Harga Borongan Pasang Hebel

√ Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter Semua Ukuran Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter Semua Ukuran Terbaru. Bata hebel atau bata ringan saat ini semakin diminati dalam pembangunan rumah tinggal. Banyak orang beralih menggunakan bata hebel sebagai bahan utama untuk membuat tembok atau dinding, menggantikan peran bata merah.

Salah satu alasan popularitas bata hebel adalah ukurannya yang lebih besar, mempercepat proses pemasangan. Bobot ringan bata hebel juga menjadi alasan utama bagi banyak orang.

Di Indonesia, sejumlah kontraktor atau pemborong menawarkan jasa pemasangan hebel beserta bahan. Keberadaan jasa ini memberikan keuntungan karena pemilik rumah tidak perlu repot mencari bahan material sendiri.

Jika kalian berencana memasang hebel melalui pekerja borongan plus bahan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ongkos atau harga yang dikenakan. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga pasang hebel plus bahan untuk semua ukurannya.

Pengertian Hebel

Hebel adalah bata ringan yang terbuat dari campuran gypsum, pasir silika, semen, air batu kapur, dan bubuk aluminium. Campuran tersebut diawetkan dan dipadatkan melalui pemanasan atau tekanan tinggi menggunakan alat bernama autoclave.

Hebel memiliki sifat kedap udara yang baik dan tahan terhadap api serta jamur. Biasanya digunakan sebagai bahan untuk dinding, baik di bagian interior maupun eksterior. Awalnya, istilah “Hebel” menjadi terkenal karena merupakan merek dagang. Bata ringan ini pertama kali diproduksi oleh PT Hebel Indonesia di Jawa Barat pada tahun 1995.

Saat itu, penjualan Hebel terbatas di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Meskipun PT Hebel Indonesia telah tutup beberapa tahun yang lalu, eksistensi Hebel tetap besar, dan banyak masyarakat yang berminat menggunakannya. Seiring berjalannya waktu, muncul banyak perusahaan baru yang memproduksi Hebel. Sebagai pengganti istilah bata ringan, masyarakat tetap menggunakan nama “Hebel” yang telah akrab hingga sekarang.

Kelebihan dan Kekurangan Hebel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan Hebel adalah ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan bahan dinding lainnya. Meskipun demikian, hal ini tidak berarti bahwa material ini tidak memiliki kelemahan sama sekali. Sebagai pertimbangan, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Hebel.

Kelebihan

Kelebihan Bata Hebel:

  1. Bobot Lebih Ringan:
    Bata Hebel memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Hal ini memberikan keuntungan dalam hal transportasi, penanganan, dan proses konstruksi secara keseluruhan.
  2. Daya Tahan Setara dengan Beton:
    Meskipun memiliki bobot ringan, Hebel tetap menawarkan daya tahan yang setara dengan beton. Keunggulan ini membuatnya menjadi alternatif yang kuat dan tahan lama dalam konstruksi bangunan.
  3. Insulator yang Baik:
    Bata Hebel berperan sebagai isolator termal yang baik. Kemampuannya dalam mengisolasi panas dan dingin membuatnya cocok untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman di dalam bangunan.
  4. Proses Pemasangan Cepat:
    Ukuran besar Bata Hebel memungkinkan proses pemasangannya menjadi lebih cepat dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Hal ini dapat menghemat waktu konstruksi secara signifikan.
  5. Finishing Lebih Mudah:
    Bata Hebel menyediakan permukaan yang rata dan halus, memudahkan proses finishing atau tahapan akhir pembangunan. Ini dapat mengurangi pekerjaan tambahan yang diperlukan untuk mencapai hasil akhir yang estetis.
  6. Hemat Biaya Pemasangan:
    Kemampuan pemasangan yang cepat dan mudah dari Bata Hebel dapat mengurangi biaya tenaga kerja, sehingga menjadi pilihan ekonomis untuk konstruksi.
  7. Tahan Terhadap Air:
    Sifat tahan air Bata Hebel membuatnya cocok untuk digunakan di daerah yang rentan terhadap curah hujan tinggi atau kelembapan. Ini mengurangi risiko kerusakan akibat paparan air.
  8. Kedap Suara:
    Bata Hebel memiliki sifat kedap suara yang baik, memberikan keuntungan dalam menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman di dalam ruangan.
Baca Juga :   Cara Pasang Hebel Serta Perhitungan Kebutuhan Yang Tepat

Kekurangan

Kekurangan Bata Hebel:

  1. Harga Cenderung Mahal:
    Salah satu kekurangan utama Bata Hebel adalah harganya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa alternatif bahan konstruksi. Ini dapat menjadi faktor pembatas bagi pengembang atau pemilik proyek dengan anggaran terbatas.
  2. Diperlukan Tukang Berpengalaman:
    Proses pemasangan Bata Hebel membutuhkan keterampilan khusus. Seorang tukang yang berpengalaman dalam penanganan material ini diperlukan untuk memastikan instalasi yang benar dan optimal.
  3. Proses Pengeringan Lama:
    Setelah dipasang, Bata Hebel membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengering sepenuhnya. Hal ini dapat memperlambat progres konstruksi dan memerlukan perencanaan waktu yang cermat agar tidak menghambat tahapan konstruksi berikutnya.
  4. Membutuhkan Perekat Khusus:
    Untuk memastikan kekuatan dan daya tahan optimal, Bata Hebel memerlukan perekat khusus selama proses pemasangannya. Hal ini dapat menambah biaya dan kompleksitas proses konstruksi.
  5. Besar Kemungkinan Terbuangnya Bahan:
    Selama pembangunan, terdapat kemungkinan adanya pemborosan bahan saat memotong atau menyusun Bata Hebel. Hal ini dapat meningkatkan biaya total proyek dan menciptakan limbah yang perlu dikelola dengan bijak.

Ukuran Standar Hebel

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga borongan pasang hebel plus bahan, penting untuk mengetahui ukuran stkalianrnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui ukuran yang ideal, kalian akan dapat menghitung kebutuhan hebel yang relevan untuk konstruksi dinding bangunan.

Di pasar Indonesia, terdapat dua ukuran bata hebel yang umum digunakan sebagai material dinding rumah, yakni ukuran 7.5 cm x 20 cm x 60 cm atau 10 cm x 20 cm x 60 cm. Pemilihan ukuran hebel tersebut sebenarnya bergantung pada kebutuhan dan preferensi pemilik rumah.

Tentu saja, setiap ukuran akan berdampak pada HARGA HEBEL PER KUBIK di pasaran. Oleh karena itu, disarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan para tukang atau pemborong mengenai pilihan ukuran hebel yang akan digunakan, sambil tetap memperhatikan tingkat kekuatannya. Dengan demikian, kalian dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan untuk proyek konstruksi bangunan kalian.

Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan

Perlu dipahami bahwa sistem kerja pekerja borongan pasang hebel plus bahan melibatkan pemborong atau kontraktor yang menyediakan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk pemasangan. Dengan kata lain, pemilik rumah tidak perlu repot mencari sendiri material seperti hebel, lem perekat, dan lainnya.

Baca Juga :   √ Harga Besi Siku Semua Jenis & Ukuran: Per Kg dan Per Batang

Secara prinsip, harga borongan pasang hebel plus bahan dapat bervariasi di beberapa wilayah karena adanya sejumlah faktor. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga borongan termasuk kondisi pekerjaan, tingkat kompleksitas, dan risiko selama proses pemasangan.

Meskipun demikian, perbedaan harga borongan pasang hebel tersebut umumnya tidak terlalu signifikan. Biasanya, para pekerja borongan pasang hebel plus bahan menetapkan harga berkisar antara Rp 125.000 hingga Rp 150.000 per meter persegi.

Ukuran, kualitas, dan merek dari bahan bata hebel dan perekatnya juga dapat memengaruhi harga borongan secara keseluruhan. Kami menyarankan untuk meminta pemborong menggunakan material berkualitas, meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi. Ini dapat memastikan keberlanjutan dan kekuatan konstruksi jangka panjang, serta mengurangi risiko masalah yang mungkin muncul di kemudian hari.

Menghitung Volume Pekerjaan

Langkah awalnya adalah menghitung total volume pekerjaan dinding yang akan menggunakan bahan hebel. Sebagai ilustrasi, jika kalian hendak membangun rumah dengan ukuran 8 x 12 meter dan tinggi dinding 3.5 meter menggunakan bata ringan, maka perhitungannya dapat dijabarkan sebagai berikut.

Diketahui :

  • Panjang rumah : 12 meter
  • Lebar rumah : 8 meter
  • Tinggi dinding hebel : 3.5 meter

Perhitungan :

  • Keliling bangunan : (2 x Panjang) + (2 x Lebar)
  • Keliling bangunan : (2 x 12) + (2 x 8) = 40 m2
  • Volume : Keliling bangunan x Tinggi dinding
  • Volume : 40 m2 x 3.5 m = 140 m2

Oleh karena itu, total volume pekerjaan pemasangan dinding menggunakan bata ringan hebel pada rumah berukuran 8 x 12 meter sekitar 140 meter persegi.

Menghitung Harga Borongan Per Meter

Tahap berikutnya adalah menghitung harga borongan pasang hebel per meter persegi. Sebelumnya, kalian perlu mengetahui upah pekerja per hari dan koefisien sesuai dengan Stkalianr Nasional Indonesia (SNI). Berikut adalah langkah-langkah perhitungan harga borongan pasang hebel untuk rumah berukuran 8 x 12 meter.

Diketahui :

  • Volume pekerjaan : 140 m2
  • Upah per hari : Rp 110.000
  • Koefisien SNI : 0.1

Perhitungan :

  • Upah borongan : Volume x Upah per hari x Koefisien SNI
  • Upah borongan : 140 m2 x Rp 110.000 x 0.1 = Rp 1.540.000

Berdasarkan perhitungan tersebut, perkiraan harga borongan pasang hebel per meter persegi untuk rumah berukuran 8 x 12 meter adalah sekitar Rp 1.540.000.

Biaya Lainnya

Di samping itu, penting untuk menyiapkan dana tambahan sebagai cadangan untuk mengantisipasi kemungkinan hal-hal yang tidak terduga. Umumnya, biaya tak terduga ini sekitar 15% dari total harga borongan.

  • Biaya lainnya : 15% x Rp 1.540.000 = Rp 231.000.
  • Total harga borongan : Rp 1.540.000 + Rp 231.000 = Rp 1.771.000.

Harap diingat, harga borongan pasang hebel yang telah disebutkan sebelumnya belum mencakup biaya pembelian bahan materialnya. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan survei ke beberapa toko material atau bangunan guna memperoleh harga hebel yang bersaing.

Tips Memilih Bata Ringan Hebel

Setelah berhasil menghitung harga borongan pasang hebel per meter, penting untuk memahami cara memilih material dengan kualitas yang baik. Berikut beberapa tips memilih bata ringan hebel berkualitas:

Baca Juga :   Harga Borongan Gali Septic Tank Terbaru Semua Jenis & Ukuran

  1. Pilihlah Jenis AAC (Autoclaved Aerated Concrete):
    Pilih bata ringan hebel yang termasuk dalam jenis AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Jenis ini dikenal karena memiliki struktur yang ringan dan kuat, membuatnya ideal untuk digunakan sebagai bahan konstruksi.
  2. Warna Putih Bersih:
    Pastikan bata ringan hebel memiliki warna putih bersih. Warna yang bersih menunjukkan kualitas material yang baik dan juga dapat memudahkan proses finishing atau pengecatan.
  3. Lolos Uji Sertifikat SNI atau Internasional:
    Pilih material yang telah lolos uji sertifikat Stkalianr Nasional Indonesia (SNI) atau stkalianr internasional. Sertifikasi ini menjamin bahwa bahan tersebut memenuhi stkalianr kualitas yang ditetapkan.
  4. Pilih Merek Terpercaya Meskipun Harganya Sedikit Lebih Mahal:
    Belilah bata ringan hebel dari merek terpercaya, meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi. Merek terkenal cenderung menjaga kualitas produk mereka dan memberikan keamanan ekstra terkait performa material.
  5. Pastikan Bentuknya Presisi:
    Perhatikan dengan cermat bentuk bata ringan hebel yang akan dibeli. Pilihlah yang memiliki bentuk yang presisi dan tidak mengalami cacat produksi, sehingga memastikan kemudahan dalam proses pemasangan.
  6. Pilih Produk yang Memiliki Garansi:
    Pilihlah produk bata ringan hebel yang dilengkapi dengan garansi. Garansi ini memberikan keamanan tambahan karena jika terjadi kecacatan atau masalah kualitas, kalian dapat menukarkan atau mengembalikan produk tersebut.

Dengan memperhatikan tips ini, kalian dapat memastikan bahwa bata ringan hebel yang dipilih memiliki kualitas terbaik, mendukung keberlanjutan konstruksi, dan memberikan hasil yang optimal untuk proyek pembangunan kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menghitung dan mempertimbangkan Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter, perlu dicatat bahwa keputusan dalam memilih material konstruksi memegang peranan penting dalam keseluruhan proyek pembangunan.

Dengan pemahaman yang baik tentang harga borongan, langkah selanjutnya adalah memastikan pemilihan bata ringan hebel yang tepat.

Penting untuk tidak hanya berfokus pada aspek harga semata, tetapi juga memperhatikan kualitas material. Memilih bata ringan hebel yang berkualitas tinggi, melalui merek terpercaya dan dengan sertifikasi stkalianr, dapat memberikan keamanan dan performa yang optimal untuk struktur bangunan.

Dengan demikian, keputusan yang bijaksana dalam memilih Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter serta bata ringan hebel yang berkualitas akan membawa dampak positif dalam jangka panjang, memberikan keberlanjutan, dan menciptakan bangunan yang kokoh serta tahan lama.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter Semua Ukuran Terbaru. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *