknisi atau call center untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2. Metode Reset Kedua

Ternyata, terdapat metode kedua untuk mengakses fungsi hard reset pada TV Xiaomi. Metode ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang berhasil pada beberapa tipe produk tanpa mengalami kendala.

Berikut adalah cara melakukan reset TV Xiaomi menggunakan metode kedua:

Baca Juga :   Cara Setting Android TV Box Mudah & Praktis

  • Tekan tombol power untuk mematikan TV Xiaomi.
  • Cabut kabel power dan biarkan selama 5 menit.
  • Setelah 5 menit, hubungkan kembali kabel power.
  • Tekan tombol ok dan return pada remote secara bersamaan.
  • Tekan tombol putih besar yang berada di bawah simbol “Mi”.
  • Saat TV Xiaomi menyala, akan muncul opsi recovery pada layar.
  • Lepaskan tombol ok dan return ketika menu recovery muncul.

Pastikan kamu melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar agar proses reset berhasil dan TV Xiaomi dapat berfungsi seperti semula. Jika kamu masih mengalami masalah setelah melakukan reset, sebaiknya hubungi teknisi atau call center untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Recoveri TV Xiaomi

Saat kamu mengakses menu recovery pada TV Xiaomi, kamu akan menemukan beberapa opsi seperti berikut:

  • Wipe Cache – Opsi ini hanya akan membersihkan cache sistem dan aplikasi.
  • Wipe User Data – Opsi ini akan menghapus semua aplikasi yang baru saja diinstal.
  • Wipe All Data – Opsi ini akan menghapus semua pengaturan dan data, mengembalikan TV Xiaomi ke pengaturan pabrik.

Baca Juga : 

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara untuk mereset TV Xiaomi yang dapat kalian coba jika mengalami masalah pada TV kalian. Ingatlah untuk selalu mencadangkan data penting sebelum melakukan reset untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Jika masih mengalami kesulitan dalam melakukan reset, kalian dapat menghubungi layanan pelanggan Xiaomi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Terima kasih telah membaca dan semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *