Harga Borongan Pasang Batu Alam

√ Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter Terbaru Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter Terbaru Lengkap. Seperti yang telah dikenal, batu alam masih tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang dalam membangun rumah. Pilihan ini bukan tanpa alasan, karena kehadirannya mampu memberikan kesan alami dan elegan pada hunian.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis dan bentuk batu alam yang dapat digunakan sebagai material konstruksi untuk lantai atau dinding bangunan. Penggunaan batu alam sebagai bahan bangunan atau dekorasi rumah juga dapat meningkatkan nilai jual properti di masa depan.

Dalam konteks batu alam, saat ini terdapat pekerja borongan atau kontraktor yang menyediakan layanan pemasangan material tersebut. Seperti pada konstruksi bangunan lainnya, pemasangan batu alam juga melibatkan ketentuan harga borongan.

Oleh karena itu, jika kalian berencana menggunakan jasa pemborong untuk pemasangan batu alam, penting untuk mengetahui estimasi harga borongan terlebih dahulu. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara rinci daftar harga borongan pemasangan batu alam per meter untuk semua jenisnya.

Jenis Batu Alam

Terdapat beragam jenis batu alam yang sering dimanfaatkan untuk meningkatkan estetika rumah. Sebelum melanjutkan, mari saya berikan informasi mengenai beberapa jenis batu alam seperti yang tercantum di bawah ini.

1. Batu Palimanan

Batu Palimanan, pertama-tama, adalah batu alam yang berasal dari daerah Palimanan, Cirebon. Batu ini diproduksi di wilayah Gunung Cermai dan dikenal karena keawetannya yang cukup tinggi. kalian dapat mengaplikasikan batu Palimanan ini tidak hanya untuk dinding rumah, tetapi juga untuk pembuatan kolam, elemen taman, dan bahkan dinding pagar. Keindahannya dapat memberikan sentuhan alami dan keeleganan pada berbagai elemen arsitektur.

2. Batu Gamping

Batu Gamping, atau yang juga dikenal sebagai batu kapur, merupakan jenis batu alam dengan kualitas tinggi. Keunggulan batu gamping terletak pada daya tahan terhadap berbagai kondisi cuaca di Indonesia. Meskipun batu ini sering dikaitkan dengan warna putih, namun sebenarnya terdapat variasi warna lain yang dapat dipilih sesuai selera, seperti coklat, abu-abu, biru, dan merah. Kemampuannya untuk menyatu dengan berbagai konsep desain membuatnya cocok untuk berbagai proyek konstruksi, memberikan pilihan warna yang beragam sesuai kebutuhan estetika rumah atau properti.

3. Batu Marmer

Batu Marmer atau Marble sering menjadi pilihan banyak orang karena kemudahannya untuk dibentuk sesuai keinginan pemilik rumah. Dengan permukaan yang mengkilap, batu ini mampu memberikan tampilan dinding rumah yang mewah dan modern. Namun, perlu diingat bahwa batu marmer sangat sensitif terhadap cuaca, oleh karena itu, sebaiknya hindari pemasangannya di luar rumah. Meskipun demikian, keunikan dan keindahan batu marmer membuatnya menjadi pilihan populer untuk interior rumah, memberikan sentuhan elegan dan estetis yang khas.

4. Batu Granit

Batu granit, umumnya diolah melalui proses pengamplasan dan pemotongan, sering digunakan sebagai bahan lantai. Lantai dengan batu granit cenderung terasa lebih dingin dan memiliki daya cengkeram yang baik, mengurangi risiko kecelakaan dibandingkan dengan penggunaan keramik atau bahan lantai lainnya. Kekuatan dan ketahanan batu granit terhadap cuaca membuatnya menjadi pilihan umum sebagai bahan konstruksi. Kekerasan dan daya tahan ini menjadikan batu granit cocok untuk digunakan di berbagai area, termasuk dapur dan kamar mandi, memberikan kombinasi antara keindahan dan fungsionalitas dalam desain interior rumah.

Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Coocaa Paling Mudah & Tepat

5. Batu Candi

Satu lagi jenis batu alam yang menarik adalah batu candi. Meskipun namanya mengacu pada batu yang digunakan dalam pembangunan candi pada masa lalu, namun batu candi saat ini memiliki komposisi yang berbeda dari batu-batu zaman dahulu. Batu ini umumnya memiliki komposisi yang berbeda dengan batu andesit dan sering digunakan untuk konstruksi bangunan pada zaman dahulu. Kehadiran batu candi memberikan nuansa sejarah dan keanggunan pada desain bangunan, dan penggunaannya dapat menciptakan atmosfer yang unik dan berbeda.

6. Batu Andesit

Batu andesit berasal dari proses erupsi gunung berapi dan sering menjadi pilihan sebagai bahan bangunan untuk dinding rumah. Karakteristik batu ini yang kuat dan tahan terhadap segala cuaca membuatnya sangat cocok untuk penggunaan luar ruangan. Kekuatan dan daya tahan andesit menjadikannya pilihan yang populer dalam konstruksi, memberikan kestabilan struktural pada bangunan. Selain itu, warna-warna alami yang dimilikinya juga memberikan sentuhan estetis pada desain rumah, menciptakan tampilan yang menarik dan tahan lama.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam

Setiap jenis material bangunan tentu memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan, termasuk batu alam. Sebagai pertimbangan sebelum membeli dan mengaplikasikannya, berikut ini kami akan menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan batu alam.

Kelebihan:

  1. Memberikan Kes impression Natural, Elegan, dan Mewah:
    Penggunaan batu alam pada bangunan mampu memberikan kesan alami, elegan, dan mewah. Kehadirannya memberikan sentuhan estetis yang unik dan memikat.
  2. Tidak Mudah Rusak sebagai Material Lantai:
    Batu alam memiliki ketahanan yang baik terhadap kerusakan, terutama ketika digunakan sebagai material lantai. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang tahan lama dan memiliki umur pakai yang panjang.
  3. Mempertahankan Kesanan Elegan Meskipun Terjadi Kerusakan:
    Jika terjadi kerusakan pada lantai batu alam, hal ini tidak akan mengurangi kesan elegannya. Sebaliknya, karakter alaminya dapat memberikan daya tarik tersendiri.
  4. Ukuran Fleksibel Sesuai Kebutuhan:
    Batu alam memiliki kelebihan dalam hal fleksibilitas ukuran, memungkinkan penggunaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain tertentu.
  5. Membuat Hunian Lebih Berwarna:
    Pilihan beragam warna dan tekstur batu alam dapat memberikan keberagaman visual pada hunian, menciptakan tampilan yang menarik dan berwarna.
  6. Peningkatan Harga Jual Rumah di Masa Depan:
    Penggunaan batu alam pada bangunan dapat meningkatkan nilai properti, sehingga harga jual rumah di masa mendatang cenderung lebih tinggi.
  7. Sifat Anti Lumut dan Jamur:
    Batu alam memiliki sifat yang tahan terhadap pertumbuhan lumut dan jamur, menjadikannya pilihan yang baik untuk daerah dengan kelembaban tinggi.
  8. Kekuatan yang Sangat Tinggi:
    Batu alam memiliki kekuatan struktural yang sangat tinggi, memberikan stabilitas dan ketahanan terhadap beban berat.
  9. Tahan Terhadap Berbagai Macam Cuaca:
    Daya tahan batu alam terhadap berbagai kondisi cuaca membuatnya cocok untuk penggunaan di luar ruangan, tanpa mengalami degradasi atau perubahan yang signifikan.

Kekurangan:

  1. Warna yang Kurang Seragam, Tetapi Unik:
    Salah satu kekurangan batu alam adalah variasi warnanya yang kurang seragam. Meskipun demikian, hal ini justru menjadi letak keunikannya, menciptakan pola dan karakter yang unik pada setiap batu.
  2. Pori-pori Besar Memerlukan Penutupan Khusus:
    Batu alam memiliki pori-pori yang cukup besar, sehingga perlu ditutupi menggunakan bahan pelapis khusus agar lebih tahan terhadap noda dan kerusakan.
  3. Penerapan Harus Memperhatikan Struktur Bangunan:
    Penerapan batu alam pada bangunan harus memperhatikan struktur bangunan yang mendasar, karena bobotnya yang signifikan dapat memengaruhi beban struktural.
  4. Bobot yang Cenderung Berat Merepotkan dalam Distribusi dan Pemasangan:
    Bobot batu alam yang cenderung berat dapat menyulitkan dalam proses distribusi dan pemasangan, memerlukan perencanaan yang baik untuk memastikan kestabilan dan keamanan selama pemasangan.
  5. Harga yang Lebih Mahal Dibandingkan Material Sejenis:
    Harga batu alam biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan material sejenis seperti keramik, sehingga perlu dipertimbangkan dari segi anggaran proyek.
  6. Sulit Diperbaiki jika Mengalami Kerusakan:
    Batu alam sulit untuk diperbaiki jika mengalami kerusakan atau retak. Proses perbaikan dapat memerlukan tenaga ahli dan biaya yang cukup besar.
  7. Mudah Menyerap Air:
    Sifat poros batu alam dapat membuatnya mudah menyerap air, sehingga perlu perhatian ekstra dalam penggunaannya di area yang rentan terhadap kelembaban tinggi atau paparan air secara langsung.
Baca Juga :   Pengertian Batu Alam: Jenis dan Penggunaanya Yang Tepat

Harga Batu Alam

Untuk mereka yang berminat mengadopsi penggunaan batu alam, disarankan untuk memahami harga terlebih dahulu. Jika ingin mengetahui secara rinci, kalian dapat merujuk langsung pada tabel harga di bawah ini.

JenisUkuranHarga
Candi HitamUkuranHarga
Andesit Polos Bakar20 cm x 20 cmRp. 72.000
Andesit Polos Bakar20 cm × 40 cmRp. 91.000
Andesit Polos Bakar30 cm × 30 cmRp. 96.000
Andesit Polos Bakar30 cm × 60 cmRp. 101.000
Andesit Bintik Bakar15 cm × 30 cmRp. 91.000
Andesit Bintik Bakar20 cm × 40 cmRp. 96.000
Andesit Bintik Bakar30 cm × 30 cmRp. 101.000
Andesit Bintik Bakar30 cm × 60 cmRp. 106.000
Andesit Susun Sirih3 cm × 30 cmRp. 66.000
Andesit Susun Sirih3 cm × 40 cmRp. 75.000
Andesit Susun Sirih5 cm × 30 cmRp. 71.000
Andesit Susun Sirih5 cm × 40 cmRp. 81.000
Cobble Stone Andesit10 cm x 10 cm x 5 cmRp. 146.000
Cobble Stone Andesit10 cm x 10 cm x 3 cmRp. 126.000
Wall Cladding Satu Warna18 cm x 40 cmRp. 126.000
Wall Cladding Satu Warna18 cm x 50 cmRp. 136.000
Wall Cladding Kombinasi18 cm x 40 cmRp. 140.000
Wall Cladding Kombinasi18 cm x 50 cmRp. 151.000
Candi Merah10 cm x 20 cmRp. 86.000
Candi Merah15 cm x 15 cmRp. 86.000
Candi Merah15 cm x 30 cmRp. 96.000
Candi Merah20 cm x 40 cmRp. 101.000
Cupang Merah10 cm x 20 cmRp. 101.000
Cupang Merah15 cm x 15 cmRp. 101.000
Cupang Merah15 cm x 30 cmRp. 111.000
Cupang Merah20 cm x 40 cmRp. 121.000
Cupang Merah Susun Sirih3 cm x 30 cmRp. 106.000
Cupang Merah Susun Sirih3 cm x 40 cmRp. 111.000
Cupang Merah Susun Sirih5 cm x 30 cmRp. 107.000
Cupang Merah Susun Sirih5 cm x 40 cmRp. 112.000
Candi Hitam10 cm x 20 cmRp. 61.000
Candi Hitam15 cm x 15 cmRp. 62.000
Candi Hitam15 cm x 30 cmRp. 71.000

Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter

Seperti yang sudah dikenal, HARGA BORONGAN BANGUNAN sebenarnya dapat bervariasi di berbagai daerah atau wilayah. Variabilitas ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis batu alam yang digunakan, kondisi pekerjaan, dan tingkat kesulitan selama proses pemasangan.

Walaupun demikian, harga borongan untuk pemasangan batu alam per meter di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Jogja, hingga Bali umumnya berada dalam kisaran Rp 450.000 hingga Rp 800.000. Penting untuk diingat bahwa besarnya harga borongan ini sangat tergantung pada jenis batu alam yang digunakan dan kondisi medan di area pemasangan.

Baca Juga :   √ Isi Keramik 30x30 Per Dus dan Harga Semua Merk Paling Lengkap

Sebagai ilustrasi, jika pemasangan batu alam dilakukan pada lantai atau dinding dengan tingkat kesulitan yang tinggi, maka harga borongan kemungkinan akan berbeda. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan anggaran dana yang cukup dan lebih dari hitungan aslinya sebagai langkah antisipasi jika terjadi kejadian yang tidak terduga.

Perhitungan Biaya Pasang Batu Alam Per Meter

Sebelumnya, telah diuraikan secara komprehensif mengenai tarif borongan pemasangan batu alam per meter persegi untuk berbagai jenisnya. Selanjutnya, kami juga akan memberikan panduan langkah-langkah dalam menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pemasangan batu alam per meter.

Volume Pekerjaan

Tahapan awal dalam perhitungan biaya pemasangan batu alam adalah menentukan volume atau luas bidang pekerjaan. Sebagai contoh, jika kalian hendak memasang batu alam pada dinding rumah dengan panjang 4 meter dan lebar 3 meter, proses perhitungannya dapat dijelaskan sebagai berikut.

Diketahui :

  • Panjang : 4 meter.
  • Lebar : 3 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 4 m x 3 m = 12 m2.

Berdasarkan data perhitungan yang telah disajikan sebelumnya, total volume atau luas bidang pekerjaan untuk pemasangan batu alam pada dinding adalah 12 meter persegi.

RAB Pasang Batu Alam

Langkah berikutnya adalah menghitung total anggaran dana yang terkait dengan upah jasa borongan pemasangan. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan pemasangan batu alam per meter persegi.

  • RAB pasang batu alam: Volume pekerjaan x harga borongan.
  • RAB pasang batu alam: 12 m2 x Rp 500.000 = Rp 6.000.000.

Oleh karena itu, total biaya untuk pemasangan batu alam pada dinding dengan panjang 4 meter dan lebar 3 meter adalah sekitar Rp 6.000.000. Penting untuk dicatat bahwa jumlah biaya tersebut mencakup upah tenaga borongan pemasangan batu alam saja.

Dengan demikian, disarankan untuk melakukan survei HARGA BATU ALAM ke beberapa pemasok atau produsen batu alam terlebih dahulu guna memperoleh harga yang bersaing. Kami merekomendasikan untuk memilih batu alam berkualitas meskipun harganya sedikit lebih tinggi daripada kualitas standar.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan membahas secara mendalam tentang Harga Borongan Pasang Batu Alam, kita telah menjelajahi aspek-aspek penting terkait biaya pemasangan bahan bangunan yang mempesona ini.

Keseluruhan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) memberikan gambaran yang jelas tentang upah borongan untuk proyek tersebut.

Sebelum memulai proyek, penting untuk melakukan survei harga dari berbagai pemasok batu alam guna memastikan bahwa anggaran kalian sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Dengan perencanaan yang cermat, pemilihan bahan yang tepat, dan kerjasama dengan tenaga borongan yang berpengalaman, pemasangan batu alam dapat menjadi investasi yang memberikan kepuasan jangka panjang untuk rumah atau bangunan kalian.

Demikianlah aartikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter Terbaru Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *