TV Tidak Merespon Remot

Berikut Penyebab TV Tidak Merespon Remot & Cara Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Berikut Penyebab TV Tidak Merespon Remot & Cara Mengatasinya. Sekarang ini, hampir semua model TV dilengkapi dengan remote. Fungsi remote ini adalah untuk mengontrol TV dari jarak jauh tanpa harus menekan tombol manual pada TV.

Dengan adanya remote, menonton TV jadi lebih nyaman dan mudah. Kita bisa dengan mudah mengganti saluran atau mengatur volume TV tanpa harus repot menekan tombol pada panel TV.

Untuk menggunakan remote, TV harus dipasang dengan sensor yang dapat merespons sinyal dari remote ketika salah satu tombol ditekan. Sensor juga terpasang pada remote itu sendiri.

Kita pasti setuju bahwa keberadaan remote sangat penting dalam menonton TV. Tapi, bagaimana jika remote tidak berfungsi dengan baik sehingga TV tidak merespon perintah dari remote? Artikel ini akan membahas beberapa penyebab mengapa TV tidak merespon remote.

Penyebab dan TV Tidak Merespon Remot

Biasanya, televisi akan merespon perintah dari remote melalui sensor yang terdapat pada kedua perangkat tersebut. Namun, terkadang TV tidak merespon remote, yang bisa disebabkan oleh kerusakan pada remote atau kerusakan pada TV itu sendiri.

Untuk memastikan penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan pada kedua perangkat tersebut. Berikut penjelasan lebih detailnya.

Kerusakan di Remot TV

Untuk memastikan penyebab TV tidak merespon remote, pertama-tama kita dapat memeriksa komponen remote. Kemungkinan masalah bukan pada TV itu sendiri.

Masalah dapat disebabkan karena baterai habis, besi penghubung baterai berkarat, kesalahan karena remote terkena air, atau kesalahan saat memasukkan kode remote jika menggunakan remote universal.

1. Habis Baterai

Umumnya, remote TV menggunakan baterai AA sebagai sumber daya utama untuk menjalankan fungsinya. Jika baterainya habis, remote akan kehilangan pasokan daya dan tidak berfungsi.

Untuk memeriksa baterai, kita bisa mengecek tegangan yang tersisa pada kedua baterai yang terpasang menggunakan multitester analog atau digital. Jika tidak memiliki multitester, bisa mencoba menukar baterai dengan perangkat lain yang menggunakan ukuran baterai yang sama. Jika baterai masih memiliki daya, maka masalah bukan pada baterainya.

Baca Juga :   Daftar Service Center TV Sharp di Berbagai Kota

2. Besi Penghubung Baterai Berkarat

Untuk menghantarkan arus ke remote, baterai dilengkapi dengan penghubung sehingga arus dapat masuk ke remote dan remote dapat berfungsi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa bagian penghubung besi tersebut apakah masih dalam kondisi baik atau sudah berkarat. Jika besi penghubung sudah berkarat, arus listrik sulit bahkan tidak dapat dihantarkan dengan baik, yang mengakibatkan remote tidak berfungsi.

3. Masalah di Sensor Remot

TV yang tidak merespon remote juga bisa disebabkan oleh kerusakan atau masalah pada bagian sensor remote yang mengakibatkan remote tidak dapat mengirimkan sinyal ke TV.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan pada sensor remote untuk memastikan apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk mengecek sensor remote, dapat menggunakan bantuan kamera ponsel. Caranya adalah dengan menekan tombol pada remote dan mengarahkannya ke kamera ponsel.

Jika terlihat cahaya pada layar ponsel saat salah satu tombol ditekan, maka sensor masih berfungsi dengan baik. Namun, jika tidak ada cahaya yang muncul di layar ponsel, menkaliankan sensor remote telah rusak. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka kamera ponsel
  • Posisikan atau arahkan sensor remote ke kamera ponsel
  • Tekan salah satu tombol pada remote
  • Jika terlihat cahaya pada layar ponsel saat tombol ditekan, maka sensor masih berfungsi dengan baik.

4. Remot TV Terkunci

Salah satu penyebab TV tidak merespon remote adalah karena remote TV terkunci, yang membuat remote terlihat tidak berfungsi sama sekali. Biasanya hal ini dapat diatasi dengan melepas penguncinya.

Namun, jika ada penghalang pada sensor remote seperti lakban, kotoran, bekas cat, atau lainnya, hal ini juga dapat menyebabkan TV tidak merespon remote. Sebab, penghalang akan menghalangi sensor remote dan mencegah perintah remote dapat diterima oleh sensor TV.

Oleh karena itu, pastikan tidak ada penghalang antara sensor remote dengan sensor yang ada di TV agar perintah dari remote dapat diterima dengan baik oleh sensor TV.

5. Kode Remot Salah

Bagi yang menggunakan remote universal, perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu dengan cara memasukkan kode agar remote dapat berfungsi. Namun, jika salah memasukkan kode pada remote, akan membuat remote tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan karena remote multifungsi ini tidak dapat mengidentifikasi tipe dan merek TV dengan benar.

Kerusakan Pada TV

Setelah memastikan bahwa remot TV tidak bermasalah dan masih berfungsi dengan baik, kemungkinan kerusakan terdapat pada TV yang mengakibatkan tidak dapat merespon remot.

Baca Juga :   Skema SMPS Gacun : Cara Membuat dan Daftar Komponennya

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan TV tidak dapat merespon atau menerima perintah dari remot, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Masalah Di Sensor TV

Penyebab pertama TV tidak merespon remote adalah adanya kerusakan pada sensor penerima yang terdapat pada TV. Meskipun kemungkinannya kecil, hal ini bisa terjadi pada sebuah perangkat televisi.

Biasanya, ini terjadi karena adanya solderan yang kendor atau lepas, sehingga perlu dilakukan penyolderan ulang untuk memperkuat kaki-kaki komponen. Namun, jika komponen memang sudah rusak, sebaiknya dilakukan pergantian dengan yang baru agar dapat berfungsi kembali dengan normal.

2. Kerusakan IC Tertentu

Jika terdapat masalah atau kerusakan pada IC tertentu yang ada di TV, hal ini juga dapat mengakibatkan TV kehilangan respon dalam menerima perintah dari remot. Biasanya, IC tersebut letaknya tidak jauh dari sensor TV dan masih memiliki fungsi yang berkaitan.

Adanya kerusakan pada IC program juga dapat menjadi penyebab kurangnya respon TV, sehingga perlu dilakukan penggantian IC tersebut untuk memperbaiki kerusakan.

3. Terdapat Penghalang Pada Sensor TV

Perintah dari remot akan diteruskan ke TV dengan bantuan sensor yang ada di kedua perangkat. Sinyal perintah ini akan diterima dengan baik jika kedua sensor saling berhadapan tanpa adanya penghalang, meskipun dengan jarak yang jauh.

Jika ada benda yang menghalangi sensor penerima di TV, TV tidak akan dapat merespon atau menerima perintah dari remot, karena sinyal tidak dapat sampai. Oleh karena itu, pastikan tidak ada penghalang antara sensor remot dengan sensor penerima di TV, agar perintah dapat diterima dengan baik tanpa ada masalah.

Cara Mengatasi TV Tidak Merespon Remot

Setelah mengetahui penyebab TV tidak merespon remote, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mengatasinya. Cara mengatasi TV tidak merespon remote dapat disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

1. Ganti Baterai Baru

Jika permasalahan TV tidak merespon remote disebabkan oleh baterai pada remote yang sudah habis/rendah, satu-satunya cara adalah dengan mengganti baterai baru. Pastikan untuk mengganti baterai dengan ukuran yang sama.

2. Bersihkan Besi Penghubung

Untuk mengatasi TV tidak merespon remote akibat besi penghubung baterai remot yang kotor atau terhalang, langkah yang dapat dilakukan adalah membersihkannya. Tujuan dari pembersihan ini adalah agar arus baterai dapat mengalir dengan normal.

3. Ganti Sensor Remot yang rusak

Jika sensor remot mengalami kerusakan dan tidak merespon, langkah yang dapat dilakukan adalah menggantinya dengan sensor yang serupa. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa sensor pada unit remot memang rusak dan harus diganti.

Baca Juga :   Cara Menampilkan Subtitle Di TV LG Semua Tipe Termudah

4. Buka Kunci atau Password TV

Untuk mengatasi TV yang tidak merespon remote karena terkunci, langkah yang perlu dilakukan adalah membuka passwordnya. Untuk pengguna TV Sharp, pada pembahasan sebelumnya sudah disampaikan cara membuka TV yang terkunci.

5. Masukkan Kode Remot Ulang

Jika TV tidak merespon remote karena kesalahan dalam memasukkan kode remot saat mengganti remot baru, cara mengatasinya adalah dengan memasukkan kode remot TV ulang. Untuk yang belum mengetahui, berikut adalah kode remot TV lengkap yang dapat digunakan.

6. Ganti Sensor di Unit TV

Jika TV tidak merespon remote karena sensor di unit TV dan terjadi solderan kaki-kaki yang terlepas, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penyolderan ulang. Namun, jika sensor tersebut rusak, maka langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan sensor yang serupa.

7. Ganti IC

Kerusakan pada IC program dapat menjadi penyebab tidak optimalnya respon TV terhadap remote. Untuk mengembalikan kinerja sensor seperti semula, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mengganti IC tersebut dengan yang sama dan memasangnya.

8. Pastikan Tidak Ada Penghalang

Terakhir, jika TV tidak merespon remote karena adanya penghalang antara sensor pada unit remot dan TV, cara mengatasinya adalah dengan memastikan tidak ada penghalang sehingga perintah dari remote dapat tersampaikan dengan baik.

Catatan: Untuk mendapatkan komponen pengganti, kalian dapat mencarinya di toko elektronik terdekat. Namun, jika kalian kurang yakin dan tidak memahami cara mengatasi sendiri, lebih baik memanggil jasa tukang service.

Itulah informasi terkait TV tidak merespon remote beserta penyebab dan cara mengatasinya yang bisa kami sampaikan. Bagi para pemilik TV yang mengalami masalah serupa, informasi di atas bisa dimanfaatkan.

Baca Juga :

Penutup

Mengatasi masalah TV yang tidak merespon remot memang terkadang memerlukan waktu dan kesabaran. Namun, dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, kalian dapat mengatasi masalah tersebut dan menikmati tayangan TV kembali dengan nyaman dan lancar.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Berikut Penyebab TV Tidak Merespon Remot & Cara Mengatasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *