Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini

Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini dan Rekomendasinya

Posted on

Finoo.id – Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini dan Rekomendasinya. TV satelit masih menjadi pilihan favorit masyarakat meskipun UHF digital sudah beroperasi. Hal ini dikarenakan TV satelit dianggap sebagai solusi ideal bagi pemirsa yang tinggal di pedesaan.

Namun sebelum memasang TV satelit dengan menggunakan parabola, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Ada beberapa provider yang menawarkan layanan gratis tanpa iuran sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik.

Jika lokasi tempat tinggal kalian belum mendapatkan sinyal TV digital dan jauh dari pemancar, maka solusi yang tepat adalah memilih parabola mini.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih parabola mini, perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kebutuhan tontonan keluarga di rumah dapat terpenuhi dengan baik.

Sekilas Mengenai Parabola Mini

Parabola mini adalah jenis parabola yang memiliki dish plat berukuran kecil dengan diameter antara 45cm hingga 100cm. Parabola mini sangat cocok untuk menangkap frekuensi ku-band, namun kurang memuaskan jika dipasang untuk c-band karena tidak mampu menyapu bersih semua frekuensi dalam 1 satelit.

Jika ingin menangkap frekuensi c-band dengan parabola mini, perlu dipasang conical scalar ring pada lnb. Hal ini akan meningkatkan kinerja parabola mini dalam menangkap sinyal c-band.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menggunakan parabola mini untuk menangkap sinyal satelit, sebaiknya menggunakan frekuensi ku-band. Selain itu, pastikan pula ukuran parabola yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan agar siaran televisi dapat dinikmati dengan kualitas gambar yang jernih dan tanpa gangguan.

Kelebihan dan Kekurangan Parabola Mini

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan parabola mini yang perlu diketahui sebelum membeli produk parabola mini. Ulasan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi kalian yang hendak membeli parabola mini.

Baca Juga :   √ Perbedaan Box Speaker Vakum Dan Direct Dengan Lubang Angin

Kelebihan Parabola Mini

Antena parabola mini dengan diameter minimum 45 cm menjadi sangat populer. Dimensi perangkat yang ringkas menjadi alasan utama menggantikan UHF.

Banyak orang mengira bahwa parabola hanya tersedia dengan biaya berlangganan, padahal ada juga yang gratis. Peralatan yang diperlukan mudah ditemukan di berbagai toko terdekat atau lewat e-commerce.

Berikut adalah empat kelebihan umum dari parabola mini:

1. Harga Murah

Harga antena parabola berukuran mini sangat terjangkau, sekitar 125 ribu rupiah untuk satu set lengkap yang terdiri dari dish 45 cm, LNB Ku Band, tiang penyangga dan baut.

Dibandingkan dengan antena UHF biasa, harga total parabola mini jauh lebih murah. Hal ini membuktikan bahwa untuk menikmati siaran televisi digital yang berkualitas, tidak selalu membutuhkan peralatan yang mahal.

Dengan memilih antena parabola mini, kalian dapat menikmati siaran televisi digital dengan kualitas yang lebih baik dengan biaya yang terjangkau.

2. Praktis

Parabola mini memiliki dimensi yang ringkas, praktis, dan dapat memperindah tampilan eksterior rumah. Tersedia dalam beberapa ukuran diameter seperti 45 cm, 60 cm, 80 cm, dan 100 cm.

Ukuran yang kecil membuat parabola mini portabel dan mudah dipindahkan. Selain itu, ukuran parabola mini juga jauh lebih kompak daripada antena bertipe jaring yang berdimensi 6 feet.

Dengan kelebihan ukuran yang ringkas dan praktis, parabola mini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang memiliki lahan yang terbatas atau ingin memiliki antena yang mudah dipindahkan.

3. Instalasi Mudah

Bobot parabola mini lebih ringan daripada tipe antena jaring bahkan antena UHF terkecil. Hal ini membuat kalian tidak akan repot memilih lokasi pemasangan, karena parabola mini dapat ditempatkan pada semua tempat rendah dan tinggi.

Dengan bobot yang lebih ringan, pemasangan parabola mini dapat dilakukan secara mandiri tanpa harus memanggil teknisi. Hal ini dapat membantu kalian menghemat pengeluaran dana yang seharusnya dikeluarkan untuk biaya teknisi.

4. Channel Gratis

Sebelumnya, parabola mini diidentikkan dengan layanan Pay TV, tetapi sekarang telah mengadopsi sistem hybrid. Sistem ini memungkinkan pengguna gratis untuk menonton puluhan channel dan juga mendukung paket premium.

Namun, perlu diingat bahwa layanan gratis ini hanya tersedia jika kalian menggunakan receiver yang direkomendasikan oleh provider. kalian dapat memilih provider seperti Nex Parabola, K Vision, atau Nusantara HD.

Baca Juga :   √ Beberapa Jenis Kompresor Beserta Fungsinya Lengkap

Kekurangan Parabola Mini

Meskipun menawarkan keunggulan, ternyata parabola mini memiliki beberapa kekurangan. Namun, kekurangan tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap minat pengguna untuk membeli produk ini.

Namun, kelebihan dan kekurangan parabola mini bersifat relatif dan tergantung pada aspek pkalianngan serta kondisi setiap orang yang tentunya berbeda.

Berikut adalah dua kekurangan dari parabola mini:

1. Rentan Gangguan Cuaca

Parabola mini beroperasi pada pita frekuensi Ku Band yang memiliki energi besar dan kuat. Namun, spektrum ini sangat rentan terhadap gangguan cuaca seperti mendung dan hujan.

Ketika cuaca sangat buruk seperti mendung pekat dan hujan lebat, sinyal dapat hilang sementara waktu. Namun, setelah beberapa saat, sinyal akan kembali normal dan channel akan dapat dinikmati seperti biasa.

2. Harus Pakai STB Rekomendasi

Jalur Ku Band lebih banyak digunakan oleh TV berbayar sehingga tidak ada channel free to air. Untuk dapat menonton siaran di jalur ini, pengguna harus memiliki set-top box (STB) rekomendasi yang terikat dengan satu provider saja.

Hal ini berarti, pengguna receiver rekomendasi tidak dapat melakukan tracking ke satelit lain. Sebab, hampir semua siaran di jalur Ku Band terenkripsi oleh masing-masing provider.

Rekomendasi Merek Parabola Mini Terbaik

Di pasar, terdapat berbagai merek parabola mini terbaik dengan detail yang berbeda-beda. Cara terbaik untuk menentukan parabola mini yang paling sesuai adalah dengan menerapkan tips yang telah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, kalian dapat mempertimbangkan berbagai rekomendasi berikut ini:

1. Antena MNC Vision

Merek tersebut sangat terkenal sehingga kualitas gambar dan suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, kalian juga dapat menikmati saluran dari K-Vision secara gratis. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp650.000.

2. Mini Antena K Vision

Konon, jenis antena ini cocok bagi para mahasiswa dengan budget terbatas. Hanya dengan harga sekitar Rp450.000, sudah dapat menikmati saluran televisi dengan kualitas gambar yang jernih. Harga tersebut dapat dibagi dengan penghuni kosan lainnya untuk memberikan hiburan dan memastikan tidak tertinggal informasi penting dari dalam negeri.

3. Mini Parabola Spyro

Parabola mini Spyro ini memiliki harga yang sangat terjangkau, bahkan di bawah Rp50.000. kalian hanya perlu membayar sekitar Rp40.000 untuk mendapatkan Spyro, dan tidak perlu repot memasangnya. Pemasangan dapat dilakukan di dalam rumah hanya dengan menggunakan kabel.

Baca Juga :   Cara Mencari Sinyal Parabola Mini Paling Mudah & Praktis

4. Ninmedia Venus VOA-45

Berbeda dengan jenis parabola lainnya yang memerlukan receiver, Ninmedia Venus VOA-45 tidak membutuhkan perangkat tambahan tersebut. Parabola ini sudah dilengkapi dengan kabel sekitar 15 meter dan panduan pemasangan. Dengan adanya panduan tersebut, siapa saja dapat dengan mudah melakukan instalasi parabola ini.

5. Antena Merek Tanaka

Selanjutnya, ada parabola mini Tanaka yang turut masuk ke dalam daftar rekomendasi parabola untuk rumah kalian. Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp120.000, kalian dapat menikmati tampilan saluran yang jernih dan suara yang jelas. Selain itu, proses pemasangan juga diinformasikan secara tertulis untuk memudahkan pengguna dalam melakukan instalasi.

Baca Juga :

Penutup

Secara umum, parabola mini memang memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai pilihan yang tepat bagi pengguna yang menginginkan antena yang mudah dipasang dan tidak memakan banyak tempat. Diantaranya adalah ukuran yang kecil, bobot yang ringan, dan harga yang terjangkau.

Namun, seperti halnya produk lainnya, parabola mini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti sensitif terhadap gangguan cuaca dan terbatasnya pilihan saluran televisi.

Namun, dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut, kalian dapat menentukan apakah parabola mini adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan kalian. Selain itu, dengan memilih merek dan jenis parabola mini yang sesuai dengan kebutuhan kalian, kalian dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas gambar yang jernih dan tanpa gangguan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini dan Rekomendasinya. Semoga artikel ini dapat bermnafaat, dan terimakasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *