Mengenal Jenis Kain Jersey

√ Mengenal Jenis Kain Jersey dan Cara Merawatnya Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Mengenal Jenis Kain Jersey dan Cara Merawatnya Paling Tepat. Kemajuan teknologi yang pesat di berbagai sektor telah mempermudah berbagai kegiatan manusia. Perkembangan ini juga mencakup industri tekstil, di mana setiap tahunnya, jenis kain baru diproduksi sesuai dengan permintaan pasar. Kain-kain yang dihasilkan tidak hanya terdiri dari bahan alami, melainkan juga semakin banyak menggunakan bahan sintetis.

Salah satu contoh kain yang populer adalah kain jersey. Jenis kain ini dirancang untuk berbagai jenis pakaian, mulai dari gamis hingga seragam sepak bola. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan bahan jersey, mari kita eksplorasi lebih lanjut dalam artikel ini.

Apa Itu Kain Jersey?

Jersey merupakan jenis kain rajutan yang terbuat dari serat katun secara keseluruhan atau sebagian dicampur dengan serat sintetis. Nama “Jersey” berasal dari Pulau Jersey, pulau terbesar di Kepulauan Channel yang terletak di antara Inggris dan Perancis.

Daya tarik utama dari kain ini adalah elastisitasnya. Jersey mampu meregang hingga 25 persen dari bentuk aslinya. Selain itu, kain ini cenderung melekat pada tubuh. Oleh karena itu, kain jersey sering digunakan untuk membuat gaun atau dress, memanfaatkan karakteristiknya yang dapat melekat atau pas di badan. Tersedia pula berbagai warna dan jenis kain jersey sesuai dengan kebutuhan.

Karakteristik Bahan Jersey

Tekstur dari kain jersey dikenal sebagai lembut dan elastis, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam pembuatan pakaian muslim atau pakaian olahraga. Bahan yang mudah meregang ini sering disebut sebagai cotton stretch. Selain itu, banyak orang memilih bahan ini karena pakaian yang terbuat dari jersey memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi.

Kain ini juga terkenal dengan kemampuannya menyerap dengan baik dan memiliki beragam variasi warna, yang mungkin membuat seseorang bingung dalam memilih warna yang sesuai. Bahan jersey memiliki banyak variasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Namun, ketika membeli pakaian berbahan jersey, penting untuk memperhatikan kualitas dari setiap jenisnya. Semakin baik kualitas bahan jersey, semakin tinggi pula harganya.

Meskipun tekstur bahan jersey cenderung tebal, pakaian atau busana yang terbuat darinya tetap nyaman digunakan di daerah dengan suhu yang cukup panas. Mengenakan pakaian berbahan jersey dapat memberikan sensasi dingin dan kenyamanan saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pengeras Beton? Fungsi, Kelebihan dan Kekuranganya

Ketebalan bahan jersey bervariasi, mulai dari yang cukup tebal untuk busana muslim hingga yang lebih tipis yang sering digunakan untuk membuat kerudung. Kedua jenis kain tersebut umumnya memiliki kegunaan yang berbeda.

Jenis-jenis Kain Jersey

Dalam banyaknya jenis material jersey, mungkin kalian merasa bingung menentukan jenis yang cocok untuk kebutuhan kalian. Oleh karena itu, mari kita bahas beberapa jenisnya sebagai berikut.

1. Jersey Drifit

Jersey Drifit dibuat dari campuran serat polyester, nilon, katun, dan elastin. Meskipun mengandung serat polyester, jersey Drifit terasa nyaman digunakan karena permukaannya memiliki banyak lubang pori. Biasanya, bahan jersey Drifit digunakan untuk pakaian olahraga seperti seragam tim futsal.

2. Spandek Jersey

Juga dikenal sebagai spandek jersey Korea atau sering disebut spandek ITY. Merupakan salah satu jenis yang populer dan mudah ditemukan di pasaran. Kandungan serat spandek pada kain ini memberikan elastisitas yang baik, menjadikannya pilihan yang cocok untuk membuat gamis dan rok fashion.

3. High Twist

Jersey high twist menawarkan pilihan warna cerah dan sedikit mengkilap. Terbuat dari serat polyester, kain ini terasa gerah saat dipakai, sehingga harganya cenderung lebih terjangkau. Contoh merk seperti Jet Black, Tiger, dan Maxi Style termasuk dalam kategori jersey high twist, yang sering dianggap sebagai kain jersey premium karena tampilan glossy yang elegan.

4. Jersey Serena

Jersey Serena memiliki kelebihan utama berupa handfeel lembut dan halus. Kualitasnya mendekati kain yang digunakan oleh merek Nike dan Adidas, serta memiliki elastisitas yang baik. Kain ini sering digunakan sebagai bahan pakaian olahraga.

5. Jersey Crepe

Jersey Crepe memiliki permukaan yang mirip dengan tekstur kulit jeruk, ringan, dan motif yang unik. Kain ini fleksibel dan tidak kaku, cocok untuk membuat berbagai jenis hijab, gamis, dan pakaian muslimah lainnya. Keunggulan lainnya adalah sifat elastis yang tetap lembut dan adem saat digunakan.

6. Jersey Paragon

Terbuat dari 100% serat sintetis polyester, jersey Paragon cenderung tebal dan kurang elastis namun memberikan kehangatan. Dengan dua tekstur berbeda di setiap sisinya, yaitu garis-garis dan plain, Paragon sering digunakan untuk blazer dan celana kulot karena kesan kaku yang dimilikinya.

7. Jersey Rayon

Juga dikenal sebagai spandek rayon, jersey ini mampu menyerap kelembapan dengan baik dan nyaman digunakan untuk pakaian olahraga. Teksturnya lembut, lentur, dan harganya relatif terjangkau di pasaran.

8. Jersey Hyget

Terbuat dari campuran katun dan polyester dengan handfeel agak kesat. Lebih tipis dibandingkan jenis bahan kaos lainnya, sering digunakan untuk kaos partai dan mulai dimanfaatkan untuk gamis hingga jilbab instan.

9. Jersey Scarlet

Sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis dan pakaian muslim. Ciri khususnya adalah warna yang cenderung gelap, namun dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau.

Baca Juga :   Pengertian Stainless Steel: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

10. Jersey Stella

Merupakan jenis jersey dengan kualitas di atas rata-rata dan harganya relatif mahal. Sebagian terbuat dari bahan rayon, memberikan tekstur yang lembut, adem, dan tidak licin. Kelebihannya meliputi kain yang relatif tebal dan nyaman saat disentuh.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Jersey

Kelebihan Kain Jersey

Berikut adalah beberapa kelebihan kain jersey dibandingkan dengan jenis kain lain:

  1. Elastis dan Lentur:
    Kain jersey memiliki elastisitas yang tinggi dan sifat lentur, sehingga saat digunakan sebagai baju, kain dapat mengikuti bentuk tubuh dengan sempurna tanpa membatasi pergerakan. Karakteristik ini membuat bahan jersey sering dipilih untuk pakaian olahraga dan pakaian fashion wanita yang memerlukan fleksibilitas dan kenyamanan.
  2. Kemampuan Menyerap Air/Keringat yang Baik:
    Sebagian besar jenis kain jersey mengandung serat katun, memungkinkan kain dengan mudah menyerap keringat. Oleh karena itu, bahan jersey sangat nyaman digunakan sebagai pakaian olahraga, menjaga kekeringan dan kenyamanan saat beraktivitas.
  3. Pilihan Warna yang Beragam:
    Bahan jersey menawarkan banyak pilihan warna, mulai dari warna cerah hingga gelap. Keberagaman warna ini memberikan fleksibilitas dalam menciptakan pakaian dengan berbagai gaya dan desain. Selain itu, warna pada jersey cenderung tidak mudah pudar, menjaga keindahan pakaian dalam jangka waktu yang lama.
  4. Tidak Mudah Kusut:
    Pakaian berbahan jersey tidak memerlukan setrikaan yang terlalu sering, karena kain ini memiliki ketahanan terhadap kusut. Hal ini memudahkan perawatan pakaian dan memperpanjang umur pemakaian tanpa harus selalu melakukan proses penyetrikaan.
  5. Cepat Kering:
    Meskipun cenderung memiliki ketebalan yang signifikan, kain jersey dapat mengering dengan cepat. Kemampuan ini membuatnya cocok untuk pakaian olahraga yang sering terpapar keringat atau kelembapan. Proses pengeringan yang efisien juga memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna yang ingin menggunakan pakaian jersey secara berkala.

Kekurangan Kain Jersey

Selain memiliki beragam kelebihan, kain jersey juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memilihnya sebagai bahan dasar pakaian kalian.

  1. Serat yang Tipis:
    Beberapa jenis jersey memiliki tekstur kain yang relatif tipis. Sementara itu memberikan kelebihan dalam hal ringan dan nyaman, jenis kain yang tipis mungkin kurang cocok untuk dipakai saat cuaca dingin. Pengguna perlu memilih jenis jersey yang sesuai dengan kondisi iklim dan kebutuhan pemakaian.
  2. Cepat Rusak Jika Terlalu Sering Disetrika:
    Pakaian berbahan jersey sebaiknya tidak terlalu sering disetrika. Serat bahan jersey dapat cepat rusak jika terpapar suhu tinggi. Namun, keuntungan lainnya adalah bahwa jenis kain ini cenderung tidak mudah kusut, sehingga penggunaan setrika bisa dikurangi.
  3. Mudah Mengikuti Bentuk Tubuh:
    Salah satu karakteristik utama jersey adalah elastisitasnya yang tinggi, yang membuatnya mudah mengikuti bentuk tubuh. Beberapa orang mungkin kurang menyukai pakaian berbahan jersey karena sifat ini, terutama jika tidak ingin menonjolkan lekukan tubuh. Hal ini sering menjadi pertimbangan, terutama dalam pemilihan pakaian muslimah berbahan jersey.
  4. Beberapa Jenis Jersey memiliki Bobot yang Berat:
    Terdapat variasi dalam jenis jersey, termasuk yang relatif tebal dan berat. Pakaian yang memiliki bobot berat dapat mengurangi tingkat kenyamanan pengguna, terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Penting untuk memilih jenis jersey yang sesuai dengan preferensi pribadi dan kebutuhan penggunaan sehari-hari.
Baca Juga :   √ Ukuran Paving Block Untuk Halaman Rumah dan Tips Memilihnya

Cara Merawat Bahan Jersey

Perawatan bahan jersey sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Namun, penting untuk tidak mengabaikan langkah-langkah yang tepat dalam proses mencuci, menjemur, dan menyetrika. Berikut adalah beberapa panduan perawatan agar pakaian berbahan jersey tetap terjaga kualitasnya.

  1. Pilih Detergen yang Tepat:
    Agar warna jersey tetap awet dan tidak mudah pudar, sangat penting untuk memilih detergen yang tepat sebelum mencuci pakaian berbahan jersey. Menggunakan detergen seperti Rinso Colour and Care terbukti efektif dalam mempertahankan kecerahan warna pakaian, menjadikannya pilihan yang ideal untuk mencuci pakaian berbahan jersey.
  2. Tidak Perlu Diperas:
    Hindari kebiasaan memeras pakaian sebelum dijemur, terutama jika bahan pakaian tersebut adalah jenis kain jersey. Memeras pakaian berbahan jersey dapat menyebabkan pakaian melar dan kehilangan bentuk aslinya. Sebaiknya biarkan pakaian meresap air secara alami tanpa proses pemerasan.
  3. Setrika dengan Suhu Medium:
    Jika kalian perlu menyetrika pakaian berbahan jersey, pastikan untuk mengatur suhu setrika pada tingkat yang medium atau sedang. Hindari menyetrika dengan suhu tinggi, karena hal ini dapat merusak serat kain jersey. Menyetel suhu setrika secara bijak akan membantu menjaga keutuhan pakaian tanpa mengorbankan kualitas bahan.

Baca Juga :

Penutup

Dengan mengenal lebih dalam tentang berbagai jenis kain jersey, kita dapat memahami betapa luasnya pilihan yang tersedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan pakaian.

Dari jersey Drifit yang cocok untuk pakaian olahraga hingga jersey Stella yang menawarkan kualitas premium, setiap jenis memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, perawatan yang tepat dapat menjaga kualitas bahan jersey agar tetap terjaga. Mengenakan pakaian berbahan jersey tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga memberikan sentuhan gaya yang modern.

Semoga dengan artikel finoo.id ini, pengetahuan tentang jenis kain jersey semakin meluas, dan pemilihan pakaian dapat lebih cerdas sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *