Biaya Pembuatan Tangga Besi

√ Biaya Pembuatan Tangga Besi Per Meter Terbaru Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Biaya Pembuatan Tangga Besi Per Meter Terbaru Paling Tepat. Tangga memiliki peran sangat penting dalam bangunan bertingkat. Selain harus memperhatikan kekuatan dan daya tahannya, pemilihan material pembuatannya juga harus dipertimbangkan dengan cermat.

Di Indonesia, saat ini terdapat beragam jenis material tangga yang dapat menjadi pilihan, termasuk tangga besi. Karena berbagai keunggulannya, tangga besi sering digunakan dalam rumah-rumah bertingkat bergaya modern minimalis.

Ketika kita membahas pembuatan tangga besi untuk rumah bertingkat, hal yang tak bisa dihindari adalah pertimbangan anggaran. Biaya konstruksi dalam bangunan bertingkat harus diperhitungkan dengan seksama sejak awal.

Perhitungan ini bertujuan untuk mengendalikan anggaran pembuatan tangga dan mencegah kelebihan atau kekurangan dana. Oleh karena itu, di bawah ini kami akan memberikan contoh perhitungan biaya pembuatan tangga besi untuk berbagai model, baik itu model lurus maupun spiral.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Besi

Seperti yang kita ketahui, setiap jenis material tangga untuk hunian memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk tangga besi. Sebagai langkah pertimbangan sebelum membuatnya, berikut ini akan kami jelaskan beberapa keunggulan dan kelemahan dari penggunaan tangga besi.

Kelebihan:

Mampu memberikan kesan elegan pada hunian: Tangga besi memiliki daya tarik visual yang elegan dan modern, memberikan tampilan yang mewah pada rumah kalian.

  1. Tersedia dalam berbagai macam model: kalian memiliki banyak pilihan model tangga besi yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan desain rumah kalian.
  2. Mudah diubah menjadi beragam bentuk: Kelebihan lain dari tangga besi adalah fleksibilitasnya dalam pemodelan. kalian dapat dengan mudah mengubah bentuknya sesuai keinginan.
  3. Memiliki sifat awet dan tahan lama: Tangga besi cenderung tahan terhadap cuaca dan kerusakan, membuatnya menjadi investasi jangka panjang.
  4. Memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan tangga jenis kayu ataupun beton: Tangga besi memiliki kekuatan yang lebih besar, sehingga mampu menopang beban yang lebih berat.
  5. Tangga besi tidak berderit: Permukaan tangga besi biasanya tidak licin, sehingga lebih aman untuk digunakan.
  6. Tidak licin: Tangga besi cenderung tidak licin, sehingga mengurangi risiko tergelincir saat digunakan.
  7. Mampu menghemat ruang: Tangga besi dapat dirancang sedemikian rupa sehingga memanfaatkan ruang dengan efisien, sehingga cocok untuk hunian dengan keterbatasan ruang.
Baca Juga :   Jenis Pekerjaan Finishing Dalam Pembuatan Rumah Yang Perlu Diketahui

Kekurangan:

Proses pengerjaan tangga besi tergolong sulit: Pembuatan dan pemasangan tangga besi dapat menjadi proses yang rumit dan memerlukan keahlian khusus.

  1. Desain tangga besi yang biasa akan mengganggu nilai estetika: Tangga besi dengan desain yang sederhana mungkin tidak cocok untuk rumah dengan tampilan yang sangat estetis.
  2. Rentan terserang korosi: Tangga besi dapat rentan terhadap korosi jika tidak dijaga dengan baik, terutama di lingkungan dengan kelembaban tinggi.
  3. Menimbulkan suara bising saat berjalan di atasnya: Tangga besi bisa menghasilkan suara keras saat digunakan, yang bisa mengganggu ketenangan rumah.
  4. Tangga besi bergaya dekoratif yang rumit harganya cenderung mahal: Tangga besi dengan desain dekoratif atau khusus bisa memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan tangga dari bahan lainnya.

Model Tangga Besi

Sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini tangga besi telah hadir dalam berbagai desain dan model. Oleh karena itu, sebelum kita melanjutkan ke pembahasan utama tentang biaya pembuatan tangga besi, penting untuk memahami beberapa model tangga yang sering digunakan di rumah-rumah bertingkat.

1. Tangga Besi Lurus

Model pertama dari tangga besi adalah tangga bergaya lurus. Tangga besi ini memiliki desain yang sederhana dan dibuat secara lurus dari bawah hingga ke atas tanpa ada lekukan. Tangga besi ini dapat digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

2.Tangga Besi Spiral

Seperti namanya, tangga besi spiral memiliki bentuk melingkar atau putar. Biasanya, model tangga besi ini sering ditemukan di rumah-rumah bertingkat dengan keterbatasan ruang. Tangga besi spiral ini lebih umum digunakan di luar ruangan.

Kebutuhan Bahan Pembuatan Tangga Besi

Perlu diperhatikan bahwa bahan dasar yang digunakan untuk membuat tangga besi akan memengaruhi total biaya atau upah pemasangannya. Biasanya, tiang tangga besi terbuat dari material besi CNP atau besi pipa, sementara anak tangganya terbuat dari plat bordes.

Rangka tangga besi biasanya terbuat dari besi siku berukuran 4×4 dengan ketebalan sekitar 3.2 mm. Sebagai untuk railing tangga besi, itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pemilik rumah, apakah menggunakan besi pipa atau rangka BESI HOLLOW.

Baca Juga :   √ Apa Itu Gambar Kerja? Pengertian, Fungsi, Syarat, Contoh

Biaya Pembuatan Tangga Besi

Sebagaimana halnya biaya borongan pembuatan tangga beton, besaran biaya pembuatan pagar besi juga sangat bergantung pada upah pekerja yang dipekerjakan. Selain itu, model tangga besi lurus dan tangga besi spiral juga biasanya memiliki beberapa perbedaan.

Untuk menghindari rasa penasaran, berikut ini kami akan memberikan contoh perhitungan perkiraan biaya pembuatan tangga besi, baik itu dalam model lurus maupun spiral.

Pembuatan Tangga Lurus

Pada pembuatan tangga besi model lurus, biasanya diperlukan sejumlah material seperti besi CNP, plat bordes, besi siku, dan besi hollow. Berikut adalah spesifikasi untuk pembuatan tangga besi model lurus:

  1. Tiang tangga besi: Besi CNP di bagian kanan dan kiri.
  2. Anak tangga: Plat bordes dengan ketebalan 2.3 mm.
  3. Rangka anak tangga: Besi siku berukuran 4×4 dengan ketebalan 3.2 mm.
  4. Railing tangga: Besi hollow dengan ukuran 4×4 dan 2×2 serta ketebalan 1.4 mm.

Dari spesifikasi di atas, biasanya para kontraktor yang membuat tangga besi menetapkan harga sekitar Rp 950.000 per meter untuk pembuatan tangga besi model lurus. Sementara untuk pembuatan railing tangga besi, harganya juga dihitung per meter, berkisar antara Rp 290.000 hingga Rp 385.000.

Pembuatan Tangga Spiral

Pembuatan tangga besi model spiral, secara umum, cenderung memiliki harga yang sedikit lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingkat kesulitan yang lebih kompleks dalam menghasilkan model tangga spiral jika dibandingkan dengan tangga besi model lurus. Di bawah ini adalah spesifikasi untuk pembuatan tangga besi model spiral:

  1. Tiang tangga: Besi pipa dengan ukuran 3 inci atau 4 inci.
  2. Anak tangga: Plat bordes dengan ketebalan 2.3 mm.
  3. Rangka anak tangga: Besi siku berukuran 4×4 dengan ketebalan 3.2 mm.
  4. Railing tangga: Besi pipa dengan ukuran 1.5 inci dan 1 inci.

Biaya total pembuatan tangga besi model spiral dengan spesifikasi seperti di atas berkisar sekitar Rp 1.250.000 per meter. Harga tersebut mencakup seluruh proses konstruksi pembuatan tangga, mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Harap diingat bahwa besaran harga ini dapat bervariasi di beberapa daerah, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kondisi lokasi pekerjaan, tingkat kerumitan proyek, dan risiko yang terlibat.

Tips Membuat Tangga Besi

Di atas, telah dijelaskan dengan detail mengenai perhitungan biaya pembuatan tangga besi untuk berbagai desain dan modelnya. Namun, untuk memastikan konstruksi bangunan bertingkat tersebut memiliki ketahanan dan keamanan yang baik, ada beberapa tips yang sebaiknya diikuti dalam proses pembuatannya:

Baca Juga :   √ Apa Itu Planologi? Pengertian, Prospek Kerjanya Lengkap

  1. Sesuaikan bahan dasar pembuatan tangga besi dengan kebutuhan: Pastikan bahan yang digunakan untuk membuat tangga besi sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Pemilihan bahan yang tepat akan memastikan tangga memiliki daya tahan yang baik.
  2. Pilihlah model tangga yang aman dan efisien: Model tangga yang dipilih harus memenuhi stkalianr keselamatan, terutama jika digunakan oleh banyak orang atau dalam lingkungan rumah tangga. Selain itu, pastikan tangga tersebut dirancang dengan efisiensi ruang dan akses yang baik.
  3. Sesuaikan tangga dengan gaya serta konsep hunian: Pastikan tangga besi cocok dengan gaya dan konsep desain rumah kalian. Tangga yang dirancang dengan estetika yang cocok akan meningkatkan tampilan dan kesan keseluruhan hunian.
  4. Buatlah ukuran anak tangga sesuai standar: Ukuran anak tangga harus sesuai dengan stkalianr yang telah ditetapkan. Ini termasuk ketinggian langkah, kedalaman anak tangga, dan lebar tangga. Mematuhi stkalianr akan memastikan kenyamanan dan keselamatan saat menggunakan tangga.

Dengan mengikuti tips di atas, kalian dapat memastikan bahwa pembuatan tangga besi di bangunan bertingkat kalian akan berjalan dengan baik, dan hasilnya akan memenuhi kebutuhan fungsional, estetika, serta keselamatan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menjalani proyek pembangunan tangga besi, memahami biaya pembuatan tangga besi per meter merupakan langkah yang penting.

Dengan informasi yang teliti dan pemilihan material yang bijaksana, kalian dapat mengelola anggaran pembangunan dengan efisien.

Selain itu, selalu perhatikan faktor keselamatan, estetika, dan kebutuhan desain dalam proses pembuatan tangga besi.

Dengan begitu, kalian akan memiliki tangga besi yang awet, aman, dan sesuai dengan gaya hunian kalian. Semoga artikel finoo.id ini membantu kalian dalam merencanakan proyek pembuatan tangga besi yang sukses dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *