Cara Paralel TV Kabel

Cara Paralel TV Kabel Cukup Gunakan Splitter & LNB Dual Out

Posted on

Finoo.id – Cara Paralel TV Kabel Cukup Gunakan Splitter & LNB Dual Out. Dalam kegiatan menonton televisi di rumah, setiap anggota keluarga tentu memiliki acara favorit masing-masing. Jika waktu tayangnya tidak bersamaan, tidak masalah. Namun, jika jam tayang dari acara favorit setiap anggota keluarga sama, pasti akan terjadi perebutan saluran televisi.

Jika hal tersebut terjadi, solusi terbaiknya adalah dengan menambah receiver dan perangkat televisi agar tidak terjadi lagi perebutan saluran. Bagaimana caranya jika ingin memasang 2 buah receiver sekaligus sehingga kedua televisi bisa menayangkan saluran yang berbeda?

Yang dimaksud di sini adalah paralel aktif, di mana masing-masing televisi dan receiver dapat menayangkan saluran yang berbeda antara satu dan yang lain. Tentu saja, diperlukan tambahan receiver sesuai dengan jumlah televisi yang ditambahkan.

Secara umum, ada dua cara untuk melakukan paralel TV kabel. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, teknisitv akan membahas cara paralel TV kabel agar kalian yang mencari informasi atau ingin mengetahui cara paralel TV kabel bisa mendapatkan informasi lengkapnya dari finoo.id.

Pengertian TV Kabel

Televisi kabel adalah sistem penyiaran acara televisi melalui sinyal frekuensi radio yang dipancarkan melalui serat optik atau kabel koaksial tetap.

Berbeda dengan siaran televisi biasa yang harus ditangkap melalui antena (terestrial), televisi kabel tidak menggunakan udara sebagai media transmisi. Selain siaran televisi, kabel ini juga dapat menyampaikan acara radio FM, internet, dan telepon.

Sistem ini umumnya ditemukan di Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia Timur, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Namun, televisi kabel tidak terlalu sukses di Afrika karena kepadatan penduduk yang rendah di beberapa daerah.

Sama seperti pada siaran radio, banyak saluran disiarkan melalui satu kabel dengan menggunakan frekuensi yang berbeda. Kotak penerima digunakan untuk memilih satu saluran televisi dari banyak saluran yang tersedia.

Sistem televisi kabel modern menggunakan teknologi digital untuk menyiarkan lebih banyak saluran televisi dibandingkan dengan sistem analog.

Cara Kerja TV Kabel

Dalam sistem kabel, sinyal televisi melewati lebih dari 30 atau 40 penguat sinyal sebelum mencapai rumah kalian, dengan jarak sekitar 1000 kaki atau lebih antara satu penguat dan yang lainnya. Setiap penguat dapat mengalami gangguan dan distorsi, yang dapat memengaruhi kualitas gambar.

Baca Juga :   Cara Refresh K Vision Paling Mudah dan Simpel

Selain itu, jika salah satu penguat rusak, maka gambar televisi bisa hilang sama sekali. Karena masalah-masalah ini, sistem kabel kurang memuaskan dalam kualitas gambar dan kurang dapat dikalianlkan.

Namun, pada akhir tahun 1970, TV kabel menemukan solusi untuk masalah dengan penggunaan penguat. Sejak itu, mereka juga terus mengembangkan teknologi mereka untuk menambah program-program baru ke dalam layanan kabel.

Cara Paralel TV kabel

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, untuk cara paralel TV kabel terdapat dua macam cara yang secara garis besar, yaitu pertama dengan mengganti LNB dengan LNB dual out dan kedua dengan menambahkan Splitter. Berikut penjelasan dari kedua cara paralel tersebut:

1. Cara Paralel TV Kabel Memakai Splitter

Cara paralel menggunakan Splitter dapat dikatakan sebagai cara yang paling mudah untuk diaplikasikan pada instalasi TV kabel di dalam satu rumah. Dalam cara ini, hanya perlu menambahkan alat bernama Splitter, Konektor, serta kabel koaksial (panjang kabel disesuaikan dengan letak televisi).

Pada Splitter terdapat dua line yang digunakan untuk menghubungkan kabel koaksial dari LNB ke receiver, yaitu line input (1 line) dan line output (2 line). Splitter hanya membagi 2 sinyal yang diterima dari LNB, baik itu Ku Band ataupun C Band, tanpa adanya penyesuaian atau penguatan tegangan outputnya. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan kabel yang terlalu panjang karena dapat mengurangi fungsi dari Splitter. Idealnya, kabel yang digunakan memiliki panjang kurang dari 10 meter sehingga instalasi TV kabel yang menggunakan Splitter masih dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah cara atau langkah-langkah pemasangan Splitter:

  1. Hubungkan kabel koaksial dari LNB ke Line In Splitter.
  2. Hubungkan juga kabel koaksial dari Line Out Splitter ke masing-masing receiver.
  3. Cara paralel menggunakan Splitter selesai, silahkan nyalakan TV dan receiver lalu nikmati menonton acara favorit kalian.

Splitter dapat dibeli di toko elektronik terdekat di kota kalian atau melalui online shop dengan harga berkisar antara 20-30 ribu rupiah. Namun, perlu diingat bahwa pada penggunaan Splitter untuk paralel, perangkat televisi kedua hanya dapat menonton siaran dalam polarisasi yang sama dengan televisi pertama.

2. Cara Paralel TV Kabel Menggunakan LNB Dual Out

Cara paralel menggunakan LNB Dual Out lebih dianjurkan atau disarankan dibandingkan dengan menggunakan cara pertama yaitu memakai Splitter. LNB Dual Out adalah LNB yang memiliki dual (2) output murni (bukan LNB dual polarisasi), dimana pada setiap outputnya memiliki polaritas vertikal dan horizontal sendiri. Sehingga tidak akan saling tarik menarik antar dekoder.

Baca Juga :   Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD Mudah & Simpel

Dengan menggunakan cara paralel menggunakan LNB dual output, masing-masing dekoder akan langsung menerima sinyal dari output LNB. Jika menggunakan lebih dari satu LNB (2-4 LNB), silahkan digabungkan dengan diseq 1.0 pada masing-masing dekoder.

LNB Dual Out dapat dibeli di toko-toko parabola di kota kalian atau melalui online shop dengan harga sekitar 75 ribu rupiah untuk Ku Band, 150 ribu rupiah untuk C Band dan S Band.

Itulah dua cara paralel TV kabel, yaitu dengan menggunakan Splitter dan LNB Dual Out. Silahkan memilih cara yang sesuai dan menurut kalian paling baik serta mudah untuk dilakukan.

Tips Paralel Antena yang Baik

Selain memperhatikan cara paralel antena, kalian juga perlu mengetahui beberapa tips agar hasilnya baik. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

1. Jaga Kebersihan Antena Aluminium

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan antena aluminium. Jika dibiarkan, antena TV mudah terkena jamur dan karat sehingga fungsinya akan menurun. kalian perlu membersihkannya dengan lap secara berkala, setidaknya dua bulan sekali, agar tetap bersih.

2. Perhatikan Arah Antena

Tips kedua yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai arah antena. Penting untuk mengarahkannya ke menara radio terdekat agar hasilnya maksimal. kalian perlu memeriksa lokasi menara radio atau menara transmisi terdekat. Intinya, kalian harus lebih peka dan kreatif dalam mengatur arah antena agar mendapatkan sinyal yang optimal.

Manfaat Berlangganan TV Kabel

Namun, jika masih ragu untuk berlangganan, di bawah ini terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan berlangganan TV kabel. Simak baik-baik, ya.

1. Jumlah Channel yang Variatif

Ketika berlangganan TV kabel, manfaat paling dasar yang bisa kalian dapatkan adalah akses ke berbagai macam channel, baik nasional maupun internasional. kalian dapat menikmati tayangan yang bervariasi, seperti film, kartun, variety show, berita, dan lain-lain.

Inilah yang membuat layanan TV berbayar sangat diminati oleh masyarakat karena dianggap sesuai dengan perkembangan zaman. Terlebih lagi, saat ini masyarakat dituntut untuk selalu up-to-date mengenai informasi atau peristiwa yang sedang tren. Oleh karena itu, kehadiran TV kabel dirasa sangat membantu.

2. Jumlah Iklan yang Terbatas

Saat menonton televisi, gangguan yang paling umum adalah iklan yang muncul terlalu sering. Terlebih lagi, jika iklannya monoton dan tidak menarik, pasti akan membuat tayangan menjadi membosankan.

Baca Juga :   Frekuensi LNB S Band Pada 3620 & 5150 MHz Satelit SES 7

Namun, jika kalian berlangganan TV kabel, masalah ini tidak akan terjadi. Iklan yang muncul pada saluran TV berlangganan lebih sedikit daripada TV gratis. Selain itu, iklan yang ditampilkan pada layanan TV berbayar ini biasanya cukup informatif dan berkualitas. Sehingga, kalian dapat menikmati tayangan dengan lebih nyaman dan tanpa gangguan iklan yang berlebihan.

3. Up to date

Manfaat lain yang bisa didapatkan ketika berlangganan TV kabel adalah kalian bisa mendapatkan update acara yang paling terbaru. Jadi, kalian tak perlu takut ketinggalan berita. Informasi mengenai isu aktual yang sedang hangat di masyarakat pun juga bisa didapatkan melalui layanan ini. Menarik kan?

4. Jangkauan Internasional

Salah satu manfaat utama dari layanan televisi berbayar adalah kemampuannya untuk menawarkan siaran dari luar negeri. Hal ini sangat menarik karena terkadang siaran domestik dapat terasa monoton dan membosankan.

Dengan menikmati siaran internasional, kalian dapat memperoleh pilihan acara yang lebih menarik dan beragam. Channel internasional juga menawarkan kualitas tayangan yang berkualitas tinggi, sehingga kalian bisa menikmati tayangan dengan lebih leluasa.

5. Kualitas Gambar

Ketika menikmati tayangan televisi, hal yang menjadi prioritas utama adalah tampilan gambar yang disajikan. kalian tentu menginginkan tampilan yang jernih dengan kualitas gambar yang baik. Hal tersebut tentu akan memengaruhi mood seseorang ketika menonton televisi.

Dengan berlangganan TV kabel, kalian tak perlu khawatir soal kualitas tampilan. kalian bisa menikmati tayangan televisi dengan kualitas HD, lho. Tentu kalian dan keluarga bisa enjoy dan puas ketika menonton acara yang diinginkan. Seru, kan?

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara paralel TV kabel yang dapat kalian lakukan untuk memperluas jangkauan siaran televisi di rumah kalian.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat menikmati siaran televisi yang lebih banyak di berbagai ruangan tanpa harus membeli banyak peralatan tambahan.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam melakukan instalasi agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *