Harga Borongan Pasang Turap

Harga Borongan Pasang Turap Batu Kali Per Meter Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Pasang Turap Batu Kali Per Meter Yang Paling Tepat. Turap adalah susunan konstruksi dari batu kali yang dirancang untuk menjaga kestabilan tanah. Fungsinya adalah mencegah terjadinya longsor akibat pergerakan tanah yang tidak stabil.

Meskipun tujuannya sama dengan talud, penggunaan turap memiliki perbedaan yang signifikan. Dalam konstruksi turap, dindingnya selalu dilengkapi dengan penyangga karena dindingnya relatif tipis.

Konstruksi turap memiliki bentuk yang sederhana, sehingga proses pemasangannya relatif mudah dan cepat. Namun, tidak cocok digunakan di daerah perbukitan, tanah yang curam, atau lahan berbatu.

Jika kalian berencana membangun konstruksi penahan tanah ini, disarankan untuk menggunakan jasa tukang bangunan dengan sistem borongan karena biayanya lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem harian. Tanpa berlama-lama, mari kita lihat lebih lanjut pembahasan tentang harga pemasangan turap batu kali dalam bentuk borongan di bawah ini.

Apa Itu Turap?

Turap adalah struktur konstruksi berbentuk dinding yang terbuat dari batu kali dan memiliki tujuan utama untuk menahan tekanan dan pergerakan tanah yang tidak stabil. Konstruksi ini juga berfungsi untuk mengatasi pergeseran lateral tanah yang disebabkan oleh perubahan kemiringan tanah melebihi sudut kemiringan yang aman. Dalam bahasa Inggris, turap dikenal sebagai retaining wall atau dinding penahan.

Pembangunan turap bertujuan untuk mencegah terjadinya longsor. Biasanya, turap digunakan di daerah dengan dataran tinggi. Hal ini disebabkan oleh kemiringan tanah yang curam, menanjak, dan bahkan hampir vertikal di dataran tinggi. Selain itu, di daerah dataran tinggi yang rawan, pepohonan yang bisa menahan pergerakan tanah seringkali kurang ada.

Turap memiliki dinding yang dilengkapi dengan penyangga. Bentuknya yang sederhana mempermudah proses pembangunan turap, membuatnya menjadi pekerjaan yang cepat dan mudah. Material utama turap terdiri dari campuran semen, air, dan pasir yang membentuk lapisan plesteran. Lapisan ini diterapkan pada batu bata untuk menciptakan tembok yang mampu menahan potensi longsor.

Meskipun turap digunakan di daerah dengan tanah miring, sangat penting untuk memastikan bahwa dasar turap adalah datar sebelum memulai pembangunan. Dasar yang miring justru dapat mengurangi kemampuan turap untuk menahan tekanan, sehingga perlu diperhatikan secara cermat.

Fungsi Turap

Fungsi utama dari turap adalah untuk mencegah pergeseran tanah yang memiliki permukaan yang tidak rata. Pergerakan tanah tersebut dapat menyebabkan terjadinya longsor dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah. Dengan pemasangan turap, potensi longsor dapat dihindari, sehingga area-area di lereng dan perbukitan menjadi lebih aman bagi penduduk.

Baca Juga :   √ Apa Itu Denah Rencana Pondasi? Serta Prosedur Pembuatanya

Di Indonesia, hampir seluruh wilayah memerlukan turap. Negara ini terdiri dari banyak kepulauan dengan berbagai jenis kemiringan tanah, termasuk perbukitan dan pegunungan. Seringkali, jalan-jalan harus melewati daerah dataran tinggi, dan Indonesia juga memiliki sungai-sungai dengan debit air yang cukup besar.

Longsor sering terjadi ketika sungai-sungai ini melewati daerah dataran tinggi yang padat penduduk, sehingga jarak antara air dan penghalang menjadi sangat sempit. Oleh karena itu, turap menjadi sangat penting sebagai dinding penahan tanah di Indonesia.

Macam-Macam Desain Turap Batu Kali

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai harga borongan pasang turap batu kali, penting untuk memahami berbagai macam desain turap batu kali yang ada:

1. Turap Kantilever

Desain turap kantilever ini memanfaatkan dorongan tanah dari bagian depan dinding untuk menahan tekanan dan defleksi beban lateral yang signifikan. Jenis ini sangat cocok untuk digunakan di lahan dengan tingkat kesulitan menengah. Konstruksi ini efektif dalam menahan tekanan tanah yang datang dari satu arah.

2. Turap Diangker

Tipe turap ini umumnya digunakan untuk menahan dinding galian, tetapi penerapannya bergantung pada jenis tanah dan kontur tanahnya. Turap diangker menggunakan tiang penyangga sebagai pondasi untuk menahan beban lateral. Ini adalah pilihan yang baik saat harus menghadapi tekanan lateral yang kuat.

3. Turap Lkaliansan

Jenis turap lkaliansan ini digunakan untuk menahan tekanan tanah dengan bantuan tiang atau pipa penyangga yang ditempatkan pada poin-poin strategis. Penyangga ini membantu meningkatkan kinerja konstruksi turap. Turap lkaliansan sering digunakan sepanjang jalur kereta api, karena mampu menjaga kestabilan di lintasan yang panjang.

Komponen Pemasangan Turap Batu Kali

Dalam proses pemasangan turap batu kali, terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan dengan seksama, yaitu material dan tenaga kerja. Biasanya, dalam konstruksi bangunan ini, bahan-bahan yang digunakan meliputi semen, batu kali atau batu belah, dan pasir.

Beberapa proyek turap mungkin juga memasukkan besi stek sebagai material tambahan untuk meningkatkan ketahanan konstruksi terhadap gempa. Sementara itu, dalam kerangka sistem borongan, komponen tenaga kerja terdiri dari mandor, tukang, serta pekerja atau kenek. Mereka adalah elemen-elemen penting dalam menyelesaikan pekerjaan pemasangan turap dengan efisien dan berkualitas.

Estimasi Harga Borongan Pasang Turap Batu Kali Terbaru

Berikut adalah contoh estimasi harga borongan pemasangan turap batu kali per meter kubik (m3) sesuai dengan stkalianr SNI. Harap diingat bahwa harga tersebut akan disesuaikan dengan lokasi proyek pembangunan. Estimasi harga borongan pemasangan turap batu kali per meter kubik (m3) adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   √ Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai & Cara Menghitungnya Paling Tepat

1. Turap Batu Kali 1 PC : 5 Pasir

URAIAN KEGIATANSATUANKOEFISIENHARGA SATUANJUMLAH HARGA
Pekerjaoh1.50Rp85,000Rp127,500
Tukang Batuoh0.75Rp110,000Rp82,500
Kepala Tukangoh0.075Rp130,000Rp9,750
Mandoroh0.075Rp150,000Rp11,250
Batu Belah 15/20m31.20Rp250,000Rp300,000
Semen PCkg136Rp1,125Rp153,000
Pasir Pasangm30.544Rp350,000Rp190,400
TOTAL – – –Rp874,400

2. Turap Batu Kali 1 PC : 6 Pasir

URAIAN KEGIATANSATUANKOEFISIENHARGA SATUANJUMLAH HARGA
Pekerjaoh1.50Rp85,000Rp127,500
Tukang Batuoh0.75Rp110,000Rp82,500
Kepala Tukangoh0.075Rp130,000Rp9,750
Mandoroh0.075Rp150,000Rp11,250
Batu Belah 15/20m31.20Rp250,000Rp300,000
Semen PCkg117Rp1,125Rp131,625
Pasir Pasangm30.561Rp350,000Rp196,350
TOTAL – – –Rp858,975

3. Turap Batu Kali 1 PC : 8 Pasir

URAIAN KEGIATANSATUANKOEFISIENHARGA SATUANJUMLAH HARGA
Pekerjaoh1.50Rp85,000Rp127,500
Tukang Batuoh0.75Rp110,000Rp82,500
Kepala Tukangoh0.075Rp130,000Rp9,750
Mandoroh0.075Rp150,000Rp11,250
Batu Belah 15/20m31.20Rp250,000Rp300,000
Semen PCkg91Rp1,125Rp102,375
Pasir Pasangm30.584Rp350,000Rp204,400
TOTAL – – –Rp837,775

Perencanaan Pekerjaan Turap Batu Kali

Setelah mengidentifikasi harga borongan pasang turap batu kali dan memasukkannya ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), penting juga untuk mempertimbangkan metode perencanaan pekerjaan turap. Berikut adalah beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam pekerjaan pemasangan turap batu kali:

  1. Kemampuan Menahan Dorongan Eksternal: Proses pemasangan turap batu kali harus dirancang untuk mampu menahan berbagai dorongan eksternal, seperti tekanan air atau tekanan tanah yang mungkin terjadi selama masa pemakaian turap. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan turap seiring waktu.
  2. Ketebalan Dinding Turap: Ketebalan dinding turap harus dipertimbangkan dengan cermat. Ketebalan yang tepat akan memastikan kekuatan yang cukup untuk menahan tekanan tanah dan beban lateral. Ketebalan yang tidak memadai dapat mengurangi kinerja turap.
  3. Persiapan Tempat: Persiapkan tempat yang sesuai untuk alat-alat dan material yang diperlukan selama proses konstruksi berlangsung. Memastikan ketersediaan dan akses mudah ke peralatan dan material akan membantu menghindari gangguan dalam pekerjaan.
  4. Lokasi Pemasangan: Lokasi pemasangan turap memiliki pengaruh besar pada tingkat kesulitan pekerjaan. Lokasi yang sulit dapat memerlukan lebih banyak upaya dan sumber daya, sementara lokasi yang lebih mudah dapat mempermudah proses pengerjaan. Oleh karena itu, pemilihan lokasi harus menjadi pertimbangan penting dalam perencanaan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membuat Turap

Pembuatan turap adalah sebuah proses yang memerlukan pertimbangan cermat. Menurut sumber dari Bob Vila, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan ketika kalian ingin membangun turap yang kuat dan efektif:

Baca Juga :   Biaya Pembuatan Greenhouse Baja Ringan Terbaru Paling Lengkap

  1. Pemilihan Jenis Konstruksi Turap: Pilihan jenis konstruksi turap harus selaras dengan kontur tanah di lokasi proyek. Pastikan bahwa jenis turap yang kalian pilih memiliki kemampuan untuk menahan tanah dengan efektif sesuai dengan karakteristik tanah yang ada.
  2. Ketebalan Dinding Turap: Ketebalan dinding turap sangat memengaruhi durasi penahanan tanah. Semakin lama kalian ingin turap tersebut bertahan, semakin tebal dinding yang perlu dibangun. Dengan demikian, pemilihan ketebalan yang tepat akan membantu kalian mengoptimalkan waktu dan upaya dalam pembangunan dan mengurangi kebutuhan untuk renovasi berulang.
  3. Pemilihan Alat Berat yang Tepat: Pastikan bahwa alat berat yang kalian pilih untuk mendukung pembangunan turap sesuai dengan kebutuhan proyek. Tidak perlu menyiapkan alat berat yang tidak diperlukan, karena hal ini dapat mengakibatkan pemborosan sumber daya. Selain itu, pastikan alat-alat berat diletakkan di lokasi yang sesuai, sehingga tidak menambah beban pada dinding turap yang harus menahan tanah di atasnya.
  4. Dokumen Izin Pembangunan: Persiapkan semua dokumen yang diperlukan, termasuk izin pembangunan, agar proyek tidak mengalami masalah hukum di masa depan. Kepatuhan terhadap peraturan dan regulasi konstruksi sangat penting.
  5. Anggaran yang Terperinci: Tentukan anggaran dengan cermat. Perhatikan jenis bahan yang akan digunakan, tentukan jumlahnya, dan perkirakan dana yang diperlukan. Jumlah pekerja dan upah mereka juga harus menjadi bagian dari perhitungan anggaran pembangunan turap. Dengan perencanaan anggaran yang baik, kalian dapat mengelola keuangan proyek dengan lebih efisien.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengakhiri artikel finoo.id ini dengan fokus pada “Harga Borongan Pasang Turap Batu Kali,” penting untuk memahami bahwa pembangunan turap batu kali adalah investasi yang memerlukan perencanaan dan pertimbangan matang.

Dengan memilih jenis konstruksi yang sesuai dengan kondisi tanah, memperhatikan ketebalan dinding turap, serta memilih alat berat yang tepat, kalian dapat memastikan bahwa proyek turap kalian akan berjalan dengan efisien dan menghasilkan struktur yang kuat.

Selain itu, kesalahan dalam perencanaan dan penganggaran dapat mengakibatkan biaya tambahan dan masalah hukum di masa depan.

Oleh karena itu, pastikan kalian memiliki semua izin yang diperlukan dan bahwa anggaran kalian telah dipersiapkan dengan baik.

Dengan memperhatikan semua faktor ini, kalian dapat memastikan bahwa pemasangan turap batu kali akan menjadi investasi yang berharga, karena akan menjaga kestabilan lahan kalian, mencegah longsor, dan memberikan perlindungan jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *