Kelebihan Dan Kekurangan TV Xiaomi

Kelebihan Dan Kekurangan TV Xiaomi yang Perlu Diketahui

Posted on

Finoo.id – Kelebihan Dan Kekurangan TV Xiaomi yang Perlu Diketahui. Adanya siaran digital telah membuat sebagian orang tertarik untuk mengganti produk lama mereka, dengan harapan dapat menikmati tayangan super jernih tanpa menggunakan set top box.

Xiaomi Indonesia awalnya dikenal sebagai produsen smartphone berkualitas asal China. Namun, merek ini kini telah melebarkan sayap bisnisnya dengan merilis beberapa produk Smart TV modern.

Dengan kepopulerannya, TV Xiaomi berhasil menarik minat masyarakat untuk mencoba produk baru ini. TV Xiaomi memiliki sistem operasi android dengan spesifikasi yang berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau.

Kami telah merangkum informasi terkait kelebihan dan kekurangan TV Xiaomi secara lengkap, sehingga menjadi referensi bagi calon konsumen untuk menambah wawasan sebelum membeli produk ini.

Mengenal Xiaomi TV

Xiaomi Inc adalah perusahaan elektronik swasta yang berpusat di Beijing, Tiongkok, dan didirikan pada tahun 2010. Perusahaan ini terkenal sebagai produsen telepon cerdas terbesar keempat di dunia pada awal kuartal kedua tahun 2018. Xiaomi merancang, mengembangkan, dan menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, serta produk elektronik konsumen lainnya.

Pendiri dan CEO Xiaomi adalah Lei Jun, yang merupakan salah satu orang terkaya di Tiongkok menurut Forbes dengan peringkat ke-23. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 46 miliar USD dan memiliki lebih dari 16.700 karyawan dari berbagai negara, termasuk Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia.

Pada tahun 2019, Xiaomi berhasil mengirimkan 125 juta unit ponsel dan menempati peringkat keempat secara global sejak 2018. Xiaomi juga berhasil masuk dalam daftar Fortune Global 500 dengan peringkat ke-468 pada tahun 2019, menjadikannya perusahaan termuda yang tercatat dalam daftar tersebut.

Sejak tahun 2018, perusahaan ini telah terdaftar di Bursa Efek Hong Kong.

Kelebihan dan Kekurangan TV Xiaomi

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan TV Xiaomi yang perlu diketahui sebagai pertimbangan sebelum membeli produk TV dari Xiaomi. Berikut ulasannya:

Baca Juga :   Cara Program TV Sharp Paling Mudah dan Praktis

Kelebihan TV Xiaomi

Xiaomi telah merilis beberapa varian produk dengan harga terjangkau, sehingga persaingan di pasar semakin ketat. Hal ini merupakan kabar baik bagi konsumen dalam memilih televisi berkualitas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Berikut adalah beberapa kelebihan secara umum dari TV Xiaomi:

1. Brand Ternama

Xiaomi telah menjadi nama besar dalam ekspansi pasar elektronik di seluruh dunia. Dalam sejarahnya, merek ini berhasil memperoleh banyak pelanggan dalam waktu singkat.

Jika kalian mengutamakan kredibilitas merek, maka TV Xiaomi adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasi perusahaan yang kuat, kualitas produk yang mereka rilis pasti telah melalui kontrol ketat.

2. Produk Canggih

Smart TV dari merek Xiaomi merupakan perangkat modern yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Produk ini menggunakan material berkualitas tinggi untuk meningkatkan kenyamanan konsumen.

Semua seri TV Xiaomi dapat terhubung dengan internet dan mendukung aplikasi serta game. Selain itu, terdapat berbagai fitur canggih lainnya yang akan memanjakan pengguna selama menonton.

3. Harga Murah

Kini memiliki unit smart TV canggih dengan harga terjangkau bukanlah impian yang tidak terwujud. Hal ini dikarenakan Xiaomi berhasil menggebrak persaingan pasar dengan produk canggih yang murah meriah.

TV Xiaomi memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan produk serupa dari merek ternama lainnya. Namun, kualitas barang tetap terjamin cukup awet dengan tambahan masa garansi dari produsen.

4. Kaya Fitur

TV Xiaomi memiliki kelebihan berupa kombinasi spesifikasi hardware dan fitur yang lengkap. Pengguna dapat merasakan berbagai fungsi yang bermanfaat, antara lain:

  • Speaker DTS HD yang menghasilkan suara yang empuk, kencang, dan jernih.
  • Chromecast yang memungkinkan smart TV terhubung dengan smartphone secara nirkabel.
  • Konektivitas yang lengkap meliputi port antena, USB, HDMI, dan AV Input.
  • Wireless yang menawarkan fleksibilitas dalam operasional televisi melalui WiFi dan Bluetooth.

Kekurangan TV Xiaomi

Memang benar bahwa kualitas TV Xiaomi terbukti hkalianl dan mampu beroperasi dengan baik untuk waktu yang lama. Namun, seperti produk elektronik lainnya, TV Xiaomi juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan secara umum dari TV Xiaomi:

1. Belum Digital

Walaupun TV Xiaomi terbilang canggih, namun seluruh generasi awal dari smart TV Xiaomi tidak mendukung siaran digital. Artinya, pengguna hanya bisa menonton siaran analog yang telah dihentikan secara resmi oleh pemerintah.

Baca Juga :   Penyebab TV Sharp LED Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Sebagai hasilnya, pengguna harus membeli set top box DVB-T2 secara terpisah apabila ingin menonton siaran digital. Kelemahan ini menjadi sangat krusial yang harus segera diperhatikan oleh produsen.

2. RAM Kecil

Walaupun TV Xiaomi termasuk dalam kategori smart TV, namun pengguna harus memperhatikan spesifikasi hardware secara cermat, terutama pada tiga bagian penting seperti CPU, kapasitas internal, dan besaran RAM pada produk.

TV Xiaomi seri terendah hanya memiliki RAM sebesar 1 GB yang terbilang cukup kecil. Hal ini menyebabkan pengguna tidak dapat memasang terlalu banyak aplikasi atau game favorit. Oleh karena itu, pengguna perlu memperhatikan spesifikasi hardware dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli produk TV Xiaomi.

Daftar Rekomendasi Xiaomi Smart TV Terfavorit

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan TV Xiaomi, bagi kalian yang sedang mencari televisi pintar dengan kualitas terbaik, Xiaomi Smart TV dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi TV pintar Xiaomi terbaik yang bisa kalian pertimbangkan.

1. Xiaomi Mi TV 4 32” Bezel Less

Xiaomi Mi TV 4 32” Bezel Less menjadi salah satu rekomendasi TV pintar Xiaomi terbaik dengan layar bezel less yang menarik dan harga yang terjangkau.

TV ini dilengkapi dengan sistem operasi PatchWall 3.0 yang menawarkan banyak pilihan konten hiburan seperti Amazon Prime Video, Netflix, YouTube, Vidio, Hooq, Catchplay, Iflix, dan masih banyak lagi. Selain itu, TV ini juga dilengkapi dengan pengeras suara stereo 20W DTS HD dengan rentang suara yang luas.

  • Harga: Rp2.399.000

2. Xiaomi Mi TV 4 43” Full HD LED

Xiaomi Mi TV 4 43” Full HD LED dengan resolusi full HD (FHD) dan vivid engine picture, menawarkan pengalaman menonton yang lebih nyata.

TV pintar ini dilengkapi dengan sistem operasi PatchWall 3.0 dan fitur Google Assistant yang membuat pengoperasian semakin mudah dengan menggunakan suara saja.

  • Harga: Rp3.399.000

3. Xiaomi Mi TV 55” 4K HDR

Seri ini dilengkapi dengan fitur 4K HDR yang menghasilkan gambar yang terang, warna yang nyata, dan kontras yang kaya.

Xiaomi Mi TV 55” 4K HDR dilengkapi dengan pengeras suara Dolby Audio™ dan DTS-HD, serta dibekali dengan 64 bit Quad-core A53 dan 2GB RAM.

  • Harga: Rp6.499.000

4. Xiaomi TV Q1E 55” QLED 4k UHD

Bagi kalian yang mengutamakan kualitas layar terbaik, Xiaomi TV Q1R 55” QLED 4K UHD dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga :   Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus Paling Mudah

Seri ini menawarkan kualitas layar unggulan dengan fitur 4K Limitless Display, QLED, Dolby Vision, dan HDR10+. TV ini juga sudah menggunakan sistem operasi Android TV™ 10.

  • Harga: Rp8.399.000

5. Xiaomi TV 65” P1E-UHD

Xiaomi TV 65” P1E-UHD dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin memiliki televisi berukuran besar.

Selain memiliki ukuran yang besar, TV ini juga menawarkan kualitas layar yang sangat baik dengan fitur 4K yang sangat jernih dan mulus. Selain itu, TV ini juga dilengkapi dengan fitur MEMC yang dapat menghilangkan distorsi pada gambar yang ditampilkan.

  • Harga: Rp9.499.000

Baca juga :

Kesimpulan

Secara keseluruhan, TV Xiaomi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Kelebihan dari TV Xiaomi termasuk desain yang elegan dan modern, kualitas gambar yang baik, suara yang jernih, dan harga yang terjangkau dibandingkan dengan merek TV lainnya di pasaran. Selain itu, TV Xiaomi juga dilengkapi dengan berbagai fitur cerdas, seperti integrasi dengan asisten suara dan aplikasi streaming.

Namun, TV Xiaomi juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah ketersediaan layanan purna jual yang terbatas, terutama untuk pengguna di luar negeri, serta kualitas kontrol suara yang belum sebaik merek TV cerdas lainnya. Selain itu, beberapa pengguna juga mengeluhkan tentang stabilitas sistem dan adanya bug yang terjadi pada TV Xiaomi mereka.

Meskipun demikian, dengan harga yang relatif terjangkau dan kualitas gambar yang baik, TV Xiaomi tetap menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin membeli TV baru. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan untuk mempertimbangkan baik-baik kelebihan dan kekurangan dari TV Xiaomi dan menyesuaikan dengan kebutuhan kalian sendiri.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kelebihan Dan Kekurangan TV Xiaomi yang Perlu Diketahui. Semoga artikel kami dapat bermanfaat, dan Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *