Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng

√ Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng Yang Paling Tepat. Seperti yang diketahui, seng gelombang seringkali menjadi pilihan utama sebagai bahan bangunan alternatif dalam berbagai proyek konstruksi. Keberhasilan pemilihan ini tidak lepas dari sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh seng, seperti harganya yang terjangkau, kekuatannya, kemampuan untuk digunakan kembali, unsur artistik, dan sebagainya.

Bahan konstruksi ini umumnya digunakan sebagai pagar sementara dalam proyek-proyek besar dan kecil seperti gedung bertingkat, infrastruktur jalan raya, pelabuhan, dan berbagai proyek lainnya. Pemilihan seng gelombang sebagai bahan utama pagar sementara ini bertujuan untuk memastikan keamanan tetap terjaga dan untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan.

Sebelum memulai pembangunan pagar sementara dengan menggunakan seng, perlu dilakukan perhitungan yang matang sejak awal, baik dalam hal kebutuhan bahan maupun anggaran biaya. Menghitung kebutuhan komponen untuk pembangunan pagar seng sebenarnya cukup sederhana, asalkan langkah-langkahnya diikuti dengan benar.

Jika kalian berencana untuk membangun pagar seng untuk keperluan tertentu di rumah, disarankan untuk memahami dengan baik bagaimana menghitung anggaran biaya pemasangannya. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang cara menghitung biaya pemasangan pagar seng untuk berbagai jenis dan ukuran agar dapat membantu kalian dalam perencanaan proyek kalian.

Apa Itu Pagar Seng ?

Pagar seng adalah jenis pagar yang terbuat dari lembaran atap seng gelombang. Biasanya, kayu digunakan sebagai kerangka atau rangka pagar seng, dan lembaran atap seng tersebut dipasang dengan menggunakan paku. Di bawah ini, kita bisa melihat contoh pagar seng yang telah mengalami karat dan rangka kayunya rusak.

Pagar seng umumnya digunakan sebagai pagar sementara dalam berbagai proyek konstruksi. Biasanya, pagar ini digunakan dalam proyek pembangunan seperti rumah, kantor, pabrik, dan sebagainya.

Pemilihan pagar seng sebagai opsi pagar sementara ini disebabkan oleh fakta bahwa setelah proyek pembangunan selesai, pagar ini akan dibongkar dan dibuang. Meskipun atap seng gelombang memiliki kelemahan, seperti mudah rusak dan rentan terhadap karat, namun tetap menjadi pilihan utama karena kebutuhan penggunaannya hanya bersifat sementara.

Tujuan Pasang Pagar Seng

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, pemasangan pagar seng pada umumnya dilakukan untuk berfungsi sebagai pengaman sementara selama proses pembangunan suatu proyek berlangsung. Selain itu, dalam konteks konstruksi bangunan, pemasangan pagar seng juga memiliki beberapa tujuan lain yang perlu diperhatikan.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Closet Duduk Per Unit Paling Tepat

Oleh karena itu, sebelum kita menjelaskan poin-poin utama mengenai cara menghitung biaya pemasangan pagar seng lebih lanjut, berikut beberapa tujuan dari pemasangan konstruksi bangunan tersebut:

  1. Membatasi Area Proyek: Salah satu tujuan utama dari pemasangan pagar seng adalah untuk membatasi area proyek konstruksi. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan dan keselamatan di sekitar area tersebut, mengingat ada banyak potensi risiko bahaya yang terkait dengan proyek konstruksi, seperti jatuhnya bahan bangunan, peralatan berat, atau alat-alat konstruksi lainnya.
  2. Mencegah Akses Orang Tidak Berkepentingan: Pagar seng juga berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah orang yang tidak berkepentingan atau tidak berizin masuk ke dalam area proyek. Hal ini membantu menghindari gangguan atau potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh orang yang tidak terlibat dalam proyek.
  3. Mencegah Pencurian Material: Pemasangan pagar seng juga berperan dalam mencegah terjadinya pencurian batang atau material konstruksi yang disimpan di area sekitar proyek. Material konstruksi sering kali memiliki nilai tinggi, dan pagar seng dapat menjadi penghalang tambahan untuk melindungi aset berharga ini.
  4. Menjaga Kebersihan dan Keteraturan: Selain itu, pagar seng juga membantu menjaga area sekitar proyek agar terlihat lebih rapi. Ini menciptakan kesan positif dan tatanan visual yang penting terutama dalam proyek-proyek konstruksi yang mungkin berada di area perkotaan atau padat penduduk.

Dengan memahami tujuan-tujuan dari pemasangan pagar seng ini, kita dapat lebih baik mengapresiasi peran pentingnya dalam menjaga keamanan, keteraturan, dan kelancaran proyek konstruksi.

Komponen Pagar Sementara

Dalam proses pemasangan pagar seng sebagai langkah pengamanan proyek sementara, terdapat beberapa komponen penting yang harus diperhatikan. Secara umum, proses pemasangan pagar seng terdiri dari empat komponen inti. Untuk lebih memahaminya, di bawah ini kami akan menjelaskan dengan lengkap setiap komponen yang terlibat dalam pemasangan pagar seng tersebut.

1. Bahan Penutup Pagar

Bahan penutup pagar umumnya terbuat dari seng gelombang. Seng gelombang dipasang secara berurutan untuk membentuk penutup yang kuat dan tahan lama. Kelebihan seng gelombang adalah daya tahan terhadap cuaca dan korosi yang menjadikannya pilihan populer untuk proyek pagar sementara.

2. Rangka Pagar

Rangka pagar digunakan sebagai struktur pendukung bahan penutup pagar. Rangka dapat terbuat dari kayu atau besi hollow, tergantung pada preferensi dan kebutuhan proyek. Jika menggunakan rangka kayu, ukuran yang umum digunakan adalah 4/6 atau 5/7, dan jumlah lajur akan disesuaikan dengan tinggi pagar. Rangka ini memberikan kekuatan dan stabilitas pada pagar seng.

Baca Juga :   Apa itu Dump Truck: Jenis, Ukuran dan Cara Kerjanya

3. Pondasi Pagar

Pondasi pagar berperan penting dalam menjaga stabilitas pagar. Pondasi biasanya terbuat dari beton sitemix dengan ukuran tertentu. Sebagai contoh, ukuran yang umum adalah diameter 30 cm dengan kedalaman 50 cm. Pondasi ini ditanam ke dalam tanah untuk menjaga agar pagar tetap kokoh dan tidak mudah bergeser atau tumbang.

4. Pintu Gerbang

Dalam proyek skala besar, pagar seng sering dilengkapi dengan pintu gerbang. Pintu gerbang digunakan untuk mengatur akses kendaraan atau alat berat ke dalam area proyek. Lebar pintu gerbang dapat bervariasi, biasanya antara 8 hingga 15 meter, tergantung pada jenis proyek dan ukuran kendaraan atau alat berat yang harus melintas. Pintu gerbang ini memiliki peran penting dalam mengatur lalu lintas di sekitar proyek.
Mengenal dan memahami komponen-komponen ini adalah langkah penting dalam perencanaan pemasangan pagar seng. Dengan memilih dan mengatur komponen-komponen ini dengan bijak, kalian dapat memastikan bahwa pagar seng yang dipasang akan memenuhi kebutuhan proyek dan berfungsi dengan baik selama periode sementara yang diperlukan.

Analisa Harga Satuan Pasang Pagar Seng

Sama seperti saat menghitung biaya pembuatan pagar tembok per meter, dalam proses perhitungan biaya pemasangan pagar seng, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, mulai dari komponen yang diperlukan hingga biaya tenaga kerja. Dua aspek penting ini biasanya termasuk dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk proyek konstruksi, termasuk pemasangan pagar seng.

Karena itu, ketika ingin mengetahui cara menghitung biaya pemasangan pagar seng, sangat penting untuk memahami berapa anggaran yang diperlukan untuk pemasangan setiap meter persegi pagar seng. Dalam uraian berikut, kami akan menjelaskan secara lengkap analisis harga pemasangan pagar seng dengan tinggi 2 meter untuk setiap meter persegi pagar, mulai dari kebutuhan material hingga biaya tenaga kerja.

NoUraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Biaya
ABAHAN
Dolken kayu 8-10/400 cm12,500BatangRp25,000Rp31,250
Semen portland50,000KgRp1,200Rp3,000
Seng gelombang12,000LbrRp800,000Rp96,000
Pasir beton0.0050m3Rp250,000Rp1,250
Koral beton0.0090m3Rp250,000Rp2,250
Kayu 5/70.0720m3Rp1,500,000Rp108,000
Paku biasa0.0600KgRp15,000Rp900
Meni besi0.4000LiterRp10,000Rp4,500
JUMLAH KEBUTUHAN BAHANRp247,150
BTENAGA
Pekerja0.2000OHRp100,000Rp20,000
Tukang kayu0.4000OHRp120,000Rp48,000
Kepala tukang0.0200OHRp120,000Rp2,400
Mandor0.0200OHRp120,000Rp2,400
JUMLAH TENAGA KERJARp72,800
CJUMLAH (A + B)Rp319,950
DOVERHEAD & PROFIT 10%10%Rp31,995
EJUMLAH HARGA TOTALRp351,945
Baca Juga :   Harga Borongan Gali Septic Tank Terbaru Semua Jenis & Ukuran

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng

Setelah memahami analisis harga satuan pemasangan pagar seng sepanjang 1 meter persegi dengan tinggi 2 meter, langkah berikutnya adalah menerapkannya pada total kebutuhan. Cara melakukan perhitungannya hampir sama seperti ketika kalian ingin menghitung biaya pemasangan pagar kawat harmonika.

Langkah pertama dalam menghitung biaya pemasangan pagar seng adalah menentukan volume pekerjaan. Sebagai contoh, jika kalian berencana memasang pagar seng sepanjang 60 meter dengan ketinggian 2 meter, berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung volume pekerjaannya:

Diketahui:

  • Panjang pagar: 60 meter.
  • Tinggi pagar: 2 meter.

Perhitungan:

  • Biaya pemasangan pagar seng: Panjang pagar x Biaya pemasangan per meter lari.
  • Biaya pemasangan pagar seng: 60 meter x Rp 351.945 = Rp 21.116.700.

Dengan metode ini, kalian dapat menghitung dengan akurat biaya pemasangan pagar seng sesuai dengan panjang dan tinggi pagar yang dibutuhkan dalam proyek kalian.

Berdasarkan perhitungan di atas, total anggaran biaya yang diperlukan untuk memasang pagar seng sepanjang 60 meter dengan tinggi 2 meter adalah sekitar Rp 21.116.700, atau bisa dibulatkan menjadi Rp 21.200.000. Dalam besaran anggaran tersebut, sudah termasuk biaya pembelian material dan ongkos pekerjaan konstruksi.

Baca Juga :

Penutup

Dengan pengetahuan mengenai cara menghitung biaya pasang pagar seng, kalian dapat merencanakan proyek pemasangan pagar seng dengan lebih baik.

Penting untuk memahami komponen-komponen biaya seperti bahan, ongkos pemasangan, dan volume pekerjaan agar kalian dapat mengestimasi anggaran secara akurat.

Dengan perhitungan yang cermat, kalian dapat menjalankan proyek pemasangan pagar seng dengan efisiensi dan menghindari ketidakpastian biaya.

Dengan demikian, kalian dapat memastikan bahwa proyek konstruksi berjalan sesuai rencana dan anggaran yang telah ditetapkan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng Yang Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *