Cara Mengetahui PK AC

Cara Mengetahui PK AC Paling Akurat & Rekomendasinya

Posted on

Finoo.id – Cara Mengetahui PK AC Paling Akurat & Rekomendasinya. Terdapat banyak pilihan AC dengan fitur menarik yang dapat dipilih, mulai dari hemat listrik hingga mampu menghasilkan udara bersih dan bebas bakteri. AC tersebut tersedia dalam berbagai merek dengan harga yang berbeda.

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih AC adalah kapasitas PK AC. Penting untuk memilih ukuran PK AC yang sesuai dengan luas ruangan yang diinginkan agar akurat dan tepat.

Tidak semua orang mengetahui kapasitas PK AC yang dibutuhkan, terutama bagi mereka yang membeli AC bekas dengan harga murah. Selain itu, ketika ingin mengganti AC baru, beberapa orang juga perlu mengetahui ukuran PK AC yang sesuai dengan luas ruangan mereka.

Karena setiap ruangan memiliki kebutuhan yang berbeda, tidak semua ukuran PK AC cocok dan memberikan kinerja maksimal. Oleh karena itu, diperlukan penentuan ukuran PK AC yang tepat. Bagaimana cara mengetahui ukuran PK AC yang dibutuhkan? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu PK Dalam AC ?

Bagi mereka yang belum mengetahuinya, PK adalah kependekan dari “Paardekracht” yang berasal dari bahasa Belkami yang berarti Tenaga Kuda atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai HP (Horse Power).

1 PK = 735,5 watt/jam = 0,986 HP.

Dengan demikian, AC berkapasitas 1 PK menggunakan sekitar 735,5 watt tenaga listrik dari kompresor AC dalam waktu 1 jam. Belum lagi ditambah daya yang dikonsumsi oleh kipas indoor dan outdoor. Secara kasar, AC berkapasitas 1 PK dapat mengonsumsi sekitar 1 KWh atau bahkan lebih dari daya listrik.

Cara Mengetahui PK AC

Secara prinsip, mengetahui PK AC tidaklah sulit karena PK AC dapat ditentukan melalui satuan BTU (Brintush Thermal Unit). Dalam perhitungan untuk mengetahui nilai PK, BTU digunakan sebagai acuan utama.

Nilai BTU dapat dihitung dengan mengalikan panjang (p) dan lebar (l) ruangan dalam satuan meter dengan angka 500 (sebagai konversi BTU stkamir).

Berikut ini adalah contoh perhitungan untuk ruangan dengan ukuran 3 x 2 meter:

Nilai BTU = p x l x 500 = 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU. Karena nilai BTU ini kurang dari 5.000 BTU yang merupakan nilai stkamir untuk AC ½ PK, maka masih memungkinkan untuk menggunakan AC ½ PK. Berikut ini adalah acuan untuk mengetahui besaran PK AC:

Baca Juga :   Penjelasan Cara Kerja AC: Kompresor AC dan AC Split Yang Tepat

  • AC ½ PK = 5.000 BTU
  • AC ¾ PK = 7.000 BTU
  • AC 1 PK = 9.000 BTU
  • AC 1½ PK = 12.000 BTU
  • AC 2 PK = 18.000 BTU

Cara Mengetahui PK AC Dari Model

Selain menggunakan metode di atas, kami juga dapat mengetahui kapasitas PK AC melalui mode AC yang terdapat di rumah kami. Cara ini sangat mudah karena kami hanya perlu membaca kode model pada AC untuk mengetahui berapa kapasitas PK yang digunakan.

Sebagai contoh, AC Panasonic dengan mode CS PC5JKJ. Di sini, angka 5 menunjukkan BTU AC sebesar 5.000, yang berarti AC tersebut berkapasitas ½ PK. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan lihat di bawah ini.

  • 5 = 5.000 BTU/jam dengan kapasitas ½ PK
  • 7 = 7.000 BTU/jam dengan kapasitas ¾ PK
  • 9 = 9.000 BTU/jam dengan kapasitas 1 PK
  • 12 = 12.000 BTU/jam dengan kapasitas 1 ½ PK
  • 18 = 18.000 BTU/jam dengan kapasitas 2 PK
  • 24 = 24.000 BTU/jam dengan kapasitas 2 ½ PK

Oleh karena itu, untuk mengetahui kapasitas PK AC dari mode AC kami, kami hanya perlu membaca angka di awal kode mode yang mewakili satuan BTU.

Cara Menentukan PK AC Sesuai Ruangan

Namun, untuk memastikan bahwa kapasitas PK yang dipilih sesuai dengan luas ruangan, diperlukan perhitungan yang tepat. kami perlu menggunakan rumus tertentu untuk mengetahui kapasitas AC yang paling cocok untuk ruangan yang ingin dipasang AC.

Namun, terkadang ukuran PK yang disebutkan sebelumnya tidak selalu sesuai dengan kebutuhan ruangan. Oleh karena itu, untuk menentukan ukuran yang paling sesuai, kami perlu menghitung luas ruangan yang akan dipasang AC.

Kapasitas ACSetara DenganCocok Untuk Ruangan
½ PK5.000BTU/hari3 x 3 m
¾ PK7.000BTU/hari3 x 4 m
1 PK9.000BTU/hari4 x 4 m
1 ½ PK12.000BTU/hari4 x 6 m
2 PK18.000BTU/hari5 x 8 m
2 ½ PK24.000BTU/hari6 x 8 m
3  PK27.000BTU/hari10 x 8 m
5 PK45.000BTU/hari10 x 10 m

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk menentukan kapasitas PK AC, kami dapat menggunakan rumus p x l x 500. Berikut ini adalah contoh perhitungan yang lebih jelas.

Misalnya, kami memiliki ruangan dengan ukuran 3 x 5 meter. Untuk mengetahui kapasitas PK yang dibutuhkan, berikut adalah perhitungannya:

3 x 5 x 500 = 7.500 BTU/jam, sehingga kapasitas AC yang paling cocok adalah AC ¾ PK atau AC 1 PK.

Rekomendasi AC Sesuai PK Yang Dibutuhkan

1. Aqua Japan AC Split Stkamirt [1/2 PK | AQA-KCR5AHP1]

Ada juga Aqua Japan AC Split Stkamirt [1/2 PK | AQA-KCR5AHP1] yang dapat dipertimbangkan. AC ini dengan kapasitas 1/2 PK dari Aqua Japan dijual dengan harga Rp. 2.519.000. AC ini merupakan AC Split stkamir yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Salah satu fiturnya adalah sistem anti korosi (Blue Fin) yang melindungi AC dari karat. Dengan fitur ini, AC tidak mudah berkarat meskipun terkena percikan air atau kelembapan.

Baca Juga :   Daftar Kode Remot AC Sanken Paling Lengkap

Seri AC Aqua Japan ini juga dilengkapi dengan fitur TURBO COOL. Fitur ini memungkinkan AC mendinginkan ruangan 47% lebih cepat dibandingkan dengan AC merek lain. Fitur Triple Airflow-nya juga memberikan aliran udara yang lebih cepat, lebih kuat, dan mencakup area yang lebih luas berkat desain flap khusus. Selain itu, AC ini dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti Turbo Cool, Wide Voltage, Self-Diagnosis, dan masih banyak lagi.

2. Samsung AC Split [0.75 PK | AR07NRFLDWKNSE]

Rekomendasi AC kedua adalah Samsung AC Split [0.75 PK | AR07NRFLDWKNSE] yang dijual dengan harga Rp. 2.949.000. AC Split ukuran 0.75 PK atau 3/4 PK dari Samsung ini dilengkapi dengan filter Full High Density. Filter ini berfungsi untuk menghalangi debu, bakteri, dan partikel lain yang menjadi penyebab alergi. Dengan fitur ini, udara yang dihasilkan akan lebih bersih, segar, dan higienis, sehingga membantu menjaga kesehatan dan mengurangi risiko alergi.

Seri AC Samsung ini memiliki kapasitas pendinginan sebesar 6.470 BTU/jam dengan daya 1,9 kW. Efisiensi Energi EER pendinginan AC ini mencapai 10,44 BTU/jam per watt dengan daya 3,06 watt. Tingkat kebisingannya juga cukup rendah, yaitu 38/28 dBA untuk dalam ruangan dan 50 dBA untuk luar ruangan. Spesifikasi ini sangat menjanjikan, bukan?

3. SHARP New Jetsream Series AC Split [1 PK | AH-A9SAY]

Rekomendasi AC lainnya adalah SHARP New Jetsream Series AC Split [1 PK | AH-A9SAY]. AC Split berkapasitas 1 PK dari Sharp ini dapat kami dapatkan dengan harga Rp. 2.960.100. Seri AC ini dilengkapi dengan lapisan Freon R32 yang membantu mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan pemanasan global. Lapisan ini memberikan udara yang lebih ramah lingkungan saat dihembuskan.

Selain itu, AC Sharp ini juga dilengkapi dengan teknologi Jetstream. Teknologi ini memungkinkan udara segar dihasilkan dengan cepat. Ada juga mode Cokami Gentle Cool Air yang mengalirkan udara dingin secara lembut ke atas. Fitur ini bermanfaat untuk mencegah suhu ruangan terlalu dingin, terutama bagi anak-anak dan orang tua. Fitur-fitur tersebut membuat AC ini sangat menarik, bukan?

4. Samsung Alpha Inverter AC Split [1.5 PK | AR12AYHLAWKNSE]

Rekomendasi selanjutnya adalah Samsung Alpha Inverter AC Split [1.5 PK | AR12AYHLAWKNSE] dengan harga Rp. 4.649.000. Seri AC Samsung ini memiliki kapasitas pendinginan antara 2.730 hingga 12.900 BTU/jam dengan daya 0.8 hingga 3.8 kW. Efisiensi energi EER-nya adalah 3.06 W/W. Tingkat kebisingannya adalah 44/35 dBA di dalam ruangan dan 55.0 dBA di luar ruangan, tidak terlalu besar.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan AC Aqua Japan Wajib Diketahui

Ukuran AC Samsung ini adalah 840 mm x 315 mm x 280 mm untuk unit dalam ruangan dan 835 mm x 340 mm x 600 mm untuk unit luar ruangan. Bobotnya adalah 9.5 kilogram untuk unit dalam ruangan dan 25.5 kilogram untuk unit luar ruangan.

5. Samsung Wall Mount AC Split Inverter [2 PK | AR18TYGZEWKNSE]

Terakhir, kami merekomendasikan Samsung Wall Mount AC Split Inverter [2 PK | AR18TYGZEWKNSE]. AC berkapasitas 2 PK dari Samsung ini dapat kami dapatkan dengan harga Rp. 8.659.000. AC ini dilengkapi dengan teknologi Digital Inverter Boost yang memungkinkan pendinginan udara 43% lebih cepat dibandingkan merek lain. Selain itu, AC ini juga dilengkapi dengan kipas yang 15% lebih besar dan lubang masuk udara yang 18% lebih luas.

Pisau yang digunakan pada AC ini juga 31% lebih lebar. Dengan fitur ini, udara sejuk yang dihasilkan oleh AC dapat tersebar lebih luas hingga jarak 15 meter. Penggunaan magnet Neodymium dan Twin Tube Muffler pada AC ini juga dapat mengurangi penggunaan energi hingga 73%. Ketika AC dimatikan, fungsi pembersihan otomatis akan menghilangkan debu dan kelembapan tanpa perlu tambahan daya listrik.

Baca Juga :

Penutup

Dalam kesimpulan artikel finoo.id , mengetahui PK (Potensi Kebutuhan) AC adalah langkah penting dalam memilih AC yang tepat untuk rumah atau ruangan kami. Dengan mengetahui PK AC yang sesuai, kami dapat mengoptimalkan kenyamanan termal serta menghemat energi dan biaya operasional.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui PK AC, seperti menghitung luas ruangan, mempertimbangkan jumlah orang yang berada di dalamnya, dan memperhatikan faktor-faktor lain seperti paparan sinar matahari dan isolasi termal.

Dalam menghitung PK AC, penting juga untuk memperhatikan tingkat efisiensi energi dan teknologi pendingin yang digunakan. Dengan memperhatikan semua faktor ini, kami dapat memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan kami dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan efisien secara energi.

Jadi, pastikan untuk melakukan penelitian dan konsultasi dengan ahli HVAC untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat sebelum membeli AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *