Tower Pemancar TV Digital Terdekat

Berikut Tower Pemancar TV Digital Terdekat Seluruh Indonesia

Posted on

Finoo.id – Berikut Tower Pemancar TV Digital Terdekat Seluruh Indonesia. Saat ini, masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati siaran TV digital meskipun belum secara menyeluruh. Program migrasi siaran analog ke digital ini mendapat antusiasme dari masyarakat, yang terlihat dari peningkatan penggunaan televisi digital dan Set Top Box.

Televisi digital dan Set Top Box adalah syarat utama untuk menangkap dan menampilkan sinyal siaran TV digital pada layar televisi. Namun, pengetahuan mengenai cara beralih ke TV digital juga penting agar dapat menikmati siaran TV digital dengan kualitas gambar dan suara terbaik.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tampilan siaran TV digital pada layar televisi, seperti kode pos, kualitas Set Top Box (untuk pengguna STB), dan komponen pendukung lainnya seperti kabel koaksial dan antena. Selain perangkat, faktor eksternal seperti cuaca buruk, tinggi atau rendahnya pengaturan, serta arah antena juga penting untuk mendapatkan hasil tayangan terbaik.

Untuk arah antena, disarankan untuk mengarahkannya ke tower pemancar TV digital terdekat agar mendapatkan hasil terbaik. Dengan mengetahui lokasi tower pemancar stasiun transmisi terdekat di daerah Anda, dapat membantu menentukan arah antena TV sehingga sinyal siaran TV digital DVB-T2 terbaik dan maksimal dapat diterima. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, finoo.id akan berbagi informasi mengenai lokasi tower pemancar TV digital terdekat di seluruh wilayah Indonesia.

Mengenai Tower Pemancar TV Digital

Stasiun pemancar TV, atau yang juga dikenal sebagai stasiun relai televisi, merupakan tempat di mana siaran televisi dipancarkan pada wilayah tertentu setelah mendapat persetujuan dari pemilik stasiun televisi yang bersangkutan.

Baca Juga :   Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang Dengan Mudah

Setiap stasiun relai dilengkapi dengan pengendali siaran, yaitu pengulang dan pemancar. Pengulang berfungsi untuk mengatur penerimaan siaran televisi dari studio pusat, seperti Jakarta, sedangkan pemancar digunakan untuk memancarkan siaran tersebut ke seluruh wilayah yang dituju.

Stasiun relai televisi biasanya ditempatkan di dataran tinggi dan jauh dari pemukiman, agar dapat menjangkau area siaran yang lebih luas.

Aplikasi SinyalTVDigital

SaluranTVDigital adalah sebuah aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store dan merupakan cara praktis untuk mengecek kualitas sinyal antena TV di lokasi masing-masing.

Kualitas sinyal TV dan sinyal TV digital bisa berbeda tergantung pada lokasi yang diinginkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui apakah lokasi mereka memiliki sinyal TV digital yang lemah, sinyal TV yang buruk, atau bahkan tidak ada sinyal TV sama sekali.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur detail mengenai sinyal TV dan memungkinkan pengguna untuk melakukan pengecekan saluran TV digital dalam satu aplikasi. Dengan peta sebaran pemancar sinyal TV digital di seluruh Indonesia, masyarakat dapat mengecek apakah saluran TV digital di kota mereka tersedia atau tidak.

Aplikasi ini sangat berguna sebelum memutuskan untuk membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

Tower Pemancar TV Digital Terdekat

Berikut ini adalah daftar lokasi tower pemancar televisi digital seluruh Indonesia sebagai panduan untuk menentukan arah antena TV ketika sedang melakukan setting pencarian saluran TV digital pada perangkat Anda:

LOKASI TOWER PEMANCARJANGKAUANPUSAT
PanyandaanBandung dan CimahiLembang, Jawa Barat
NagrakSebagian Garut UtaraNagrak, Cicalengka, Jawa Barat
Gunung CikurayGarut dan TasikmalayaGarut, Jawa Barat
Bandar BaruMedanSibolangit, Sumatera Utara
Geu GajahAcehAceh
Gunung NonaAmbonAmbon, Maluku
Oro oro omboMalangDressel, Jawa Timur
Bukit GombelSemarangUtara Semarang. Jawa Tengah
Tangkuban PerahuSubangSubang, Jawa Barat
Gunung TelaBogorGunung Salak, Jawa Barat
Gunung PatukYogyakartaGunung Kidul, Yogyakarta
JogloJakartaJakarta Barat
Bukit BakungDenpasarJimbaran, Bali
Hang Tuah UjungPekanbaruSiak Sri Indrapura, Riau
PakattoMakassar dan Kab. GowaBontomarannu Kab. Gowa, Sulawesi Selatan
Gunung DepokBanyumasBanyumas, Jawa Tengah
SekupangKota BatamSekupang, Kepulauan Riau
BentiringBengkuluKota Bengkulu, Bengkulu
Gunung Manumbing dan Gunung MangkolPangkal PinangKabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung
PadabeungharCirebon, Kuningan dan MajalengkaKabupaten Kuningan, Jawa Barat
GantunganTegalTegal, Jawa Tengah
Angkatan 45 (Kampus)Palembang, Ogan Komering Ilir, Ogan IlirPalembang, Sumatera Selatan
Baca Juga :   Cara Membuka Siaran Parabola Yang Bertanda $ Paling Mudah

Cara Cek Lokasi Tower Pemancar TV Digital Terdekat

Selain daftar lokasi tower pemancar televisi digital di atas, Anda juga dapat mengecek lokasi tower pemancar televisi terdekat menggunakan aplikasi SinyalTVdigital. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya:

  1. Unduh dan instal aplikasi SinyalTVdigital pada ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi dan berikan izin akses lokasi.
  3. Masukkan lokasi yang ingin Anda cek pada kolom “Cari Lokasi”.
  4. Pilih opsi “Cari” untuk mengetahui apakah lokasi tersebut sudah tercover oleh siaran TV digital atau belum.
  5. Setelah itu, akan muncul tanda panah yang menunjukkan lokasi Anda. Informasi mengenai lokasi Anda akan ditampilkan, di mana warna merah menandakan sinyal digital kuat, warna hijau menandakan sinyal sedang, dan warna putih/abu-abu menandakan sinyal lemah.
  6. Untuk mengecek lokasi tower pemancar TV terdekat, klik tanda panah lokasi tersebut dan aplikasi akan menampilkan lokasi tower pemancar TV digital terdekat.

Lebih baik pakai TV digital atau STB?

Mungkin beberapa dari Anda masih bingung apakah lebih baik membeli TV digital baru atau menggunakan STB sebagai alat bantu untuk menonton siaran TV digital.

Penting untuk dicatat bahwa untuk menonton siaran TV digital, pastikan bahwa televisi yang digunakan memang bisa menangkap sinyal digital tersebut. Anda dapat memeriksa apakah TV Anda bisa menangkap sinyal digital melalui situs Kominfo.

Jika televisi Anda tidak masuk dalam daftar tersebut, sebaiknya Anda menggunakan alat tambahan, yakni STB atau digital box TV yang mendukung standar TV digital DVB-T2 di Indonesia. Hal ini lebih hemat biaya dan memungkinkan penggunaan kembali TV analog Anda. Anda juga dapat melihat rekomendasi set top box TV digital dengan berbagai macam harga.

Baca Juga :   Ninmedia Vs K Vision Mana Lebih Baik ini Perbandinganya

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang informasi mengenai tower pemancar TV digital terdekat seluruh Indonesia.

Dengan adanya tower pemancar ini, diharapkan kualitas siaran TV digital semakin baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Jika Anda mengalami kendala dalam menikmati siaran TV digital, pastikan untuk memeriksa jaringan dan antena di rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *