Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton

√ Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton Per Meter Terbaru. Pemasangan pagar panel beton, yang juga dikenal sebagai panel precast, melibatkan penggunaan beton berbentuk lembaran yang telah diproduksi sesuai dengan cetakan dan stkalianr mutu tertentu. Panel beton ini mengandung tulangan besi yang telah dilas, baik pada tiang kolom maupun di dalam panelnya.

Pagar panel beton umumnya digunakan sebagai penkalian batas properti, termasuk lahan, kebun, pekarangan, area perusahaan, serta kantor lembaga dan pemerintahan. Selain itu, banyak orang juga memilih pagar panel beton sebagai batas fisik untuk hunian mereka.

Di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta, terdapat banyak pekerja kontraktor atau borongan yang menyediakan layanan pemasangan pagar panel beton atau beton precast. Biasanya, para kontraktor borongan ini menetapkan harga pemasangan per meter sebagai tarif jasa mereka.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memasang pagar panel beton dengan bantuan kontraktor borongan, penting untuk mengetahui estimasi biayanya terlebih dahulu. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai daftar harga pemasangan pagar panel beton per meter.

Apa Itu Pagar Panel Beton?

Bagi mereka yang ingin meningkatkan keamanan rumah atau bangunan umum dengan menggunakan pagar beton, penting untuk memahami dengan baik apa sebenarnya pagar beton ini. Pagar panel beton merupakan produk beton precast yang diproduksi pabrik, terdiri dari panel pagar, kolom atau elemen perkuatan, serta penutup yang menghubungkan komponen-komponennya.

Dengan penggunaan bahan yang selektif, pagar beton ini memiliki tingkat kekuatan yang sangat baik. Pemasangan pagar beton ini hanya seharusnya dilakukan oleh para ahli yang memahami bidangnya dengan baik, karena kesalahan dalam pemasangan dapat menyebabkan kerusakan dalam waktu dekat. Saat ini, panel beton sering menjadi pilihan utama sebagai pembatas bangunan-bangunan penting, seperti kantor, universitas, dan sebagainya.

Fungsi Pagar Panel Beton

Pagar Panel beton pracetak ini dapat digunakan untuk melindungi dan memperkuat properti serta lingkungan kalian, termasuk kawasan industri atau pabrik, gudang, lahan, garasi, kolam renang, sekolah, lapangan olahraga, kantor pemerintahan, supermarket, rumah sakit, stasiun pengisian bahan bakar, restoran, tempat ibadah, kolam pancing, dan sejumlah lokasi lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Panel Beton

Tiap bahan bangunan memiliki karakteristik unik, dan hal yang sama berlaku untuk pagar panel beton. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli dan menggunakannya, berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan dari pagar panel beton yang akan kami paparkan.

Kelebihan:

  1. Kekuatan dan Ketahanan: Pagar panel beton memiliki sifat yang kokoh, kuat, dan tahan lama. Mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca dan tekanan fisik.
  2. Kemudahan Pemasangan: Pagar panel beton relatif mudah dibongkar pasang, sehingga memudahkan pemindahannya jika diperlukan. Proses ini dapat dilakukan dengan cepat.
  3. Efisiensi Waktu: Proses pengerjaannya relatif cepat, sehingga memungkinkan pembangunan pagar beton dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya.
  4. Biaya Terjangkau: Pagar panel beton umumnya lebih terjangkau dalam hal biaya pemasangan dibandingkan dengan beberapa jenis pagar lainnya, membuatnya menjadi opsi ekonomis.
  5. Estetika: Permukaan halus pada pagar panel beton memberikan kesan rapi dan elegan pada properti. Hal ini dapat meningkatkan penampilan visual properti kalian.
  6. Konsistensi Ukuran: Pagar panel beton dibuat dengan teknologi modern, sehingga memiliki ukuran dan bentuk yang seragam, memberikan tampilan yang teratur dan konsisten.
Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Nok Genteng Paling Tepat & Sesuai

Kekurangan:

  1. Tidak Dapat Dimodifikasi: Pagar panel beton tidak dapat dimodifikasi dengan mudah seperti dinding bata, sehingga perubahan atau penyesuaian mungkin memerlukan pekerjaan tambahan.
  2. Keterbatasan Lokasi: Pagar panel beton umumnya hanya tersedia di kota-kota besar atau wilayah tertentu, sehingga mungkin sulit ditemukan di daerah pedesaan.
  3. Harga Variabel: Harga pagar panel beton dapat berubah sesuai dengan perkembangan pasar dan bahan material lainnya, sehingga perlu perhatian terhadap fluktuasi harga.
  4. Pekerjaan Khusus: Proses pemasangan pagar panel beton memerlukan tukang khusus yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam pemasangan beton pracetak, sehingga memerlukan sumber daya tambahan.

Spesifikasi Pagar Panel Beton

Sebelum kita mendalami perbincangan mengenai harga borongan pemasangan pagar panel beton per meter, penting untuk memahami spesifikasi materialnya terlebih dahulu. Secara umum, beton precast umumnya diproduksi oleh pemasok dengan ukuran stkalianr 240 cm x 40 cm x 5 cm.

Namun, perlu diketahui bahwa para pembeli juga memiliki fleksibilitas untuk memesan panel beton dengan ukuran khusus sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Proses pembuatan pagar panel beton biasanya melibatkan beberapa material, seperti tiang beton dengan panjang berkisar antara 225 cm hingga 425 cm, lebar 18 cm, dan ketebalan 18 cm.

Sedangkan untuk spesifikasi panel beton precast, biasanya memiliki panjang sekitar 240 cm, lebar antara 40 cm hingga 45 cm, serta ketebalan berkisar antara 5 cm hingga 6 cm. Penting untuk diingat bahwa ukuran dan spesifikasi panel beton tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemiliknya, memberikan fleksibilitas dalam desain dan pemilihan material yang cocok.

Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton

Seperti yang kita ketahui, HARGA BORONGAN TENAGA BANGUNAN dapat bervariasi di berbagai wilayah. Hal ini juga berlaku ketika kita membicarakan borongan pemasangan pagar panel beton. Biasanya, perbedaan harga atau tarif ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi lokasi pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko pemasangan.

Namun demikian, perbedaan harga borongan pasang pagar panel beton di berbagai daerah sebenarnya tidak akan terlalu signifikan. Jadi, tanpa perlu menunggu lebih lama, mari langsung perhatikan dengan seksama daftar harga borongan pemasangan pagar beton precast per meter sesuai mutu dan komponennya di bawah ini.

Mutu dan SusunanTinggiHarga
4 Susun Mutu K 225160 cmRp415,000
5 Susun Mutu K 225200 cmRp505,000
6 Susun Mutu K 225240 cmRp595,000
7 Susun Mutu K 225280 cmRp685,000
8 Susun Mutu K 225320 cmRp775,000
4 Susun Mutu K 250160 cmRp425,000
5 Susun Mutu K 250200 cmRp515,000
6 Susun Mutu K 250240 cmRp605,000
7 Susun Mutu K 250280 cmRp695,000
8 Susun Mutu K 250320 cmRp785,000
Baca Juga :   Pengertian Pondasi Menerus: Kelebihan dan Cara Perhitunganya

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Panel Beton

Setelah memahami daftar harga borongan pemasangan pagar panel beton per meter, langkah berikutnya adalah memahami bagaimana membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pemasangan tersebut. Dengan memiliki RAB, kalian akan memiliki gambaran seberapa besar biaya yang diperlukan untuk proyek pemasangan pagar panel beton.

Secara dasar, perhitungan RAB untuk pemasangan pagar panel beton tidak jauh berbeda dengan perhitungan biaya pembuatan pagar tembok. Untuk lebih rinciannya, berikut kami akan menjelaskan secara komprehensif bagaimana menghitung biaya pemasangan pagar panel beton dengan bantuan pekerja borongan.

Volume Pekerjaan

Langkah awal adalah menentukan volume atau luas dari area yang akan dipasangi pagar panel beton. Misalnya, jika kalian berencana untuk memasang pagar panel beton dengan mutu K 225, yang memiliki panjang 12 meter dan tinggi 200 cm, langkah-langkah perhitungannya adalah sebagai berikut:

Diketahui:

  • Panjang: 12 meter.
  • Tinggi: 200 cm / 2 meter.

Perhitungan:

  • Volume pekerjaan: Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan: 12 meter x 2 meter = 24 meter persegi.

Biaya Pemasangan Pagar

Langkah selanjutnya adalah menghitung biaya pemasangan pagar panel beton dengan panjang 12 meter menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan pagar panel dengan harga borongan per meter.

  • Rumus biaya pemasangan pagar: Volume pekerjaan x harga borongan per meter.
  • Biaya pemasangan pagar: 24 meter persegi x Rp 505.000 = Rp 12.120.000.

Dengan demikian, total biaya yang perlu kalian siapkan untuk memasang pagar panel beton mutu K 225 sepanjang 12 meter dan tinggi 2 meter dengan bantuan pekerja borongan adalah sekitar Rp 12.120.000. Penting untuk diingat bahwa jumlah biaya ini sudah mencakup biaya tenaga kerja tukang serta biaya material yang diperlukan.

Mengapa menggunakan Pagar Panel Beton?

Penggunaan pagar beton precast atau pracetak sangat relevan untuk meningkatkan percepatan dalam pembangunan. Pagar beton yang telah dicetak sebelumnya dapat signifikan mempercepat proses pemasangan batas area konstruksi jika dibandingkan dengan penggunaan pagar konvensional.

Beberapa alasan mengapa pagar panel beton lebih efisien untuk dipasang di lokasi kalian meliputi:

1. Pekerjaan Lebih Praktis dan Cepat

Pembuatan pagar dengan menggunakan bata ringan atau bata merah memang memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas desain yang memungkinkan penciptaan elemen estetik yang sesuai dengan preferensi kalian.

Namun, penting untuk diingat bahwa biaya yang diperlukan akan cenderung lebih tinggi, mulai dari persiapan material hingga jumlah tukang yang dibutuhkan yang mungkin lebih banyak, serta waktu pengerjaan yang lebih lama.

Sementara itu, pagar panel beton memiliki dua jenis motif utama, yaitu motif minimalis dan polos. Motif minimalis memberikan tampilan yang modern dan menawan. Berikut adalah beberapa contohnya.

Jika kalian memiliki motif khusus yang kalian inginkan, kami juga dapat membuat pesanan kustom sesuai dengan preferensi kalian, dengan harga yang dapat dinegosiasikan sebelumnya.

Secara umum, kelebihan pagar panel beton adalah kemudahannya dalam pemagaran area sekitar bangunan kalian dan proses pemasangan yang cepat, karena hanya perlu menyusun baik tiang maupun panel daunnya.

2. Material Kokoh dan Tahan Terhadap Cuaca

Material yang digunakan dalam pembuatan pagar ini terbuat dari beton yang terdiri dari campuran semen, split halus, abu batu, pasir, dan air. Proses pencampuran dan pencetakan material ini memenuhi stkalianr kuat tekan beton, sehingga kualitas hasilnya dapat dijamin.

Baca Juga :   √ Biaya Pembuatan Pagar Tembok Per Meter Terbaru

Dengan sertifikasi yang telah diperoleh, pagar beton ini menjadi lebih aman, kokoh, dan mampu bertahan terhadap cuaca ekstrim.

Mutu beton yang paling umum digunakan adalah K 225, di mana tipe beton ini disarankan oleh stkalianr peraturan beton Indonesia sebagai tipe beton struktural stkalianr.

Terdapat berbagai pilihan mutu beton yang dapat disesuaikan, mulai dari K 225, K 250, K 300, hingga K 400. Semakin tinggi mutu beton yang digunakan, maka akan semakin tahan lama dan kuat dalam jangka waktu yang lebih panjang.

3. Biaya Pemagaran Lebih Hemat

Penggunaan material pagar beton yang sudah jadi dapat membawa manfaat signifikan dalam penghematan anggaran, baik dalam hal biaya tenaga kerja maupun waktu pekerjaan.

Dengan sistem borongan yang diterapkan, kalian tidak perlu khawatir tentang pengawasan pekerjaan secara terus-menerus, karena pekerjaan ini berjalan sesuai kesepakatan. Hal ini menghasilkan tingkat kerapihan, kecepatan, dan stkalianr kualitas yang lebih baik.

Apabila kalian memilih tim kami sebagai kontraktor untuk pemasangan pagar, kalian juga memiliki keuntungan mendapatkan harga lebih terjangkau untuk pagar panel beton yang sudah terpasang. Ini dikarenakan kami memproduksi material sendiri, sehingga dapat memberikan harga yang lebih kompetitif.

4. Dapat di Daur Ulang

Jika kalian memiliki rencana untuk melebarkan, memindahkan, atau menggunakan pagar beton di lokasi yang berbeda, maka pagar beton ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Berbeda dengan pagar konvensional, di mana kalian perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menghancurkan pagar lama dan membangun yang baru dengan biaya yang sama, hal ini dapat mengakibatkan anggaran yang lebih boros. Pagar beton ini memberikan fleksibilitas yang lebih ekonomis untuk perubahan dan adaptasi dalam rencana kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam penutupan artikel finoo.id mengenai “Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton,” dapat disimpulkan bahwa pemahaman tentang biaya pemasangan pagar panel beton sangat penting dalam perencanaan proyek pembangunan.

Dengan mengetahui harga borongan yang sesuai dan mengikuti langkah-langkah perhitungan yang benar, kalian dapat mengelola anggaran secara efisien.

Pemilihan pagar panel beton sebagai alternatif dapat membawa keuntungan dalam hal waktu, tenaga kerja, dan fleksibilitas dalam rencana masa depan kalian.

Kekalianlan serta ketahanannya terhadap cuaca ekstrim dan biaya yang dapat dinegosiasikan membuatnya menjadi pilihan yang sangat relevan dalam proyek konstruksi.

Sebelum kalian memulai proyek pemagaran dengan pagar panel beton, penting untuk mempertimbangkan aspek-aspek ini secara cermat dan berdiskusi dengan kontraktor profesional untuk memastikan hasil yang memuaskan sesuai dengan anggaran yang telah kalian siapkan. Dengan begitu, kalian dapat mencapai tujuan pembangunan kalian dengan lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *