Cara Membuat Alat Penghemat Listrik

√ Cara Membuat Alat Penghemat Listrik PLN Sederhana Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Cara Membuat Alat Penghemat Listrik PLN Sederhana Lengkap. Ini merupakan permasalahan umum di masyarakat, tak pandang bulu dari lapisan sosial mana pun—baik itu dari kalangan menengah bawah, atas, hingga perusahaan besar sekalipun. Upaya penghematan untuk mengurangi kebutuhan sekunder, seperti listrik, seringkali menjadi keharusan. Kita semua tahu bahwa penggunaan listrik terus meningkat, terutama seiring kemajuan teknologi yang membuat hampir segala hal memerlukan energi listrik. Mulai dari kebutuhan rumah tangga seperti mencuci, memasak, hingga hiburan keluarga seperti TV dan kipas angin, semuanya membutuhkan listrik. Bahkan di perkantoran, penggunaan lampu, AC, dan perangkat listrik lainnya juga memakan banyak biaya.

Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk mengurangi beban listrik guna menghemat biaya. Ada berbagai metode yang dapat diambil mulai dari menggunakan listrik dengan cerdas, memanfaatkan Kapasitor Bank, hingga membuat sendiri alat penghemat listrik di rumah.

Secara dasar, memilih alternatif untuk membuat alat penghemat listrik dianggap sebagai tindakan cerdas karena proses pembuatannya relatif mudah. Ini dapat dilakukan baik oleh mereka yang mahir maupun yang masih pemula. Pembuatannya sangat sederhana, bahkan lebih mudah dibandingkan dengan membuat pasokan air, dan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Ada beragam cara untuk membuat kapasitor sendiri, mulai dari trik pada meteran hingga pembuatan alat kapasitor. Berikut adalah empat cara membuat alat penghemat listrik sendiri di rumah.

1. Memasang Alat Penghemat Listrik

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti cara ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Pastikan terlebih dahulu apakah metode yang akan Anda terapkan sudah sesuai dengan peraturan PLN yang berlaku di daerah Anda dan tidak melanggar hukum. Langkah ini penting untuk menghindari masalah di masa mendatang, terutama jika PLN melakukan pemeriksaan. Biasanya, pemasangan komponen tambahan sebelum meteran bisa menimbulkan masalah, namun setelah meteran terpasang, hal tersebut biasanya tidak menjadi isu. Meskipun demikian, sebaiknya Anda melakukan penelusuran lebih lanjut untuk memastikan kejelasan informasi.

Baca Juga :   Kode Menghemat Token Listrik 1300 VA, Apakah Benar Bisa?

Pemasangan Sebelum Meteran Terpasang

Dalam kasus yang sudah ada, umumnya pemasangan peralatan penghemat listrik di dalam jaringan sebelum PLN memasang meteran dianggap ilegal. Namun, banyak yang berpendapat bahwa pemasangan setelah meteran terpasang dianggap legal karena pihak PLN tidak mempermasalahkannya. Ini sayangnya, karena pada kenyataannya, pemasangan alat penghemat listrik sebelum meteran terpasang dianggap sebagai cara yang paling efisien untuk mengurangi pemakaian listrik.

Meskipun demikian, sebaiknya Anda mengetahui prosedur ini secara lebih mendalam sebelum mengambil keputusan, karena masih menjadi hal yang ambigu di kalangan masyarakat.

Pertama, untuk menghemat pemakaian listrik, Anda dapat memasang kapasitor dan coil sebelum meteran terpasang, atau memasang trafo sebelum jaringan listrik masuk ke rumah. Ini dilakukan untuk mengubah puncak gelombang atau kurva cosinus arus listrik.

Kedua, dapat dilakukan dengan memaksimalkan daya listrik yang terpasang hingga sesuai dengan daya pada MCB dengan memperbaiki voltase yang masuk ke meteran.

Pemasangan Penghemat listrik Setelah Meteran Terpasang

Anda tidak perlu khawatir mengenai metode ini karena dianggap aman dan umumnya tidak menimbulkan masalah dengan PLN di masa mendatang. Pembuatan penghemat listrik dengan cara ini melibatkan penggunaan kapasitor AC atau beberapa kapasitor tambahan lainnya yang berfungsi sebagai Kapasitor Bank.

Kapasitor tersebut berperan sebagai buffer jika terjadi lonjakan daya tiba-tiba dalam rangkaian listrik Anda. Dengan demikian, beban akan ditangkap terlebih dahulu oleh Kapasitor Bank sehingga tidak langsung terjadi pada rangkaian listrik atau meteran Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba menggunakan starting.

2. Membuat Rangkaian Penghemat Listrik

Anda dapat melakukan penghematan dalam penggunaan listrik rumah dengan cara membuat atau menggunakan trik pada jaringan listrik Anda. Meskipun ada banyak alat penghemat listrik yang dijual di pasaran, tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri. Rangkaian ini dapat dibedakan berdasarkan lokasi pemakaian rangkaian, yaitu:

  • Pada seluruh instalasi rumah
  • Pada stop kontak

Dengan peralatan yang diperlukan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Proses pembuatannya juga sangat sederhana dan dapat dicoba di rumah, bahkan jika Anda bukan ahli di bidang elektronika. Jadi, tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa mencobanya.

Baca Juga :   √ Genset 30 kVA Berapa Watt Serta Cara Menghitungnya

3. Rangkaian Penghemat Listrik untuk Instalasi Rumah

Mungkin diperlukan pemahaman sedikit lebih dalam tentang rangkaian listrik untuk metode ini. Namun, jangan khawatir, karena komponen yang dibutuhkan dapat Anda beli di toko komponen elektronika di sekitar tempat tinggal Anda, dengan harga bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan kualitas alat.

Rangkaian ini dapat difungsikan untuk mengurangi beban atau menghemat pemakaian listrik secara langsung di seluruh rumah. Oleh karena itu, alat ini ditempatkan langsung pada instalasi rumah.

4. Rangkaian Penghemat Listrik pada Stop Kontak

Rangkaian ini memiliki kegunaan yang spesifik, tidak dapat diterapkan untuk seluruh penggunaan listrik di rumah seperti metode sebelumnya. Namun, sangat efektif untuk beberapa alat elektronik tertentu seperti charger HP/Laptop, setrikaan, lampu, televisi, dan lainnya. Penggunaannya terbatas pada stop kontak saja.

Untuk membuatnya, Anda memerlukan beberapa alat elektronika, di antaranya adalah:

  1. Box Powersuppy (sedang): Bahan dasar plastik yang berfungsi sebagai wadah untuk rangkaian.
  2. Kabel power CPU: Digunakan untuk menghubungkan rangkaian ke sumber listrik.
  3. Lampu (ukuran kecil – sedang): Idealnya menggunakan lampu setrikaan untuk efek yang lebih baik.
  4. Sekring dan fuse 4-5A: Untuk menjaga keamanan dan mengontrol aliran listrik.
  5. Kapasitor ukuran 10uF 450volt AC: Alat ini memiliki harga sekitar Rp. 25.000,- di pasaran. Berfungsi untuk mengatur arus listrik dalam rangkaian.

Setelah Anda mengumpulkan semua peralatan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah merangkai rangkaian sesuai dengan skema yang telah disediakan atau diatur. Meskipun mungkin memerlukan sedikit pemahaman tentang rangkaian listrik, namun proses pembuatannya cukup sederhana dan dapat dicoba di rumah, bahkan jika Anda bukan ahli di bidang elektronika.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun rangkaian ini tidak dapat mengurangi penggunaan listrik untuk seluruh rumah, penggunaannya pada alat-alat tertentu dapat memberikan penghematan yang signifikan, khususnya pada perangkat elektronik yang menggunakan motor. Dengan demikian, rangkaian ini merupakan alternatif yang efektif untuk mengontrol dan mengurangi konsumsi listrik pada peralatan tertentu di rumah Anda.

Untuk menghasilkan alat ini, Anda hanya perlu merakitnya sesuai dengan skema yang telah disediakan.

Penerapan rangkaian ini dapat membawa manfaat signifikan dalam penghematan energi, terutama pada perangkat elektronik yang menggunakan motor. Dengan efisiensi yang cukup baik, alat ini dapat mengurangi penggunaan listrik bulanan Anda hingga sekitar 20%.

Baca Juga :   Listrik 450 VA Berapa Watt? Beserta Cara Hitungnya

Menarik, bukan? Lalu, bagaimana sebenarnya kinerja alat ini sehingga mampu mengurangi arus listrik yang tercatat pada meteran rumah Anda? Prosesnya melibatkan reduksi puncak besaran dari kurva AC, sehingga pembacaan menjadi lebih rendah. Dengan kata lain, rangkaian alat penghemat listrik ini bisa Anda buat sendiri di rumah dan bekerja secara efisien dengan mengurangi besaran Cosinus pada kurva AC yang akan terdeteksi oleh alat pengukur listrik (meteran) di rumah Anda. Melalui metode ini, tagihan listrik Anda akan berkurang karena penggunaan alat ini lebih efisien dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga :

Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa cara membuat alat penghemat listrik merupakan solusi kreatif untuk mengurangi konsumsi energi dalam rumah.

Meskipun terdapat berbagai metode yang dapat diakses melalui pembelian di pasaran, membuat sendiri alat ini memberikan kepuasan tersendiri.

Selain dapat menghemat biaya, langkah-langkah sederhana dalam perakitan alat penghemat listrik juga membuka peluang untuk memahami lebih dalam dunia rangkaian listrik.

Dengan begitu, Anda dapat menjelajahi berbagai cara membuat alat penghemat listrik sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Tidak hanya memberikan dampak positif pada tagihan listrik bulanan, tetapi juga memberikan kebanggaan tersendiri atas keberhasilan dalam menciptakan solusi hemat energi secara mandiri.

Dengan semakin banyaknya tantangan terkait lingkungan dan keberlanjutan, upaya kecil seperti ini dapat menjadi langkah yang berarti dalam menghadapi permasalahan energi global.

Mari bersama-sama berkontribusi pada dunia yang lebih berkelanjutan melalui cara-cara kreatif dan inovatif seperti pembuatan alat penghemat listrik ini.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Membuat Alat Penghemat Listrik PLN Sederhana Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *