Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC Terbaru Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC Terbaru Yang Paling Tepat. Pemasangan plafon bukan hanya untuk melindungi sistem kelistrikan dalam rumah, tetapi juga untuk menghindari kerusakan akibat rembesan air hujan. Salah satu jenis material plafon yang umum digunakan dalam rumah minimalis modern adalah plafon PVC.

Penting untuk dicatat bahwa harga plafon PVC biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan material sejenis seperti plafon gypsum atau triplek. Selain itu, penggunaan plafon PVC sangat cocok untuk menciptakan tampilan seni di langit-langit rumah.

Bagi mereka yang ingin memasang plafon PVC, sebaiknya merencanakan proyek tersebut secara cermat sejak awal. Dengan perencanaan yang baik, kalian dapat memperkirakan kebutuhan material dan biaya proyek secara lebih akurat.

Namun, banyak orang, terutama yang tidak berpengalaman dalam bidang konstruksi, mungkin tidak tahu cara menghitungnya. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghitung kebutuhan plafon PVC, mulai dari bahan material hingga biaya proyeknya.

Apa Itu Plafon PVC?

Polyvinyl Chloride, yang disingkat sebagai PVC, lebih dikenal sebagai bahan polimer yang biasanya digunakan untuk pembuatan pipa air. Meskipun PVC telah lama digunakan untuk pipa air, proses pembuatannya berbeda dari pembuatan pipa PVC.

PVC diproduksi dalam dua bentuk, yaitu sebagai bahan keras dan sebagai plastik fleksibel. Fleksibel PVC ini adalah salah satu jenis bahan yang paling sering digunakan dalam proyek konstruksi rumah, rumah sakit, sekolah, dan sebagainya. PVC juga merupakan alternatif yang populer untuk plafon rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Walau memiliki beragam keunggulan, tidak berarti plafon PVC bebas dari kelemahan. Sebagai material konstruksi bangunan, plafon PVC memiliki beberapa kekurangan. Sebelum kita mendiskusikan lebih lanjut tentang cara menghitung kebutuhan plafon PVC, mari kita lihat dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Plafon PVC

Ada banyak jenis material plafon yang tersedia di pasaran saat ini, seperti gypsum, akustik, GRC, WPC, dan sebagainya. Plafon PVC menjadi salah satu pilihan yang menonjol karena keunggulannya:

1. Anti Rayap

Plafon PVC sering dipertimbangkan sebagai alternatif plafon kayu karena ketahanannya terhadap serangan rayap. Plafon PVC tidak mengandung selulosa yang menjadi sumber makanan utama rayap, sehingga tidak menarik bagi hama tersebut. Saat ini, plafon PVC tersedia dalam beragam motif serat kayu yang dapat dipilih sesuai dengan desain ruangan kalian. Selain itu, harga plafon PVC umumnya lebih terjangkau dibandingkan plafon kayu.

2. Anti Bocor (Waterproof) dan Tidak Lapuk

Gypsum adalah bahan yang sering digunakan untuk plafon. Namun, gypsum tidak tahan terhadap air, sehingga bisa mengalami kerusakan dan kebocoran jika terkena rembesan air. Selain itu, dalam lingkungan dengan kelembapan udara tinggi, gypsum cenderung berpotensi tumbuh jamur. Di sisi lain, plafon PVC memiliki keunggulan sendiri karena terbuat dari bahan PVC yang tahan terhadap air (waterproof). Seperti halnya pada pipa air, air tidak akan merembes dan merusak plafon PVC. Dengan plafon PVC, masalah kebocoran dan kelembapan tinggi bukan lagi menjadi perhatian.

Baca Juga :   Cara Menghitung Keramik Lantai 40x40 Yang Paling Mudah & Tepat

3. Api Tidak Merambat (Self-Extinguishing)

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kerusakan saat terjadi kebakaran adalah plafon yang dapat memicu perambatan api dan ambruk. Plafon PVC mengurangi risiko ini karena api tidak akan menyebar pada plafon PVC. Plafon PVC hanya akan mengalami pembakaran dan berubah menjadi warna hitam jika terkena api, namun tidak akan menyebarkan api lebih lanjut. Begitu sumber api dijauhkan, api pada plafon PVC akan padam dengan sendirinya (self-extinguishing). Keunggulannya dalam hal keamanan terhadap api membuat plafon PVC menjadi pilihan yang populer untuk digunakan di dapur, rumah, gudang, maupun pabrik.

4. Tidak Memerlukan Finishing

Plafon PVC memiliki keunggulan unik di mana setiap lembarannya sudah merupakan produk jadi. Artinya, plafon PVC siap untuk dipasang tanpa perlu proses finishing tambahan. Umumnya, material plafon memerlukan tahap finishing untuk mencapai tampilan akhir yang diinginkan. Misalnya, gypsum harus diaplikasi dulu dengan dempul agar permukaannya rata sebelum dicat. Proses finishing semacam ini tidak hanya memakan waktu, tetapi juga mengeluarkan biaya tambahan yang cukup besar. Dengan menggunakan plafon PVC, kalian dapat menghemat waktu dan biaya, karena plafon PVC sudah siap pakai dan tidak memerlukan tahap finishing tambahan.

5. Pemasangan Praktis dan Cepat

Plafon PVC dipasang menggunakan sistem interlocking, di mana setiap lembaran disambungkan seperti menggabungkan potongan puzzle. Dengan sistem ini, sisi lembaran PVC akan menutupi sekrup, menciptakan tampilan yang rapi pada plafon PVC. Selain itu, sistem interlocking membuat instalasi menjadi lebih mudah dan cepat, karena tidak diperlukan lagi usaha untuk meratakan sambungan antar lembaran.

6. Ringan, Elastis, dan Berstruktur Kuat

Plafon PVC biasanya memiliki ketebalan berkisar antara 6-9 mm, dan ketebalan optimalnya adalah sekitar 8 mm. Di antara kedua lapisannya terdapat struktur berongga, sehingga plafon PVC memiliki bobot yang ringan, namun tetap kokoh dan padat. Plafon PVC yang berkualitas tinggi memiliki karakteristik fisik yang elastis, memungkinkan penggunaan untuk membentuk melengkung tanpa risiko patah. Keunggulan ringan, elastis, dan kokoh adalah fitur unik dari plafon PVC yang tidak ditemukan pada jenis bahan lainnya.

7. Bebas Biaya Perawatan

Plafon PVC sangat disukai karena tidak memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kebersihan dan penampilannya. Membersihkan plafon PVC sangat sederhana. Cukup dengan mengelap bagian yang kotor atau berdebu menggunakan kain lap dan pembersih rumah tangga biasa. Plafon ini tidak memerlukan biaya perawatan berkala, seperti yang diperlukan pada plafon kayu yang memerlukan pelapisan tambahan. Selain itu, kalian tidak perlu mengeluarkan uang secara berlebihan untuk mengganti plafon yang rusak akibat rembesan air, seperti yang terjadi pada plafon gypsum.

Kekurangan Plafon PVC

Tentu saja, setiap jenis material memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, dan hal ini berlaku juga untuk plafon PVC. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli plafon PVC adalah sebagai berikut:

1. Tidak Tahan Sinar Matahari Langsung

Plafon PVC hanya cocok untuk pemasangan di dalam ruangan (indoor). Jika terpapar oleh sinar matahari secara terus-menerus, plafon ini bisa mengalami perubahan warna dan retak (getas) dengan cepat. Meskipun begitu, apabila dilindungi dari sinar matahari, plafon PVC akan tetap awet dan tahan bertahun-tahun.

Baca Juga :   √ Pengertian Interior Kantor: Fungsi, Tujuan dan Unsurnya Lengkap

2. Tampak Adanya Sambungan

Plafon PVC berbentuk lembaran panjang, dengan lebar biasanya berkisar antara 20 hingga 30 cm dan panjang 4 hingga 6 m. Plafon ini dipasang dengan menggabungkan setiap lembaran secara berurutan. Jika diperhatikan dengan seksama, akan terlihat garis sambungan antara panel-panel tersebut. Untuk menyamarkan garis sambungan ini, kalian dapat memilih motif yang memiliki nat (groove atau garis aliran). Dengan motif ber-nat, plafon PVC akan memberikan kesan seperti terdiri dari plank-plank yang tersambung, mirip dengan tampilan plafon kayu (lumber ceiling).

3. Tidak Bisa Mengganti Motif

Motif yang terdapat pada plafon PVC telah dicetak sebagai produk jadi yang siap untuk dipasang. Untuk mengganti motif plafon PVC, kalian perlu membeli lembaran baru yang sesuai dengan desain yang diinginkan. kalian tidak dapat hanya mengganti warna dengan cara melukis ulang seperti pada plafon gypsum, atau memilih motif gambar sesuai keinginan seperti yang dapat dilakukan pada wallpaper. Motif pada plafon PVC dicetak dengan seragam pada setiap lembarannya, sehingga motif tersebut akan terlihat berulang pada setiap panel.

Ukuran Standar Plafon PVC

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, material plafon PVC yang tersedia di pasaran memiliki beragam jenis dan merek. Namun, dalam hal ukuran, plafon PVC pada dasarnya memiliki dimensi yang sama, hanya dengan sedikit perbedaan dalam ketebalannya.

Umumnya, material plafon PVC yang tersedia di pasaran memiliki panjang mulai dari 2 meter, 3 meter, 4 meter, 5 meter, hingga 6 meter per lembar. Selain itu, produk tersebut juga memiliki beragam lebar, seperti 24 cm (lebar kotor) dan 20 cm (lebar bersih) per lembar.

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Setelah memahami kelebihan dan kekurangannya, langkah berikutnya adalah memahami bagaimana menghitung kebutuhan plafon PVC. Sebagai contoh, jika kalian ingin memasang plafon merek Shunda di kamar berukuran 3 meter x 3 meter, berikut adalah cara menghitungnya:

Bahan Material Pendukung

Sebelum kalian menghitung kebutuhan plafon PVC, pertimbangkan terlebih dahulu untuk mengestimasi biaya pembelian material pendukung yang diperlukan untuk pemasangannya. Material pendukung ini juga merupakan komponen penting yang harus dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan plafon di rumah kalian. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah daftar harga material pendukung:

Jenis MaterialKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah
Lem G1pcsRp5,000Rp5,000
Paku beton 7 cm12pcsRp400Rp4,800
Sealent white1botolRp30,000Rp30,000
Skrup gypsum0.3dusRp70,000Rp21,000
Kawat gantung1kgRp19,500Rp19,500
Benang nilon1rollRp5,000Rp5,000

Dengan demikian, total biaya yang perlu disiapkan untuk membeli material pendukung pemasangan plafon PVC adalah sekitar Rp 85.300.

Bahan Plafon PVC

Langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan pemasangan plafon, termasuk plafon PVC, lis, dan rangka hollow galvalum. Untuk lebih detailnya, mari perhatikan cara menghitung kebutuhan plafon PVC untuk ruangan seluas 9 meter persegi di bawah ini.

Diketahui:

  • Harga plafon PVC merek Shunda per meter: Rp 30.000.
  • Harga lis plafon PVC per meter: Rp 18.000.
  • Harga hollow galvalum 4 x 4: Rp 23.000.
  • Harga hollow galvalum 2 x 4: Rp 16.000.

Perhitungan:

  • Plafon PVC Shunda: 10 lembar x Rp 30.000 per meter x 3 meter = Rp 900.000.
  • Lis PVC: 3 batang x Rp 18.000 per meter x 4 meter = Rp 216.000.
  • Hollow galvalum 4 x 4: 3 batang x Rp 23.000 = Rp 69.000.
  • Hollow galvalum 2 x 4: 5 batang x Rp 16.000 = Rp 80.000.
Baca Juga :   √ Apa Itu Plafon PVC? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya

Dengan perhitungan di atas, total biaya untuk membeli kebutuhan pemasangan plafon PVC di ruangan seluas 9 meter persegi adalah sekitar Rp 1.265.000.

Ongkos Pekerja

Langkah terakhir adalah menghitung biaya atau upah pekerjaan pembangunan. Kami menyarankan untuk menggunakan pekerja dengan sistem borongan karena ini lebih ekonomis daripada sistem harian. Misalnya, biaya pasang plafon dalam sistem borongan saat ini adalah sekitar Rp 45.000 per meter persegi. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Biaya pasang plafon PVC (model rata/flat): 9 m2 x Rp 45.000 = Rp 405.000.
  • Jadi, total biaya keseluruhan untuk membeli kebutuhan pemasangan plafon PVC merek Shunda di ruangan berukuran 3 meter x 3 meter adalah Rp 85.300 + Rp 1.265.000 + Rp 405.000 = Rp 1.755.300.

Tips Memilih Plafon PVC

Di atas, kami telah menjelaskan dengan rinci tentang cara menghitung kebutuhan plafon PVC, mulai dari pembelian bahan material hingga biaya pekerja. Namun, agar konstruksi plafon di rumah kalian dapat bertahan lama, ada beberapa tips penting yang perlu kalian pertimbangkan saat memilih plafon PVC:

Pilih Ukuran Sesuai Kebutuhan: Pertama-tama, pastikan kalian memilih ukuran plafon PVC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan kalian. Hindari pemborosan dengan mengukur dan memperkirakan jumlah plafon yang diperlukan dengan cermat. Ini akan membantu kalian menghemat biaya dan material.

Pilih Merek Terbaik: Saat membeli plafon PVC, pilih merek yang terpercaya dan terbaik. Merek yang sudah teruji kualitasnya biasanya menawarkan produk yang lebih tahan lama dan memiliki kinerja yang baik.

Pilih Material PVC yang Elastis: Pastikan material plafon PVC yang kalian pilih memiliki karakteristik elastisitas. Ini akan memudahkan dalam pemasangan, terutama jika kalian memiliki desain yang melibatkan lengkungan atau bentuk khusus pada plafon.

Perhatikan Garansi Produk: Sebaiknya pilih material plafon PVC yang dilengkapi dengan garansi. Dengan garansi, kalian memiliki perlindungan tambahan jika terjadi cacat produk atau masalah kualitas. Jika ada masalah, kalian dapat mengklaim atau menukarkan produk tersebut tanpa tambahan biaya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam dunia konstruksi dan renovasi, perencanaan yang matang sangat penting untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Salah satu komponen penting yang harus diperhitungkan adalah kebutuhan plafon PVC. Dengan menghitung kebutuhan plafon PVC secara cermat, kalian dapat menghindari pemborosan material dan biaya yang tidak perlu.

Melalui artikel ini, kita telah mempelajari berbagai cara menghitung kebutuhan plafon PVC dengan tepat. Penting untuk selalu mengikuti panduan produsen dan berkonsultasi dengan ahli konstruksi jika diperlukan.

Semoga artikel finoo.id ini bermanfaat dalam membantu kalian menghitung kebutuhan plafon PVC untuk proyek kalian. Dengan perhitungan yang tepat, kalian dapat menciptakan ruang yang indah dan fungsional dengan plafon PVC yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *