Daftar Lengkap Perkakas/Alat Pertukangan

√ Daftar Lengkap Perkakas/Alat Pertukangan Rumah Tangga, Wajib Ada!

Posted on

Finoo.id – √ Daftar Lengkap Perkakas/Alat Pertukangan Rumah Tangga, Wajib Ada!. Daftar peralatan atau perkakas pertukangan yang dapat mempermudah berbagai kegiatan pemasangan, perbaikan, dan pembuatan furnitur sendiri. Ayo, ketahui beragam alat pertukangan yang sebaiknya ada di rumahmu!

Rumah merupakan tempat di mana kenyamanan, kehangatan, dan keamanan dirasakan. Namun, tentu saja, rumah juga memerlukan perhatian dan perawatan agar tetap nyaman dan fungsional seiring berjalannya waktu.

Kadang-kadang, ada beberapa masalah yang mungkin timbul di rumah, seperti kebocoran atap, jendela yang macet, mur pintu yang lepas, atau masalah lain yang memerlukan penggunaan alat khusus untuk perbaikannya.

Tidak perlu menjadi seorang profesional dalam bidang pertukangan untuk merawat rumah sendiri, loh! Untuk mengantisipasi berbagai situasi, yang diperlukan hanyalah memiliki kumpulan peralatan pertukangan yang tepat dan pengetahuan dasar.

Daftar Alat Pertukangan Wajib Ada di Rumah

Menjadi penting bagi kalian untuk memiliki koleksi alat perkakas atau pertukangan yang esensial di rumah. Dengan demikian, kalian akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul di lingkungan rumah.

Bagi kalian yang masih merasa ragu mengenai alat pertukangan apa saja yang sebaiknya dimiliki di rumah, silakan perhatikan daftar berikut!

1. Amplas

Salah satu peralatan pertukangan yang menjadi keharusan di rumah adalah amplas. Amplas berfungsi untuk menyamakan, menghaluskan, atau menghilangkan lapisan permukaan dari berbagai jenis bahan seperti kayu, logam, atau plastik.

Contohnya, saat kalian ingin menghilangkan cat lama dari meja kayu atau meratakan permukaan papan, amplas menjadi sangat berguna.

Salah satu merek amplas terbaik yang bisa kalian pertimbangkan adalah amplas susun Xinchi dengan diameter 100mm. Amplas ini menonjolkan kualitas tinggi dan mengusung teknologi terkini yang mampu memberikan hasil amplas halus seperti yang dihasilkan oleh tenaga profesional. Selain itu, amplas ini mudah digunakan pada berbagai jenis material.

2. Mesin Gerinda

Mesin penggiling adalah perangkat listrik yang digunakan untuk memotong atau meratakan permukaan material yang lebih keras, seperti logam atau batu.

Jika kalian sedang mencari mesin penggiling dengan harga terjangkau dan kualitas unggul, mesin penggiling listrik dari Bosch bisa menjadi pilihan yang menarik. Mesin ini memiliki daya listrik sebesar 670 Watt dengan diameter mata potong sekitar 100mm.

Dengan memiliki mesin ini, kalian dapat lebih mudah menyelesaikan berbagai proyek perbaikan rumah, Teman!

3. Gergaji

Gergaji merupakan salah satu alat pertukangan yang sangat fundamental dan esensial. Terdapat berbagai macam jenis gergaji, seperti gergaji tangan, gergaji circular, atau gergaji belah. Dengan menggunakan gergaji yang sesuai, kalian dapat memotong kayu untuk berbagai proyek konstruksi, membuat kerajinan, atau bahkan untuk pemeliharaan rumah.

Baca Juga :   √ Pondasi Cakar Ayam Rumah 1 Lantai Beserta Karakteristik & Ukuranya

Bagi kalian yang sedang mencari alat pertukangan ini, gergaji kompas dari Bestguard Tools dapat menjadi pilihan yang tepat! Gergaji ini tentu terbuat dari bahan berkualitas dengan gagang yang ergonomis, memudahkan penggunaan, dan memiliki daya tahan yang baik.

4. Tool Kit Set

Set alat perkakas adalah kumpulan berbagai alat yang disimpan dalam satu kotak atau wadah khusus. Dalam set ini, terdapat beragam perkakas seperti palu, obeng, kunci inggris, meteran, dan lainnya. Memiliki set alat perkakas menjadi solusi praktis untuk menyempurnakan koleksi peralatan pertukangan di rumah.

Salah satu produk set alat perkakas terbaik yang bisa kalian pertimbangkan adalah Kenmaster Tool Kit 100 Pcs. Set ini mencakup 100 perkakas lengkap yang dapat membantu kalian dalam merawat rumah, termasuk mata sock set, obeng, berbagai jenis kunci, tang, palu, dan banyak lagi.

5. Palu

Palu adalah salah satu perkakas yang paling umum dan seharusnya ada di setiap rumah. Seperti yang diketahui, fungsinya mencakup memaku, memperbaiki, hingga meratakan benda.

Penting untuk memilih palu yang terbuat dari material berkualitas agar tahan lama dan aman digunakan, seperti palu dari Deli Tools. Palu kambing mini atau palu mini claw hammer dari Deli ini memiliki bentuk dan gagang yang ergonomis.

Kepala palu dibuat dari carbon steel berkualitas tinggi, sehingga tahan lama dan tidak mudah lepas. Gagangnya pun terbuat dari fiberglass yang nyaman digenggam.

6. Obeng

Obeng merupakan perangkat yang diperlukan untuk memasang atau melepaskan baut, sekrup, dan mur. Terdapat berbagai jenis obeng, termasuk obeng plus dan minus (Phillips dan flathead), serta obeng yang dirancang khusus untuk jenis sekrup tertentu.

Obeng adalah salah satu alat pertukangan yang sering digunakan dalam berbagai tugas, seperti merakit perabotan, memperbaiki perangkat elektronik, atau bahkan memasang saklar listrik.

7. Tang

Tang merupakan salah satu alat pertukangan yang sangat serbaguna. Dengan beragam jenis tang, seperti tang potong, tang hidung panjang, dan tang slip joint,

kalian dapat menyelesaikan berbagai tugas, termasuk memotong kawat, memasang baut, atau memegang benda-benda kecil. Tang juga bermanfaat untuk memperbaiki peralatan rumah tangga, seperti kran air atau lampu yang mengalami kerusakan.

8. Kunci Inggris

Jika kita lihat dari namanya, asal-usul penamaan kunci Inggris cukup menarik. Benda yang disebut adjustable spanner ini dikenal populer di Eropa dengan sebutan English key, sehingga dalam bahasa Indonesia, kita menyebutnya sebagai kunci Inggris.

Fungsi utama dari kunci Inggris ini adalah untuk melepas atau memasang mur atau baut yang dapat diatur untuk menyempit atau melebar sesuai dengan ukurannya.

9. Paku

Paku hadir dalam beberapa jenis yang berbeda tergantung pada fungsinya. Secara umum, terdapat tiga jenis paku, yaitu paku kayu, paku beton, dan paku payung.

Baca Juga :   √ Ukuran Jarak Reng Genteng Metal Multiroof Yang Tepat

Paku kayu digunakan khususnya untuk menyambungkan furnitur yang terbuat dari kayu. Paku beton atau paku dinding digunakan untuk menggabungkan atau melekatkan benda pada tembok.

Di sisi lain, paku seng atau yang sering disebut paku payung berfungsi untuk melampirkan benda yang lebar namun tipis, seperti seng, dan memastikan agar benda tersebut tetap stabil.

10. Sekrup dan Baut

Baut dan sekrup merupakan dua benda yang sering kali masih membingungkan bagi banyak orang. Kedua benda ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Baut memiliki ulir yang tidak penuh dan kepalanya biasanya berbentuk segi enam. Baut juga dilengkapi dengan mur.

Di sisi lain, sekrup memiliki ulir yang penuh, dan bagian kepalanya memiliki guratan untuk obeng plus atau minus. Perbedaan lainnya dengan baut, sekrup tidak memerlukan mur untuk dipasang.

11. Avometer

Avometer, yang juga dikenal sebagai multimeter, merupakan alat yang digunakan untuk mengukur berbagai parameter listrik, seperti tegangan, arus, dan tahanan. Dengan menggunakan avometer, kalian dapat melakukan pengukuran yang akurat dan memeriksa kondisi listrik dengan lebih efisien.

Meskipun harga avometer cukup terjangkau, penting untuk memperhatikan kualitasnya. Salah satu pilihan yang direkomendasikan adalah avometer Ezren DT-9205A. Alat ini menampilkan tampilan sudut yang mudah dibaca, memiliki desain yang tahan terhadap api, dan juga tahan terhadap goncangan.

12. Penggaris Besi

Mistar besi, atau sering disebut sebagai penggaris besi, merupakan alat yang sangat penting untuk melakukan pengukuran dengan akurasi lebih tinggi. Penggaris besi digunakan terutama dalam proyek-proyek yang memerlukan tingkat ketelitian, seperti memotong kayu atau bahan lainnya dengan presisi.

Penggaris besi tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 15 cm hingga 100 cm atau lebih. Dengan memiliki penggaris besi, kalian dapat memastikan bahwa hasil pekerjaan kalian memiliki tampilan yang rapi dan akurat.

13. Meteran Bangunan

Pengukur panjang atau meteran bangunan adalah perangkat yang sangat penting untuk dimiliki di rumah kalian. Dengan alat ini, kalian dapat mengukur panjang, lebar, atau jarak dengan tingkat akurasi yang baik.

Ketika kalian merencanakan proyek seperti penataan ulang kamar atau pemotongan bahan bangunan, meteran bangunan akan menjadi mitra terbaik kalian. Pastikan untuk memilih meteran yang kokoh dan tahan lama agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

14. Tangga Lipat

Tangga lipat adalah alat pertukangan yang mungkin tidak selalu diperlukan sehari-hari, namun sangat penting saat kebutuhan mendesak muncul. Tangga lipat memungkinkan kalian mencapai area yang tinggi, seperti mengganti bola lampu di langit-langit atau membersihkan atap rumah.

Tentu saja, kualitas tangga lipat harus diperhatikan agar penggunaan selalu aman. Seperti tangga lipat 3 step dari Double Thunders, yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi!

DT DLH103 Tangga Lipat 3 Step ini dibuat dengan konstruksi yang kuat dari aluminium tahan karat dan sekrup premium. Selain itu, tangga ini telah dilengkapi dengan lapisan anti-slip & anti-scratch, sehingga tingkat keamanan lebih optimal. Dasarnya juga dilengkapi dengan bantalan pelindung untuk menjaga stabilitas dan mencegah goresan pada lantai.

Baca Juga :   Cara Pasang Hebel Serta Perhitungan Kebutuhan Yang Tepat

15. Sarung Tangan Safety

Alat pertukangan yang seringkali terlupakan di rumah mungkin adalah sarung tangan safety. Padahal, sarung tangan ini sangat penting untuk menjaga keselamatan saat melakukan pekerjaan pertukangan di rumah, loh!

Sarung tangan ini berfungsi melindungi tangan dari potensi cedera, terutama saat berurusan dengan material tajam, beracun, atau berbahaya.

Bagi kalian yang tengah mencari sarung tangan safety berkualitas, Honeywell Safety merupakan pilihan yang tepat! Sarung tangan safety dari Honeywell ini terbuat dari bahan Polyamide yang dilapisi Polyurethane, memungkinkan cengkeraman yang baik.

Selain untuk pekerjaan pertukangan, kalian juga dapat menggunakannya sebagai sarung tangan saat berkendara motor atau sepeda.

Perkakas Tukang Bangunan Wajib

Dari 15 jenis perkakas bangunan yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya seluruhnya penting untuk dimiliki. Paling tidak, kalian perlu memiliki peralatan tukang bangunan yang dapat berfungsi gkalian, dapat digunakan sebagai alat untuk mempermudah perbaikan peralatan lain.

Namun, tidak hanya itu, selain memiliki peralatan tangan, seorang tukang bangunan juga sebaiknya dilengkapi dengan peralatan mesin modern dan canggih. Peralatan atau perkakas tukang bangunan haruslah multifungsi, seperti obeng, tang, kunci inggris, tangga, sekop, dan lainnya.

Berbagai jenis peralatan bangunan tersebut seharusnya wajib kalian simpan di rumah, karena dapat membantu kalian saat-saat darurat ketika kalian membutuhkannya. Peralatan ini akan memudahkan kalian dalam melakukan perbaikan pada peralatan atau bagian rumah yang mengalami kerusakan tanpa perlu terlalu bergantung pada tukang.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan menyimak daftar lengkap perkakas/alat pertukangan yang telah dijelaskan di atas, menjadi jelas bahwa keberadaan peralatan ini sangat penting dalam berbagai proyek konstruksi atau pemeliharaan rumah.

Setiap jenis perkakas memiliki peran dan fungsi masing-masing, mulai dari yang sederhana hingga peralatan yang lebih canggih dan modern.

Ingatlah untuk selalu memilih perkakas berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Sebuah koleksi perkakas yang lengkap dan terpercaya akan menjadi mitra setia kalian dalam merawat rumah dan menyelesaikan proyek-proyek pertukangan dengan baik.

Semoga daftar lengkap perkakas/alat pertukangan ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi kalian dalam menjalankan pekerjaan di rumah.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Daftar Lengkap Perkakas/Alat Pertukangan Rumah Tangga, Wajib Ada!. Semoga aartikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *