Harga Pasang Lantai Teraso

Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter Terbaru Berbagai Jenis

Posted on

Finoo.id – Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter Terbaru Berbagai Jenis. Dalam industri konstruksi, terdapat beragam jenis lantai yang sering digunakan dalam berbagai bangunan, termasuk lantai teraso. Lantai teraso, yang dahulu pernah menjadi tren dan kini kembali populer dalam desain interior hunian, merupakan material yang terbuat dari campuran semen dan pasir, dengan permukaan atasnya dilapisi bahan keras seperti pecahan marmer. Keunggulan permukaan yang berkilau dan cerah membuat lantai teraso banyak digunakan dalam interior rumah dan bangunan perkantoran.

Di Indonesia, sudah ada pemborong atau kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan lantai teraso. Biasanya, mereka menetapkan harga pemasangan per meter persegi (m2).

Jika kalian berencana untuk memasang lantai teraso dengan menggunakan jasa pemborong, penting untuk mengetahui biayanya terlebih dahulu. Kami akan menjelaskan secara rinci mengenai harga pemasangan lantai teraso per meter, termasuk biaya material dan upah pekerja.

Apa Itu Lantai Teraso?

Jenis lantai memiliki potensi untuk meningkatkan elemen estetika suatu bangunan, menciptakan daya tarik yang khas. Dalam beragam jenis lantai yang ada, salah satu yang menonjol adalah lantai teraso. Lantai teraso dapat memberikan sentuhan unik dan estetis pada berbagai jenis bangunan.

Bahan utama dalam pembuatan lantai teraso adalah campuran semen dan pasir yang mengungkapkan keindahan pecahan marmer di permukaan beton yang telah diproses dengan halus. Jenis lantai ini dapat diterapkan pada berbagai tipe bangunan, mulai dari rumah tinggal, kantor, sekolah, hingga tempat ibadah.

Keunikan lantai teraso terletak pada variasi corak yang dapat disesuaikan dengan karakteristik bangunan yang bersangkutan. Tersedia tekstur halus maupun kasar pada lantai teraso, tergantung pada jenis pecahan marmer yang digunakan dalam komposisinya.

Perbedaan tekstur ini berasal dari proses pencetakan material komposit, yang membuat lantai teraso lebih tahan lama. Selain menggunakan pecahan marmer, lantai teraso juga dapat dibuat dari serpihan granit, kuarsa, pecahan kaca, bahkan serpihan kerang laut.

Di Indonesia, produksi teraso terbesar berlokasi di tiga kota, yaitu Surabaya, Bandung, dan Bali. Metode pembuatannya menggunakan sistem precast dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 20cm x 20cm hingga 60cm x 60cm.

Manfaat Lantai Teraso

Lantai teraso memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan menarik dalam desain interior. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

  1. Keindahan yang Abadi: Lantai teraso memancarkan daya tarik estetika yang tak lekang oleh waktu. Motif dan desainnya adalah karya seni dalam dirinya sendiri, dan dapat memberikan sentuhan klasik atau kontemporer pada desain interior.
  2. Tahan Lama: Lantai teraso memiliki ketahanan yang sangat baik, mampu bertahan selama bertahun-tahun, bahkan di lingkungan yang mengalami beban berat. Hal ini menjadikannya investasi jangka panjang yang sangat berharga.
  3. Mudah Dalam Perawatan: Lantai teraso merupakan permukaan yang mudah untuk dirawat. Permukaannya relatif tahan terhadap noda dan kelembaban, serta dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan pembersih yang sesuai.
  4. Beragam Pilihan Warna: kalian memiliki beragam pilihan warna dan jenis agregat yang dapat kalian pilih sesuai dengan desain interior kalian.
  5. Kualitas Udara Dalam Ruangan: Lantai teraso merupakan pilihan yang ramah lingkungan dan memiliki tingkat emisi senyawa organik volatil (VOC) yang rendah, yang berdampak positif pada kualitas udara dalam ruangan.
Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Atap Seng Per Meter Terbaru Paling Tepat

Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter

Seperti dalam kasus besaran harga pemasangan keramik lantai pada umumnya, biaya jasa pemasangan lantai teraso per meter bisa bervariasi di berbagai wilayah. Hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal.

Meskipun demikian, perbedaan harga pemasangan lantai teraso per meter di berbagai daerah di Indonesia cenderung tidak terlalu signifikan. Untuk memberikan gambaran, berikut adalah contoh analisis biaya pemasangan lantai teraso per meter persegi dengan ketebalan 3 cm, mencakup biaya material dan upah pekerja.

KeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
BAHAN
Lantai Teraso Cor0.036m3Rp3,500,000Rp126,000
TENAGA KERJA
Pekerja0.360OHRp100,000Rp36,000
Tukang Batu0.18OHRp115,000Rp20,700
Kepala Tukang0.018OHRp130,000Rp2,340
Mandor0.018OHRp130,000Rp2,340
TOTAL HARGARp187,380

Dari data analisis di atas, pemasangan lantai teraso setebal 3 cm oleh pekerja borongan membutuhkan anggaran biaya sekitar Rp 187.380, atau dapat dibulatkan menjadi Rp 187.500 per meter persegi. Perlu diingat bahwa harga pemasangan lantai teraso per meter tersebut dapat berbeda di berbagai wilayah, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang beragam.

Biaya Pasang Lantai Teraso

Di atas telah dijelaskan secara rinci tentang daftar harga pemasangan lantai teraso per meter untuk berbagai jenis dan ukuran. Namun, informasi tersebut terasa belum lengkap jika kalian tahu harga pemasangan saja, tetapi tidak tahu bagaimana cara menghitung total biaya pemasangan lantai teraso di rumah kalian.

Sama seperti ketika kalian menghitung kebutuhan keramik lantai berukuran 60×60, kalian perlu mengetahui luas total ruangan yang akan dipasangi lantai teraso terlebih dahulu. Untuk memahami dengan lebih baik, mari kita perhatikan langkah-langkah perhitungan biaya pemasangan lantai teraso menggunakan jasa pekerja borongan berikut ini.

Luas Ruangan

Sebagai contoh, jika kalian ingin memasang lantai teraso pada ruang tamu berukuran 3 m x 4 m, cara menghitung total luas ruangan adalah sebagai berikut:

  • Luas ruangan = Panjang x Lebar.
  • Luas ruangan = 4 m x 3 m.
  • Luas ruangan = 12 m2.

Biaya Pemasangan

Setelah mengetahui luas total ruangan yang akan diberi lantai teraso, langkah berikutnya adalah menghitung total biaya pemasangannya. Caranya adalah dengan mengalikan luas ruangan dengan harga pemasangan lantai teraso per meter persegi.

  • Biaya pemasangan = Luas ruangan x Harga pasang lantai teraso.
  • Biaya pemasangan = 12 m2 x Rp 187.500.
  • Biaya pemasangan = Rp 2.250.000.

Dengan demikian, untuk memasang lantai teraso di ruang tamu berukuran 3 m x 4 m, kalian akan membutuhkan anggaran sekitar Rp 2.250.000. Biaya ini mencakup pembelian material lantai teraso dan upah pekerja borongan.

Baca Juga :   √ Apa Itu Quenching Logam (Pendinginan Logam) Penjelasan Lengkapnya

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Teraso

Ketika kalian memutuskan untuk mengadopsi lantai teraso sebagai alternatif material untuk hunian, sangat penting untuk memperhatikan berbagai karakteristiknya. Keputusan ini bukan tanpa alasan, karena lantai teraso memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami akan menjelaskan secara komprehensif mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan lantai teraso sebagai pilihan lantai untuk hunian.

Kelebihan Lantai Teraso

Lantai teraso merupakan pilihan yang sangat diminati dalam industri konstruksi bangunan modern karena memiliki sejumlah kelebihan yang menonjol. Berikut adalah beberapa keunggulan lantai teraso:

  1. Permukaan Halus dan Tahan Goresan: Lantai teraso memiliki permukaan yang halus dan tahan terhadap goresan, memberikan tampilan yang elegan dan bersih.
  2. Tahan Lama: Lantai teraso dikenal karena ketahanannya yang luar biasa. Dapat bertahan bertahun-tahun, bahkan di area yang sering dilalui.
  3. Tidak Licin: Permukaan lantai teraso memiliki tekstur yang memberikan daya cengkeram yang baik, menjadikannya aman untuk berjalan, bahkan jika permukaan tersebut basah.
  4. Tahan Beban Berat: Lantai teraso mampu menahan beban berat, sehingga sangat cocok untuk digunakan di area dengan lalu lintas berat atau beban yang signifikan.
  5. Corak yang Elegan: Keindahan lantai teraso terletak pada beragamnya corak dan warna yang tersedia. Ini memungkinkan kalian untuk menyesuaikan desain interior sesuai dengan preferensi kalian.
  6. Perawatan Mudah: Lantai teraso relatif mudah dirawat. Permukaannya cukup tahan terhadap noda dan kelembaban, dan dapat dibersihkan dengan pembersih yang sesuai.
  7. Mampu Menyerap Panas: Lantai teraso memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap panas, menciptakan iklim interior yang nyaman dan hangat.

Kekurangan Lantai Teraso

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk menggunakan lantai teraso. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Harga Lebih Tinggi: Harga jual lantai teraso cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis lantai lainnya karena proses pembuatannya yang rumit.
  2. Metode Pemasangan yang Rumit: Pemasangan lantai teraso memerlukan metode yang lebih rumit dan memerlukan penggunaan sealant untuk perekatan yang kuat.
  3. Kemungkinan Kesalahan Pemasangan: Kesalahan dalam proses pemasangan dapat menyebabkan lantai teraso tidak menempel dengan baik dan bahkan mungkin terlepas.
  4. Diperlukan Keterampilan Khusus: Pemasangan lantai teraso memerlukan keahlian khusus, sehingga diperlukan pekerja berpengalaman untuk menghindari kesalahan yang dapat memengaruhi tampilan akhir lantai.

Tips Merawat Lantai Teraso Agar Tetap Indah dan Tahan Lama

Lantai teraso merupakan investasi jangka panjang dalam desain interior kalian. Untuk menjaga agar lantai teraso tetap indah dan tahan lama, perlu dilakukan perawatan yang tepat. Berikut beberapa tips untuk merawat lantai teraso kalian:

  1. Langkah Awal: Pembentukan Lapisan Pelindung
    Sebelum memulai perawatan lantai teraso, pastikan bahwa lapisan pelindung telah terpasang dengan baik. Lapisan pelindung ini berfungsi untuk melindungi permukaan lantai dari noda dan kerusakan. Jika lapisan pelindung awal sudah terkikis, pertimbangkan untuk mengaplikasikan ulang lapisan tersebut.
  2. Rutin Membersihkan:
    Membersihkan lantai teraso secara rutin adalah langkah kunci untuk menjaga penampilan yang bersih dan mencegah penumpukan debu dan kotoran yang dapat merusak permukaan lantai. Gunakan sapu atau alat penyedot debu untuk membersihkan debu dan kotoran secara teratur.
  3. Mop Secara Berkala:
    Selain membersihkan debu, lakukan penyekaan basah atau mop lantai teraso secara berkala. Gunakan air bersih atau campuran air dengan deterjen ringan. Pastikan untuk tidak menggunakan deterjen yang keras atau bahan kimia yang dapat merusak lapisan pelindung.
  4. Hindari Penggunaan Zat Kimia yang Berbahaya:
    Lantai teraso rentan terhadap bahan kimia yang keras. Hindari penggunaan zat kimia seperti pembersih asam atau amonia yang kuat. Gunakan pembersih yang dirancang khusus untuk lantai teraso atau yang direkomendasikan oleh produsen.
  5. Tidak Biarkan Cairan Bersisa:
    Setiap tumpahan cairan, terutama yang berwarna atau berbasis pigmen (seperti anggur merah atau kopi), harus segera dibersihkan. Cairan yang dibiarkan lama dapat meresap ke dalam lantai teraso dan menyebabkan noda yang sulit dihilangkan.
  6. Gunakan Alas Kaki dan Karpet Pelindung:
    Menggunakan alas kaki dan karpet pelindung dapat membantu mengurangi gesekan dan abrasi pada lantai teraso, yang dapat mencegah pengikisan yang mungkin terjadi akibat penggunaan sepatu kasar atau peralatan berat.
  7. Hindari Peralatan Berat:
    Jangan geser peralatan berat atau benda keras secara langsung di atas lantai teraso. Hal ini dapat menyebabkan goresan atau kerusakan permanen pada permukaan.
  8. Segel Ulang Secara Berkala:
    Seiring berjalannya waktu, lapisan pelindung pada lantai teraso dapat mengalami keausan. Pertimbangkan untuk menyegel ulang lantai teraso setiap beberapa tahun untuk menjaga perlindungan dan menjaga tampilan yang segar.
  9. Perbaikan Tepat Waktu:
    Jika kalian menemukan kerusakan pada lantai teraso, seperti retak atau goresan yang dalam, segera lakukan perbaikan. kalian mungkin perlu mengganti bagian yang rusak atau memperbaikinya dengan bahan yang sesuai.
  10. Konsultasikan dengan Profesional:
    Jika kalian merasa bahwa perawatan lantai teraso terlalu rumit atau jika ada masalah serius yang sulit diatasi, konsultasikan dengan profesional perawatan lantai yang berpengalaman.
Baca Juga :   √ Apa itu Atap Fiber? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya

Baca Juga :

Penutup

Dalam menjaga lantai teraso kalian tetap indah dan tahan lama, penting untuk memperhatikan perawatan yang cermat.

Dengan pemahaman mengenai kelebihan dan kekurangan lantai teraso serta langkah-langkah perawatan yang tepat, kalian dapat memastikan bahwa investasi dalam lantai teraso kalian akan memberikan nilai jangka panjang dalam desain interior kalian.

Dengan harga pasang lantai teraso per meter yang bervariasi, penting untuk merencanakan dan menghitung biaya dengan cermat agar proyek pemasangan berjalan sesuai anggaran.

Semoga artikel finoo.id ini membantu kalian dalam perjalanan kalian untuk memiliki lantai teraso yang indah dan tahan lama di rumah kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *