TV LG Tidak Ada Audio Out

Cara Mengatasi TV LG Tidak Ada Audio Out Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi TV LG Tidak Ada Audio Out Paling Mudah. Jika kalian ingin meningkatkan kualitas suara dari TV kalian, kalian dapat menambahkan speaker eksternal ke sistem. Dengan demikian, menonton film akan lebih menyenangkan. Namun, menghubungkan speaker eksternal ke TV LG tidaklah mudah seperti yang dibayangkan.

Perangkat audio harus disambungkan ke port output audio optik digital, karena perangkat hanya dapat bekerja dengan port ini. Setelah perangkat terhubung, kalian dapat menggunakan remot TV LG untuk menyesuaikan volume. Selain itu, jika kalian memiliki headset bluetooth atau soundbar yang didukung oleh LG Sound Sync, kalian dapat menghubungkan kedua perangkat secara nirkabel.

Cara menghubungkan kedua perangkat tergantung pada speaker yang akan disambungkan. Setiap speaker memiliki fitur dan port yang berbeda, terutama untuk speaker eksternal atau TV LG model lama.

Seperti yang dijelaskan dalam judul artikel ini, teknisitv akan membahas mengenai TV LG yang tidak memiliki port audio out. Jika kalian sedang mencari informasi tentang hal ini, kalian dapat membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

TV LG Tidak Ada Audio Out

TV LG tidak dilengkapi dengan output audio RCA analog, tetapi memiliki dua output audio yang dapat digunakan untuk menghubungkan TV dengan soundbar atau penerima audio lainnya. Selain itu, ada juga output headphone yang dapat disambungkan ke input RCA Stereo dengan menggunakan kabel adaptor RCA.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menghubungkan speaker eksternal dengan TV LG tidaklah mudah, namun ada beberapa opsi yang dapat dilakukan untuk mempermudah proses ini:

  • Menggunakan colokan headphone 1/8 inch untuk menghubungkan colokan RCA stereo (Opsi Analog)
  • Menggunakan kabel Fiber Optik (Opsi Digital)

Pilih salah satu opsi di atas untuk menghubungkan speaker eksternal dengan TV LG, sesuaikan dengan input yang tersedia pada receiver. Banyak orang lebih suka menggunakan opsi digital karena dapat menghasilkan suara Dolby Digital 5.1 surround dari tayangan atau film apa pun.

Baca Juga :   Persamaan Data Pin TV LG IC LG631 9R 58R7 Yang Tepat

Cara Menyambungkan Speaker Eksternal ke TV LG Model Lama

Apakah mungkin untuk menghubungkan speaker eksternal model terbaru dengan TV LG model lama? Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Output Audio Analog

TV LG model lama hanya dilengkapi dengan soket output audio analog berwarna merah dan putih, sehingga sulit untuk menghubungkan speaker langsung ke TV. Namun, kalian dapat mencolokkan sistem Hi-Fi, Soundbar, sistem suara, atau penerima home theater ke soket tersebut. Sebenarnya, menghubungkan peralatan audio ke soket keluaran analog hanya bisa dilakukan jika speaker memiliki power sendiri, dengan kata lain, memiliki amplifier built-in. Hal ini artinya hanya akan berfungsi jika speaker tersebut dicolokkan langsung ke sumber listrik.

2. Mamakai Koneksi RCA Pada TV LG Model Lama

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghubungkan TV LG dengan speaker eksternal menggunakan kabel RCA:

  • Ambil kabel RCA dan hubungkan salah satu ujungnya ke output audio TV LG
  • Kemudian hubungkan ujung kabel RCA yang lain ke output audio pada speaker eksternal
  • Setelah semua kabel terhubung, nyalakan soundbar atau receiver
  • Selanjutnya, masuk ke pengaturan audio di TV dan dalam beberapa kasus, bisa juga menggunakan petunjuk penyiapan audio eksternal
  • Terakhir, pilih input pada sistem suara agar dapat mendengar output dari TV.

Perlu diingat bahwa output RCA tergantung pada konten dua saluran stereo, yang dijalankan dari TV ke perangkat soundbar. Oleh karena itu, pastikan untuk melihat peningkatan kualitas suara, seperti suara surround atau audio soundstage, jika menggunakan pengaturan koneksi analog dengan soundbar.

Cara Menyambungkan Speaker Pada TV LG Model Baru

Bagi pengguna TV LG model baru, berikut ini adalah penjelasan cara menghubungkannya.

1. TV LG Tidak Ada Audio Out Memakai Koneksi Optik Digital

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghubungkan TV LG dengan speaker eksternal menggunakan koneksi Optik Digital:

  • Colokan kabel optik digital pada port optik digital audio di TV LG
  • Kemudian colokan ujung lainnya dari kabel optik ke input optik pada soundbar, home theater, atau penerima lainnya
  • Selanjutnya, setelah semua tersambung, masuk ke menu Pengaturan di TV, lalu ke sistem audio
    Pilih opsi optik digital, maka suara akan keluar
  • Namun, jika tidak berhasil, masuk ke pengaturan output audio lalu cari Pengaturan PCM.

2. TV LG Tidak Ada Audio Out Memakai Soket HDMI

TV LG terbaru memiliki berbagai fitur canggih, salah satunya adalah output audio digital yang terdiri dari output audio dan port HDMI. Port HDMI ini dapat digunakan untuk video dan audio secara bersamaan, namun perlu diperiksa terlebih dahulu spesifikasi TV karena tidak semua port HDMI berfungsi sebagai input dan output. Sama seperti output audio analog, port digital juga dapat mengirimkan audio ke sistem soundbar dan home theater.

Baca Juga :   Rekomendasi TV Yang Bagus Untuk Rental PS3 Semua Merk

Kelebihan dan Kekurangan TV LG Edisi Terbaru

LG menyediakan TV berkualitas tinggi dengan berbagai varian baik dari segi spesifikasi maupun dimensi produk. Sebagai calon pelanggan, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan TV LG terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan untuk memilih unit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan TV LG yang perlu diperhatikan:

Kelebihan TV LG

Keunggulan suatu produk selalu dipromosikan oleh produsen untuk menarik minat calon konsumen. Hal ini menjadi faktor penentu dalam pengambilan keputusan apakah calon konsumen memutuskan untuk membeli unit tersebut atau beralih ke merek lain.

Berikut beberapa kelebihan TV LG yang perlu diketahui:

1. Layar Jernih

Jika kita membicarakan tentang kejernihan gambar dan kecerahan warna yang dihasilkan, TV LG dikenal sebagai yang terbaik. Kamu dapat langsung membandingkan dua unit televisi merek yang berbeda di toko elektronik terdekat.

Produsen ini memproduksi komponen layar televisi di pabrik mereka sendiri, bukan membelinya dari perusahaan lain. Oleh karena itu, jika kamu mengutamakan gambar yang memanjakan mata, TV merek LG adalah pilihan yang tepat.

2. Produk Awet

Banyak orang telah membuktikan bahwa TV LG memiliki daya tahan yang cukup baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Jika dibandingkan dengan produk kompetitornya, TV LG cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, bahkan jika masih dalam masa garansi.

Kekalianlan produk LG juga didukung oleh faktor ketahanan unit yang menjadi keunggulan merek ini. Namun, keawetan perangkat juga tergantung pada kebiasaan penggunanya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengoperasikan produk sesuai dengan petunjuk yang tertera pada buku panduan.

3. User Interface Keren

Tampilan user interface menjadi faktor yang menentukan kenyamanan konsumen saat mengoperasikan produk. Nah, TV LG mempunyai ciri khas tersendiri untuk aspek antarmuka yang sederhana, mudah, dan elegan.

Bahkan, UI (user interface) pada TV LG dianggap sebagai yang terbaik dibandingkan dengan merek ternama lainnya. Saat kamu melihat secara langsung, akan terasa keunikan dari tampilan TV LG terutama berjenis webOS.

4. Fitur Canggih

Sebagai perusahaan global dengan reputasi yang baik, LG tidak mengambil enteng masalah teknologi dan spesifikasi produk. Mereka memastikan bahwa produk yang mereka tawarkan memiliki kualitas yang tinggi karena hal ini berkaitan dengan nama baik dan merepresentasikan merek mereka.

Tidak perlu diragukan lagi berbagai fitur dan teknologi canggih yang dimiliki oleh TV LG, karena merek ini sering menjadi pelopor dalam hal inovasi produk. Selain itu, berbagai komponen dalam produk LG dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Baca Juga :   Temukan Nomor Dan Alamat Service Center TV TCL di Indonesia

Kekurangan TV LG

Meskipun TV LG dirancang khusus dengan segudang fitur, sebagai produk elektronik pasti ada kelemahan tertentu. Informasi seperti ini berguna bagi calon konsumen sebagai dasar pertimbangan tersendiri.

Berikut adalah beberapa kekurangan TV LG:

1. Harga Mahal

Harga jual TV LG baru tergolong tinggi jika dibandingkan dengan merek lain yang memiliki spesifikasi serupa. Faktor ini seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang yang memiliki keterbatasan dana.

Namun, kenyataan bahwa TV LG memiliki harga yang relatif mahal sebanding dengan kualitas produk yang cukup baik. Produk tersebut memberikan kenyamanan bagi konsumen dalam menikmati berbagai konten multimedia dengan maksimal.

2. Dukungan Audio Minim

TV LED biasa dari LG memiliki keterbatasan dalam mendukung audio eksternal, yang dapat menjadi kekurangan dari produk tersebut. LG hanya menyediakan port audio optik untuk menghubungkan TV dengan speaker aktif.

Oleh karena itu, satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli setidaknya Smart TV LG. Produk ini mendukung koneksi audio nirkabel melalui Bluetooth, namun pastikan untuk memeriksa spesifikasinya terlebih dahulu.

3. Masalah Pemutaran Video

Banyak orang menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal untuk menyimpan berbagai konten multimedia, seperti film favorit, foto, dan musik, agar dapat diputar di TV LG tanpa perlu koneksi internet.

Namun, untuk produk TV LED biasa yang belum termasuk dalam kategori Smart TV, terdapat sedikit masalah pada pemutaran video. TV merespon dengan lambat dalam memproses perintah saat ukuran file besar atau terdapat banyak file dalam playlist.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara mengatasi TV LG yang tidak memiliki audio out. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian menyelesaikan masalah pada TV kalian.

Namun, jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk menghubungi teknisi profesional untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika kalian tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang elektronik. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *