Harga Borongan Gali Septic Tank

Harga Borongan Gali Septic Tank Terbaru Semua Jenis & Ukuran

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Gali Septic Tank Terbaru Semua Jenis & Ukuran. Setiap rumah atau bangunan, terutama yang digunakan sebagai tempat beraktivitas bagi banyak orang, memiliki kebutuhan yang sangat penting, yaitu septic tank atau tangki septik. Fungsi dari septic tank ini sangat krusial karena berperan sebagai tempat penyimpanan sementara dan pengolahan limbah manusia.

Pembangunan septic tank dilakukan dengan tujuan utama untuk mencegah penyebaran penyakit dan bakteri yang berasal dari limbah manusia. Di samping itu, tangki septik juga menjadi solusi yang efektif dalam mencegah pencemaran lingkungan dan sumber air akibat akumulasi limbah manusia. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pembangunan septic tank sesuai dengan stkalianr yang ditetapkan dalam Stkalianr Nasional Indonesia (SNI).

Ketika membahas mengenai konstruksi septic tank, tidak bisa terlepas dari kegiatan penggalian tanah. Saat ini, proses penggalian untuk septic tank dapat dilakukan dengan menggunakan jasa pekerja borongan atau pemborong.

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan pekerja borongan dalam proyek penggalian tanah untuk septic tank, penting untuk mengetahui secara rinci berapa biaya yang diperlukan per meter kubik pekerjaan tersebut. Dalam kesempatan ini, kami akan menjelaskan dengan lengkap mengenai rincian harga borongan untuk penggalian septic tank per meter kubiknya.

Apa itu Septic Tank?

Semua individu sepakat akan kepentingan yang sangat besar dari memiliki septic tank dalam proses pembangunan rumah atau bangunan. Kehadiran septic tank membawa berbagai manfaat yang signifikan.

Septic tank adalah suatu struktur penggalian tanah yang berperan penting sebagai tempat sementara pengolahan limbah manusia. Kehadiran septic tank menjadi esensial dalam menjaga kesehatan manusia serta lingkungan sekitarnya agar terhindar dari pencemaran.

Di Indonesia, setiap rumah atau bangunan wajib dilengkapi dengan septic tank. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan anggaran khusus dalam proses pembangunan septic tank, sehingga tidak akan ada kendala dalam pembangunan rumah di masa depan.

Bagian Septic Tank

Secara umum, septic tank dirancang dengan beberapa ruangan yang memiliki fungsi berbeda satu sama lain, seperti ruangan bak pengendap dan ruangan filter. Setiap ruangan ini dilengkapi dengan elemen-elemen tertentu untuk meningkatkan proses penguraian limbah secara alami.

Ruangan bak pengendap biasanya terdiri dari dua kompartemen. Bagian pertama berfungsi sebagai tempat pengurai dan penampung lumpur. Sementara ruangan kedua digunakan untuk menampung lumpur yang tidak dapat disimpan di bak pertama.

Ruangan filter memiliki peran penting dalam proses penguraian limbah. Ruangan ini biasanya diisi dengan kerikil dan batu-batu kecil, yang bertindak sebagai tempat bagi bakteri anaerobik untuk berkembang dan melakukan proses penguraian.

Fasilitas septic tank menjadi sangat penting dalam menjalani gaya hidup yang sehat, baik dalam skala rumah tangga maupun penggunaan komunal. Fasilitas ini digunakan untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan dan penyakit perut seperti kolera, disentri, tifus, dan lainnya.

Baca Juga :   √ Apa Itu Basemen? Pengertian, Fungsi, Tahapan Pelaksanaan Konstruksi

Masalah kesehatan ini sering kali bermula dari penanganan limbah biologis yang kurang memadai, sehingga menyebabkan pencemaran sumber air dan tanah, yang pada akhirnya menjadi akar dari berbagai masalah kesehatan yang serius.

Fungsi dan Cara Kerja Septic Tank

Septic tank berfungsi dengan cara menguraikan limbah kotoran yang mengalir dari kloset atau toilet, yang kemudian disimpan dalam penampungan. Proses penguraian ini dilakukan oleh bakteri, sehingga endapan limbah tersebut tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Meskipun cara septic tank mengolah limbah kotoran manusia terlihat sederhana dan tidak melibatkan teknologi canggih, namun prosesnya sangat efektif. Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam cara kerjanya:

  1. Tinja dan berbagai limbah manusia yang dibuang melalui kloset dialirkan melalui pipa-pipa ke dalam septic tank.
  2. Di dalam septic tank yang kedap air, semua limbah kotoran ditampung dan tidak mengalir atau merembes ke luar.
  3. Limbah kotoran dalam septic tank kemudian diurai oleh bakteri-bakteri, seperti Escherichia coli, Citrobacter freundii, Enterobacter aerogenes, dan lainnya, untuk menghilangkan bahayanya bagi lingkungan.
  4. Peran bakteri dalam penguraian sangat penting, oleh karena itu, penting untuk menghindari membuang zat kimia seperti pemutih pakaian, deterjen, cat, dan sejenisnya yang dapat membunuh bakteri-bakteri tersebut.
  5. Setelah limbah kotoran diuraikan oleh bakteri, hasilnya dialirkan ke ruang resapan untuk disalurkan ke tanah.
  6. Air resapan yang telah melalui proses penguraian limbah manusia sudah tidak lagi berbahaya bagi lingkungan, sehingga aman untuk dialirkan ke tanah di sekitar septic tank.

Jenis Galian Septic Tank

Di Indonesia, terdapat dua jenis galian tanah untuk septic tank, yaitu galian melingkar dan galian persegi panjang. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga borongan untuk penggalian septic tank, penting untuk memahami perbedaan antara kedua jenis penggalian tanah ini.

1. Galian Melingkar

Seperti namanya, galian septic tank jenis ini memiliki bentuk yang melingkar atau bulat. Penggunaan galian melingkar ini lebih umum di pedesaan atau kota-kota kecil. Diameter galian septic tank melingkar seringkali disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Kelebihan dari jenis galian ini adalah fleksibilitas dalam menyesuaikan ukuran dengan volume limbah yang dihasilkan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi rumah tangga dengan pemakaian yang lebih sedikit.

2. Galian Persegi Panjang

Sementara itu, galian tanah septic tank berbentuk persegi panjang umumnya lebih cocok untuk penggunaan di kota-kota besar. Ukuran dari galian septic tank persegi panjang seringkali disesuaikan dengan jumlah orang yang tinggal di rumah tersebut. Jenis galian ini dapat menampung volume limbah yang lebih besar dan biasanya lebih sesuai untuk lingkungan perkotaan di mana pemakaian air lebih tinggi.

Ketika memilih jenis galian septic tank yang sesuai, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik rumah atau bangunan kalian, serta pemakaian air dan limbah yang dihasilkan. Dengan pemahaman tentang perbedaan antara kedua jenis galian ini, kalian dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam pembangunan septic tank sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga :   Apa Itu Rabat Beton? Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekuranganya

Ukuran Ideal Gali Septic Tank

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih untuk membangun septic tank dengan bentuk persegi panjang karena bentuk ini dianggap lebih sederhana. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ukuran stkalianr galian tanah septic tank berbentuk persegi panjang biasanya disesuaikan dengan jumlah pemakai. Berikut adalah beberapa ukuran ideal untuk galian septic tank berdasarkan jumlah penghuni:

  • Jumlah pemakai sekitar 5 orang: Volume sekitar 2.1 meter kubik (dengan panjang sekitar 1.6 meter, lebar sekitar 0.8 meter, dan tinggi sekitar 1.6 meter).
  • Jumlah pemakai sekitar 10 orang: Volume sekitar 3.9 meter kubik (dengan panjang sekitar 2.1 meter, lebar sekitar 1 meter, dan tinggi sekitar 1.8 meter).
  • Jumlah pemakai sekitar 15 orang: Volume sekitar 5.8 meter kubik (dengan panjang sekitar 2.5 meter, lebar sekitar 1.3 meter, dan tinggi sekitar 1.8 meter).
  • Jumlah pemakai sekitar 20 orang: Volume sekitar 7.8 meter kubik (dengan panjang sekitar 2.8 meter, lebar sekitar 1.4 meter, dan tinggi sekitar 2 meter).
  • Jumlah pemakai sekitar 50 orang: Volume sekitar 19.4 meter kubik (dengan panjang sekitar 4.4 meter, lebar sekitar 2.2 meter, dan tinggi sekitar 2 meter).

Pemilihan ukuran yang sesuai dengan jumlah penghuni sangat penting agar septic tank dapat berfungsi dengan baik dalam mengolah limbah. Dengan menyesuaikan ukuran septic tank dengan kebutuhan, kalian dapat memastikan bahwa sistem pengolahan limbah berjalan efisien dan lingkungan tetap terjaga.

Harga Borongan Gali Septic Tank

Pada dasarnya, harga borongan untuk penggalian septic tank bervariasi tergantung pada lokasi di Indonesia. Variabilitas ini terkait dengan sejumlah faktor yang memengaruhi pekerjaan penggalian septic tank, termasuk kondisi proyek dan tingkat kesulitan yang terlibat.

Umumnya, biaya jasa borongan untuk penggalian septic tank dihitung dalam satuan per meter kubik (m3) dan berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 100.000. Dalam pekerjaan borongan penggalian septic tank, biasanya melibatkan 2 hingga 3 pekerja yang bertanggung jawab melakukan penggalian.

Harga borongan ini juga mencakup biaya pembuangan tanah hasil penggalian septic tank, sehingga tanah tersebut tidak menumpuk di sekitar area penggalian. Namun, perlu diingat bahwa harga borongan untuk penggalian septic tank dapat berbeda di berbagai daerah akibat dari faktor-faktor tertentu.

Perhitungan Biaya Gali Septic Tank

Kami telah memberikan penjelasan lengkap tentang harga borongan untuk penggalian septic tank per meter kubik di atas. Selanjutnya, penting bagi kalian untuk memahami cara menghitung biaya pembuatan atau penggalian septic tank tersebut.

Sebagai contoh, jika kalian berencana MEMBUAT SEPTIC TANK BUIS BETON berbentuk persegi panjang dengan volume 7.8 meter kubik, dengan ukuran panjang 2.8 meter, lebar 1.4 meter, dan tinggi 2 meter, berikut adalah tata cara menghitung biaya atau upah jasa penggalian septic tank:

  • Biaya penggalian septic tank: Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya penggalian septic tank: 7.8 m3 x Rp 100.000 = Rp 780.000.
Baca Juga :   √ Sudut Kemiringan Atap Joglo Berbagai Jenis & Karakteristiknya

Dari perhitungan di atas, total biaya yang perlu disiapkan untuk pembuatan galian septic tank menggunakan jasa pekerja borongan adalah sekitar Rp 780.000. Harap diingat bahwa jumlah biaya tersebut hanya mencakup pekerjaan penggalian tanah untuk septic tank, dan belum termasuk biaya pemasangan dinding bata atau komponen lainnya yang mungkin diperlukan.

Tips Membuat Galian Septic Tank

Seperti yang diketahui, pembuatan septic tank bertujuan agar sistem ini dapat bertahan selama puluhan tahun. Untuk memastikan bahwa penggalian septic tank dapat berlangsung dengan baik dan sesuai dengan stkalianr konstruksi, ada beberapa tips yang sebaiknya diikuti:

  1. Pastikan galian septic tank ditempatkan dengan jarak minimal 10 meter dari sumur air bersih untuk mencegah kontaminasi air minum.
  2. Buat galian septic tank dengan jarak minimal 1.5 meter dari bangunan atau rumah agar tidak mengganggu struktur bangunan tersebut.
  3. Tempatkan galian septic tank dengan jarak minimal 5 meter dari sumur resapan air hujan untuk menghindari pencemaran air hujan yang dapat digunakan kembali.
  4. Dalam galian septic tank, buat sekat yang terpisah, satu untuk penguraian tinja dan satu lagi sebagai filter untuk memastikan bahwa proses penguraian berjalan dengan baik.
  5. Gunakan jasa pekerja borongan penggalian tanah yang memiliki pengalaman agar hasilnya lebih rapi dan sesuai dengan standar.
  6. Selalu awasi atau pantau setidaknya sekali sehari selama proses penggalian sedang berlangsung untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.
  7. Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk penggalian septic tank sejak awal dengan perencanaan yang matang, sehingga kalian memiliki perkiraan biaya yang akurat sejak awal proyek.

Baca Juga :

Penutup

Dengan begitu, pemahaman mengenai harga borongan gali septic tank menjadi lebih lengkap. Semua informasi yang telah dibagikan di atas dapat membantu kalian dalam merencanakan dan mengelola pembuatan septic tank dengan lebih baik.

Dengan memahami jenis, ukuran, dan tips-tips penting, kalian dapat memastikan bahwa proyek pembuatan septic tank berjalan lancar, sesuai stkalianr, dan dengan biaya yang terkendali.

Bagi banyak pemilik rumah, septic tank bukan hanya merupakan investasi dalam kesehatan dan lingkungan, tetapi juga dalam kenyamanan dan kualitas hidup sehari-hari.

Jadi, apakah kalian tinggal di daerah perkotaan atau pedesaan, pengetahuan mengenai harga borongan gali septic tank dapat menjadi panduan berharga dalam menjaga rumah kalian tetap bersih, sehat, dan berkelanjutan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Harga Borongan Gali Septic Tank Terbaru Semua Jenis & Ukuran. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *