Cara Setting Receiver Nex Parabola

Cara Setting Receiver Nex Parabola Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Receiver Nex Parabola Paling Mudah. Menginstal antena parabola mini sendiri sebenarnya mudah dan dapat dilakukan dengan penghematan biaya serta mengurangi ketergantungan pada teknisi.

Namun, sebelum memulai proses instalasi, kita harus memahami pengetahuan dasar terkait cara pemasangan antena parabola mini dan metode pengaturan receiver agar dapat menikmati beragam siaran TV satelit tanpa perlu membayar iuran bulanan.

Provider Nex Parabola telah merilis rekomendasi receiver untuk frekuensi Ku Band dan C Band. Untuk dapat menikmati layanan dari operator, konsumen perlu membeli perangkat tersebut terlebih dahulu.

Agar pemula dapat memahami proses instalasi antena parabola mini dengan benar, kami telah merangkum panduan cara setting receiver Nex Parabola paling mudah untuk semua tipe. Dengan panduan tersebut, diharapkan pemula dapat melakukan instalasi antena parabola mini dengan mudah dan lancar.

Hal-Hal Perlu Disiapkan

Sebelum kita melanjutkan pembahasan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan dan diperhatikan, seperti menyiapkan alat-alat dan memahami dasar-dasar pemasangan. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu disiapkan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak dan ikuti pembahasan berikut ini.

1. Alat-Alat

Tentunya, untuk melakukan setting parabola diperlukan beberapa peralatan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Dikarenakan Nex Parabola merupakan jenis parabola mini, proses pemasangan menjadi lebih mudah dan banyak orang memilih tipe ini bersama dengan receiver rekomendasi dari Nex Parabola.

Berikut ini adalah beberapa alat yang dibutuhkan dalam proses Setting Receiver Nex Parabola :

  • Parabola mini
  • Receiver Nex Parabola
  • LNB Ku Band
  • Kabel antena (disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Televisi
  • Remote TV & receiver Nex Parabola
  • Smartphone/HP
  • Kunci pas
  • Tangga
  • Tang

2. Ilmu Dasar

Setelah semua peralatan telah disiapkan, kalian dapat memulai proses setting Nex Parabola. Namun, syarat utamanya adalah kalian harus memahami dasar-dasar teknisi dan pemasangan terlebih dahulu. Meskipun demikian, proses setting ini sangat mudah dan tidak akan sulit bagi pemula.

Baca Juga :   Frekuensi Trans7 Terbaru & Terlengkap

kalian hanya perlu memiliki sedikit pengetahuan dasar tentang dunia satelit dan antena parabola mini. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari implementasi dari teknologi ini sebelum memulai proses setting. Biasanya, saat membeli parabola mini dan receiver, akan dilengkapi dengan buku panduan yang dapat membantu kalian dalam memahami langkah-langkah setting.

Selain itu, kalian juga dapat mencari referensi ilmu dasar setting Nex Parabola melalui situs resmi Nex Parabola. Atau kalian dapat melihat video tutorial di kanal YouTube yang cukup banyak tersedia dan membahas tentang cara setting antena parabola mini tersebut. Dengan memahami dasar-dasar teknisi dan pemasangan serta mengikuti panduan yang tersedia, proses setting Nex Parabola dapat dilakukan dengan mudah dan lancar.

Tipe Receiver Nex Parabola

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam memilih layanan operator TV satelit. Namun, Nex Parabola menawarkan penawaran menarik dengan merilis beberapa receiver berkualitas tinggi.

Secara umum, receiver Nex Parabola terbagi menjadi dua kategori:

1. Receiver Hybrid

Receiver tipe single hanya dapat mendukung satu frekuensi satelit, entah itu Ku Band atau C Band. Namun, semua produk yang dirilis oleh Nex Parabola adalah tipe hybrid yang dapat beroperasi pada semua frekuensi.

Setelah berhasil diaktifkan, receiver Nex Parabola akan membuka semua channel yang bersifat gratis maupun FTV secara otomatis tanpa biaya tambahan. Namun, jika ingin menikmati channel premium, kamu dapat membeli paket Nex Parabola yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Receiver Combo

Receiver Combo dari Nex Parabola merupakan produk yang canggih karena mendukung siaran Nex Parabola dan UHF digital. Artinya, produk ini memberikan keunggulan lebih bagi konsumen dan memberikan kebebasan untuk memilih provider.

Receiver Nex Parabola Combo dianggap sebagai perangkat paling mutakhir dan cukup populer di pasaran. Konsumen yang cerdas cenderung memilih tipe ini meskipun harganya relatif sedikit lebih mahal.

Baca Juga :   Cara Berhenti Berlangganan Transvision Paling Mudah

Namun, keunggulan yang diberikan oleh receiver Combo Nex Parabola membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang menginginkan fleksibilitas dan kebebasan dalam memilih layanan TV satelit.

Cara Setting Receiver Nex Parabola

Meskipun Nex Parabola memiliki beberapa tipe receiver yang berbeda, cara setting-nya relatif sama. Kamu dapat menambah transponder, mencari channel, dan mengelola daftar channel sendiri.

Berikut adalah cara setting receiver Nex Parabola untuk semua tipe:

1. Hidupkan Receiver

Sebelum melakukan setting receiver Nex Parabola, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat parabola sudah terpasang dengan benar dan kabel antena sudah terhubung ke receiver Nex Parabola. Kemudian, hidupkan televisi dan unit STB (set top box) untuk memulai proses entri parameter.

2. Tambah Satelit

Untuk menambahkan satelit pada receiver Nex Parabola, kamu perlu mengikuti spektrum yang kamu pilih antara jalur C Band dan Ku Band. Pastikan untuk menentukan jenis LNB yang digunakan agar frekuensinya selaras.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan satelit:

  • Tekan tombol menu pada remote untuk masuk ke pengaturan sistem.
  • Pilih kategori instalasi lalu tekan OK untuk mengkonfirmasi perintah.
  • Tambahkan satu satelit antara Telkom 4 atau SES 9 sesuai kebutuhan.
  • Atur frekuensi LNB sesuai dengan jenisnya, yaitu 5150 untuk C Band dan 9750 – 10600 untuk Ku Band.
  • Pada bagian Power LNB, pastikan kamu memilih bagian ON.

3. Scanning Channel

Pemindaian adalah salah satu metode penting dalam pengaturan receiver Nex Parabola karena bertujuan untuk melakukan pencarian secara otomatis terhadap semua channel yang tersedia. Keberhasilan dari pengaturan receiver Nex Parabola sangat ditentukan oleh metode ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemindaian:

  • Pastikan kamu masih berada dalam menu instalasi satelit.
  • Tekan tombol SAT yang ada pada remote kontrol.
  • Jika ada notifikasi, kamu juga dapat menekan tombol biru pada layar.
  • Akan muncul jendela baru, pilih opsi cari.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian mencapai 100%.
  • Seluruh channel akan tersimpan secara otomatis.

4. Mengelola Channel

Seluruh channel yang tersimpan dalam daftar pada receiver Nex Parabola dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan selera sendiri. Ada beberapa opsi yang tersedia, seperti mengganti nama, merubah urutan nomor, dan menetapkan beberapa saluran favorit.

Baca Juga :   Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Mudah Untuk Pemula

Berikut adalah cara untuk mengatur daftar channel pada receiver Nex Parabola:

  • Tekan tombol menu pada remote untuk masuk ke pengaturan.
  • Pilih bagian daftar channel dan tekan OK untuk mengkonfirmasi perintah.
  • Kelola nama dan urutan channel sesuai keinginanmu.
  • Tekan tombol exit jika sudah selesai dan pilih OK untuk menyimpan perubahan.

4 Cara Mengatasi Ketika Tidak Ada Sinyal

Jika siaran TV hilang, itu berarti tidak ada sinyal yang diterima oleh parabola. Namun, kalian dapat mengatasinya sendiri tanpa harus meminta bantuan seorang teknisi. Dengan begitu, kalian dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan keterampilan yang dimiliki. Berikut adalah cara untuk mengatasi ketika Nex Parabola tidak ada sinyal:

Perhatikan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab hilangnya sinyal parabola.

Setelah menemukan penyebabnya, lakukan perbaikan dengan pengetahuan dasar yang kalian miliki.

Jika ada hal yang tidak kalian mengerti, kalian dapat menghubungi pihak provider Nex Parabola untuk mendapatkan konsultasi.

Jika masalah tetap tidak dapat diatasi, sebaiknya hubungi seorang teknisi untuk membantu mengatasi kendala ketidakadaan sinyal.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara setting receiver Nex Parabola yang dapat saya bagikan. Dengan mengikuti panduan ini, kalian dapat dengan mudah mengatur receiver Nex Parabola kalian dan menikmati siaran televisi dengan kualitas yang lebih baik.

Ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan jangan ragu untuk mencari bantuan jika kalian mengalami kesulitan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *