Harga Borongan Membuat Kusen Kayu

√ Harga Borongan Membuat Kusen Kayu: Pintu & Jendela

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Membuat Kusen Kayu: Pintu & Jendela. Kusen merupakan elemen esensial dalam sebuah bangunan yang memerlukan perhatian khusus. Di Indonesia, beragam jenis kusen dari berbagai bahan telah tersedia, seperti kusen kayu, aluminium, vinyl, fiberglass, UPVC, dan sebagainya.

Seperti yang diketahui, kusen berfungsi sebagai rangka atau struktur yang terintegrasi sesuai dengan konstruksi, fungsi, dan preferensi pemilik bangunan. Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih untuk membuat kusen secara mandiri daripada membelinya dalam bentuk jadi.

Kusen berbahan dasar kayu seringkali menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Selain sebagai tempat untuk menempatkan pintu dan jendela, kusen juga dapat digunakan sebagai penyekat dinding atau pemisah antar ruangan.

Bagi yang berencana membuat kusen kayu sendiri, penting untuk mengetahui estimasi biaya borongan pekerja. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai harga borongan untuk pembuatan kusen kayu, baik itu kusen pintu maupun jendela.

Apa itu Kusen?

Kusen merupakan bagian konstruksi bangunan yang terkait secara langsung dengan pintu atau jendela. Umumnya, kusen yang tersedia di pasaran terbuat dari bahan kayu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi konstruksi, kusen dapat juga diproduksi dari bahan seperti plastik atau aluminium.

Fungsi kusen tidak hanya sebagai tempat pemasangan pintu atau jendela, tetapi juga dapat berperan sebagai pemisah ruangan, meskipun tanpa adanya daun pintu yang terpasang. Variasi bentuk dan ukuran kusen sangat beragam, dan kusen yang umum dijual bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemesan, baik dari segi ukuran maupun bentuknya.

Bagian-Bagian Kusen?

Kusen bukan hanya sekadar rangka yang dipasang di tembok. Sebagian kecil dari pengetahuan kalian mungkin mengetahui bahwa kusen memiliki struktur. Di dalam setiap struktur kusen, terdapat beberapa komponen yang berbeda. Berikut adalah beberapa bagian dari kusen yang perlu kalian ketahui!

1. Sponneng

Dalam struktur bagian kusen, istilah “tiang kusen” dapat merujuk pada beberapa bagian. Salah satunya adalah sponneng, yang merupakan sejenis tiang kusen. Meskipun demikian, terdapat juga istilah “tiang kusen” yang sebenarnya berbeda dengan sponneng. Sponneng merupakan bagian pada kusen yang berfungsi untuk menghubungkan daun pintu atau jendela dengan kusen.

2. Tiang Kusen

Meskipun keduanya merupakan tiang pada kusen, fungsi dari tiang kusen berbeda dengan sponneng. Tiang kusen berperan sebagai komponen yang digunakan untuk memisahkan antara dinding dengan jendela atau pintu.

Baca Juga :   √ Tips Memilih Handle Pintu Rumah Dan Jenis-Jenisnya

Dengan demikian, sponneng dan tiang kusen sebenarnya berada di bagian yang sama, tetapi mempunyai fungsi yang berbeda sehingga mendapat istilah yang berbeda.

3. Ambang Kusen

Ambang kusen, yang juga sering disebut dorpel, terletak di bagian atas rangka kusen. Fungsi dari ambang kusen atau dorpel ini adalah untuk menopang beban daun pintu atau jendela di bagian atasnya.

4. Telinga Kusen

Telinga kusen sebetulnya merupakan bagian dari ambang kusen atau dorpel. Bedanya, bagian ini tersemat pada dinding atau tembok, sehingga tidak terlihat setelah suatu bangunan selesai dibangun. Fungsi utama dari telinga kusen ini adalah untuk menahan rangka kusen agar tetap stabil dan mencegah pergerakan.

5. Angkur

Angkur adalah komponen pada rangka kusen yang terletak di sisi. Fungsinya utama adalah untuk memperkuat kusen agar tetap kokoh. Selain itu, angkur juga berperan dalam menahan gerakan daun pintu dan jendela saat dibuka atau ditutup.

6. Alur Kapur

Alur kapur adalah sebagian dari tiang kusen. Alur kapur memiliki peran penting dalam rangka kusen karena berfungsi sebagai penghambat penyusutan akibat perubahan suhu udara, baik panas maupun dingin, sehingga mencegah timbulnya celah.

7. Duk atau Neut

Duk atau neut adalah bagian rangka kusen yang terletak di bagian bawah dekat dengan lantai. Fungsinya mirip dengan telinga kusen, yaitu untuk menahan tiang agar tidak mudah bergerak ke segala arah. Selain itu, duk atau neut berperan dalam melindungi rangka kusen dari rembesan air dari lantai yang memiliki elevasi lebih tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Kayu

Setiap material bahan bangunan memiliki karakteristiknya sendiri, termasuk kusen kayu. Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai harga borongan pembuatan kusen kayu, penting untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Kelebihan:

  1. Beragam Variasi Bentuk: Kusen kayu menawarkan berbagai variasi bentuk yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari desain tradisional, minimalis, modern, hingga klasik.
  2. Penerapan pada Berbagai Tipe Desain Rumah: Fleksibilitas kusen kayu memungkinkan pengaplikasiannya pada berbagai tipe desain rumah.
  3. Tampilan Alami dan Natural: Kusen kayu memberikan tampilan alami dan natural sesuai dengan jenis kayu yang digunakan.
  4. Daya Tahan Tinggi dan Kuat: Beberapa jenis kayu, seperti kayu jati, kaper, atau ulin, dapat memiliki daya tahan tinggi dan kekuatan yang optimal setelah melalui proses pengovenan.
  5. Fleksibilitas dalam Pembentukan: Sifat fleksibel kusen kayu memungkinkan pembentukan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pemilik rumah.
  6. Penghantaran Panas atau Dingin: Kusen kayu memiliki kemampuan untuk menahan panas atau dingin dari luar ruangan, memberikan isolasi termal yang baik.
Baca Juga :   √ Apa Itu Engsel Sendok? Jenis dan Hal Yang Harus Diketahui

Kekurangan:

  1. Ketersediaan Kayu Berkualitas Sulit: Mendapatkan kayu berkualitas saat ini bisa menjadi tantangan.
  2. Rentan Terhadap Serangan Rayap: Kayu mudah dimakan rayap, sehingga perlindungan tambahan diperlukan.
  3. Perawatan Berkala Diperlukan: Kusen kayu memerlukan perawatan secara berkala untuk mempertahankan keindahan dan keberlanjutannya.
  4. Perlindungan Coating Diperlukan: Agar tetap awet, kusen kayu perlu dilapisi dengan lapisan coating sebagai perlindungan tambahan.
  5. Absorpsi Air dan Perubahan Volume: Kemampuan menyerap air bisa menyebabkan volume kayu berubah-ubah, yang perlu diperhatikan dalam perawatan.
  6. Harga Lebih Mahal Dibandingkan Aluminium: Proses pemasangan kusen kayu cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kusen aluminium.

Cara Menghitung Kebutuhan Kusen Kayu

Sebelum memulai pembuatan kusen kayu, penting untuk memperhatikan hal lain, yaitu menghitung total kebutuhan material. Ini menjadi krusial karena total kebutuhan material kusen kayu akan signifikan memengaruhi biaya pembangunan, terutama saat melibatkan proses pembuatan rumah kayu.

Sebagai ilustrasi, misalnya, jika kalian hendak membuat pintu kayu dengan ukuran 90 cm x 215 cm dan menggunakan kusen kayu berukuran 5 cm x 10 cm dengan bentuk gawangan, panjangnya akan menjadi 2.15 m + (0.9 m x 2.15 m) = 5.2 m. Dengan demikian, total kebutuhan kayu untuk kusen berukuran 5 cm x 10 cm akan mencapai sekitar 5.2 meter.

Harga Borongan Membuat Kusen Kayu

Secara umum, harga borongan untuk pembuatan kusen kayu dapat bervariasi di berbagai wilayah, dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Meskipun terdapat perbedaan, selisihnya tidak akan terlalu signifikan. Untuk menghilangkan rasa penasaran, berikut ini adalah rincian harga borongan:

Jenis Kusen KayuSatuanHarga
Kusen pintuUnitRp65,000
Kusen jendelaUnitRp65,000
Daun pintuUnitRp250,000
Daun pintu kupu tarungUnitRp500,000

Disarankan untuk menggunakan jasa pekerja borongan atau kontraktor yang berpengalaman agar hasil akhir sesuai dengan harapan. Pada rumah berukuran cukup besar, disarankan pula menggunakan model pintu kupu tarung untuk tampilan yang lebih cocok.

Tips Memilih Kusen Kayu

Telah dijelaskan secara komprehensif mengenai rincian harga borongan untuk pembuatan kusen kayu dari berbagai jenis bahan dasarnya. Namun, perlu dicatat bahwa salah satu kelemahan kusen kayu adalah rentan dimakan oleh rayap. Oleh karena itu, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih kusen kayu agar material tersebut dapat memiliki daya tahan yang lebih lama:

  1. Perhatikan Jenis Bahan Dasar Kusen Kayu:
    Pastikan kalian memahami jenis bahan dasar kusen kayu yang akan digunakan. Pilihlah jenis kayu yang memiliki ketahanan alami terhadap serangan hama, seperti kayu jati, meranti, atau jenis kayu keras lainnya.
  2. Pilih Kusen Anti Rayap:
    Pertimbangkan untuk menggunakan kusen kayu yang telah diolah khusus untuk menjadi tahan terhadap serangan rayap. Beberapa perlakuan anti rayap melibatkan penggunaan bahan kimia atau teknologi tertentu yang dapat melindungi kusen dari kerusakan.
  3. Pastikan Tahan Terhadap Kebocoran:
    Memastikan bahwa kusen kayu memiliki ketahanan terhadap kebocoran air sangat penting. Ini dapat dicapai dengan memilih kayu yang tahan terhadap kelembaban atau dengan memberikan perlakuan khusus untuk melindungi kusen dari kerusakan akibat air.
  4. Pilih Material Kuat dan Kokoh:
    Pastikan kusen kayu yang dipilih memiliki kekuatan dan kekokohan yang memadai. Ini akan memastikan bahwa kusen dapat menahan beban dan tekanan tanpa mengalami deformasi atau kerusakan struktural.
  5. Sesuaikan dengan Konsep Hunian:
    Memilih kusen kayu yang sesuai dengan konsep arsitektur dan desain rumah kalian akan memberikan tampilan yang estetis dan harmonis.
  6. Cocokkan dengan Interior Rumah:
    Kusen kayu juga sebaiknya dipilih dengan mempertimbangkan keserasian dengan interior rumah kalian, termasuk pemilihan warna dan gaya desain.
  7. Gunakan Ukuran Sesuai Kebutuhan:
    Pilihlah ukuran kusen kayu yang sesuai dengan kebutuhan dan dimensi pintu atau jendela yang akan dipasang. Ukuran yang tepat akan memberikan stabilitas dan keseimbangan visual.
  8. Pilih Jenis Kusen Kayu Sesuai Anggaran Dana:
    Sesuaikan pilihan jenis kusen kayu dengan anggaran yang dimiliki. Terdapat berbagai jenis kayu dengan harga yang bervariasi, sehingga kalian dapat memilih yang sesuai dengan ketersediaan dana.
Baca Juga :   Cara Plitur Kayu Agar Tampak Mengkilap Yang Paling Tepat

Baca Juga :

Penutup

Dengan memahami rincian harga borongan membuat kusen kayu dan menjelajahi berbagai jenis bahan dasarnya, kita dapat menyimpulkan bahwa pemilihan kusen kayu tidak hanya melibatkan aspek finansial, tetapi juga faktor-faktor kualitas yang penting.

Kendati demikian, kerap dimakan rayap menjadi salah satu tantangan yang dapat diatasi dengan pemilihan bahan dan perlakuan yang tepat.

Dengan merencanakan secara cermat dan mempertimbangkan berbagai faktor tersebut, kita dapat menentukan pilihan kusen kayu yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Sehingga, melalui pemilihan yang bijaksana, kita dapat meraih keseimbangan antara fungsi, estetika, dan keberlanjutan, menciptakan rumah impian yang kokoh dan indah.

Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan pekerja borongan atau kontraktor berpengalaman agar proses pembangunan kusen kayu berjalan sesuai harapan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Membuat Kusen Kayu: Pintu & Jendela. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *