Macam-Macam Hand Tools

Macam-Macam Hand Tools Serta Pengertian dan Fungsinya

Posted on

Finoo.id – Macam-Macam Hand Tools Serta Pengertian dan Fungsinya. Alat tangan adalah jenis perkakas yang digerakkan oleh tenaga manusia. Terdapat beragam jenis alat tangan yang dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan penggunaannya.

Kehadiran perkakas sangat berperan dalam mempermudah berbagai tugas manusia, termasuk alat tangan. Perkakas ini memiliki berbagai jenis yang antara lain:

Pengertian Hand Tools

Secara mendasar, perkakas dapat dikelompokkan menjadi dua jenis berdasarkan tipe, yaitu hand tools atau perkakas tangan, dan power tools atau perkakas mesin. Sesuai namanya, hand tools merupakan berbagai perkakas yang tidak memerlukan mesin atau sumber listrik, melainkan mengkalianlkan tenaga manusia.

Oleh karena itu, membedakan dan mengelompokkan perkakas ke dalam kategori perkakas tangan atau mesin cukup sederhana. Sekarang, mari kita bahas apa saja fungsi dari hand tools.

Fungsi Hand Tools

Hand Tools atau perkakas tangan memiliki beragam fungsi dan kegunaan yang beragam. Contohnya, digunakan untuk memperbaiki kendaraan, memperbaiki perabot rumah tangga yang rusak, memasang baut atau sekrup, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, Hand Tools banyak digunakan dalam berbagai industri seperti industri perbengkelan, industri perabotan, konstruksi, dan sektor lainnya. Namun, perlu diingat bahwa Hand Tools sendiri terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Setiap jenis Hand Tools memiliki fungsi dan kegunaan yang khas.

Macam-Macam Perkakas Tangan

Perkakas tangan memiliki beragam jenis yang berbeda. Setiap perkakas memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri.

Beberapa perkakas cocok dan umumnya digunakan dalam industri tertentu, sementara untuk keperluan rumah tangga, terdapat beberapa jenis perkakas tangan yang tidak selalu diperlukan karena jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Berikut adalah beberapa contoh dari perkakas tangan yang sering digunakan:

1. Kunci

Kunci atau wrench merupakan salah satu dari banyak alat tangan yang memiliki peran yang sangat penting. Fungsinya umumnya melibatkan pengencangan dan pengenduran baut serta mur.

Baca Juga :   √ Apa Itu Sloof? Pengertian, Fungsi dan Ukuranya Lengkap

Biasanya, kunci dibuat dari paduan logam chrome dan vanadium. Terdapat berbagai macam jenis kunci yang sering digunakan.

  • Kunci pas atau open-end wrench digunakan untuk membantu dalam proses pengencangan dan pengenduran baut serta mur pada area yang sempit.
  • Kunci ring atau box wrench berfungsi untuk membantu dalam pengencangan dan pengenduran baut atau mur dengan momen pengencangan yang lebih besar di ruang terbatas.
  • Kunci kombinasi atau combination wrench bermanfaat untuk mengencangkan dan mengendurkan baut atau mur di tempat yang sulit dijangkau oleh kunci soket.
  • Kunci T berguna untuk mengencangkan dan mengendurkan baut atau mur di daerah yang sulit dijangkau.
  • Kunci busi atau spark plug wrench digunakan untuk melepas dan memasang busi.
  • Kunci Inggris adalah jenis kunci yang digunakan ketika tidak ada kunci yang sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Kunci L atau allen wrench adalah jenis kunci yang digunakan untuk mengendurkan dan mengencangkan baut. Kunci ini memiliki kepala berbentuk heksagonal.
  • Kunci roda atau wheel nuts and bolts wrench adalah jenis kunci yang digunakan khusus untuk mengencangkan dan mengendurkan mur roda.

2. Palu

Palu, atau hammer, ialah salah satu alat tangan yang bermanfaat untuk memberikan tumbukan pada objek tertentu. Seperti halnya kunci, palu juga memiliki berbagai jenis. Ada beberapa jenis palu, termasuk palu konde, kuningan, karet, plastik, dan kulit.

  • Palu konde, yang juga dikenal sebagai palu masinis, adalah jenis palu yang digunakan dalam pekerjaan logam.
  • Palu kuningan adalah jenis palu yang digunakan untuk memberikan tumbukan dengan kekuatan sedang sehingga tidak merusak komponen yang dipukul.
  • Palu plastik adalah jenis palu yang digunakan untuk memberikan tumbukan dengan kekuatan ringan.
  • Palu kulit digunakan untuk memberikan tumbukan pada permukaan benda kerja yang lebih halus.
  • Palu karet digunakan untuk tugas seperti pemasangan ban.

3. Tang

Jenis alat tangan berikutnya dalam kategori hand tools adalah tang. Tang adalah alat yang berfungsi untuk memegang, memotong, memasang, atau melepas bahan kerja tertentu dengan bantuan tangan.

Baca Juga :   √ Biaya Pasang Plafon Kamar 3x3 Terbaru : Material & Tenaga

  • Tang sering digunakan untuk berbagai tujuan di berbagai bidang seperti otomotif, perbaikan, dan listrik.
  • Tang kombinasi adalah jenis tang yang digunakan untuk memegang benda kerja berbentuk silinder dan rata dengan ukuran kecil.
  • Tang snap ring adalah tang yang digunakan untuk memasang atau melepas snap ring.
  • Tang lancip digunakan untuk membengkokkan atau menjepit kabel dan logam tipis.
  • Tang pemotong berfungsi untuk memotong kawat atau mengupas kabel dengan diameter tertentu.
  • Tang sambungan digunakan untuk menggenggam komponen.

4. Gergaji Tangan

Gergaji tangan merupakan jenis lain dari hand tools yang digunakan untuk memotong campuran logam, plat, dan baja dengan kandungan karbon yang relatif rendah.

Umumnya, gergaji tangan dibuat dari baja perkakas, baja biasa, dan baja berkecepatan tinggi.

5. Obeng

Obeng adalah salah satu dari berbagai jenis hand tools yang digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan berbagai jenis sekrup pada benda kerja. Jenis-jenis obeng pun sangat beragam. Ada obeng biasa, obeng offset, dan obeng ketok.

  • Obeng biasa adalah kombinasi dari obeng dengan kepala + dan – yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup sesuai ukurannya.
  • Obeng offset adalah jenis obeng yang digunakan untuk mengencangkan baut dengan kepala beralur atau baut yang sulit dijangkau oleh obeng biasa.
  • Obeng ketok atau impact driver adalah jenis obeng yang berfungsi untuk mengendurkan atau mengencangkan baut dengan kepala beralur.

6. Pin Punch

Pin punch adalah jenis alat bantu yang digunakan untuk memasang atau melepaskan pin tertentu. Alat ini digunakan untuk mengeluarkan pin setelah sebelumnya digerakkan dengan starting punch.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan pin punch sebelum menggunakan starting punch.

7. Sekrap

Sekrap atau gasket scraper adalah alat tambahan yang digunakan untuk mengangkat material gasket yang menempel pada komponen sebelum ditempatkan kembali.

Penggunaan sekrap sangat disarankan jika ingin membuat alur, slot, atau kontur cekung pada suatu permukaan tertentu.

Baca Juga :   √ Apa Itu DED (Detail Engineering Design)? Berikut Penjelasanya!

8. Ragum

Ragum berfungsi sebagai alat penjepit yang digunakan untuk menjepit benda kerja sebelum dilakukan proses pemahatan, pengikiran, pemtapan, pemotongan, penyeneian, dan tindakan lainnya.

Cara penggunaan ragum juga cukup sederhana. Pengguna hanya perlu memutar pegangan ragum, dan rahang ragum akan membuka atau menutup, menjepit benda kerja.

9. Tap

Salah satu jenis dari berbagai macam hand tools selanjutnya adalah tap. Tap digunakan untuk membuat ulir sehingga sesuai dengan ulir pada baut yang akan digunakan.

Selain itu, tap juga berguna untuk memperbaiki ulir pada mur yang mengalami kerusakan.

10. Snei

Akhirnya, ada snei. Alat ini dapat digunakan untuk membuat ulir baru pada benda bulat dari besi atau untuk memperbaiki ulir yang rusak. Biasanya, penggunaan snei akan beriringan dengan penggunaan tap.

Berbagai jenis hand tools yang telah dijelaskan di atas diharapkan dapat membantu kalian dalam menyelesaikan berbagai tugas yang berkaitan dengan industri dan otomotif.

Pastikan untuk memperhatikan dengan seksama cara menggunakan hand tools ini agar dapat memanfaatkannya secara efektif.

Baca Juga :

Penutup

Dalam merangkum, alat tangan atau “Hand Tools” memiliki peran krusial dalam berbagai pekerjaan, mulai dari tukang kayu, mekanik, hingga hobi DIY.

Meski sederhana, setiap alat tangan memiliki fungsi khusus yang membedakannya dari yang lain. Memahami macam-macam hand tools dan fungsinya tidak hanya mempermudah pekerjaan, namun juga meningkatkan keefektifan dan keamanan saat menggunakannya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Macam-Macam Hand Tools Serta Pengertian dan Fungsinya . Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *