Merk Timah Solder yang Bagus

Ciri Merk Timah Solder yang Bagus dan Cara Memilihnya

Posted on

Finoo.id – Ciri Merk Timah Solder yang Bagus dan Cara Memilihnya. Menyolder adalah proses untuk membuat sambungan logam listrik secara mekanis dengan menggunakan timah, yang juga dikenal sebagai tinol. Dalam proses ini, timah dilelehkan dan ditempelkan pada ujung solder, yang kemudian digunakan untuk menyambungkan media logam yang akan disolder.

Solder sendiri berfungsi sebagai pemanas timah sehingga timah dapat mencair. Fungsi timah ini sangat penting dalam pembuatan sambungan logam kelistrikan yang kalian rakit atau susun.

Saat ini, berbagai jenis timah solder mudah ditemukan di beberapa toko elektronik di daerah kalian. Hal ini memudahkan kalian untuk memenuhi kebutuhan soldering, dan harga yang ditawarkan bervariasi tergantung pada kualitas yang kalian pilih.

Pada kesempatan kali ini, hargaalat.id akan memberikan informasi tentang beberapa merk timah solder yang memiliki kualitas bagus dan terbaik. Ini mungkin dapat menjadi referensi saat kalian sedang mencari timah solder untuk keperluan menyambung alat elektronik.

Apa Itu Solder?

Solder merupakan jenis peralatan pemanas yang digunakan untuk melelehkan timah agar mudah menempel pada komponen atau kaki transistor dalam elektronik. Dengan demikian, komponen dan kaki transistor dapat terhubung dengan jalur pada PCB (Printed Circuit Board).

Lebih lanjut, solder bekerja dengan menghasilkan panas yang digunakan untuk melelehkan timah dalam proses penyambungan rangkaian atau komponen pada peralatan elektronik.

Dalam bidang teknik mesin, proses penyambungan logam ini sering disebut las atau welding, yang memiliki cara kerja mirip dengan soldering. Dalam kedua metode tersebut, bahan tambahan dileburkan untuk menyambungkan rangkaian atau komponen elektronik.

Baca Juga :   Cara Mengatasi KwH Over Limit Dengan Mudah & Simpel

Pengertian Timah Solder

Timah solder adalah jenis timah yang terbuat dari campuran perak dan timah. Timah solder, yang juga dikenal dengan sebutan Alloy, digunakan untuk mematri komponen elektronika.

Ciri-Ciri Timah Solder yang Berkualitas

1. Harganya Lebih Mahal

Timah solder atau tinol yang berkualitas biasanya memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tinol biasa. Salah satu ciri dari timah solder yang baik adalah penggunaan bahan campuran boraks, yang membantu dalam penempelan timah agar kuat dan tidak mudah lepas.

2. Asapnya Tidak Pedih Dimata dan Berbau

Pada saat melakukan tindakan servis atau merakit, asap yang dihasilkan dari timah solder yang berkualitas biasanya tidak menyebabkan iritasi pada mata dan tidak berbau.

3. Hasil Bersih dan Mengkilap

Hasil penyolderan terlihat bersih dan memiliki kilau yang mengilap.

4. Hasil Tampak Rapat

Hasil solderan tidak memiliki lubang atau gelembung. Sebaliknya, terlihat rapat dan padat.

5. Mudah Dilelehkan

Timah solder yang berkualitas umumnya mudah meleleh saat digunakan dengan media solder.

6. Lentur

Timah solder berkualitas memiliki tekstur yang lentur dan tidak kaku.

7. Kuat dan Awet

Hasil solderan akan memiliki kekuatan, ketahanan, dan tahan lama yang baik sehingga tidak mudah rusak dalam jangka waktu yang lama.

Tips Memilih Timah Solder yang Bagus

1. Pilih bentuk timah solder yang dibutuhkan

Biasanya, timah solder disajikan dalam bentuk gulungan, tetapi ada juga yang membentuk gulungan tersebut menjadi bentuk roll dan gulungan kecil yang menyerupai tabung. Karena itu, tidak mengherankan jika timah solder tersebut dimasukkan ke dalam tabung kecil yang panjang.

2. Perhatikan komposisi bahan timah solder

Seperti halnya jenis produk lainnya, timah solder juga memiliki komposisi bahan tertentu di dalamnya. Pada label beberapa produk timah solder, terdapat penulisan “alloy” yang menunjukkan bahwa produk tersebut terbuat dari dua jenis atau lebih logam atau non-logam. kalian mungkin sering melihat tulisan Sn 60 dan Pb 40, atau Grade 60/40, yang berarti persentase timahnya adalah 60 dan timbalnya adalah 40. Namun, ada juga timah solder yang dibuat dengan perbandingan 63/37.

3. Pilih ukuran timah solder yang dibutuhkan

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli timah solder yang baik adalah ukurannya. Ukuran ini mencakup diameter timah, panjang total kawat timah solder, dan informasi berat produk yang biasanya tertera pada label. Meskipun merknya sama, produk yang sama biasanya tersedia dalam variasi pilihan, memungkinkan kalian untuk memilih sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga :   Rangkaian Tone Control Super Bass Paling Nendang

4. Pastikan harganya sesuai dengan budget

Merk dan spesifikasi yang berbeda pada timah solder akan mempengaruhi harga yang ditawarkan. Umumnya, semakin baik kualitas produknya, maka semakin tinggi pula harganya. Namun, tidak menutup kemungkinan kalian menemukan produk dengan kualitas yang tidak jauh berbeda namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Rekomendasi Merk Timah Solder yang Bagus

Berikut ini beberapa merk timah solder yang dapat menjadi referensi untuk digunakan:

1. Sanki

Berikut adalah spesifikasi timah solder:

  • Titik leleh: 183 derajat Celsius
  • Material: 60% SN, 2.0% PB ROSIN
  • Berat: 250g per roll
  • Diameter: 0.8mm/1mm

2. Mundorf Supreme

Berikut adalah spesifikasi timah solder:

  • Komposisi: 88.6% Timah / 1.8% Tembaga / 9.5% Perak / 0.1% Emas
  • Diameter: 1mm
  • Fluks: 2.5%
  • Bebas timbal dan kadmium
  • Titik lebur: 290°C / 554°F

3. Paragon

Timah Solder Paragon tersedia dalam bentuk roll dengan panjang 10 meter per roll. Harga untuk timah solder merk Paragon adalah Rp 15.000 per 10 meter.

4. Kaina

Berikut adalah spesifikasi timah solder:

  • Berat bersih = 100 gr
  • Fluks = 2.0%
  • Tipe = A 63 / 37
  • Diameter = 0.8 mm

5. Wellsmart

Timah Wellsmart sangat cocok digunakan untuk pemasangan parabola, TV kabel, dan perangkat elektronik lainnya. Biasanya dijual dengan ukuran 60/40 – 0.8 mm, dengan berat 250 gram (1/4 kg).

6. Milioner

Timah Solder merek Milioner telah memperoleh sertifikat stkalianr internasional, dan telah terbukti menghasilkan solderan yang lebih mengkilap dan kuat.

7. Mechanic

Timah Mechanic memiliki beberapa variasi, ada yang berbentuk cair dan ada juga yang berbentuk kawat.

8. Pancing

Timah pancing umumnya tersedia dalam ukuran 10 meter dan 60 meter saat dijual.

9.Kaisi

Timah Kaisi tersedia dalam berbagai diameter, antara lain 0.3 mm, 0.4 mm, 0.2 mm, 0.5 mm, 0.6 mm, dan 0.8 mm.

10. Rapid

Timah Rapid memiliki diameter 0.8 mm.

Penyebab timah solder tidak mau menempel

Beberapa faktor yang dapat membuat timah solder sulit untuk menempel antara lain:

  1. Objek atau komponen yang akan disolder menggunakan timah solder tersebut masih kotor, berkarat, atau berjamur. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa objek tersebut telah dibersihkan dengan baik sebelum melakukan proses soldering.
  2. Mata solder tidak memiliki lapisan aluminium. Lapisan aluminium membantu dalam penyebaran panas secara efisien, sehingga timah solder dapat meleleh dengan cepat. Tanpa lapisan aluminium, panas tidak dapat terserap dengan baik oleh timah solder, sehingga proses soldering menjadi lebih sulit.
  3. Daya solder yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Setiap jenis timah solder memiliki suhu leleh yang berbeda. Jika daya solder yang digunakan tidak sesuai dengan suhu leleh timah solder yang digunakan, maka timah solder akan cepat membeku sebelum sempat menempel dengan baik.
Baca Juga :   Apa Itu Homestay? Pengertian, Sejarah dan Keuntunganya

Dalam melakukan soldering, penting untuk memperhatikan faktor-faktor ini agar timah solder dapat menempel dengan baik dan menghasilkan sambungan yang kuat.

Cara mengatasi timah solder susah menempel

Dalam melakukan pekerjaan, terutama bagi pemula, tidak jarang timah solder sulit untuk menempel saat melakukan soldering pada kabel atau komponen elektronik lainnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan ketika timah solder sulit menempel adalah dengan menggunakan lotfet atau lem timah. Lotfet hanya perlu dioleskan pada komponen yang akan disolder, kemudian panaskan timah pada komponen tersebut sehingga dapat menempel dengan baik.

Baca Juga :

Penutup

Setiap merk timah solder ini menawarkan kelebihan masing-masing, tetapi yang terpenting adalah memilih merk yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Penting untuk memperhatikan kualitas, daya tahan, dan aliran timah solder saat memilih produk yang tepat.

Ingatlah bahwa kualitas timah solder yang baik akan memberikan hasil soldering yang lebih baik dan dapat meningkatkan kinerja perangkat elektronik kalian. Jadi, pastikan untuk memilih merk timah solder yang bagus untuk mendapatkan kualitas terbaik dalam proyek soldering kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Ciri Merk Timah Solder yang Bagus dan Cara Memilihnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *