Harga Borongan Pasang Atap Genteng

√ Harga Borongan Pasang Atap Genteng Per Meter Terbaru Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Atap Genteng Per Meter Terbaru Paling Tepat. Meskipun saat ini tersedia berbagai jenis material atap hunian yang sangat beragam, genteng tetap menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini disebabkan oleh ketahanan genteng yang dapat mencapai 100 tahun atau lebih.

Di sisi lain, harga genteng di pasar juga cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis material atap lainnya. Sayangnya, beberapa jenis genteng dianggap berdampak buruk pada kesehatan penghuni rumah, seperti genteng asbes.

Mengenai genteng, di Indonesia, banyak jasa pemasangan yang menggunakan sistem kerja borongan. Umumnya, mereka menetapkan tarif pemasangan genteng per meter persegi.

Bagi kalian yang berencana memasang genteng sebagai atap hunian dengan pekerja borongan, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu estimasi harga pemasangan. Untuk membantu kalian, berikut ini kami sertakan daftar harga pemasangan genteng borongan untuk berbagai jenis genteng.

Jenis Atap Genteng

Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan utama tentang daftar harga borongan pemasangan genteng, penting untuk memahami beberapa jenis genteng yang tersedia. Hingga saat ini, pasar genteng di dalam negeri dapat dibagi menjadi 10 jenis utama, termasuk:

  1. Genteng Asbes: Genteng ini terbuat dari serat asbes yang dicampur dengan semen atau bahan lain. Meskipun tahan lama, genteng asbes dianggap berbahaya bagi kesehatan karena serat asbes dapat menjadi sumber masalah pernapasan.
  2. Genteng Kaca: Genteng kaca menawarkan daya tarik estetika dengan kilauan dan transparansi kaca. Mereka sering digunakan di area tertentu untuk pencahayaan alami.
  3. Genteng Keramik: Genteng keramik terbuat dari tanah liat yang dipanggang. Mereka terkenal karena tampilan yang indah dan tahan lama. Cocok untuk rumah-rumah tradisional dan modern.
  4. Genteng Beton: Genteng beton adalah pilihan yang kuat dan tahan lama. Mereka tersedia dalam berbagai warna dan bentuk, cocok untuk berbagai gaya arsitektur.
  5. Genteng Tanah Liatt: Genteng ini juga terbuat dari tanah liat, tetapi tanpa proses pemanggangan. Mereka biasanya lebih ringan dan tersedia dalam berbagai gaya.
  6. Genteng Metal: Genteng logam biasanya terbuat dari baja atau aluminium. Mereka ringan dan tahan lama, serta cocok untuk lingkungan yang sering terkena cuaca ekstrem.
  7. Genteng Aspal: Genteng aspal atau genteng bitumen umumnya digunakan untuk atap rumah-rumah sederhana dan tahan terhadap cuaca.
  8. Genteng Kayu Besi atau Kayu Uli: Genteng ini terbuat dari kayu yang tahan lama seperti kayu besi atau kayu uli. Mereka memberikan tampilan alami dan hangat pada atap rumah.
  9. Genteng Seng: Genteng seng adalah pilihan ekonomis yang sering digunakan di bangunan komersial. Mereka tahan lama dan mudah dipasang.
  10. Genteng Metal Pasir: Genteng ini terbuat dari baja dengan lapisan pasir. Mereka tahan karat dan memberikan tampilan yang menarik.
Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando Semua Jenis!

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis genteng ini, kalian dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi untuk proyek pemasangan genteng kalian.

Harga Borongan Pasang Atap Genteng Per Meter

Penting untuk dicatat bahwa tarif harga borongan pemasangan atap genteng dapat bervariasi di berbagai wilayah, mirip dengan tarif tenaga borongan pada umumnya. Perbedaan dalam biaya pemasangan ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis genteng yang digunakan, kondisi atap rumah, tingkat kesulitan pekerjaan, dan tingkat risiko yang terlibat.

Namun, secara umum, para pekerja borongan atau kontraktor biasanya menetapkan tarif pemasangan genteng sekitar Rp 40.000 hingga Rp 60.000 per meter persegi. Tarif ini berlaku untuk rumah dengan satu lantai.

Untuk atap rumah dengan dua lantai, biasanya pekerja borongan akan menambahkan biaya sekitar Rp 2.000 per meter persegi. Perlu diingat bahwa harga borongan yang disebutkan di atas hanya mencakup biaya tenaga kerja dan tidak termasuk biaya material genteng atau kerpusnya.

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Genteng

Setelah memahami besaran harga borongan untuk pemasangan atap genteng, penting juga untuk memahami cara menghitung total biaya pemasangannya. Sebenarnya, perhitungan biaya pemasangan genteng hampir serupa dengan saat kalian menghitung kebutuhan cat genteng.

Hal ini karena total anggaran biaya pemasangan genteng akan bergantung pada luas atap rumah, termasuk model atapnya, apakah itu atap pelana, atap limas, atau model lainnya. Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah cara menghitung biaya pemasangan atap genteng dengan sistem borongan:

Volume Atap Genteng

Langkah pertama adalah menentukan total volume atau luas bidang pekerjaan rangka atap yang akan diberi genteng. Sebagai contoh, jika kalian akan memasang genteng keramik pada atap rumah dengan model atap pelana berukuran panjang 10 meter, lebar 8 meter, dan overstek 1.5 meter, serta dengan tingkat kemiringan atap sebesar 10 derajat, kalian dapat menghitungnya seperti berikut:

Diketahui:

  • Panjang atap: 10 m.
  • Lebar atap: 8 m.
  • Overstek: 1.5 m.
  • Kemiringan atap genteng: cos 10 derajat (0.984).

Perhitungan:

  • Volume atap rumah genteng: ((Panjang + overstek) x (Lebar + overstek)) ÷ Cos (kemiringan atap).
  • Volume atap rumah genteng: ((10 m + 1.5 m) x (8 m + 1.5 m)) ÷ 0.984.
  • Volume atap rumah genteng: (11.5 m x 9.5 m) ÷ 0.984.
  • Volume atap rumah genteng: 109.25 m² ÷ 0.984 = 111.026 m² (dibulatkan menjadi 112 m²).

Biaya Pasang Atap Genteng

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan genteng keramik pada atap rumah dengan model pelana yang memiliki luas 112 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengalikan luas atap rumah model pelana dengan harga borongan pemasangan atap genteng per meter persegi.

  • Rumus biaya pemasangan: Volume atap pelana x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan: 112 m² x Rp 40.000 = Rp 4.480.000.

Dengan demikian, total biaya pemasangan genteng keramik pada atap rumah model pelana seluas 112 meter persegi adalah sekitar Rp 4.480.000. Harap diingat bahwa jumlah biaya tersebut hanya mencakup biaya pekerja borongan dan tidak termasuk biaya pembelian material genteng serta kerpusnya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Genteng

Seperti yang umumnya diketahui, setiap bahan material bangunan memiliki karakteristik uniknya, begitu juga dengan atap genteng. Sebagai bahan pertimbangan sebelum pemasangan, berikut ini kami akan menguraikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis material atap genteng.

Baca Juga :   √ Ukuran Tinggi Tangga 4 Meter Semua Model & Kemiringannya!

Kelebihan

Tentu, mari kita bahas lebih lanjut mengenai kelebihan dari berbagai jenis material atap genteng:

  1. Memiliki ukuran seragam: Kelebihan pertama dari genteng adalah bahwa mereka biasanya tersedia dalam ukuran yang seragam. Hal ini memudahkan proses perancangan dan pemasangan atap, karena kalian dapat dengan mudah menghitung jumlah genteng yang dibutuhkan.
  2. Harganya relatif murah: Genteng umumnya memiliki harga yang terjangkau. Ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk proyek atap rumah kalian.
  3. Proses pemasangannya mudah: Pemasangan genteng cenderung lebih mudah dibandingkan dengan beberapa bahan atap lainnya. Para tukang bisa dengan cepat dan efisien memasang genteng, sehingga proyek selesai lebih cepat.
  4. Mampu menampilkan kesan modern: Genteng hadir dalam berbagai bentuk dan model, sehingga kalian memiliki banyak pilihan desain untuk menciptakan tampilan atap yang sesuai dengan gaya arsitektur modern.
  5. Tahan lama: Genteng memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca dan kondisi lingkungan eksternal. Mereka dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa memerlukan perawatan ekstensif.
  6. Tersedia dalam beragam bentuk dan model: kalian dapat menemukan genteng dalam beragam bentuk dan model, mulai dari genteng keramik yang indah hingga genteng metal yang tahan lama. Ini memberikan fleksibilitas dalam memilih sesuai dengan preferensi desain kalian.
  7. Kualitasnya sudah terjamin: Genteng biasanya diproduksi dengan stkalianr kualitas yang ketat, sehingga kalian dapat yakin akan kekuatan dan daya tahan material ini.
  8. Tahan terhadap berbagai macam cuaca: Genteng memiliki kemampuan untuk melindungi rumah dari berbagai cuaca ekstrem, seperti hujan deras, panas terik, angin kencang, dan bahkan salju. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang kalianl untuk atap rumah di berbagai iklim.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, berbagai jenis material atap genteng juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  1. Gampang retak dan pecah: Genteng, terutama genteng keramik, rentan terhadap retakan atau kerusakan fisik jika terkena benturan atau tekanan yang kuat.
  2. Kurang mampu menyerap panas dengan baik: Beberapa jenis genteng tidak memiliki kemampuan isolasi termal yang baik, sehingga panas dapat merembes ke dalam rumah pada cuaca panas, membuat rumah terasa lebih panas.
  3. Proses pemasangan memerlukan ketelitian: Pemasangan genteng memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi agar tidak terjadi kebocoran. Kesalahan dalam pemasangan dapat menyebabkan masalah atap yang serius.
  4. Memerlukan kerangka yang cukup kuat: Beberapa jenis genteng memiliki berat yang signifikan, sehingga atap rumah harus didukung oleh kerangka yang kuat agar mampu menopang genteng dengan aman.
  5. Memerlukan cat pelapis: Agar terhindar dari pertumbuhan jamur dan lumut, genteng mungkin memerlukan lapisan cat khusus. Ini adalah langkah perawatan tambahan yang perlu dipertimbangkan.

Tips Memilih Atap Genteng

Setelah mengetahui berbagai jenis genteng yang telah dijelaskan di atas, mungkin kalian masih merasa bingung tentang pilihan yang tepat. Penting untuk mempertimbangkan dengan cermat, karena pemilihan genteng yang sesuai akan memberikan perlindungan maksimal bagi rumah kalian. Untuk membantu kalian dalam proses pengambilan keputusan, berikut adalah 5 tips yang bisa kalian pertimbangkan:

Baca Juga :   Jenis Kolom Bangunan: Pengertian dan Fungsinya Lengkap

1. Sesuaikan Genteng dengan Rangka Genteng

Setiap jenis genteng harus ditempatkan pada rangka atap yang sesuai. Oleh karena itu, pastikan genteng yang kalian pilih dapat ditopang oleh rangka atap yang ada. Penting untuk menghindari genteng yang terlalu berat, yang pada akhirnya dapat merusak konstruksi atap.

2. Cek Kekuatan dan Kualitas Genteng

Pastikan genteng yang kalian pilih benar-benar kokoh dan kuat. kalian dapat menguji kualitasnya dengan mengetuk genteng secara perlahan dan memeriksa apakah genteng tersebut tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Selain itu, mencari ulasan tentang jenis dan merek genteng yang kalian pertimbangkan dapat memberikan gambaran tentang performanya setelah digunakan.

3. Pikirkan Kemudahan Pemasangan Genteng

Berkonsultasilah dengan kontraktor dan arsitek yang terlibat dalam proyek pembangunan rumah kalian. Diskusikan apakah jenis genteng yang kalian pilih mudah dipasang dan sesuai dengan kerangka atap yang telah direncanakan. Proses pemasangan yang mudah akan mempercepat penyelesaian proyek pembangunan rumah kalian.

4. Perhatikan Faktor Estetika

Selain memperhatikan kekuatan genteng, penting juga untuk memperhatikan faktor estetika saat memilih genteng. Pastikan warna genteng cocok dengan desain rumah yang telah kalian rencanakan. Dengan begitu, genteng akan menjadi bagian integral dari tampilan rumah kalian dan membuatnya terlihat menonjol.

5. Kalkulasi Anggaran dengan Tepat

Tetapkan anggaran yang sesuai dengan pilihan genteng kalian. Pastikan kalian tidak menghabiskan anggaran yang terlalu besar hanya untuk membeli genteng yang mungkin terlalu mahal. Ada banyak jenis genteng dengan berbagai pilihan harga dan warna yang dapat sesuai dengan anggaran kalian dan tetap menghasilkan tampilan rumah yang menarik. Disarankan untuk mempertimbangkan beberapa tipe genteng sebagai opsi dan membandingkannya sebelum melakukan pembelian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam memilih genteng untuk atap rumah kalian, pertimbangkan baik-baik setiap aspek yang telah disebutkan di atas.

Dengan pemahaman mendalam tentang jenis genteng, kelebihan, dan kekurangannya, kalian dapat membuat keputusan yang cerdas untuk melindungi dan mempercantik rumah kalian.

Dalam konteks harga borongan pasang atap genteng, selalu ingat untuk melakukan perhitungan yang akurat dan memadukan kualitas dengan anggaran yang tersedia.

Keselarasan antara jenis genteng yang kuat dan tahan lama dengan kerangka atap yang tepat akan menciptakan rumah yang kokoh dan aman.

Ketika kalian mempertimbangkan semua faktor ini dengan baik, kalian akan mendapatkan atap genteng yang tak hanya melindungi rumah kalian dari cuaca ekstrem, tetapi juga memberikan estetika yang memukau.

Harga borongan pasang atap genteng bukan hanya masalah angka, tetapi juga investasi dalam kualitas, keamanan, dan keindahan rumah kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Atap Genteng Per Meter Terbaru Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *