Harga Borongan Taman

√ Harga Borongan Taman Per Meter Persegi Terbaru Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Taman Per Meter Persegi Terbaru Lengkap. Seperti yang kita ketahui, taman adalah area umum yang biasanya ditanami berbagai jenis tanaman dan bunga. Taman ini dapat terletak di bagian depan atau belakang rumah, dengan ukuran tertentu.

Penting untuk dicatat bahwa keberadaan taman di rumah dapat meningkatkan keindahan, kecantikan, dan kesegaran lingkungan. Selain itu, taman juga dapat berfungsi sebagai pelengkap eksterior rumah, memberikan nuansa sejuk dan asri pada hunian.

Di Indonesia, saat ini sudah banyak kontraktor dan pemborong yang menawarkan jasa pembuatan taman. Umumnya, mereka menentukan harga jasa berdasarkan hitungan per meter persegi.

Bagi yang berencana menggunakan jasa pemborong untuk membuat taman di rumah, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu besaran harga yang diberlakukan. Untuk membantu dalam hal ini, kami akan menjelaskan mengenai harga borongan taman per meter persegi untuk semua jenis dan ukuran.

Manfaat Taman Rumah

Sebelum kita melanjutkan dengan pembahasan mengenai harga borongan taman per Meter Persegi, penting untuk memahami beberapa manfaat dan kegunaannya. Salah satu manfaat utama dari memiliki taman di rumah adalah kemampuannya sebagai area resapan air hujan, memungkinkan air tersebut meresap ke dalam tanah.

Manfaat ini memiliki dampak positif sebagai upaya penyelamatan dan pencegahan dari banjir saat musim hujan tiba. Daripada penasaran, mari kita telaah beberapa manfaat lain yang dapat diberikan oleh keberadaan taman di dalam sebuah hunian:

  1. Sebagai Area Resapan Air:
    Taman berperan sebagai area resapan air, membantu mengurangi risiko banjir dengan menyediakan tempat bagi air hujan untuk meresap ke dalam tanah.
  2. Mempercantik Hunian:
    Taman memberikan sentuhan estetika dan keindahan pada hunian, menciptakan pemkalianngan yang menyegarkan dan memikat.
  3. Menangkal Polusi:
    Tanaman di taman berperan sebagai penyaring udara alami, membantu mengurangi polusi udara dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih.
  4. Menghadirkan Suasana Sejuk pada Rumah:
    Daun hijau dan pepohonan di taman menciptakan nuansa sejuk, memberikan kesejukan pada lingkungan sekitar rumah.
  5. Sebagai Area untuk Menghabiskan Waktu Senggang:
    Taman dapat dijadikan tempat yang ideal untuk bersantai dan menghabiskan waktu senggang bersama keluarga atau teman.
  6. Tempat Menyalurkan Hobi:
    Bagi pecinta taman, keberadaannya dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi berkebun atau merawat tanaman.
Baca Juga :   √ Material Lantai Carport Yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Dengan memahami manfaat-manfaat tersebut, kita dapat lebih menghargai peran taman dalam meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan di sekitar kita.

Kebutuhan Komponen Taman

Ketika ingin mengetahui besaran harga borongan untuk pembuatan taman berbagai jenis per Meter Persegi, penting bagi kalian untuk memahami komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Secara umum, sebuah taman terdiri dari beberapa komponen utama, termasuk rumput dan tanaman.

Dalam perbandingan umum, biasanya digunakan rumput sebanyak 70% dan tanaman sebanyak 30%. Namun, perlu diperhatikan bahwa komponen tanaman sebanyak 30% tersebut dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni tanaman kecil, sedang, hingga tanaman besar.

Kontraktor atau pemborong taman umumnya merinci adanya tiga komponen inti di dalamnya, yaitu softscape, hardscape, dan artscape. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa kebutuhan komponen dalam pembuatan taman akan disesuaikan dengan preferensi pemilik rumah.

Sebagai informasi tambahan, perlu juga diperhatikan bahwa biaya pembuatan taman per Meter Persegi dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis tanaman yang dipilih, material yang digunakan dalam hardscape, dan desain artscape yang diimplementasikan. Oleh karena itu, sebelum menetapkan keputusan, disarankan untuk berdiskusi dengan kontraktor atau pemborong taman guna mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai komponen-komponen dan estimasi biaya yang tepat untuk proyek taman kalian.

Harga Borongan Taman Per Meter Persegi

Setelah memahami sejumlah manfaat dan kebutuhan komponen dalam sebuah taman, langkah selanjutnya adalah masuk ke pembahasan pokok mengenai besaran harga borongan untuk pembuatannya. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, umumnya para kontraktor menentukan harga jasa borongan dengan hitungan per meter persegi (Meter Persegi).

Sebagaimana halnya pada harga borongan bangunan secara umum, ongkos jasa pembuatan taman per Meter Persegi juga dapat bervariasi di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penting untuk dicatat bahwa biaya tersebut umumnya mencakup pemasangan, perapihan lahan, dan pemeliharaan kebersihan.

Di beberapa kota besar, besaran harga borongan taman per Meter Persegi berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 350.000. Untuk memberikan gambaran lebih detail, berikut beberapa komponen yang termasuk dalam jasa borongan pembuatan taman beserta estimasi harganya, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya:

Baca Juga :   √ Apa Itu Nat Granit? Serta Alasan Mengapa Nat Itu Penting!

Paket 1 (Rp 150.000 per Meter Persegi):

  1. Rumput gajah mini.
  2. Tanaman hias (list dan bordir).
  3. Steping pijak.

Paket 2 (Rp 350.000 per Meter Persegi):

  1. Rumput gajah mini.
  2. 2 pohon utama (palem/pkaliann bali dan bonsai) dengan ukuran 1.5 m.
  3. Tanaman hias (bordir & list).
  4. Steping pijak.

Perlu diingat sekali lagi bahwa besaran harga borongan pembuatan taman per Meter Persegi di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi. Selain itu, kontraktor atau pemborong taman biasanya memiliki ketentuan terkait dengan luas minimum lahan yang akan dijadikan taman.

Cara Menghitung Borongan Taman Per Meter Persegi

Tidak lengkap rasanya jika kita telah memahami besaran harga borongan taman per Meter Persegi, tetapi belum mengetahui cara menghitungnya. Secara umum, perhitungan biaya borongan untuk pembuatan taman hampir mirip dengan perhitungan biaya bangun rumah per meter.

Pada dasarnya, kalian hanya perlu mengalikan harga borongan taman per meter persegi dengan total luas lahan yang akan digunakan. Misalnya, jika kalian berencana membuat taman di halaman depan rumah seluas 20 meter persegi dengan menggunakan pekerja borongan, berikut adalah cara menghitungnya:

Paket 1:

  • Biaya pembuatan taman: Harga borongan x Luas taman.
  • Biaya pembuatan taman: Rp 150.000 x 20 Meter Persegi = Rp 3.000.000.

Paket 2:

  • Biaya pembuatan taman: Harga borongan x Luas taman.
  • Biaya pembuatan taman: Rp 300.000 x 20 Meter Persegi = Rp 6.000.000.

Dengan cara ini, kalian dapat dengan mudah mengestimasi biaya total yang dibutuhkan untuk pembuatan taman sesuai dengan paket yang kalian pilih. Perlu diingat bahwa perhitungan ini dapat memberikan gambaran awal, namun penting untuk selalu berkomunikasi dengan kontraktor atau pemborong taman untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan proyek kalian.

Tips Membuat Taman Sederhana

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya mengenai harga borongan pembuatan taman per Meter Persegi beserta langkah-langkah menghitungnya, untuk memastikan bahwa proses pembuatan taman di rumah berjalan dengan lancar, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Pilih Tanaman dengan Bijak

Sebelum memulai pembuatan taman, pilihlah tanaman yang sesuai dengan iklim, kondisi tanah, dan gaya taman yang diinginkan. Pertimbangkan kebutuhan tanaman terhadap sinar matahari, air, dan perawatan yang diperlukan.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Tentukan lokasi yang optimal untuk menanam tanaman, memperhatikan kondisi cahaya matahari dan tata letak taman. Pastikan tanaman mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup sesuai dengan jenisnya.

Baca Juga :   √ Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana: Harian & Borongan

3. Memulai di Area yang Tepat

Mulailah proses pembuatan taman dari area yang strategis atau fokus pada bagian tertentu yang ingin diprioritaskan. Ini dapat membantu memastikan bahwa bagian utama atau pusat perhatian taman dapat segera dinikmati.

4. Pilih Media Tanam yang Berkualitas

Pemilihan media tanam yang baik sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pastikan media tanam yang digunakan kaya akan nutrisi dan memiliki kemampuan retensi air yang baik.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, proses pembuatan taman di rumah dapat menjadi lebih efisien dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Perencanaan yang baik sejak awal, pemilihan tanaman yang bijak, serta perhatian terhadap faktor lokasi dan media tanam akan memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan proyek taman kalian.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, memahami harga borongan taman per Meter Persegi adalah langkah awal yang krusial untuk memulai proyek penghijauan di rumah.

Dengan adanya pemahaman mengenai manfaat, kebutuhan komponen, dan cara menghitungnya, kalian dapat merencanakan dan melaksanakan pembuatan taman dengan lebih efektif.

Dengan mengikuti tips-tips praktis, seperti pemilihan tanaman yang tepat dan pemilihan lokasi yang optimal, kalian dapat memastikan keberhasilan proyek taman kalian.

Sehingga, hasil akhirnya tidak hanya memperindah rumah, tetapi juga menciptakan lingkungan yang sejuk, indah, dan penuh keasrian.

Jadi, apapun pilihan kalian dalam merencanakan taman di rumah, perhatikan dengan cermat harga borongan taman per Meter Persegi dan pastikan setiap langkah diambil dengan pertimbangan matang untuk menciptakan taman yang mengagumkan dan sesuai dengan keinginan kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Taman Per Meter Persegi Terbaru Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *