Cara Mencari Sinyal Parabola

Cara Mencari Sinyal Parabola Mini Paling Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Mencari Sinyal Parabola Mini Paling Mudah & Praktis. Sebagai seorang pemula yang baru memasuki dunia satelit, kalian harus belajar mandiri agar dapat melakukan proses tracking dan mengatasi berbagai kendala. Meskipun sudah banyak referensi yang membahas tentang perakitan antena, inti dari pemasangan parabola mini adalah mencari sinyal yang dibutuhkan.

Beberapa rekan mungkin hanya membutuhkan waktu singkat untuk menemukan sinyal, namun ada juga yang menghabiskan waktu berjam-jam tanpa berhasil menemukannya. Bahkan seorang tracker yang sudah mahir pun kadang mengalami kesulitan dalam mencari sinyal parabola.

Kami telah menyusun panduan tentang cara mencari sinyal parabola mini dengan mudah, untuk membantu para pemula dalam memasang perangkat sendiri tanpa bantuan teknisi.

Sekilas Mengenai Parabola Mini

Parabola mini adalah jenis parabola dengan dish plat berukuran kecil yang memiliki diameter antara 45cm hingga 100cm. Jenis parabola ini sangat cocok digunakan untuk menangkap frekuensi ku-band.

Meskipun parabola mini dapat dipasang dengan c-band, hasilnya kurang memuaskan karena tidak mampu menangkap semua frekuensi yang ada dalam 1 satelit.

Untuk menangkap frekuensi c-band, perlu dipasang conical scalar ring pada lnb parabola mini. Dengan cara tersebut, kinerja parabola mini dalam menangkap sinyal c-band dapat ditingkatkan.

Jadi, jika kalian ingin menggunakan parabola mini untuk menangkap sinyal satelit, sebaiknya gunakan frekuensi ku-band. Selain itu, pastikan bahwa ukuran parabola yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, kalian dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas gambar yang jernih dan tanpa gangguan.

Teknik Pemasangan

Sebagai pemula di dunia televisi satelit, awalnya saya hanya berani membeli antena parabola mini karena bosan dengan siaran buruk yang diterima melalui antena UHF. Bahkan, hanya Trans TV dan Indosiar yang bisa diterima.

Meskipun saya bukan tukang atau teknisi, set parabola mini yang sudah dibeli memaksa saya untuk belajar memasangnya sendiri di rumah, dengan bantuan orang lain karena membutuhkan dua orang.

Baca Juga :   Cara Pasang TV Tuner Gadmei Paling Mudah Dijamin Berhasil

Teknik pemasangan antena parabola mini yang saya ketahui adalah sebagai berikut:

  • Pastikan dish ditempatkan pada lokasi yang terbuka, tanpa halangan seperti tembok, pohon, atau benda lainnya yang dapat menghalangi sinyal.
  • Saat memasang, pastikan kondisi cuaca cerah, tidak mendung atau hujan.
  • Tiang penyangga dish parabola harus tegak lurus ke atas sebanyak 90 derajat. Jika tidak tegak lurus, dapat menyulitkan pencarian sinyal.
  • Pastikan tiang parabola terpasang kuat, tidak goyang saat digerakkan.
  • Ketahui arah satelit yang akan dituju, setiap satelit biasanya mengorbit pada derajat yang berbeda. Ini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi Android.
  • Gunakan transponder terkuat saat melakukan tracking, agar pencarian sinyal menjadi lebih mudah dan cepat.

Nah, tips pemasangan antena parabola mini di atas terlihat mudah dipahami bahkan bagi pemula.

Alat Pendukung

Sebagai seorang tracker jalanan, saya hanya memiliki peralatan yang sederhana. Tidak sebanyak teknisi profesional, namun saya masih dapat melakukan pencarian sinyal satelit dengan mudah.

Berikut adalah beberapa alat sederhana yang dapat membantu mempermudah pencarian sinyal parabola:

  • Smartphone Android dengan koneksi internet cepat minimal 4G.
  • Aplikasi WhatsApp untuk melakukan panggilan video dengan rekan.
  • Aplikasi SatFinder untuk menentukan arah satelit dengan mudah.
  • Kunci pas nomor 10, obeng plus, dan isolasi tape warna hitam.

Teknisi parabola biasanya menggunakan perangkat seperti SatFinder atau EasyCap untuk memudahkan mereka dalam menemukan sinyal dalam waktu singkat. Namun, tentu saja perangkat tersebut membutuhkan modal untuk membelinya. Sebagai tracker jalanan, saya hanya menggunakan peralatan yang sederhana.

Cara Mencari Sinyal Parabola Mini

Meskipun hanya menggunakan peralatan sederhana, teknik mencari sinyal parabola mini ala tracker jalanan tetap dapat dikalianlkan. Namun, pengetahuan dasar tentang dunia satelit tetap diperlukan.

Pada pembahasan kali ini, saya menganggap bahwa rekan-rekan sekalian sudah bisa merakit dan memasang antena parabola dengan benar. Oleh karena itu, fokus pembahasan hanya pada cara mencari sinyal.

Berikut adalah cara mudah mencari sinyal parabola mini:

Baca Juga :   Cara Setting K Vision Mudah & Simple Bagi Pemula

1. Tentukan Satelit

Langkah pertama dalam mencari sinyal parabola mini adalah menentukan satelit yang akan dipilih. Beberapa satelit dengan frekuensi Ku Band mengorbit di wilayah Indonesia, seperti Asiasat, Thaikom 4, ABS 2A, Measat 3a (K-Vision), Measat 3b (Nusantara HD), SES9 (Nex Parabola), dan lain-lain.

Sebagai contoh, saya akan mencari sinyal Ninmedia yang disiarkan melalui satelit Asiasat 9. Temukan dan cari transponder terkuat dari Ninmedia.

Frekuensi terbaru ninmedia akhirnya saya temukan sebagai berikut :

TransporderFrekuensi
Transporder 112415 V 45000
Transporder 212655 V 45000

Setelah menemukan transponder Ninmedia, kamu tinggal memasukkan frekuensi tersebut ke dalam pengaturan di receiver.

2. Konfigurasi Receiver

Secara umum, setiap receiver yang dijual di pasaran memiliki pengaturan atau konfigurasi yang sama. Hanya tampilannya yang berbeda tergantung pada produsen yang membuatnya.

Saya biasanya menggunakan Decoder Skybox A1 New untuk mencari sinyal parabola. Selain harganya yang terjangkau, tampilan Set Top Box skybox tersebut sangat ramah bagi pemula. Kepekaan tunernya juga tergolong cukup baik.

Berikut adalah pengaturan dasar pada receiver Ku Band dari berbagai merk:

  • LNB Frekuensi = Universal (9750 – 10600)
  • LNB Power = Auto atau On (pilih salah satu)
  • Nomor Transponder = Sesuai dengan satelit yang dipilih
  • Bar Intensitas Sinyal = 60% menunjukkan bahwa LNB telah terhubung dengan baik.

Berdasarkan pengaturan dasar tersebut, saya menerapkannya pada receiver Skybox A1 New seperti yang terlihat pada gambar di atas. Pengaturan dasar ini dapat diterapkan pada receiver parabola yang dimiliki, dan perbedaan tampilan menu decoder parabola seharusnya tidak membuat pengguna bingung.

3. Atur Arah Satelit

Menentukan arah satelit merupakan bagian dari metode dalam mencari sinyal parabola mini. Untuk melakukan hal tersebut, kita bisa menggunakan ponsel Android yang terhubung dengan internet dan aplikasi khusus bernama Satfinder.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Satfinder:

  • Unduh aplikasi Satfinder dari Play Store dan pasang di ponsel kalian.
  • Aktifkan koneksi internet dan GPS untuk mendeteksi posisi kalian dengan akurat.
  • Buka aplikasi Satfinder dan masukkan nama satelit yang dipilih, misalnya Chinasat 11.
  • Letakkan ponsel di lantai dan ketuk gambar peta di bagian kanan atas aplikasi.
  • Jika peta sudah terbuka, putar ponsel sampai sensor dan derajat berwarna hijau.
  • Jika sudah, berarti dish parabola menghadap ke arah yang ditunjukkan oleh aplikasi.
  • Untuk memudahkan dalam mencari sinyal parabola mini, pastikan tiang LNB sejajar dengan posisi yang ditunjukkan pada layar ponsel.
Baca Juga :   Cara Mengatasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

Satfinder adalah aplikasi yang wajib dimiliki untuk memudahkan dalam mendeteksi posisi dan sinyal satelit. Tanpa aplikasi tersebut, akan sulit untuk menemukan sinyal parabola dengan akurat.

4. Gerakan Parabola Mini

Langkah terakhir dalam cara mencari sinyal parabola mini adalah dengan menggerakkan dish parabola sesuai posisi yang ditampilkan oleh SatFinder sebelumnya. Bagaimana caranya?

Panggil teman untuk membuka aplikasi WhatsApp bersama-sama, yang akan digunakan untuk melakukan panggilan video. Pastikan teman kalian berada di depan televisi, dan kalian bisa naik ke atas genteng untuk menggerakkan dish parabola.

Lakukan panggilan video melalui WhatsApp, sambil menggerakkan dish dan melihat pergerakan sinyal di layar ponsel. Sebelumnya, pastikan teman kalian di depan televisi mengarahkan kamera ke belakang televisi, sehingga kalian bisa dengan mudah melihat pergerakan sinyal.

Pastikan untuk memperoleh kualitas sinyal maksimum, minimal harus di atas 70%. Terakhir, pastikan untuk mengencangkan baut-baut hingga kokoh.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas beberapa cara untuk mencari sinyal parabola mini yang dapat kalian coba. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca dan lingkungan sekitar saat mencari sinyal agar hasilnya maksimal.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari cara untuk menikmati siaran televisi dengan kualitas yang lebih baik. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *