Biaya Aspal Jalan

Biaya Aspal Jalan Per Meter Terbaru dan Tips Memilihnya

Posted on

Finoo.id – Biaya Aspal Jalan Per Meter Terbaru dan Tips Memilihnya. Seperti yang telah dikenal, terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan seseorang untuk mempercantik sebuah hunian, salah satunya adalah dengan mengadakan konstruksi jalan khusus yang melintasi halaman depan rumah.

Ketika berbicara mengenai konstruksi jalan di suatu hunian, kini sudah tersedia berbagai pilihan bahan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Beberapa jenis material tersebut termasuk di antaranya seperti cor beton, paving, aspal, dan sebagainya.

Salah satu jenis material yang mungkin memiliki umur lebih panjang dan tahan lama adalah aspal. Selain itu, proses pengaspalan jalan juga dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan material sejenisnya.

Jika Anda berencana untuk mengaspal jalan sebagai bagian dari konstruksi di rumah, ada baiknya Anda mengetahui estimasi biayanya terlebih dahulu. Untuk membantu Anda, dalam kesempatan ini kami akan memberikan perkiraan biaya aspal jalan per meter untuk berbagai jenis dan ukuran.

Pengertian Dan Fungsi Aspal

Aspal adalah salah satu jenis material yang sangat akrab karena seringkali kita jumpai saat melintasi jalan raya di sekitar kita.

Material bangunan berupa aspal sering digunakan dalam proyek-proyek konstruksi jalan atau lapisan permukaan, sama seperti beton dan blok paving.

Secara definisi, aspal adalah senyawa hidrokarbon yang terbentuk dengan mencampurkan senyawa sulfur, oksigen, dan klorin di dalamnya, dan biasanya dihasilkan dari bahan alam seperti minyak bumi.

Fungsi utama aspal adalah sebagai bahan pengikat dan pelapis permukaan tanah, seringkali dicampur dengan senyawa lain seperti bitumen dan mineral.

Dalam praktiknya, aspal berfungsi untuk menyatukan batuan dan komponen lainnya agar tetap melekat pada permukaan jalan.

Keunggulan aspal sebagai bahan pengikat adalah kemampuannya untuk meleleh saat dipanaskan dan mengeras ketika suhu turun, membuatnya sangat cocok untuk aplikasi jalan.

Jenis-jenis Aspal

Anda tahu bahwa jalan aspal tidak hanya ada satu jenis, tetapi ada banyak variasi di antaranya:

1. Aspal Alam

Aspal alam adalah aspal yang berasal secara langsung dari sumber alam tanpa melalui proses pengolahan. Aspal alam ini dalam bentuk batuan dapat ditemukan di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Aspal alam tersebut memiliki sifat plastis dan juga sering ditemui di Danau Pitch, Republik Trinidad.

Di sebelah lain, aspal yang memiliki sifat ini ditemukan di sekitar daerah Segitiga Bermuda. Ketika Segitiga Bermuda banyak mengandung aspal murni, berbeda dengan aspal yang ditemukan di Pulau Buton dan Danau Pitch, yang biasanya tercampur dengan mineral lain. Aspal yang berasal dari Pulau Buton juga sering disebut sebagai Aspal Buton.

Baca Juga :   √ Manfaat Kapur Barus Alami Bagi Kesehatan Manusia Lengkap

2. Aspal Buatan

Aspal buatan adalah jenis aspal yang dibuat dari minyak bumi melalui proses khusus. Seluruh proses pembuatan aspal buatan ini dapat dianggap relatif rumit dan menghasilkan tiga jenis utama:

  • Aspal Keras: Jenis aspal ini memiliki tingkat kekerasan tinggi. Biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat jalan aspal. Aspal keras juga digunakan dalam pembuatan Asphalt Cement (AC).
  • Aspal Cair: Sesuai dengan namanya, aspal jenis ini berbentuk cair. Umumnya digunakan untuk mengikat bahan bangunan atau sebagai perekat. Beberapa tipe aspal yang digunakan sebagai lapis resap pengikat atau prime coat meliputi MC30, MC70, dan MC250. Selain itu, tipe aspal seperti RC-70 atau RC-250 digunakan untuk lapis pengikat (tack coat).
  • Aspal Emulsi: Jenis aspal ini terbentuk dari aspal keras yang kemudian dipecah menjadi partikel-partikel kecil dalam air, atau aspal cair yang diubah menjadi emulsi dengan menggunakan bahan pengemulsi. Hasilnya bisa mengandung muatan listrik positif (kationik) atau muatan listrik negatif (anionik). Keuntungan penggunaan aspal emulsi ini adalah kemudahan dalam penggunaan, kemampuan ikat yang baik, serta daya tahan terhadap hujan.

Biaya Aspal Jalan Per Meter

Setelah memahami beberapa kelebihan dan kekurangan serta proses pengaspalan jalan, langkah selanjutnya adalah menentukan besaran biaya yang dibutuhkan sebagai ongkos untuk para pekerja. Perlu diperhatikan bahwa biaya aspal jalan per meter persegi dapat bervariasi di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya tersebut antara lain kondisi pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko pengerjaan. Secara umum, para pekerja pengaspalan jalan menentukan ongkos per meter persegi. Mereka juga seringkali menawarkan beberapa pilihan paket aspal jalan.

Namun, penting untuk diingat bahwa besaran biaya aspal jalan juga tergantung pada kontraktor atau pemborong yang berbeda, mirip dengan harga borongan bangunan. Untuk lebih jeta, berikut ini adalah kisaran biaya aspal jalan per meter berdasarkan pilihan paket:

  • Biaya Per Meter Persegi untuk Paket Pelapisan Jalan Aspal Hotmix: Rp 70.000
  • Biaya Per Meter Persegi untuk Paket Pembuatan Jalan Hotmix Baru: Rp 145.000
  • Biaya Per Meter Persegi untuk Paket Pengaspalan Penetrasi: Rp 150.000
  • Biaya Per Meter Persegi untuk Paket Perbaikan Tambal Sulam Makadam, Hotmix, Split: Rp 90.000

Catatan: Besaran biaya aspal jalan per meter di atas dapat bervariasi di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Cara Menghitung Ongkos Aspal Jalan

Di atas telah dijelaskan secara komprehensif mengenai estimasi biaya aspal jalan per meter untuk berbagai jenis dan ukuran beserta proses pelaksanaannya. Akan tetapi, pengetahuan ini akan lebih lengkap jika Anda juga memahami tata cara perhitungannya.

Sebenarnya, perhitungan biaya aspal jalan hampir mirip dengan perhitungan biaya pasang paving block. Yang pertama-tama perlu Anda lakukan adalah menentukan luas atau volume jalan yang akan diaspal.

Baca Juga :   Pengertian Baterai Li-Po: Kelebihan & Kekurangan Serta Fungsinya

Sebagai contoh, apabila Anda ingin mengaspal jalan di halaman rumah yang memiliki panjang 10 meter dan lebar 2 meter dengan menggunakan pilihan paket pembuatan jalan hotmix baru, berikut adalah tata cara perhitungannya:

Dengan informasi berikut:

  • Panjang jalan: 10 meter.
  • Lebar jalan: 2 meter.

Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Luas Jalan
  • Luas = Panjang x Lebar.
  • Luas = 10 meter x 2 meter.
  • Luas = 20 meter persegi.
  • Biaya Aspal Jalan
  • Biaya = Luas jalan x Biaya aspal jalan per meter.
  • Biaya = 20 meter persegi x Rp 145.000.
  • Biaya = Rp 2.900.000.

Berdasarkan perhitungan tersebut, total biaya yang diperlukan untuk mengaspal jalan seluas 20 meter persegi dengan menggunakan jasa aspal jalan per meter adalah sekitar Rp 2.900.000.

Tips Memilih Harga Aspal Per M2 di Kontraktor Jalan

Jasa kontraktor yang berkualitas memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan yang lain. Namun, untuk menemukan jasa kontraktor pengaspalan jalan yang baik, Anda perlu meluangkan usaha terlebih dahulu.

1. Dekat dengan Domisili

Disarankan untuk mencari jasa kontraktor yang berlokasi dekat dengan tempat tinggal Anda. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan survei langsung di lokasi. Terkadang, informasi yang tersedia di internet mungkin tidak mencukupi untuk menilai kredibilitas suatu jasa.

Selain itu, jasa kontraktor yang dekat dengan tempat tinggal Anda akan mempersingkat waktu perjalanan. Anda tidak perlu menunggu lama pekerja yang akan melakukan pengaspalan jalan jika lokasi perusahaan kontraktor tersebut tidak terlalu jauh dari alamat Anda.

2. Mengecek Rekam Jejak Perusahaan

Sebelum Anda mencapai kesepakatan mengenai harga aspal per meter persegi (m2), penting untuk melakukan pengecekan terhadap rekam jejak perusahaan yang Anda pertimbangkan untuk menyewa jasanya. Pastikan perusahaan tersebut memiliki catatan kinerja yang baik dan dapat dipercaya.

Cari testimoni yang sering diposting di akun media sosial atau situs web perusahaan untuk mengetahui pendapat klien sebelumnya tentang jasa pengaspalan jalan tersebut. Jika hasil penilaian terhadap perusahaan tersebut positif, Anda dapat melanjutkan pembicaraan mengenai kerja sama.

3. Selain Harga Aspal Per M2 Murah tentunya Jaminan Garansi

Garansi adalah layanan yang diberikan oleh perusahaan jasa sebagai jaminan jika terjadi kerusakan kapan saja. Cari jasa kontraktor yang bersedia memberikan garansi setelah Anda membayar harga aspal hotmix per meter persegi. Dengan demikian, jika ada masalah atau keluhan, Anda dapat langsung berbicara dengan perusahaan tersebut.

Pemilihan jasa kontraktor yang menawarkan garansi adalah salah satu tips penting yang perlu diperhatikan. Biasanya, durasi garansi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan jasa bervariasi, mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

4. Datang ke Lokasi untuk mendapatkan Harga Aspal Per Meter terbaru

Tidak cukup hanya melakukan survei secara online. Anda bisa langsung mengunjungi lokasi Kerajaan Aspal untuk memastikan kebenaran informasi yang tercantum di akun media sosial atau situs web mereka. Lebih jauh lagi, jika Anda sudah mengetahui lokasi kontraktor tersebut, Anda dapat melakukan penilaian lebih mendalam terkait layanan mereka.

Baca Juga :   Ciri Ciri Impeller Jet Pump Rusak Yang Perlu Diketahui

Misalnya, Anda dapat memeriksa apakah perusahaan tersebut memiliki kantor resmi dengan alamat yang jelas, mengevaluasi sikap para pekerjanya, melihat material yang digunakan dalam proses pengaspalan, menginspeksi mesin-mesin yang digunakan, dan mengevaluasi berbagai aspek lainnya yang hanya dapat Anda amati dengan datang langsung ke lokasi.

5. Pengerjaan Tepat Waktu

Salah satu tips penting dalam memilih jasa pengaspalan adalah memastikan bahwa kontraktor mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan. Jika tidak ada hambatan yang menghambat kemajuan pekerjaan, maka proyek seharusnya dapat diselesaikan sesuai dengan estimasi waktu yang telah disepakati.

Oleh karena itu, kemampuan kontraktor aspal untuk menyelesaikan proyek tepat waktu merupakan indikator positif bahwa jasa tersebut memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dan bertanggung jawab dalam menjalankan pekerjaan mereka. Hal ini sebanding dengan biaya yang diinvestasikan dalam pengaspalan jalan di desa atau kota Anda.

6. Ada Kontrak Kerja Resmi

Setelah mencapai kesepakatan mengenai harga aspal per meter persegi, material aspal, dan hal-hal lainnya, langkah selanjutnya adalah membuat kontrak kerja tertulis. Kontrak kerja ini akan menjadi bukti resmi dari kerja sama antara Anda dan jasa kontraktor, memberikan kesan yang lebih formal.

Selain itu, jika suatu saat timbul perdebatan mengenai pelaksanaan pekerjaan atau harga, kontrak kerja yang telah ditandatangani sebelumnya akan menjadi acuan yang kuat untuk menyelesaikan sengketa tersebut.

7. Perhitungan Rincian Biaya Pengaspalan Jalan per m2, per meter, per drum, per ton , per kg

Anda dapat meminta laporan biaya pengaspalan jalan yang terperinci dari kontraktor jasa untuk memahami rincian biaya yang terlibat. Ini mencakup pengeluaran seperti harga aspal hotmix per meter persegi atau biaya bahan baku lain yang dibutuhkan selama proses pengaspalan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menjaga kualitas dan keberlanjutan infrastruktur jalan, penting untuk memahami Biaya Aspal Jalan Per Meter.

Sebagai elemen penting dalam pengembangan dan perawatan jalan, biaya ini memiliki dampak besar pada anggaran proyek konstruksi dan pemeliharaan jalan.

Dalam era perkembangan teknologi dan inovasi, pemahaman mendalam tentang biaya aspal jalan per meter adalah langkah awal menuju pengelolaan sumber daya yang efisien dan infrastruktur jalan yang berkualitas.

Dengan pengetahuan yang tepat, pemangku kepentingan dapat membuat keputusan yang cerdas dan berkelanjutan dalam pengembangan dan perawatan jalan.

Demikianlah aritkel finoo.id yang membahas tentang Biaya Aspal Jalan Per Meter Terbaru dan Tips Memilihnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *