Mengenal Bahan Brokat

√ Mengenal Bahan Brokat, Pemanfaatan Serta Karakteristiknya

Posted on

Finoo.id – √ Mengenal Bahan Brokat, Pemanfaatan Serta Karakteristiknya. Pakaian untuk acara formal dan pesta umumnya dibuat dari bahan khusus untuk memberikan tampilan yang lebih elegan. Salah satu jenis kain yang sering digunakan untuk pakaian formal adalah brokat. Jika kalian berencana membeli pakaian yang terbuat dari brokat tile dalam waktu dekat, sebaiknya kalian memahami karakteristiknya terlebih dahulu agar kalian lebih yakin dalam menentukan pilihan.

Pengertian Bahan Brokat

Brokat adalah jenis kain tenun dekoratif yang terbuat dari sutra berwarna tanpa benang emas dan perak. Kain ini sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan kebaya karena tampilannya yang menarik.

Kebaya tidak hanya menjadi identitas orang tua, melainkan juga sering dipakai oleh anak muda. Jenis kebaya yang dianggap rumit atau tidak sederhana menciptakan kesan etnik, keunikan, dan keanggunan yang menarik.

Kain brokat umumnya dihiasi dengan corak rumit seperti bunga, tumbuhan, dan elemen alam lainnya. Namun, karena teksturnya yang cenderung keras dan bisa menyebabkan gatal pada kulit, disarankan untuk selalu melapisinya dengan furing.

Karakteristik Dari Kain Brokat

Jika kalian tertarik menggunakan bahan brokat, penting untuk mengetahui karakteristik kain tersebut. Meskipun dianggap terjangkau dan sangat cocok untuk meningkatkan penampilan, brokat memiliki beberapa ciri khas yang mencerminkan kualitas asli dari bahan tersebut.

1. Daya Serap yang Kurang

Salah satu ciri khas yang dapat langsung terlihat pada kain brokat adalah daya serap keringatnya yang terbatas. Hal ini kadang membuat pengguna merasa kurang nyaman jika digunakan untuk waktu yang lama, terutama saat berada di luar ruangan pada cuaca yang panas dan terik.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada solusinya. Saat ini, terdapat jenis bahan pelengkap yang disebut sebagai furing. Bahan ini dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengguna kain brokat, mengurangi rasa risih dan gatal yang mungkin timbul akibat motif brokat pada permukaannya.

2. Serat Kain Tidak Padat

Ciri khas lain yang mencolok pada kain brokat adalah serat-seratnya yang tidak padat, menjadikannya sangat menerawang. Oleh karena itu, diperlukan tambahan kain agar penggunaannya menjadi lebih nyaman dan aman selama acara berlangsung.

Baca Juga :   √ Apa Itu Mortar? Fungsi, Karakteristik dan Jenisnya

Bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas namun tetap ingin tampil menarik, brokat merupakan pilihan yang sangat baik. Meskipun teksturnya tipis, tantangan ini dapat diatasi dengan berbagai cara, seperti menggunakan furing atau manset. Dengan demikian, kalian dapat memakainya dengan rasa aman.

3. Punya Motif Timbul

Ciri khas yang paling mencolok adalah adanya motif dengan tekstur timbul pada kain brokat ini. Motif yang umumnya digunakan melibatkan bunga-bunga dalam berbagai ukuran. Penampilan akan semakin memukau jika kalian mampu memilih warna-warna yang indah, seperti coklat, biru, merah, dan masih banyak lainnya.

Meskipun motif-motif timbul ini kadang membuat pengguna merasa kurang nyaman, seperti mungkin terjadi rasa gatal karena kulit bersentuhan dengan serat-serat benang yang berserabut, saat ini sudah banyak brokat yang dirancang dengan serat yang lebih rapi.

Jenis-Jenis Bahan Brokat

Ada banyak jenis kain brokat yang tersedia di Indonesia saat ini, membuat para penggemar busana klasik merasa semakin bingung. Dari opsi dengan harga ekonomis hingga yang memerlukan budget lebih, kini banyak pilihan brokat yang populer di Indonesia.

1. Brokat Semi Prancis

Brokat Semi Prancis, juga dikenal sebagai tiruan brokat Prancis, memiliki tekstur yang sedikit lebih keras dibandingkan dengan brokat Prancis asli. Meskipun demikian, tekstur kainnya tetap halus, tidak elastis, dan motifnya tidak terlalu timbul. Meski kualitasnya tidak sebaik brokat Prancis, banyak perancang busana yang memilih bahan ini untuk pakaian mewah. Kehadirannya memberikan alternatif dengan harga yang lebih terjangkau sementara masih mempertahankan sentuhan elegan.

2. Brokat Prancis

Brokat Prancis adalah kain dengan tekstur yang lebih rapat, sehingga tidak memerlukan lapisan tambahan. Permukaan kainnya lembut dan tidak menyebabkan rasa gatal atau panas pada kulit saat digunakan. Kualitasnya yang superior membuatnya menjadi bahan paling mahal di antara jenis brokat lainnya. Keunggulan ini menjadikan brokat Prancis pilihan utama untuk busana yang memerlukan sentuhan kelas dan keanggunan tertinggi. Meskipun harganya lebih tinggi, nilai estetika dan kenyamanan yang diberikan oleh brokat Prancis menjadi investasi yang sangat dihargai oleh pecinta fashion yang mengutamakan kualitas.

3. Brokat Prada

Brokat Prada menghadirkan tekstur yang khas dengan motif yang timbul dan tegas, memberikan kesan mewah saat dipkalianng. Kualitasnya yang sangat baik menjadikannya pilihan utama bagi mereka yang menginginkan pakaian berkualitas tinggi. Dengan berat mencapai 500 gram, kain ini memberikan kesan yang kokoh dan mewah saat dipakai.

Dalam hal variasi warna, satu potong brokat Prada dapat mencakup 1-3 warna yang berbeda, memberikan fleksibilitas desain yang tinggi. Bahan ini seringkali digunakan untuk pembuatan kebaya wisuda, gaun pengantin, dan dress pesta. Keistimewaan brokat Prada tidak hanya terletak pada keindahan visualnya, tetapi juga pada kemampuannya untuk memberikan rasa elegan dan mewah pada setiap potongan busana yang dibuat dengan menggunakan kain ini.

Baca Juga :   √ Jenis Selang Air Beserta Fungsinya Paling Lengkap

4. Brokat Corneli

Brokat Corneli adalah jenis kain brokat yang banyak diminati karena harganya yang terjangkau dan kenyamanan penggunaannya. Kain ini memiliki permukaan benang yang timbul, memberikan sentuhan tekstur yang halus dan lentur saat dikenakan. Benang timbul ini sering disebut sebagai chord, yang menambah dimensi visual pada kain. Kelebihan harga yang terjangkau membuat brokat Corneli menjadi pilihan yang populer untuk berbagai jenis pakaian, mulai dari busana sehari-hari hingga dress pesta yang elegan.

5. Brokat Jepang

Brokat Jepang merupakan jenis brokat yang ditkaliani oleh motif bunga yang tersebar merata di seluruh kain. Pola garis pada brokat Jepang cenderung tidak terlalu besar, dan lebar kainnya umumnya sangat pendek. Karakteristik sederhana dari brokat Jepang membuatnya sangat sesuai digunakan dalam pembuatan kebaya wisuda.

Cara Penggunaan Kain Brokat Agar Tetap Awet

Dalam era saat ini, berbagai jenis kain brokat telah melimpah di pasaran, seringkali menjadi pilihan utama untuk pembuatan busana pernikahan atau gaun. Meski dianggap sebagai bahan premium, merawat kain brokat dengan baik tetap menjadi kunci untuk memastikan keindahan dan keawetan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kalian merawat dress berbahan brokat:

1. Perendaman dengan Air Pengharum dan Pelembut

Kain brokat, dengan seratnya yang cenderung renggang, memerlukan perhatian khusus saat mencucinya. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merendam kain dalam air yang telah dicampur dengan pengharum dan pelembut pakaian. Proses perendaman ini membantu membersihkan kain dengan lembut tanpa mengancam keutuhan seratnya.

2. Cuci Tangan dengan Lembut

Untuk menjaga tekstur dress brokat, sebaiknya lakukan proses pencucian dengan tangan. Hindari penggunaan mesin cuci yang dapat merusak serat kain. Selama proses mencuci, tidak perlu memeras pakaian dengan keras. Cukup remas-remas secara lembut sampai dirasa semua sabun meresap ke dalam pakaian.

3. Pengeringan dengan Angin

Kain brokat dapat dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, tetapi hindari pengeringan di ruang terbuka terkena sinar matahari langsung. Proses ini membantu menjaga warna dan tekstur motif agar tetap awet dan tahan lama. Pengeringan di tempat yang teduh dapat melindungi kain dari dampak negatif sinar matahari yang terlalu terik.

4. Hindari Mesin Cuci

Selama proses pencucian, lebih baik menggunakan tangan daripada mesin cuci. Mesin cuci dapat merusak tekstur pakaian dari kain brokat, membuat serat-seratnya mudah renggang dan mengurangi keindahan pakaian tersebut. Dengan mencuci secara manual, kalian dapat memastikan bahwa kain brokat tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :   √ Apa Itu Blockboard? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya

Cara Merawat Pakaian dari Bahan Brokat

Sekarang, merawat pakaian berbahan brokat menjadi lebih mudah dengan memahami beberapa hal penting berikut ini.

  1. Minimalkan Pencucian
    Pakaian brokat sebaiknya tidak terlalu sering dicuci untuk mencegah perubahan tekstur. Sebagai alternatif, cukup angin-anginkan pakaian brokat setelah dipakai sebentar sebelum kalian menyimpannya. Ini membantu menjaga keindahan dan keawetan bahan.
  2. Pisahkan Pakaian Berbahan Brokat
    Pastikan untuk memisahkan pakaian brokat dari pakaian lain berdasarkan jenis bahan dan warnanya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan pewarnaan dari pakaian lain yang dapat merusak keindahan warna pada brokat.
  3. Cuci dengan Tangan
    Proses pencucian pakaian brokat sebaiknya dilakukan dengan tangan daripada mesin cuci. Penggunaan mesin cuci dapat membuat tekstur brokat lebih rentan terhadap perubahan. Dengan mencuci secara manual, kalian dapat lebih kontrol terhadap intensitas dan kelembutan proses pencucian.
  4. Perendaman yang Singkat
    Jika pakaian brokat tidak terlalu kotor, hindari merendamnya terlalu lama. Sebaiknya, lakukan perendaman selama sekitar 10 menit dengan air dan detergen cair sebelum melanjutkan proses pencucian seperti biasa.
  5. Tidak Perlu Menyetrika
    Pakaian brokat yang telah kering tidak memerlukan proses menyetrika. Menyetrika brokat justru dapat merubah teksturnya dengan mudah. Cukup pastikan pakaian brokat kalian sudah kering dengan baik sebelum disimpan.
  6. Simpan dengan Cara Dilipat
    Sebaiknya, simpan pakaian brokat dengan cara dilipat daripada digantung. Menggantung pakaian brokat dapat membuat teksturnya melar. Dengan melipat dan menyimpannya di lemari, kalian dapat menjaga agar pakaian brokat tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :

Penutup

Dengan mengenal lebih dalam tentang bahan brokat, kita dapat memahami betapa istimewanya kain ini dalam dunia fashion. Keunikan motif dan teksturnya memberikan sentuhan elegan pada setiap potongan busana yang menggunakan bahan ini.

Namun, penting juga untuk memahami cara merawatnya agar tetap terjaga keindahannya. Dengan beberapa tips perawatan yang tepat, pakaian berbahan brokat akan menjadi investasi fashion yang berkelas dan tahan lama. Jadi, mari eksplorasi lebih jauh dan rasakan keanggunan bahan brokat dalam menyempurnakan penampilan kita.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Mengenal Bahan Brokat, Pemanfaatan Serta Karakteristiknya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *