TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip

Penyebab TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip & Solusinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip & Solusinya. Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang masalah atau kerusakan yang terjadi pada sebuah televisi. Masalah yang dibahas adalah ketika lampu power TV Sharp Aquos berkedip saat dinyalakan.

Meskipun televisi memiliki harga dan teknologi yang tinggi, sebagai perangkat elektronik, pasti akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan merawat perangkat elektronik tersebut dengan baik.

Ada banyak jenis kerusakan yang dapat terjadi pada televisi, baik itu jenis tabung, LCD, atau LED. Penyebab kerusakan juga bervariasi, bisa karena kesalahan pengguna atau karena usia televisi yang sudah lama sehingga komponen di dalamnya rusak.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada televisi adalah lampu indikator yang berkedip. Masalah seperti ini biasanya terjadi pada televisi jenis LCD atau LED. Untuk mengetahui lebih detail tentang masalah atau kerusakan ini, silakan simak ulasan dari kami di bawah ini.

Penyebab Lampu Power Berkedip TV Sharp Aquos

Kerusakan yang terjadi pada TV Sharp Aquos yang ditkaliani dengan lampu berkedip biasanya disebabkan oleh kerusakan pada data firmware pada eeprom. Eeprom adalah sebuah komponen pada televisi LCD atau LED yang bertugas untuk menyimpan data, termasuk data boot yang disimpan pada eeprom.

Kerusakan pada eeprom dapat berupa hilangnya data, kerusakan, atau korupsi, yang dapat menyebabkan TV LCD/LED tidak berfungsi dengan baik. Salah satu akibat dari kerusakan pada eeprom adalah lampu power pada TV Sharp akan berkedip.

Kerusakan kedipan pada TV Sharp pun bervariasi, seperti lampu indikator yang berkedip-kedip, berkedip merah, hijau, dan lain-lain.

Penyebab rusaknya eeprom biasanya disebabkan oleh pemadaman langsung televisi dengan mencabut steker dari sumber listrik, atau dapat juga disebabkan oleh pemadaman listrik secara tiba-tiba. Selain itu, kerusakan juga dapat terjadi akibat televisi terkena petir.

Baca Juga :   Letak Kode Tombol Rahasia TV LED Sharp Aquos Paling Lengkap

Memperbaiki TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip

Masalah atau kerusakan yang sering terjadi pada televisi LCD/LED Sharp adalah lampu power atau lampu indikator yang berkedip-kedip, disebabkan oleh data yang rusak pada eeprom. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Matikan televisi dan cabut steker dari sumber listrik.
  2. Tekan dan tahan tombol VOL (-) dan INPUT pada panel kontrol televisi (jangan dilepas).
  3. Colokan steker ke sumber listrik, tunggu beberapa saat hingga lampu indikator LED berwarna hijau, lalu lepaskan. Pada layar akan muncul huruf “K” kotak biru, menunjukkan bahwa televisi berada dalam kondisi error.
  4. Masuk ke mode service dengan menekan tombol CH (-) dan VOL (-) secara bersamaan. Pada layar akan muncul menu atau option.
  5. Arahkan atau masuk ke halaman 9, lalu cari “L ERR Reset”. Di sana, ubah angka 5 menjadi 0.
  6. Masuk ke halaman 2, lalu cari “Factory Init”. Di sana, pilih “Asia” dan tekan OK atau Enter. Tunggu beberapa saat hingga layar berubah hijau, lalu cabut steker dari sumber listrik.
  7. Colokan kembali steker ke sumber listrik, lalu tekan tombol power atau nyalakan televisi.
  8. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, masalah lampu power atau lampu indikator yang berkedip-kedip pada televisi Sharp kalian dapat teratasi.

1. Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

TV LED Sharp sering mengalami masalah seperti indikator hijau menyala meskipun sudah dicolokkan ke sumber listrik, tidak ada suara atau gambar, tidak dapat dimatikan, serta tombol dan remote tidak berfungsi.

Penyebab masalah tersebut dapat berasal dari beberapa faktor, salah satunya adalah kesalahan pada IC flash data. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan flashdisk kosong, lalu colokkan ke televisi.
  • Tekan dan tahan tombol power beberapa saat, lalu colokkan TV ke sumber listrik.
  • Tunggu hingga proses upgrade selesai, ditkaliani dengan lampu indikator yang terus berkedip. Hindari mematikan TV saat proses upgrade sedang berjalan.
  • Ketika layar menyala, tkaliannya proses upgrade berhasil.
  • Matikan televisi, lalu lepas flashdisk.
Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan TV Sharp Paling Lengkap

2. Mengatasi TV LED Sharp Tidak Bisa Dimatikan

Kali ini, kita akan membahas cara memperbaiki TV LED Sharp yang tidak dapat dimatikan dan kembali menyala dengan sendirinya beberapa detik setelah dimatikan. Setelah itu, layar tidak dapat menangkap siaran.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian perlu mereset memori dengan membuka menu servis. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan TV ke kondisi normal:

  • Lepaskan kabel colokan televisi dari sumber listrik.
  • Tekan tombol joystick untuk melakukan input dan tombol power secara bersamaan, tahan beberapa saat.
  • Sambil menahan kedua tombol, colokkan kabel daya ke sumber listrik hingga indikator berkedip.
  • Setelah indikator berkedip, lepaskan kedua tombol.
  • Tekan tombol joystick ke atas, bawah, atas, lalu tekan untuk meng-input hingga TV menyala.
  • Pada menu servis, setting “eprom clear on” diubah menjadi “0”, dan “factory unit” diubah menjadi “Asia”.
  • Setelah itu, tekan tombol “OK” atau “Enter” untuk menyimpan perubahan pada menu servis.

3. Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Aquos 24

Pada model Aquos 24 inci, terdapat beberapa masalah yang sering muncul, mulai dari mati total hingga lampu indikator merah yang berkedip-kedip tanpa henti dan tidak dapat menyala.

Jika televisi mengalami mati total, faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kerusakan pada PSU hingga tegangan out. Jika masalahnya terjadi pada tegangan out akibat tersambar petir, maka solusinya adalah mengganti motherboard.

Namun, jika masalah yang terjadi adalah lampu indikator merah yang terus berkedip-kedip, kemungkinan penyebabnya adalah IC Eprom yang mengalami error. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan dan tahan tombol joystick dan tombol power.
  • Pasang kembali steker listrik.
  • Setelah LED merah menyala sebanyak satu kali, lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Arahkan tombol joystick ke kiri, kanan, bawah, lalu atas.

4. Mengatasi TV LED Sharp Aquos 32 Protek

Protek atau lampu berkedip juga sering terjadi pada TV LED Sharp, terutama pada model Aquos 32 inci. Protek bisa terjadi karena kerusakan pada power supply, seperti TR, dioda, dan IC.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Smart TV Sharp Yang paling Tepat

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat masuk ke mode servis. Namun sebelum itu, pastikan bahwa bagian power supply berfungsi dengan baik dan seluruh tegangan keluar normal. Jika power supply tidak bermasalah, maka lampu backlight akan menyala. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk masuk ke menu servis:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan tombol panel input dan volume down, lalu colokkan kabel ke listrik.
  • LED akan menyala hijau.
  • Jika muncul huruf “K”, tekan tombol chdown dan volume down.
  • Pilih halaman 9 atau 10 yang bertuliskan ERR Reset, ubah menjadi mode on.

5. Mengatasi TV Tidak Bisa Dimatikan dengan Remote

Untuk masalah ini, penyebab utamanya adalah remote yang mengalami kerusakan. Jika demikian, kalian bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki remote yang error:

  • Ganti baterai dengan yang baru.
  • Bersihkan besi penghantar pada baterai.
  • Reset pengaturan remote.
  • Bersihkan tombol remote.
  • Dengan melakukan cara di atas, remote yang error pada TV LED Sharp dapat diperbaiki dan kembali berfungsi normal.

Baca Juga :

Kesimpulan

Kesimpulannya, jika lampu power pada TV Sharp Aquos kalian berkedip, hal ini bisa menjadi tkalian masalah pada perangkat.

Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada bagian power supply atau panel kontrol, atau bahkan kerusakan pada lampu LED itu sendiri.

Jangan ragu untuk menghubungi ahli servis terpercaya untuk membantu kalian memperbaiki masalah ini. Selalu pastikan untuk merawat TV kalian dengan baik agar dapat memperpanjang umur pemakaian dan kualitas tampilannya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip & Solusinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksaih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *