Harga Borongan Galian Pondasi

Harga Borongan Galian Pondasi Per Meter Kubik Terbaru Paling Tepat

Posted on

Finoo.idHarga Borongan Galian Pondasi Per Meter Kubik Terbaru Paling Tepat. Seperti yang kita ketahui, dalam proses pelaksanaan pembangunan, terutama pada pekerjaan pondasi, tanah memegang peran kunci. Salah satu langkah yang biasanya dilakukan setelah pembuatan bouwplank adalah galian tanah.

Pondasi, sebagai struktur utama dalam sebuah bangunan, harus dibangun dengan kekuatan dan kestabilan maksimal selama proses pembuatannya. Ini karena fungsi pondasi adalah untuk menopang beban konstruksi di atasnya, mulai dari dinding bangunan hingga struktur atap.

Karena itu, pekerjaan galian tanah untuk pondasi harus dilakukan sesuai dengan perencanaan awal. Selain itu, pemilik rumah juga perlu menghitung biaya jasa galian tanah agar anggaran dana tidak melonjak selama proses pembangunan.

Untungnya, saat ini ada banyak kontraktor atau pekerja borongan yang menawarkan jasa galian tanah pondasi untuk berbagai jenis bangunan, termasuk rumah tinggal, gedung perkantoran, dan lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas harga borongan galian tanah pondasi per meter kubiknya.

Pengertian Pondasi Bangunan

Pondasi dalam konstruksi bangunan memiliki peran penting yang tak terbantahkan. Ini disebabkan oleh fakta bahwa pondasi merupakan elemen pertama yang harus ada sebelum elemen bangunan lainnya dapat terbentuk. Kestabilan dan kekuatan sebuah bangunan juga sangat bergantung pada pondasinya, mengingat salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyalurkan dan menopang beban dari bagian atas struktur hingga ke lapisan bawah tanah.

Dalam proses konstruksi sebuah bangunan, berbagai jenis pondasi dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pada bangunan yang tinggi, pondasi dalam biasanya menjadi pilihan utama. Sementara itu, jika kalian sedang membangun bangunan yang lebih sederhana, opsi pondasi dangkal bisa menjadi solusi yang cocok.

Jenis-Jenis Pondasi Bangunan yang Harus Diketahui

Sebelum menentukan jenis pondasi yang akan digunakan, langkah awal biasanya melibatkan survei tanah untuk mengevaluasi karakteristik tanah di lokasi proyek. Setelah survei ini selesai, kalian dapat memilih jenis pondasi bangunan yang sesuai dengan kondisi tanah. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua opsi pondasi yang dapat menjadi referensi dalam memulai sebuah proyek konstruksi.

1. Pondasi Dalam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis pondasi ini umumnya digunakan dalam konstruksi bangunan bertingkat. Pondasi ini diletakkan di atas permukaan tanah dengan kedalaman tertentu, sehingga daya dukungnya dipengaruhi oleh beban struktur bangunan dan kondisi tanah di bawahnya. Terdapat beberapa jenis pondasi dalam kategori ini:

Baca Juga :   √ Resiko Proyek Konstruksi: Jenis, Contoh, Manajemen

  • Pondasi Dinding Diafragma (Pondasi Piers): Jenis pondasi ini digunakan untuk menyalurkan beban struktural dengan cara menggali dalam tanah. Struktur pondasi Piers kemudian dipasang secara bersamaan dengan proses penggalian.
  • Pondasi Tiang Pancang: Pondasi ini biasanya menggunakan beton sebagai bahan dasarnya. Beton ini kemudian dipancangkan ke dalam tanah dengan bantuan mesin pemancang.
  • Pondasi Bor Pile (Caissons): Pondasi caissons umumnya dibangun di atas permukaan tanah dan ditempatkan pada kedalaman yang dibutuhkan melalui pembuatan lubang. Proses pembuatan pondasi ini melibatkan pengeboran tanah sesuai dengan kebutuhan.

2. Pondasi Dangkal

Sebaliknya, pondasi dangkal sering digunakan dalam proyek konstruksi bangunan yang lebih sederhana. Jenis pondasi ini umumnya ditempatkan dekat permukaan tanah. Kedalaman pondasi ini biasanya kurang dari 1/3 dari lebar pondasi, dengan kedalaman kurang dari 3 meter. Seperti pada pondasi dalam, ada beberapa jenis pondasi dangkal:

  • Pondasi Raft: Digunakan untuk mendistribusikan beban struktural di atas area yang luas. Biasanya digunakan di tanah dengan tekstur yang lebih lunak atau kapasitas daya dukung yang rendah.
  • Pondasi Tapak: Menggunakan titik-titik individual dan sering dibentuk dalam bentuk lingkaran, persegi, atau persegi panjang. Pondasi ini terdiri dari lapisan beton yang seragam.
  • Pondasi Memanjang atau Pondasi Jalur: Digunakan untuk mendukung beban yang merentang (beban garis). Biasanya digunakan untuk dinding bangunan yang memiliki bentuk persegi, persegi panjang, atau trapesium.

Kebutuhan Komponen Galian Pondasi

Sebelum kita melanjutkan pembahasan utama mengenai harga borongan galian tanah pondasi, penting untuk memahami beberapa kebutuhan komponennya terlebih dahulu. Memang benar bahwa pekerjaan galian tanah untuk pondasi rumah tidak selalu memerlukan peralatan atau perlengkapan khusus.

Walau begitu, ketika pekerjaan pondasi dilakukan dalam skala besar, pemilik bangunan atau kontraktor harus mempersiapkan peralatan berat. Namun, pada pekerjaan galian pondasi dalam skala kecil seperti pada rumah tinggal, biasanya tidak diperlukan bantuan alat berat.

Secara umum, pekerjaan galian tanah pondasi di rumah-rumah tinggal biasanya melibatkan sekitar 5 hingga 6 orang pekerja bangunan. Tim pekerja ini biasanya terdiri dari 2 pekerja, 2 tukang bangunan, 1 mandor, dan 1 kepala tukang. Sebenarnya, komponen mandor dan kepala tukang dapat dihilangkan jika pekerjaan galian dilakukan dalam skala kecil.

Harga Borongan Galian Pondasi Per Meter

Sama seperti HARGA BORONGAN GALIAN SEPTIC TANK, biaya jasa borongan untuk pekerjaan galian tanah pondasi biasanya akan bervariasi di berbagai daerah atau wilayah. Perbedaan harga borongan atau biaya jasa pemborong tersebut tentu disebabkan oleh beberapa faktor.

Baca Juga :   √ Perbedaan Skim Coat dan Acian Yang Perlu Diketahui

Beberapa faktor yang memengaruhi harga upah pekerja borongan dalam pekerjaan galian pondasi termasuk kondisi tanah di lokasi, tingkat kompleksitas proyek, dan risiko yang terkait dengan pekerjaan galian. Biasanya, para pekerja borongan menetapkan harga borongan untuk pekerjaan galian pondasi dalam kisaran antara Rp 80.000 hingga Rp 100.000 per meter kubik.

Perlu diingat bahwa dalam harga borongan tersebut sudah termasuk biaya pekerjaan bangunan dalam format borongan dan penyewaan peralatan pendukung untuk pekerjaan galian tanah pondasi. Dengan kata lain, harga borongan yang disebutkan di atas mencakup biaya tenaga kerja serta biaya alat dan bahan yang diperlukan.

Cara Menghitung Biaya Galian Pondasi

Setelah mengetahui berapa besaran harga borongan galian pondasi per meter kubik, langkah selanjutnya adalah memahami cara menghitung biaya total pelaksanaannya. Dalam perhitungan biaya galian tanah pondasi, sangat penting untuk menentukan volume total pekerjaan.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah langkah-langkah dalam menghitung biaya galian pondasi dengan menggunakan pekerja borongan.

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, mari hitung volume atau luas bidang pekerjaan pondasi rumah. Misalnya, kita ingin membuat galian tanah untuk pondasi tapak dengan panjang 50 meter, tinggi 80 cm, lebar permukaan bawah 60 cm, lebar permukaan atas 30 cm, dan lebar atas galian 1 meter. Berikut adalah cara menghitungnya:

Diketahui:

  • Panjang pondasi: 50 meter.
  • Tinggi pondasi: 80 cm = 0.8 meter.
  • Lebar permukaan bawah: 60 cm = 0.6 meter.
  • Lebar permukaan atas: 30 cm = 0.3 meter.
  • Lebar atas galian: 1 meter.

Perhitungan:

Luas Penampang Galian Pondasi

  • Luas penampang galian: ((Luas permukaan bawah + Luas atas) ÷ 2) x Tinggi.
  • Luas penampang galian: ((0.6 meter + 1 meter) ÷ 2) x 0.8 meter.
  • Luas penampang galian: 1.6 meter x 0.8 meter = 1.28 meter persegi.

Volume Galian Pondasi

  • Volume galian : Luas penampang x Panjang.
  • Volume galian : 1.28 m2 x 50 m = 64 m3.

Biaya Galian Pondasi

Langkah selanjutnya adalah menghitung biaya atau ongkos pekerja borongan dalam pekerjaan galian tanah pondasi dengan volume sebesar 64 meter kubik. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan volume galian pondasi dengan harga borongan per meter kubik.

  • Rumus Biaya Galian Tanah: Volume Pekerjaan x Harga Borongan.
  • Biaya Galian Tanah: 64 meter kubik x Rp 80.000 = Rp 5.120.000.

Dari perhitungan di atas, total biaya yang dibutuhkan untuk membuat galian tanah pondasi dengan volume 64 meter kubik menggunakan pekerja borongan adalah sekitar Rp 5.120.000.

Baca Juga :   Cara Menghitung Kebutuhan Bekisting Plat Lantai Yang Paling Tepat

Langkah Yang Dilakukan Sebelum Memulai Penggalian Tanah

Sebelum memulai proses penggalian tanah, perencanaan yang matang diperlukan. kalian dapat membuat denah tanah yang akan digali sendiri dengan menggunakan kertas atau mendapatkan bantuan dari WG Studio melalui Layanan Desain Perencanaan.

Setelah memiliki desain dan menentukan jumlah titik yang akan digali, langkah selanjutnya adalah menghitung biaya penggalian untuk setiap titik. Ini akan menghasilkan biaya yang berbeda-beda tergantung pada wilayah tempat kalian melakukan proyek.

kalian dapat menghitungnya sendiri dengan menggunakan analisa pekerjaan tanah yang disediakan oleh Kementerian PUPR. Pastikan kalian tahu volume penggalian sebelum melakukan perhitungan. Panduan tentang cara menghitung galian tanah pondasi bisa kalian temukan dalam artikel “Cara Menghitung Galian Tanah Pondasi.”

kalian juga dapat menggunakan templat perhitungan otomatis seperti S-RAB untuk membantu kalian dalam perhitungan menggunakan spreadsheet. Pastikan komputer kalian telah terinstal LibreOffice Calc untuk menjalankan S-RAB.

Namun, jika kalian mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan sendiri, layanan perencanaan anggaran biaya dari WG Studio siap membantu. kalian hanya perlu menyerahkan gambar perencanaan kalian, dan biarkan WG Studio menghitungnya untuk kalian.

Setelah kalian memiliki denah penggalian, jumlah titik, dan biaya penggalian, kalian dapat melanjutkan dengan proses penggalian tanah di lokasi kalian. Pastikan untuk memilih pekerja atau tukang yang memiliki keahlian di bidangnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga :

Penutup

Dalam keseluruhan proses pembangunan, perencanaan dan perhitungan biaya galian tanah pondasi per meter kubik sangatlah penting.

Dengan memahami berbagai faktor yang memengaruhi harga borongan galian pondasi, kalian dapat mengelola anggaran dengan lebih efisien.

Selain itu, pemilihan pekerja borongan yang berpengalaman dan terampil juga berperan kunci dalam menjamin kelancaran dan kualitas pekerjaan.

Dengan demikian, penggalian tanah pondasi akan menjadi lkaliansan yang kokoh untuk membangun berbagai struktur bangunan.

Semoga artikel finoo.id mengenai harga borongan galian pondasi per meter kubik ini bermanfaat bagi kalian dalam merencanakan proyek konstruksi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *