Cara Mencari Siaran Nex Parabola

Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang Dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang Dengan Mudah. Faktor utama yang mempengaruhi pemirsa dalam memilih TV satelit adalah jumlah channel yang tersedia. Dengan banyaknya pilihan acara favorit, keluarga bisa menonton bersama di rumah.

Meskipun Nex Parabola merupakan operator TV satelit pendatang baru, namun jumlah pelanggan mereka terbilang banyak. Hal ini dikarenakan kualitas decoder Nex Parabola yang bagus dan mendukung bisskey serta tersedia dalam tipe hybrid.

Namun, kendala yang terkadang dialami oleh pelanggan TV satelit adalah hilangnya siaran Nex Parabola. Hal ini bisa mengganggu aktivitas menonton sehari-hari dan membuat pemirsa menjadi repot.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami telah membuat panduan tentang cara mencari siaran Nex Parabola yang hilang. Dengan demikian, setiap pelanggan dapat mengatasi permasalahan sendiri tanpa harus bergantung pada teknisi.

Keunggulan dan Kekurangan Nex Parabola

Seperti halnya barang elektronik lainnya, receiver pay tv Nex Parabola juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Receiver ini termasuk receiver baru yang siap bersaing dengan receiver lain dengan merek lainnya dan banyak direkomendasikan. Selain harganya yang terjangkau, receiver ini mampu menarik banyak minat pelanggan.

Nex Parabola terdiri dari 2 seri, yaitu Nex Parabola Merah (dengan Chipset Guoxin) dan Nex Parabola Kuning (dengan Chipset Montage). Selain perbedaan chipset, Nex Parabola Merah juga memiliki kelebihan fitur internet seperti kemampuan membuka Youtube.

Sebab Siaran Nex Parabola Hilang

Sebelum mencari siaran Nex Parabola yang hilang, pastikan kalian mengetahui penyebab hilangnya channel tersebut. Hal ini dapat membantu dalam mengatasi kendala dengan cepat sehingga perangkat antena dapat kembali normal.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Berfungsi Paling Efektif

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi yang perlu diperhatikan:

1. Cuaca Buruk

Cuaca buruk menjadi faktor utama yang dapat menyebabkan hilangnya siaran Nex Parabola di jalur Ku Band. Spektrum ini memang rentan terhadap perubahan cuaca karena sinyalnya tidak dapat menembus awan.

Namun, hilangnya siaran Nex Parabola akibat cuaca hanya bersifat sementara dan tidak menimbulkan masalah yang serius. Artinya, kalian hanya perlu menunggu beberapa saat sampai kondisi cuaca membaik dan channel kembali normal.

2. Perubahan Frekuensi

Perubahan frekuensi merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada semua operator TV satelit. Biasanya, provider akan memberikan informasi terlebih dahulu melalui teks berjalan pada layar.

Pergantian frekuensi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas layanan dengan menambah channel baru. Namun, akibatnya seluruh channel pada transponder lama secara otomatis akan hilang dan gelap total.

3. Decoder Bermasalah

Firmware decoder terkadang mengalami bug yang dapat menimbulkan masalah, bahkan hilangnya siaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, operator merilis update firmware baru secara OTA (Over The Air).

Selain itu, kebiasaan pengguna juga memiliki dampak besar pada performa mesin STB Nex Parabola. Pastikan untuk mengoperasikan unit dengan benar, mengacu pada buku manual resmi, agar STB tetap awet dan berfungsi dengan baik.

4. Konektor Longgar

Jangan sampai siaran Nex Parabola hilang akibat masalah sepele seperti konektor yang longgar atau lepas. Masalah ini dapat terdeteksi ketika kualitas dan intensitas sinyal pada layar menunjukkan nol persen.

Pastikan untuk mengencangkan setiap konektor dengan baik dan hindari menggeser Decoder untuk menghindari risiko hilangnya siaran.

5. Dish Bergeser

Meskipun jarang terjadi, hujan lebat dan angin kencang sering membuat posisi dish parabola bergeser. Bahkan sedikit perubahan posisi saja dapat menurunkan kualitas sinyal secara signifikan, bahkan sampai mencapai nol.

Akibatnya, semua siaran Nex Parabola dapat hilang tanpa jejak yang akan membuat pengguna layanan merasa repot.

Baca Juga :   Cara Mencari Sinyal Parabola Goldsat Semua Tipe Yang Tepat

6. LNB Rusak

LNB memiliki batas usia, di mana suatu saat bisa rusak karena selalu terpapar panas dan hujan. Lama kelamaan, pemakaian jangka waktu lama akan membuat material pada LNB menjadi keropos dan berkarat.

Kerusakan pada LNB akan terlihat pada indikator intensitas sinyal yang menjadi nol dan siaran Nex Parabola hilang.

Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang

Mencari siaran Nex Parabola yang hilang tidaklah sulit jika kalian mengetahui penyebabnya. Dengan sedikit usaha, semua channel dapat kembali normal tanpa harus menghubungi teknisi.

Berikut adalah beberapa metode untuk mengatasi siaran yang hilang pada Nex Parabola:

1. Cek Konektor

Periksa dengan teliti bagian pengkabelan, mungkin ada kabel yang terlipat atau terkelupas akibat tikus. Jika kalian mengalami kondisi tersebut, segera ganti dengan kabel antena parabola baru.

Selain itu, periksa juga konektor sambil memastikan bahwa terhubung dengan sempurna ke Decoder dan kencangkan bautnya. Jika masalah terletak pada aspek ini, maka siaran Nex Parabola seharusnya akan kembali normal.

2. Scan Ulang Decoder

Jika kondisi kabel dan konektor tidak bermasalah, pastikan layar televisi menampilkan intensitas sinyal. Mungkin saja frekuensi Nex Parabola mengalami perubahan dari provider.

Untuk mengatasi masalah ini, masuklah ke pengaturan STB Nex Parabola sambil menginput parameter frekuensi Nex Parabola terbaru. Kemudian, jalankan prosedur scan ulang dan siaran akan muncul kembali pada daftar channel, sehingga siaran akan kembali normal.

3. Putar Dish Parabola

Setelah melakukan update pengaturan pada Decoder, mungkin saja sinyal Nex Parabola tidak ditemukan. Kemungkinan masalah terjadi akibat pergeseran posisi dish parabola, meskipun hanya sedikit.

Untuk mengatasi masalah ini, putarlah dish secara perlahan sampai mendapatkan sinyal minimum 65 persen. Dengan melakukan ini, seluruh siaran Nex Parabola yang hilang akan kembali normal dan kalian dapat menonton acara kembali.

4. Ganti LNB

Jika kalian masih tidak mendapatkan siaran, mengganti bagian LNB bisa menjadi solusi terakhir. Hal ini dapat terlihat pada indikator layar yang menunjukkan bahwa kondisi sinyal menunjukkan angka nol.

Baca Juga :   Cara Mudah Memperbaiki Receiver Parabola Terbaru

Untuk mengatasi masalah ini, ganti LNB dengan yang baru dan jalankan proses scan ulang pada STB Nex Parabola. Dengan melakukan ini, channel akan kembali normal.

Tips Mencari Sinyal Parabola

Siaran Nex Parabola dapat ditangkap melalui 2 satelit, yaitu Satelit SES 9 yang menggunakan frekuensi Ku Band dan satelit Telkom 4 yang menggunakan frekuensi C Band. Kedua satelit ini menyiarkan siaran Nex Parabola pada posisi yang berdekatan di garis bujur sekitar 108° E, arahnya sedikit ke barat dari sudut vertikal.

Untuk siaran C Band seperti Telkom 4, sinyal satelit dapat ditangkap menggunakan antena parabola jaring atau antena parabola yang besar dengan diameter sekitar 6 kaki. Sedangkan untuk frekuensi Ku Band, sinyal dapat mudah ditangkap menggunakan antena parabola mini.

Perbedaan ini akan berpengaruh pada pengaturan frekuensi LNB yang diatur pada pengaturan antena di perangkat receiver. Oleh karena itu, perlu memperhatikan jenis antena parabola yang digunakan. Jika menggunakan antena parabola mini, gunakan frekuensi Ku Band, dan jika menggunakan antena parabola besar, gunakan frekuensi C Band.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencari siaran Nex Parabola yang hilang.

Pastikan kalian melakukan langkah-langkah secara teliti dan hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan memperbaiki siaran yang hilang, kalian dapat menikmati acara favorit tanpa gangguan dan kesulitan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari cara untuk mengatasi siaran Nex Parabola yang hilang. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *