Harga Borongan Membuat Tangga Beton

Harga Borongan Membuat Tangga Beton Yang Minimalis & Modern Terbaru

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Membuat Tangga Beton Yang Minimalis & Modern Terbaru. Di rumah bertingkat, lantai satu dan lantai lainnya biasanya terhubung oleh tangga. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun tangga dengan cermat dan teliti agar tangga tersebut menjadi kuat, kokoh, dan tahan lama.

Saat ini, terdapat berbagai jenis struktur tangga yang sering digunakan dalam bangunan bertingkat, salah satunya adalah tangga beton bertulang. Konstruksi bangunan ini memiliki berbagai keunggulan, termasuk kekuatan dan kemampuan untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Ketika Anda merencanakan pembuatan tangga beton bertulang untuk rumah bertingkat, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB). Biaya pembuatan tangga beton cor bertulang biasanya mencakup biaya pembelian bahan-bahan dan biaya upah tukang, baik dalam bentuk sistem harian maupun borongan.

Jika Anda berencana menggunakan pekerja borongan untuk membangun tangga beton, penting untuk mengetahui perkiraan harga borongan. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai harga borongan untuk pembuatan tangga beton, baik yang memiliki desain minimalis maupun modern.

Keunggulan dan Kelemahan Tangga Beton

Walaupun memiliki beberapa keunggulan, ini tidak berarti bahwa konstruksi tangga beton bertulang tidak memiliki kelemahan. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut ini akan kami paparkan beberapa keunggulan dan kekurangan dari tangga beton.

Keunggulan Tangga Beton

Tangga beton memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan material lain seperti tangga kayu atau tangga besi. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh tangga beton:

  1. Ketahanan Jangka Panjang: Tangga beton memiliki keunggulan utama dalam hal ketahanan dan daya tahan. Mereka tidak mudah aus dan dapat digunakan selama bertahun-tahun bahkan hingga puluhan tahun. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat awet dalam jangka waktu yang panjang.
  2. Biaya Perawatan Terjangkau: Tangga beton memerlukan perawatan minimal. Biaya yang dikeluarkan untuk merawat dan menjaga tangga beton cenderung terjangkau, mengurangi beban pemilik rumah dalam hal perawatan berkala.
  3. Kemudahan Pengolahan: Beton adalah bahan yang relatif mudah diangkut dan dicetak, membuat proses pemasangan dan pengecoran tangga beton menjadi lebih efisien. Fleksibilitas dalam mencetak berarti Anda dapat mendapatkan desain tangga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
  4. Kekuatan Daya Tekan Tinggi: Salah satu keunggulan utama dari tangga beton adalah daya tahannya yang sangat kuat. Ini berarti tangga beton selalu aman untuk digunakan oleh semua penghuni rumah Anda. Keamanan ini menjadi prioritas utama dalam pemilihan material tangga.
  5. Ukuran Lebih Kecil: Tangga beton cenderung memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan tangga beton tak bertulang atau tangga dengan pasangan batu alam. Ini dapat memberikan efisiensi dalam penggunaan ruang serta penataan interior rumah Anda.

Kelemahan Tangga Beton

Walaupun konstruksi tangga beton memiliki banyak kelebihan, namun itu tidak berarti bahwa tidak ada kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kelemahan dari tangga beton yang perlu menjadi bahan pertimbangan:

Baca Juga :   √ Apa itu Secondary Skin? Serta Fungsinya Untuk Bangunan

  1. Waktu Pengecoran yang Lama: Proses pengecoran tangga beton bisa memakan waktu yang cukup lama. Hal ini karena dibutuhkan perencanaan yang matang serta waktu untuk mencetak dan mengeringkannya dengan baik. Ini mungkin menjadi faktor penting dalam proyek yang membutuhkan penyelesaian cepat.
  2. Proses Pengeringan yang Lama: Setelah pengecoran, beton memerlukan waktu yang cukup lama untuk benar-benar mengering dan mencapai kekuatan penuh. Hal ini dapat menyebabkan penundaan dalam pemakaian tangga setelah pemasangan, yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan penggunaan ruang.
  3. Bobot yang Berat dan Kurang Elastis: Tangga beton memiliki bobot yang signifikan dan kurang elastis dibandingkan dengan beberapa alternatif seperti tangga kayu. Hal ini bisa menjadi masalah dalam proyek di mana beban struktural yang dibatasi atau di mana elastisitas diperlukan.

Walaupun tangga beton memiliki beberapa kelemahan ini, dengan perencanaan yang tepat, kelemahan-kelemahan ini dapat dikelola dan dinetralisir, sehingga tangga beton tetap menjadi pilihan yang baik dalam banyak situasi.

Prosedur Membuat Tangga Beton

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembuatan tangga beton untuk rumah bertingkat harus dilakukan dengan cermat. Sebab, jika proses pembuatan dilakukan secara sembrono atau tidak teliti, maka struktur tangga tersebut bisa menjadi tidak kokoh. Oleh karena itu, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga borongan pembuatan tangga beton, mari kita pahami tahapan pembuatan tangga beton berikut ini:

  1. Pembuatan Pondasi Tangga: Tahap awal adalah pembuatan pondasi tangga. Pondasi ini harus dikerjakan dengan teliti untuk memastikan bahwa tangga akan ditempatkan pada dasar yang kuat dan stabil.
  2. Bekisting Bordes dan Badan Tangga: Langkah selanjutnya adalah pemasangan bekisting untuk bordes dan badan tangga. Bekisting ini akan membentuk bentuk dasar tangga sebelum proses pengecoran.
  3. Pemasangan Tulangan Badan Tangga dan Sengkang Badan Tangga: Tulangan baja ditempatkan untuk memberikan kekuatan struktural pada badan tangga, termasuk sengkang badan tangga.
  4. Pemasangan Tulangan Anak Tangga: Tulangan anak tangga diletakkan untuk memperkuat anak tangga, yang merupakan bagian penting dari keseluruhan konstruksi tangga.
  5. Pemasangan Bekisting Tangga, Dinding, Bordes, dan Dinding Anak Tangga: Bekisting tambahan diperlukan untuk membentuk tangga, dinding, bordes, dan dinding anak tangga. Ini akan memberikan bentuk akhir pada tangga.
  6. Proses Pengecoran: Setelah semua persiapan selesai, proses pengecoran dimulai. Beton dicor ke dalam bekisting dengan hati-hati untuk membentuk tangga yang kuat dan tahan lama.
  7. Tahap Pembongkaran Dinding Badan Tangga dan Trape: Setelah beton mengeras, bekisting dinding badan tangga dan trape dapat dibongkar. Ini adalah tahap terakhir yang memungkinkan untuk mengungkapkan hasil akhir dari tangga beton.

Dengan memahami tahapan ini, Anda dapat memastikan bahwa proses pembuatan tangga beton berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang kokoh dan aman.

Teknik Pengecoran Beton pada Bidang Miring

Sebelum kita melanjutkan, kami akan menjelaskan teknik pengecoran beton pada bidang miring sebagai berikut:

  1. Perhatikan Kualitas Bahan Adukan: Pertama-tama, penting untuk memperhatikan kualitas dari bahan adukan beton guna mencegah segregasi. Adukan beton tidak boleh terlalu basah atau terlalu kering, karena ini dapat memengaruhi hasil akhir. Konsistensi yang tepat sangat penting.
  2. Mulai dari Tengah Bidang: Proses pengecoran dapat dimulai dari bidang tengah untuk meminimalkan pemborosan bahan. Dengan memulai dari tengah, kita dapat memastikan bahwa tidak ada beton yang terbuang percuma.
  3. Tumpangkan pada Dasar yang Telah Mengeras: Beton sebaiknya dituangkan langsung pada dasar yang telah mengeras, sehingga lebih mudah untuk meratakan permukaannya. Ini akan membantu mencapai hasil yang lebih rata dan kuat.
  4. Perhatikan Jarak Vertikal: Jika pengecoran dilakukan secara vertikal, penting untuk memperhatikan jarak dengan ketinggian sekitar 2 inci. Hal ini bertujuan untuk mencegah penangkapan udara dalam beton, sehingga hasil akhirnya lebih padat dan kuat.
  5. Mulai dari Titik Terendah ke Titik Tertinggi: Pengecoran harus dimulai dari titik terendah menuju titik tertinggi dalam ruang miring. Ini akan membantu beton mengisi dengan baik seluruh area tanpa celah yang dapat mengurangi kekuatan dan kualitas akhir.
Baca Juga :   √ Apa Itu Rumah Shabby Chic? Berikut Pnejelasan Lengkapnya

Harga Borongan Membuat Tangga Beton

Membangun tangga beton dengan sistem pembayaran borongan seringkali lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem pembayaran harian. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk menggunakan jasa kontraktor atau pemborong ketika mereka merencanakan pembangunan rumah. Jadi, jika Anda penasaran tentang berapa biaya pembuatan tangga beton, baik yang memiliki desain minimalis maupun modern, mari simak penjelasan berikut ini.

Sistem Perhitungan Pengecoran Bidang Miring

Pertimbangan terkait harga borongan pembuatan tangga beton melibatkan semua perhitungan yang mencakup bahan-bahan dan lokasi pembuatan. Kalkulasi ini biasanya diberikan kepada pemilik proyek saat melakukan analisis lokasi bangunan, ketinggian bangunan, serta tingkat kemiringan yang aman untuk konstruksi tangga beton.

Perhitungan dalam pembuatan tangga beton dimulai dengan ukuran ruangan yang akan digunakan. Sebagai contoh, jika ruang dalam rumah memiliki ukuran 10 meter x 16 meter, maka ketebalan plat beton bisa sekitar 12 cm.

Volume beton readymix biasanya dihitung dalam satuan kubik, dan kemudian disesuaikan dengan ketebalan plat lantai yang diperlukan. Keakuratan perhitungan ini sangat berpengaruh pada biaya total dalam harga borongan pembuatan beton.

Misalnya, volume plat lantai bangunan = 10 meter x 16 meter x 0,15 meter = 24 meter kubik. Angka ini dapat disesuaikan dengan ukuran lokasi bangunan Anda. Setelah perhitungan volume plat lantai selesai, perlu juga dilakukan perhitungan cadangan keamanan. Ini penting sebagai antisipasi jika terjadi situasi tak terduga seperti kesalahan perhitungan, tumpahan, dan sebagainya.

Sebagai contoh, angka cadangan keamanan yang akan kita gunakan adalah 2,5 persen x 24 m3 = 0,6 meter kubik, sehingga total volume readymix yang diperlukan sekitar 24,60 m3, yang kemudian dibulatkan menjadi 25 meter kubik.

Jika kita asumsikan truk molen dapat mengangkut sekitar 5 hingga 7 kubik, maka jumlah bahan yang perlu dipesan adalah sekitar 5 truk. Perhitungan ini dilakukan dengan membagi 25 meter kubik dengan 5. Sesuai dengan perhitungan tersebut, jika kita asumsikan harga beton cor readymix sekitar Rp 1 juta per meter kubik, maka estimasi biaya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.

Perhitungan Tangga Lebih Detail

Penganalisisan Tangga

Penganalisisan tangga adalah pendekatan teknis yang bertujuan untuk mengevaluasi dimensi alternatif elemen tangga dengan membandingkan dimensi yang terdapat di lapangan dengan parameter perencanaan yang berlaku.

Baca Juga :   Desain Jendela Rumah Minimalis Yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Detail Ruangan yang Diketahui

  • Panjang Ruangan : 500 cm
  • Lebar Ruangan : 160 cm
  • Tinggi Lantai Split 1 B – Mezzanine : 420 cm
  • Tinggi Bordes : 220 cm

Perhitungan Dimensi Tangga

  • Tinggi (Optride) (a) : 170 mm
  • Jumlah (Optride) : 11 buah
  • Lebar (Antrede)(b) : 300 mm
  • Syarat ideal 2a + b = 600 s/d 650 mm
  • (2 x 170) + 300 = 640 mm

Dari perhitungan di atas, tangga memenuhi syarat yang diberikan.

Dalam analisis, digunakan dimensi:

Tinggi (Optride) (a) : 170 mm (asumsi)

Tips dalam Pengecoran Tangga Beton

Pembuatan tangga beton sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengecoran beton untuk tangga, antara lain:

  1. Periksa Rangkaian Besi: Pastikan rangkaian besi yang telah dirakit kokoh dan siap untuk menahan beban cor beton yang akan dituang di atasnya.
  2. Persiapan Area: Sebelum memulai pengecoran, pastikan untuk membersihkan area dan mengamankan semua kawat dan material yang tidak digunakan.
  3. Bekisting dan Steger: Detail harga borongan untuk beton per meter kubik bukanlah masalah jika bekisting dan steger dipasang dengan baik untuk menerima muatan cor beton yang akan dituang.
  4. Periksa Jarak Treger dan Posisi Beban: Pastikan jarak treger dan posisi penempatan beban cor beton sesuai dengan rencana. Jika Anda menggunakan material kayu atau bambu, pastikan bahwa mereka dipasang dengan baik untuk menghindari getaran.
  5. Alas Penopang Steger: Perhatikan alas tanah sebagai penopang steger. Pastikan bahwa tanah penopang steger tidak mengalami penurunan, yang bisa mengakibatkan keretakan pada tangga. Jika perlu, tambahkan potongan papan atau kayu di dasar tangga sebagai penopang tambahan.
  6. Proses Pengecoran: Setelah persiapan barang dan material beton telah selesai, lakukan pengecoran tangga sesuai dengan rencana awal. Jika Anda menghadapi kesulitan atau kendala, kontraktor akan memberikan konfirmasi dan laporan kemajuan proyek setiap hari.

Baca Juga :

Penutup

Dengan demikian, pembuatan tangga beton menjadi sebuah proses yang bisa dijalani dengan baik jika kita memperhatikan berbagai aspek yang relevan.

Salah satu aspek yang perlu diperhitungkan adalah harga borongan dalam pembuatan tangga beton. Harga borongan ini dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti dimensi, material, dan kontraktor yang Anda pilih.

Penting untuk melakukan perencanaan yang matang dan memilih kontraktor yang berkualitas agar proyek pembuatan tangga beton berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Dengan demikian, Anda dapat memiliki tangga beton yang kokoh, tahan lama, dan sesuai dengan anggaran yang telah disusun.

Semoga artikel finoo.id ini membantu Anda dalam merencanakan pembuatan tangga beton yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *