Harga Borongan Pasang ACP

√ Harga Borongan Pasang ACP Per Meter Untuk Interior & Eksterior

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang ACP Per Meter Untuk Interior & Eksterior. ACP atau Aluminium Composite Panel adalah bahan bangunan yang diproduksi dengan teknologi tinggi. Tujuan utama pembuatan ACP adalah memberikan perlindungan dan estetika pada bagian-bagian bangunan.

Biasanya, ACP digunakan di ruang-ruang publik yang sering dikunjungi banyak orang karena dapat menambahkan sentuhan keindahan dan daya tarik visual. Salah satu keunggulan utama ACP adalah ketahanannya terhadap cuaca dan iklim, sehingga cocok digunakan baik di dalam ruangan (interior) maupun di luar ruangan (eksterior).

Di Indonesia, ACP sering digunakan sebagai pelapis dinding, plafon, atau eksterior fasad bangunan. Saat ini, terdapat banyak kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan ACP dengan harga yang terjangkau.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk menggunakan jasa pemasangan ACP, penting untuk mengetahui tarif jasa pemasangan per meter, termasuk opsi tanpa bahan atau dengan bahan. Kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang harga pemasangan ACP per meter dalam kesempatan ini.

Apa Itu ACP (Aluminium Composite Panel)?

kalian bisa menemukan Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai salah satu bahan konstruksi yang umum digunakan di bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan, hotel, atau gedung perkantoran. Sesuai dengan namanya, ACP merupakan bahan gabungan yang terdiri dari lembaran aluminium dan bahan komposit.

ACP sendiri berbentuk panel datar yang terdiri dari bahan non-aluminium (polyethylene) yang diletakkan di antara dua lembaran aluminium. Biasanya, Aluminium Composite Panel diproduksi dalam ukuran lebar antara 1.200 hingga 1.600 mm dan memiliki ketebalan antara 1 hingga 10 mm.

ACP hadir dalam bentuk lembaran yang kokoh, dengan pilihan warna metalik atau non-logam, memiliki kekuatan yang baik, dan bobot yang relatif ringan. Selain itu, permukaan ACP dapat diubah dengan berbagai pola melalui pemesanan khusus, meniru tampilan material lain seperti keramik atau kayu.

ACP banyak digunakan sebagai pelapis dinding pada bangunan komersial maupun hunian. Selain itu, Aluminium Composite Panel sering digunakan bersama kaca dan material logam lainnya untuk meningkatkan aspek estetika arsitektur, seperti pada fasad bangunan, partisi, plafon, penutup kolom, dan sebagainya.

Jenis ACP

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang harga pemasangan ACP per meter, penting untuk memahami beberapa jenis ACP yang tersedia. Terdapat dua jenis panel ACP yang umum digunakan dalam konstruksi bangunan, yaitu Polyester ACP (PE) dan Poly Vynil De Fluoride (PVDF).

Polyester ACP (PE) biasanya digunakan untuk keperluan interior bangunan, seperti gedung atau rumah, dengan ketebalan lapisan sekitar 0.21 mm. Sementara itu, PVDF lebih tahan terhadap berbagai jenis cuaca dan sering digunakan untuk aplikasi eksterior.

Baca Juga :   √ Biaya Pasang Plafon GRC Per Meter: Kebutuhan Material & Upah

Poly Vynil De Fluoride (PVDF) biasanya memiliki ketebalan lapisan antara 0.3 mm hingga 0.5 mm, dan ketebalan total material sekitar 4 mm. Dalam hal warna, ACP dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu warna metalik dan warna non-logam.

Ukuran Standar ACP Per Lembar

Perlu diperhatikan bahwa harga pemasangan ACP per meter seringkali dipengaruhi oleh ukuran material yang digunakan. Umumnya, banyak pemasok atau produsen menghasilkan material ACP dengan ketebalan stkalianr sekitar 4 mm per lembar.

Untuk ukuran panjang dan lebar ACP, biasanya terdapat dua pilihan lembaran, yaitu 1220 mm x 2440 mm dan 1220 mm x 4880 mm. Selain itu, ketebalan lapisan aluminium di kedua sisi juga bervariasi, mulai dari 0.21 mm, 0.3 mm, hingga 0.5 mm.

Lapisan aluminium yang lebih tebal pada panel ACP akan memberikan kekuatan yang lebih baik, namun sebagai konsekuensinya, harga ACP juga akan menjadi lebih tinggi.

Harga Borongan Pasang ACP Per Meter

Sama seperti harga borongan pemasangan plafon, harga borongan pemasangan ACP per meter juga dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu harga borongan tanpa bahan dan harga borongan dengan bahan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian harga borongan pemasangan.

Harga Borongan Tanpa Bahan

Harga jasa pemasangan ACP tanpa menyertakan bahan biasanya berkisar antara Rp 130.000 hingga Rp 170.000 per meter persegi. Besarnya harga borongan ini biasanya tergantung pada lokasi proyek, volume pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko yang terlibat dalam pemasangan.

Jika kalian memilih menggunakan jasa borongan tanpa menyertakan bahan, maka kalian perlu mencari dan menyediakan sendiri bahan material pemasangan ACP seperti rangka BESI HOLLOW, lem aluminium, besi siku, sekrup, dan komponen lain yang diperlukan.

Harga Borongan Plus Bahan

Sementara untuk harga borongan ACP yang sudah termasuk bahan (include bahan), para pemborong atau kontraktor sudah menyediakan semua material yang diperlukan. Biasanya, harga borongan pasang ACP per meter plus bahan ini berbeda tergantung pada jenis atau lokasi pemasangan. Berikut adalah daftar rincian harga borongan pemasangan ACP plus bahan.

SpesifikasiHarga Borongan
ACP indoorRp500,000
ACP outdoorRp650,000
ACP eksterior khususRp550,000

Analisa Biaya Pasang ACP Per Meter

Sebelumnya, kami telah memberikan penjelasan lengkap tentang harga borongan pemasangan ACP per meter persegi untuk semua jenisnya. Sekarang, berikut ini adalah contoh perhitungan analisa biaya pemasangan ACP per meter persegi.

KeteranganHarga
ACP Seven PVDFRp300,000
Rangka hollowRp45,000
Sealant/lem aluminiumRp25,000
Aksesoris, sekrup, backupRp10,000
Besi siku – bracketRp15,000
Upah tenaga kerjaRp140,000
Pasang scaffoldingRp20,000
Total material + ongkosRp555,000
Waste material 10%Rp45,500
TOTAL BIAYARp600,500

Misalnya, jika jasa pemborong pemasangan ACP menetapkan margin sebesar 30% (30% x Rp 600.500 = Rp 180.150), maka total biaya pemasangan ACP per meter persegi adalah Rp 600.500 + Rp 180.150 = Rp 780.650.

Baca Juga :   √ Tips Memilih Handle Pintu Rumah Dan Jenis-Jenisnya

Kelebihan dan Kekurangan ACP

Setiap material bangunan memiliki karakteristik unik, termasuk panel ACP. Sebagai pertimbangan sebelum membeli dan menggunakannya, berikut adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan dari material ACP.

Kelebihan ACP:

  1. Permukaan Halus: Panel ACP memiliki permukaan yang halus dan rata, memberikan tampilan estetis pada bangunan.
  2. Tahan Terhadap Api: ACP memiliki sifat tahan terhadap api, yang membuatnya aman digunakan pada bangunan untuk tujuan keamanan.
  3. Fleksibel dan Mudah Diterapkan: Material ACP yang fleksibel memudahkan pemasangan pada berbagai bentuk bangunan.
  4. Mudah Diproses: ACP dapat dengan mudah dipotong, dilengkungkan, dilipat, dan dibor baik dengan alat konvensional maupun alat khusus.
  5. Beragam Pilihan Warna dan Motif: Tersedia dalam beragam pilihan warna dan motif, memungkinkan penggunaan ACP untuk mencapai desain yang diinginkan.
  6. Estetika Tinggi: Memberikan nilai estetika tinggi pada bangunan, menjadikannya pilihan yang populer untuk tujuan dekoratif.
  7. Tahan Terhadap Karat: ACP tahan terhadap karat, sehingga permukaannya mudah dibersihkan dan mempertahankan penampilan yang baik.
  8. Meningkatkan Nilai Jual Bangunan: Penggunaan ACP secara cerdas dapat meningkatkan nilai jual sebuah bangunan.
  9. Proses Pemasangan Mudah: Proses pemasangan ACP relatif mudah, yang dapat menghemat waktu dan biaya.

Kekurangan ACP:

  1. Gas Beracun pada Suhu Tinggi: Bahan inti ACP yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat dapat mengeluarkan gas beracun saat terpapar suhu tinggi.
  2. Potensi Gelembung pada Suhu Tinggi: Pada suhu tinggi, lapisan inti ACP dapat menggelembung, mengakibatkan permukaan aluminium menjadi tidak rata.
  3. Kurang Tahan Terhadap Tekanan Angin: ACP memiliki kelemahan dalam menahan tekanan angin yang tinggi, sehingga perlu perhatian khusus dalam perencanaan struktur bangunan.
  4. Risiko Terhadap Petir: Jika sistem grounding pada bangunan tidak memadai, lembaran ACP bisa rentan terhadap sambaran petir.
  5. Pemasangan Memerlukan Keahlian Khusus: Proses pemasangan ACP memerlukan tukang khusus yang terampil untuk memastikan pemasangan yang tepat dan aman.

Pengaplikasian Aluminium Composite Panel (ACP)

Apakah kalian tertarik untuk mengaplikasikan Aluminium Composite Panel (ACP) dalam proyek bangunan kalian? ACP dapat digunakan pada berbagai elemen bangunan, dan berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:

  1. Cladding pada Fasad Luar Gedung Bertingkat: ACP sering digunakan sebagai material cladding pada fasad luar gedung bertingkat. Ini memberikan tampilan estetis dan perlindungan pada dinding eksterior bangunan.
  2. Plafon atau Langit-Langit Bangunan: ACP juga dapat digunakan untuk plafon atau langit-langit dalam bangunan. Ini memberikan tampilan yang bersih dan modern, serta memungkinkan pencahayaan yang merata.
  3. Penutup Dinding dan Partisi dalam Interior Rumah: ACP adalah pilihan yang populer untuk penutup dinding interior dan partisi dalam rumah. Ini memberikan desain yang kreatif dan bersih, sambil memisahkan ruangan dengan gaya.
  4. Panel pada Tangga atau Eskalator: ACP dapat digunakan untuk membuat panel estetis pada tangga atau eskalator, meningkatkan penampilan dan daya tarik visual.
  5. Partisi untuk Bahan Iklan: ACP sering digunakan dalam periklanan untuk membuat reklame, identitas perusahaan, hingga billboards. Permukaan yang halus dan fleksibilitas dalam desain membuatnya cocok untuk keperluan iklan.
Baca Juga :   √ Apa Itu Bathtub? Serta Jenis dan Materialnya Lengkap

Penggunaan ACP dalam berbagai elemen bangunan ini dapat meningkatkan daya tarik visual, memberikan perlindungan, dan memberikan kemungkinan desain yang kreatif dalam proyek bangunan kalian.

Cara Memasang Aluminium Composite Panel (APC)

Inilah beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan sebelum memasang Aluminium Composite Panel (ACP) dan panduan langkah-langkah pemasangannya.

1. Percayakan Pada Ahlinya

Dalam pemasangan ACP, sangat disarankan untuk mengkalianlkan profesional yang memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi. Mempercayakan pekerjaan pada kontraktor yang ahli dalam pemasangan ACP akan memastikan hasil yang sesuai dengan harapan kalian.

2. Persiapan Dinding Plesteran

Sebelum memasang ACP, pastikan bahwa dinding yang akan dilapisi ACP sudah diplester dengan rapi dan siap menerima bracket pemasangan. Persiapan dinding yang baik menjadi kunci keberhasilan pemasangan ACP.

3. Proses Marking yang Teliti

Setelah memastikan bahwa dinding telah diplester dengan rapi, langkah selanjutnya adalah melakukan proses marking. Proses marking harus dilakukan dengan sangat teliti dan saksama untuk memastikan bahwa ACP terpasang dengan presisi dan tampilan yang maksimal.

4. Pilih Material Sesuai dengan Spesifikasi Ruangan

Saat memilih material ACP, pertimbangkan spesifikasi ruangan. Jika ACP akan digunakan di area eksterior atau luar ruangan, disarankan untuk menggunakan ACP jenis PVDF karena lebih tebal dan tahan terhadap kondisi panas dan hujan. Namun, jika ACP akan digunakan di area interior, ACP jenis polyester dapat menjadi pilihan yang lebih tepat karena lebih tipis dan lebih sesuai untuk aplikasi interior. Dengan memilih material yang sesuai, kalian akan mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam penutup artikel ini, kita telah membahas secara mendalam mengenai harga borongan pasang ACP per meter. Sebagai bagian penting dalam proyek konstruksi atau renovasi, mengetahui harga yang tepat untuk pemasangan ACP sangatlah penting.

Semua faktor seperti jenis ACP yang digunakan, ukuran bangunan, dan kualitas pekerjaan dapat memengaruhi harga borongan yang diberikan.

Sebelum kalian memulai proyek kalian, pastikan untuk mendapatkan penawaran dari beberapa penyedia jasa agar kalian dapat membandingkan harga dan kualitas pekerjaan mereka. Ini akan membantu kalian membuat keputusan yang cerdas dan sesuai dengan anggaran yang kalian miliki.

Semoga informasi mengenai harga borongan pasang ACP per meter dalam artikel finoo.id ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam merencanakan proyek kalian.

Semoga proyek kalian berjalan dengan lancar dan hasilnya memenuhi harapan kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *