Cara Mengatasi Nex Parabola

Cara Mengatasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal. Menggiurkan bagi konsumen, layanan TV Satelit menawarkan sejumlah channel berkualitas yang dapat dinikmati secara gratis.

Kamu mungkin sudah memasang parabola mini dengan menggunakan provider Nex Parabola. Namun, ketika menonton, terkadang kamu mengalami kendala umum dimana siaran tiba-tiba hilang dari layar.

Tidak perlu bingung atau panik jika situasi ini terjadi. Semua kendala memiliki solusinya asalkan kamu mengetahui wawasan seputar parabola mini.

Kami telah merangkum panduan untuk mengatasi masalah Nex Parabola tidak ada sinyal sama sekali sebagai referensi bagi pemula agar dapat memecahkan beberapa masalah sendiri.

Sekilas Tentang Nex Parabola

Nex Parabola merupakan kelanjutan dari Nexmedia, penyedia layanan televisi berlangganan terestrial di Jabodetabek. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 23 November 2011 dan dimiliki oleh kelompok Elang Mahkota Teknologi (Emtek) dengan slogan Simply Entertaining.

Nexmedia cukup unik karena menggunakan metode televisi digital terestrial DVB-T2, bukan menggunakan satelit parabola atau kabel seperti televisi berbayar lainnya. Artinya, layanan ini memerlukan antena dan set-top box seperti televisi digital biasa untuk menangkap sinyal dan menikmati tayangan.

Kemudian, pada tanggal 16 September 2019, Nex Parabola diluncurkan sebagai kelanjutan dari Nexmedia dengan logo yang hampir sama. Nex Parabola didirikan setelah Emtek Grup bekerja sama dengan produsen decoder televisi satelit Matrix.

Layanan Nex Parabola menggunakan parabola dan dekoder DVB-S2, yang mirip dengan televisi satelit lainnya, dan dapat menangkap sinyal C-Band dan Ku-Band. Produk utama Nex Parabola adalah hak siar sejumlah olahraga dan dapat diterima secara nasional, berbeda dengan Nexmedia.

Baca Juga :   Download Firmware STB DVB-T2 : Semua Merk Paling Tepat

Masalah Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

Ketika Nex Parabola tidak ada sinyal, hal ini berarti gelombang elektromagnetik satelit tidak sampai pada receiver. Akibatnya, gambar dan suara langsung hilang dari layar televisi.

Masalah tidak ada sinyal sering terjadi pada televisi satelit karena berbagai gangguan tertentu. Setiap pengguna yang memasang antena parabola, baik besar maupun mini, pasti pernah mengalaminya.

Namun, meskipun masalah ini umum terjadi, banyak orang yang masih awam sering panik dan langsung memanggil teknisi untuk membantu perbaikan. Padahal, masalah tidak ada sinyal pada Nex Parabola dapat diatasi sendiri tanpa bantuan teknisi. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran rutin dan meningkatkan keterampilan diri sendiri.

Berikut adalah beberapa tahapan untuk mengatasi masalah Nex Parabola tidak ada sinyal:

  • Amati berbagai aspek yang mungkin menjadi penyebab sinyal hilang.
  • Lakukan proses perbaikan sendiri dengan memanfaatkan pengetahuan dasar.
  • Hubungi pihak provider Nex Parabola untuk mendapatkan konsultasi.
  • Panggil teknisi apabila masalah tidak kunjung terselesaikan.

Cara Mengatasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

Ada beberapa kasus Nex Parabola yang tidak ada sinyal dan hanya perlu menunggu hingga sinyal muncul kembali. Namun, ada juga beberapa masalah yang memerlukan penanganan khusus melalui perbaikan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah Nex Parabola tidak ada sinyal:

1. Periksa Konektor

Periksa dengan baik bagian pengkabelan untuk melihat apakah ada kabel yang terlipat atau terkelupas akibat tikus. Jika kamu menemukan masalah ini, lakukan penggantian dengan kabel antena baru.

Periksa juga konektor untuk memastikan bahwa mereka terhubung dengan sempurna dengan receiver dan pastikan kencang. Jika masalah terletak pada aspek ini, maka siaran Nex Parabola akan kembali normal seperti semula.

2. Scan Ulang Receiver

Jika kondisi pengkabelan dan konektor tidak bermasalah, perhatikan layar televisi untuk melihat apakah sinyal Nex Parabola muncul. Kemungkinan frekuensi Nex Parabola telah mengalami perubahan dari provider secara resmi.

Oleh karena itu, kamu perlu mengupdate database sebelumnya dengan melakukan pemindaian. Jalankan scan ulang pada Nex Parabola agar sistem dapat mencari frekuensi terbaru secara otomatis dan channel akan tersimpan dengan benar.

Baca Juga :   Cara Pasang Nex Parabola Yang Tepat dan Praktis

3. Putar Dish Parabola

Dalam beberapa kondisi, sinyal Nex Parabola tidak ada akibat pergeseran antena. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur ulang arah parabola mini agar kembali ke posisi semula.

Putarlah secara perlahan dish parabola tersebut sampai menemukan sinyal minimal 65 persen. Dengan begitu, seluruh siaran Nex Parabola yang hilang akan kembali normal dan kamu dapat menonton lagi.

4. Ganti LNB

Jika kamu masih belum mendapatkan sinyal, mengganti bagian LNB bisa menjadi opsi terakhir. Indikator pada layar televisi akan menunjukkan kondisi sinyal dengan intensitas nol semua.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba mengganti dengan LNB terbaru dan jalankan proses scan ulang pada receiver Nex Parabola. Dengan begitu, seharusnya sinyal akan kembali normal dan siaran televisi satelit dapat muncul kembali pada layar.

5. Upgrade OTA Nex Parabola

Salah satu penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal adalah karena adanya update OTA. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna lama Nex Parabola. Namun bagi pengguna baru, hal ini mungkin terasa baru. Beberapa orang beranggapan bahwa upgrade OTA dapat menyebabkan masalah seperti hilangnya sinyal, mode boot, dan lain sebagainya.

6. Cek Kualitas Sinyal

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap intensitas dan kualitas sinyal transponder (dapat ditemukan melalui menu pengaturan). Pada menu tersebut, kamu dapat melihat berapa persen kualitas sinyal yang ditangkap. Jika kurang dari 50%, maka kemungkinan masalah terletak pada antena yang bergeser.

Untuk mengatasinya, lakukanlah repointing ulang hingga sinyal tertangkap dengan maksimal. Namun, jika kualitas sinyal sama sekali tidak ada, maka perlu dilakukan pengecekan selanjutnya.

7. Pointing

Jika setelah melakukan seluruh pengecekan seperti yang telah disebutkan di atas, namun sinyal masih belum muncul juga, silakan mencoba melakukan pointing ulang dengan menggeser antena parabola ke arah utara-selatan atau dari bawah ke atas.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Berfungsi Paling Efektif

8. Receiver Rusak

Jika setelah melakukan pointing tetapi masih belum ada perubahan, kamu dapat mencoba untuk mengganti receiver dengan yang baru. Jika setelah diganti sinyal muncul, maka dapat dipastikan bahwa penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal adalah karena receiver yang rusak.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengatasi masalah Nex Parabola yang tidak ada sinyal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama, pastikan bahwa antena parabola terpasang dengan benar dan mengarah ke arah satelit yang tepat. Jika masih tidak ada sinyal, coba periksa kabel koaksial dan pastikan tidak ada kerusakan atau koneksi yang longgar.

Jika masalah masih belum teratasi, coba lakukan penyetelan ulang receiver Nex Parabola. Caranya adalah dengan masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan” pada receiver, lalu pilih opsi “Pencarian Otomatis” atau “Auto Scan”. Setelah itu, tunggu sampai proses pencarian selesai dan periksa kembali apakah sinyal sudah muncul.

Jika semua cara di atas tidak berhasil, bisa jadi ada masalah pada receiver atau LNB (Low-Noise Block downconverter). Cobalah untuk mengganti LNB dengan yang baru atau memperbaiki receiver jika memang ada kerusakan pada perangkat tersebut.

Dalam mengatasi masalah Nex Parabola yang tidak ada sinyal, kesabaran dan ketelitian dalam mengecek setiap komponen sangat dibutuhkan. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, diharapkan masalah sinyal pada Nex Parabola dapat segera teratasi.

Demikianlah artikel finoo.id tentang Cara Mengatasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal. Semoga artikel kami dapat bermanfaat, dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *