Cara Menghitung Harga Rolling Door

Cara Menghitung Harga Rolling Door Terbaru Serta Penjelasanya

Posted on

Finoo.id – Cara Menghitung Harga Rolling Door Terbaru Serta Penjelasanya. Seperti yang sudah diketahui, rolling door adalah jenis pintu besi yang memiliki sistem buka-tutup vertikal, dimana pintu ini digulung ke atas saat dibuka dan digulung ke bawah saat ditutup. Rolling door berfungsi sebagai alat pengaman bangunan dan isinya dari berbagai risiko yang tidak diinginkan.

Di Indonesia, rolling door umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu rolling door manual dan rolling door otomatis. Rolling door manual dibuka dan ditutup secara manual dengan menggulungnya ke atas dan menariknya ke bawah. Sementara rolling door otomatis menggunakan tenaga motor listrik atau elektrik, sehingga lebih praktis.

Ketika berbicara tentang pemasangan rolling door, tentu saja akan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa pemasangannya. Biasanya, para kontraktor atau pemborong menentukan harga jasa pemasangan rolling door berdasarkan satuan per meter persegi. Selain itu, ada juga pemborong yang menawarkan jasa dengan hitungan per set.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memasang rolling door sebagai alat pengaman untuk bangunan, sangat penting untuk memahami bagaimana cara menghitung biayanya terlebih dahulu. Untuk membantu kalian, dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang cara menghitung harga rolling door untuk semua jenis dan ukuran.

Apa Itu Pintu Rolling Door

Cara operasi pintu rolling door melibatkan penggulungannya ke atas dan penurunannya saat pintu ditutup. Tujuannya adalah untuk memastikan akses keluar-masuk tetap lancar dan ruangan tidak terasa sempit.

Bagian atas pintu dilengkapi dengan pulley dan per, berfungsi sebagai katrol, sehingga pintu rolling door terasa ringan dan mudah digunakan.

Pintu gulung memiliki dua cara kerja, yaitu sistem manual yang dioperasikan oleh tenaga manusia. Sistem manual juga dapat menggunakan alat bernama takel atau chain block yang dioperasikan secara manual.

Selain itu, ada sistem otomatis, di mana rolling door dioperasikan oleh mesin rolling door otomatis. Prinsip kerjanya sama untuk kedua jenis sistem, yaitu menggulung seluruh lembaran pintu ke atas dan menurunkannya saat pintu ditutup.

Perbedaan utama antara pintu rolling door sistem manual dan otomatis terletak pada pengoperasiannya. Rolling door manual digerakkan oleh tenaga manusia, sedangkan rolling door otomatis diaktifkan oleh mesin melalui tombol yang dapat dijangkau tangan manusia, sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah.

Komponen-Komponen Rolling Door

Sebelum kita memahami cara menghitung harga rolling door dengan lebih rinci, mari kita kenali beberapa komponen kunci yang terdapat pada rolling door.

1. Pintu Utama

Pintu utama merupakan elemen penting dari rolling door yang terdiri dari lembaran logam yang dapat digulung. Biasanya, lembaran ini terbuat dari baja berkualitas tinggi yang memiliki ketahanan terhadap cuaca dan korosi. Pintu utama juga dilengkapi dengan sistem pengunci yang berperan dalam menjaga keamanan. Saat pintu ditutup, sistem pengunci ini memastikan pintu tetap dalam posisi yang aman.

Baca Juga :   √ Cara Mencuci Jaket Waterproof dan Merawatanya Agar Awet

2. Sistem Pemegang

Sistem pemegang atau biasa disebut “guide rail” adalah komponen yang memungkinkan pintu utama untuk bergerak dengan lancar dan terarah saat dibuka dan ditutup. Sistem pemegang yang baik sangat penting untuk mencegah terjadinya kemacetan atau masalah saat pintu digunakan. Dengan sistem pemegang yang tepat, pintu dapat bergerak dengan presisi dan tanpa hambatan.

3. Sistem Penggerak

Sistem penggerak adalah komponen yang memberikan daya untuk menggerakkan pintu utama. Umumnya, sistem ini menggunakan motor listrik yang terhubung dengan pintu utama melalui rantai atau sabuk. Kekalianlan dan kekuatan sistem penggerak ini sangat penting untuk memastikan bahwa pintu dapat berfungsi dengan baik. Sistem penggerak yang hkalianl akan memastikan pintu bisa dibuka dan ditutup dengan efisien.

4. Sistem Keamanan

Sistem keamanan adalah tambahan pada rolling door yang dirancang untuk melindungi pengguna dari potensi kecelakaan. Salah satu contoh fitur keamanan yang umum adalah sensor otomatis yang dapat mendeteksi keberadaan orang atau objek di sekitar pintu saat sedang dibuka atau ditutup. Hal ini membantu mencegah potensi benturan atau cedera, menjadikan penggunaan rolling door lebih aman.

Jenis Rolling Door

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, rolling door adalah jenis pintu yang berperan sebagai alat pengaman untuk melindungi bangunan dan isinya dari berbagai ancaman risiko. Pintu rolling door terdiri dari lembaran daun pintu yang saling terhubung dan berfungsi sebagai penutup bangunan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Indonesia, rolling door dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan material pembuatannya. Oleh karena itu, sebelum kita menjelaskan lebih lanjut cara menghitung harga rolling door, mari kita kenali beberapa jenis utamanya:

  1. Rolling Door Besi: Jenis rolling door ini terbuat dari baja, yang kuat dan tahan lama. Rolling door besi sering digunakan untuk tujuan keamanan di berbagai bangunan.
  2. Rolling Door Galvalum: Rolling door galvalum terbuat dari baja galvalum, yang memiliki ketahanan terhadap korosi dan cuaca. Jenis ini cocok untuk digunakan di daerah dengan kondisi cuaca ekstrem.
  3. Rolling Door Aluminium: Rolling door aluminium ringan dan tahan terhadap korosi. Jenis ini sering digunakan di bangunan komersial dan rumah tangga.
  4. Rolling Door One Sheet: Jenis ini memiliki lembaran pintu tunggal yang membentang sepanjang bukaan, menciptakan tampilan yang lebih bersih dan minimalis.

Cara Menghitung Harga Rolling Door

Setelah memahami berbagai jenis dan kelebihan serta kekurangan pintu rolling door, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana menghitung harganya. Penting untuk diketahui bahwa perhitungan harga rolling door biasanya termasuk dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebuah proyek konstruksi, diukur dalam satuan unit.

Namun, karena rolling door hadir dalam berbagai ukuran dan model, harga satuan untuk jenis-jenis tertentu dapat sangat bervariasi. Untuk menghitung harga satuan rolling door, langkah pertama adalah membuat analisis harga satuan terlebih dahulu.

Proses penghitungan analisis harga satuan rolling door sebenarnya cukup sederhana. Sebagai contoh, jika kalian ingin menghitung harga satuan untuk rolling door berbahan galvanil dengan motor operator, ukuran bukaan 4 meter x 3 meter, dan finishing powder coating, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

KeteranganVolumeSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Rolling door slat galvanil14.77m2Rp1,100,000Rp46,247,000
Finish powder coating29.54m2Rp785,000Rp5,464,900
Motor operator ex. Japan1.00unitRp24,000,000Rp24,000,000
Upah pasang12.00m2Rp225,000Rp2,700,000
Transportasi dan pengiriman1.00lsRp1,350,000Rp1,350,000
Jumlah HargaRp49,761,900
Baca Juga :   √ Cara Mengatasi Air Kloset Lambat Turun Yang Paling Tepat

Dengan data perhitungan di atas, total estimasi biaya untuk membeli dan memasang rolling door galvanil berukuran 4 meter x 3 meter dengan motor operator dan finishing powder coating adalah sekitar Rp 49.761.900 atau dapat dibulatkan menjadi Rp 49.762.000. Perlu dicatat bahwa kalian juga dapat menghemat anggaran dengan memilih jenis rolling door manual tanpa motor listrik, yang umumnya lebih ekonomis. Namun, perlu diingat bahwa biaya akhir dalam perhitungan harga rolling door dapat bervariasi di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor lokal.

Mengapa Menghitung Harga Rolling Door Penting?

Menghitung harga rolling door sebelum membelinya memiliki signifikansi yang besar karena akan membantu kalian merencanakan anggaran dengan cermat. Dengan memiliki perkiraan harga, kalian dapat dengan mudah membandingkan penawaran dari berbagai produsen dan penyedia layanan rolling door. Lebih dari itu, pemahaman mengenai komponen-komponen dan faktor-faktor yang memengaruhi harga rolling door akan memungkinkan kalian untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kalian.

Tips Merawat Rolling Door

Sebelumnya, telah dijelaskan secara detail tentang langkah-langkah menghitung harga rolling door untuk semua jenis dan ukuran, baik dalam satuan per meter maupun per unit. Kami ingin mengingatkan sekali lagi bahwa harga pintu rolling door mungkin berbeda di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.

Selain itu, untuk menjaga agar pintu rolling door tetap tahan lama dan awet, perawatan berkala sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa tips atau panduan perawatan rolling door agar tetap awet dan berfungsi dengan baik:

  1. Berikan pelumasan secara teratur pada komponen-komponen rolling door.
  2. Ketika membuka dan menutup rolling door, lakukan dengan hati-hati dan perlahan untuk menghindari kerusakan.
  3. Pastikan lintasan atau rel rolling door selalu bebas dari hambatan dan kotoran yang dapat mengganggu pergerakan.
  4. Perhatikan dengan cermat posisi pintu rolling door untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan aman.

Tips Membeli Rolling Door dengan Harga Terjangkau

Tentu, sebagian besar orang ingin membeli rolling door dengan harga yang lebih terjangkau atau ekonomis. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu kalian ketahui untuk membeli rolling door dengan harga yang lebih terjangkau:

1. Tentukan Jenisnya Terlebih Dahulu

Sebelum kalian mulai mencari harga dan membeli rolling door untuk kebutuhan rumah kalian, sangat penting untuk menentukan jenis rolling door yang akan kalian beli. Saat ini, tersedia berbagai pilihan rolling door, masing-masing dengan kelebihan dan keunggulannya sendiri. Misalnya, kalian dapat memilih antara rolling door besi, rolling door galvalum, rolling door aluminium, atau rolling door one sheet. Dengan menentukan jenisnya terlebih dahulu, kalian dapat lebih fokus dalam mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

2. Ukur Luas Ruangan dengan Benar

Setiap ruangan dalam rumah memiliki ukuran yang berbeda. Sebelum kalian membeli rolling door, pastikan untuk mengukur luas ruangan dengan benar. Dengan mengetahui ukuran yang tepat, kalian dapat menentukan kebutuhan ukuran rolling door yang sesuai. Ini akan membantu kalian menghindari pembelian yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan dan menghemat waktu serta uang.

3. Lakukan Riset dan Bandingkan Harga

Langkah terakhir sebelum membeli rolling door adalah melakukan riset dan membandingkan harga yang ditawarkan oleh beberapa toko atau produsen lain. Pastikan untuk membandingkan harga dengan kualitas produk yang ditawarkan. Jangan hanya tergiur oleh harga yang murah tanpa mempertimbangkan kualitasnya. Dengan melakukan perbandingan harga, kalian dapat memastikan bahwa kalian mendapatkan rolling door yang sesuai dengan anggaran kalian dan sesuai dengan kebutuhan rumah kalian.

Baca Juga :   √ Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Aluminium Yang Tepat

Keunggulan dan Kekurangan Rolling Door

Setelah kalian memiliki gambaran tentang harga dan jenis rolling door yang sesuai, langkah berikutnya adalah mempertimbangkan keunggulan dan kekurangan dari pintu ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kekurangan dari rolling door:

Keunggulan:

  1. Perawatan Mudah: Rolling door umumnya terbuat dari aluminium dan baja, sehingga perawatannya cenderung lebih mudah. Terlebih lagi, banyak rolling door yang telah dilapisi dengan bahan anti karat, yang membuatnya lebih tahan terhadap korosi.
  2. Fleksibilitas Desain: Model rolling door yang polos memungkinkan kalian untuk dengan mudah memodifikasinya dengan menambahkan gambar atau desain unik sesuai dengan selera kalian. Ini memberi kalian kebebasan kreatif dalam menyesuaikan penampilan rolling door dengan gaya rumah kalian.
  3. Keamanan Terjamin: Rolling door memiliki stkalianr keamanan yang baik karena dibuat dari material seperti baja dan besi yang telah teruji. Ini memberikan perlindungan yang kalianl terhadap upaya pencurian atau perusakan.
  4. Variasi Jenis: Jenis rolling door memiliki berbagai variasi, sehingga kalian dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian. Ini termasuk ukuran, bahan, desain, dan fitur tambahan seperti sistem otomatis.
  5. Kekuatan dan Ketahanan: Sebagian besar rolling door memiliki ketahanan yang baik dalam penggunaan sehari-hari. Materialnya tahan lama dan awet, sehingga kalian dapat mengkalianlkan pintu ini dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, untuk pintu berukuran besar, biayanya relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan pintu kayu.

Kekurangan:

  1. Potensi Karat: Jika rolling door kalian belum dilapisi anti karat, maka terdapat risiko cepat berkarat jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, perawatan berkala dan pelumasan diperlukan untuk menjaga kualitasnya.
  2. Kemungkinan Macet: Rolling door kadang-kadang dapat mengalami masalah seperti macet jika tidak mendapatkan perawatan yang cukup. Pelumasan rutin dan pemeriksaan komponen adalah langkah penting untuk menghindari masalah ini.
  3. Ketergantungan Listrik: Jika kalian memilih rolling door otomatis, kalian akan bergantung pada pasokan daya listrik. Jadi, jika terjadi pemadaman listrik, pintu rolling door otomatis tidak akan berfungsi.

Baca Juga :

Penutup

Menghitung harga rolling door di Indonesia melibatkan beberapa pertimbangan kunci, seperti bahan, ukuran, desain, pemilihan pemasok, pemasangan, dan biaya tambahan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini dan mencari panduan dari para profesional, kalian dapat membuat keputusan yang terinformasi dan memastikan pintu bergulir yang aman dan bergaya untuk properti kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menghitung Harga Rolling Door Terbaru Serta Penjelasanya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *